Hii Exabytes Friends! Happy Monday!

Setelah kamu mempelajari mengenai pemanfaatan Google My Business & Google Map untuk bisnis online, hari ini Exabytes mau sharing mengenai penggunaan Google Ads untuk Bisnis kecil. Have fun reading, guys!

Kita dapat memanfaatkan Google Ads atau yang biasa dikenal Google AdWords untuk menjangkau pelanggan baru. Ribuan bisnis sudah memanfaatkan Google Ads dan berbagai layanannya, dimana Google Ads menghasilkan 97 persen dari pendapatan Google.

Untuk membuat kampanye Google Ads yang efektif, kita perlu untuk menargetkan target audience, membangun halaman website dan iklan yang ramah-SEO, dan secara konstan menganalisa kampanye iklan melalui Google Ads dan Google Analytics.

Berikut beberapa tips Google Ads yang bisa diterapkan untuk bisnis keci

Posisikan dirimu sebagai pelanggan

Ketika membuat kampanye Google ads, posisikan dirimu sebagai pelanggan saat memilih kata kunci yang tepat untuk kampanye Google Adsmu. Pikirkan kata kunci apa yang akan digunakan oleh pelanggan saat mencari produk yang kamu tawarkan di Google. Kamu dapat melihat Google’s Keyword Planner untuk menemukan kata kunci baru yang sedang trending untuk bisnis mu. Tool ini juga akan menunjukkan data ada berapa banyak orang yang menelusuri kata kunci tersebut dan mencegah penggunaan kata kunci yang tidak relevan agar tidak dikaitkan dengan kampanye Ads kamu.

Location Based Ads (target Ads berdasarkan lokasi)

Jika Kamu memiliki toko fisik untuk bisnismu, salah satu strategi Iklan yang paling efektif adalah dengan melakukan targeting Ads berdasarkan lokasi. Dengan  melakukan Location Based Ads (LBA), kamu dapat menimalisir budget Ads kamu dengan mencegah Ads kamu untuk muncul ketika search yang dilakukan terlalu umum. Google Ads memungkinkan kamu untuk melakukan target berdasarkan radius, tempat menarik dan lokasi massal. Penargetan Ads berdasarkan radius akan membuat Ads kamu terlihat oleh orang-orang dalam area geografis tertentu, misalnya 20km di sekitar Jakarta Selatan. Kamu juga dapat menargetkan tempat-tempat menarik, seperti bandara, universitas, dan area komersial tertentu. Untuk menargetkan beberapa area geografis, alat penargetan massal memungkinkan Kamu mengatur hingga 1.000 lokasi dalam satu waktu. Semua alat ini tersedia di tab Kampanye akun Google Ads Kamu, di bawah menu Pengaturan

Baca Juga  Kenapa Kamu Membutuhkan VPS ( Virtual Private Server)?

Optimalkan website kamu

Sama seperti memilih kata kunci yang tepat, mengoptimalkan website kamu untuk iklan dapat meningkatkan laba atas investasi Iklan. Cara yang efektif untuk mengoptimalkan website kamu dengan memiliki landing page yang sesuai dengan Ads kamu. Misalnya, jika kamu mengiklankan produk baru, pastikan bahwa pelanggan yang mengklik iklan tersebut dibawa langsung ke halaman produk. Pastikan pelanggan tidak mengalami kesulitan mengakses halaman produk karena hal tersebut akan membuat kamu kehilangan kesempatan untuk berjualan. Yang berarti, Kamu telah membayar klik iklan yang mungkin tidak dikonversi.

Cara lain untuk mengoptimalkan website kamu adalah membuatnya mudah dinavigasi. Memberikan pengalaman yang baik untuk pelanggan dengan berpikir seperti pelanggan dan mengatur konten website kamu secara intuitif, seperti dengan kata kunci atau kategori produk.

Gunakan layanan analitik seperti Google Analytics untuk memantau bagaimana kinerja website dan iklan kamu. Kamu dapat mengumpulkan data pelanggan, mendapatkan wawasan rinci tentang perilaku pelanggan, dan menghasilkan laporan traffic untuk meningkatkan kampanye Iklan Kamu dan website kamu.

Tahu waktu yang tepat untuk berIklan

Banyak pemilik usaha kecil yang tidak menjalankan kampanye iklan selama 24/7. Iklan tidak memerlukan komitmen jangka panjang, sehingga Kamu dapat menjalankan iklan sesuai kebutuhan, seperti ketika bisnis berjalan lambat atau ketika Kamu memiliki acara atau promosi khusus. Kamu dapat menjeda dan memulai kembali kampanye seperlunya, seperti ketika Kamu harus pergi berlibur, perlu lebih banyak waktu untuk menjalankan bisnis Anda atau perlu mengevaluasi ulang kampanye.

Baca Juga  Berburu Penghasilan Lebih Menjelang Lebaran

Semua opsi ini mudah diakses di bawah tab Kampanye di akun Ads Kamu. Dari sana Kamu dapat memulai, menjeda, melanjutkan, atau mengakhiri kampanye. Fungsi-fungsi ini tidak hanya tersedia untuk iklan, namun – Kamu juga dapat melanjutkan, mulai ulang, dan hapus grup iklan dan kata kunci, yang berguna ketika Kamu ingin menguji bagaimana kinerja iklan yang berbeda terhadap satu sama lain.

Pertimbangkan kompetitor

Jangan lupa untuk melakukan riset mengenai apa yang kompetitor mu lakukan untuk kampanye Ads mereka untuk kamu jadikan bahan referensi. Mungkin saja ada hal menarik yang bisa kamu pelajari dari kompetitor mu.

Kamu dapat melihat kata kunci pesaing Kamu di panel kata kunci. Ini dapat memberi Kamu gambaran tentang bagaimana perusahaan lain menjalankan Iklan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here