Rekap Indonesia Website Awards x WebDevTalks 2024

0
287

Memasuki era di mana transaksi digital telah menjadi hal yang umum, akselerasi e-commerce telah mengubah cara orang Indonesia berbelanja dengan menyajikan kenyamanan dan aksesibilitas yang belum pernah terjadi sebelumnya. Pertumbuhan e-commerce yang pesat juga diikuti oleh ancaman siber yang semakin banyak bermunculan. Menurut laporan Badan Siber dan Sandi Negara, hingga Agustus 2023, tingkat anomali trafik atau serangan siber dalam negeri yang berhasil menginfeksi mencapai 75,49% atau sekitar 203 juta anomali trafik. Salah satu tindak kejahatan siber yang harus diwaspadai adalah email phishing. Berdasarkan data yang dimiliki oleh Exabytes pada tahun 2023, mayoritas kejahatan siber yang dialami oleh pelanggan adalah melalui email phishing. Untuk mengatasi tantangan ini, Exabytes mengambil langkah cepat dengan meningkatkan firewall untuk filter spam. Sehingga pada tahun 2024, Exabytes berhasil menurunkan angka kejahatan siber terhadap pelanggan sebanyak 70%.

Exabytes Indonesia menekankan betapa pentingnya keamanan siber dalam lanskap digital saat ini dan mendorong terciptanya berbagai metode terbaik untuk melindungi data dan transaksi yang bersifat sensitif. Oleh karena itu, Exabytes Indonesia dengan bangga mempersembahkan Indonesia Website Awards x Web Developer Talk 2024 dengan tema “The Future of a Secure Ecosystem for E-Commerce Websites“. Didukung sepenuhnya oleh para sponsor CBN, Nex Data Center, dan Aspire, acara ini sukses diselenggarakan pada hari Rabu, 8 Mei 2024, di Aruba Room, The Kasablanka Hall, Jakarta Selatan.

Rekap Indonesia Website Awards x WebDevTalks 2024 - 2024

Indonesia Website Awards (IWA) merupakan ajang penghargaan khusus untuk para pengembang dan pembuat situs web terbaik, sebagai dukungan terhadap perkembangan ekonomi digital di Indonesia. Indonesia Website Awards x Web Developer Talk 2024 dibuka dengan pidato utama oleh AKBP M. Yunnus Saputra, SIK, MSc selaku Kepala Unit Analisis CCIC Polri. AKBP M. Yunnus Saputra memberikan perhatian khusus pada kasus kejahatan siber di Indonesia yang semakin mengkhawatirkan. “Perang melawan kejahatan siber merupakan pertarungan yang berkelanjutan. Lanskap ancaman dunia maya akan terus berkembang, menuntut adaptasi dan inovasi yang berkelanjutan. Sangat penting bagi kita untuk tetap tangkas, kaya akan informasi, dan berkolaborasi dalam upaya kita untuk tetap menjadi yang terdepan dalam menghadapi para pelaku kejahatan siber,” ujarnya dalam pembukaan Indonesia Website Awards x Web Developer Talk 2024.

Tidak hanya itu, Indonesia Website Awards x Web Developer Talk 2024 juga dilengkapi dengan sesi diskusi panel dan fireside chat. Acara ini menghadirkan para pakar profesional dalam bidangnya, antara lain Ali Aljunied (CTO Tinkerlust), Timur Pratama W. (CTO Duitku bagian dari Aspire Group), dan Wildan Fahmi (Co-Founder and CTO Dibimbing.id). Untuk sesi fireside chat, dihadiri oleh Indra Hartawan (Country Manager Exabytes), Ardhanti Nurwidya (Wakil Ketua Umum idEA), M. Abdurrohman Alhafiz (CEO Metafora Corp), dan John Sihar Simanjuntak (PANDI).

Rekap Indonesia Website Awards x WebDevTalks 2024 - 2024

Sesi panel diskusi dan fireside chat tahun ini diharapkan dapat mengeksplorasi strategi inovatif dan merencanakan langkah-langkah ke depan menuju ekosistem e-commerce yang lebih aman dan tangguh.

Indra Hartawan selaku Country Manager Exabytes Indonesia menyatakan, “ajang IWA x Web Developer Talk 2024 diharapkan tidak hanya sebagai penghargaan semata, melainkan juga sebagai pintu masuk untuk peluang baru dan visibilitas yang lebih besar di ranah digital. Baik itu untuk startup, perusahaan yang sedang berkembang, atau individu dengan minat besar untuk terus mengembangkan dan menciptakan situs web terbaik”.

Pada IWA x Web Developer Talk 2024, terdapat lebih dari 350 situs web yang terdaftar untuk mengikuti Indonesia Website Awards 2023, melibatkan 8 juri yang kompeten di bidang pengembang web, programmer web, dan desainer web profesional. Pada IWA x Web Developer Talk tahun ini, penilaian dilakukan dengan ketat untuk menjaga kredibilitas definisi situs web terbaik. Penilaian dilakukan berdasarkan kriteria desain, SEO, aksesibilitas, performa, dan konten. Setelah melewati proses penilaian yang ketat, diumumkanlah situs web pilihan yang terbagi menjadi 3 kategori, yaitu UKM, Personal, dan E-commerce.

Masa depan ekosistem yang aman pada situs web e-commerce bergantung pada upaya kolaboratif, solusi inovatif, komitmen bersama terhadap keamanan siber, dan menjaga integritas e-commerce. Oleh karena itu, Exabytes Indonesia melalui Indonesia Website Awards x Web Developer Talk 2024 membuka jalan bagi lanskap digital untuk membentuk masa depan e-commerce yang lebih cerah dan lebih aman, di mana kepercayaan menjadi yang terpenting dan setiap interaksi terlindungi.