Sejarah WordPress, Fakta dan Pengertian Yang Harus DIketahui

0
2490

Orang-orang yang berkecimpung di dunia digital tentunya sudah tidak asing lagi dengan WordPress. Sekarang ini, banyak individu, organisasi, dan perusahaan yang membuat website menggunakan WordPress. Tetapi, apakah kamu tahu sejarah WordPress dan fakta WordPress?

Apa Itu WordPress?

Sejarah Wordpress, Fakta dan Pengertian Yang Harus DIketahui - 2024
WordPress merupakan platform pembuatan website yang populer dan cocok untuk semua jenis website. (Sumber: pixabay)

Meskipun WordPress merupakan salah satu content management system (CMS) yang begitu populer, namun bukan berarti sudah dikenal oleh semua orang. Bagi mereka yang tidak pernah berhubungan dengan penggunaan WordPress mungkin masih belum tahu apa pengertian WordPress dan mengapa begitu populer di kalangan penggunanya di seluruh dunia.

WordPress adalah platform berbasis Hypertext Preprocessor (PHP) dan MySQL yang bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis website. Sebagai platform Content Management System (CMS), WordPress menawarkan kemudahan bagi para pengembang untuk membuat sebuah website tanpa harus pusing memikirkan permasalahan teknis seperti pengaturan font di bagian front end maupun back end.

Bahkan orang awam juga bisa belajar membuat website menggunakan WordPress karena tidak memerlukan kemampuan bahasa pemrograman. Hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang menggunakan WordPress saat hendak membangun website individu maupun website profesional. 

Terlebih dengan tersedianya template WordPress gratis yang semakin memudahkan para pengguna.

Sejarah WordPress

Sejarah WordPress
WordPress memulai sejarahnya dari tahun 2003 sejak dikembangkan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little. (Sumber: flickr)

Sejarah WordPress dan perkembangannya juga menjadi hal menarik lain untuk dibicarakan. Mungkin tidak banyak yang tahu sejarah dibaliknya popularitas WordPress. 

WordPress mulai dikembangkan pada tahun 2003 oleh dua orang yang bernama Matt Mullenweg dan Mike Little. Kesulitan dan keresahan yang mereka rasakan dalam hal publishing secara online melatarbelakangi adanya WordPress. 

Bahkan, semakin parah setelah fitur B2 dan Cafeblog dihentikan. Pada akhirnya, WordPress dirilis untuk pertama kalinya pada tahun 2004 dengan tampilan yang sederhana.

Meski demikian, banyak fitur-fitur WordPress yang sampai saat ini masih bisa kita gunakan. Seiring dengan perkembangannya, semakin banyak fitur-fitur canggih yang dihadirkan. Hingga akhirnya memiliki dua alamat berbeda yang bisa pengguna pilih sesuai kebutuhan. 

Bahkan terdapat perbedaan yang signifikan antara keduanya. Nah, jika kamu perlu membuat blog dengan cepat dan mudah, WordPress.com adalah pilihan yang tepat. Namun, apabila kamu ingin bisa memiliki ruang yang lebih untuk melakukan kustomisasi pada situs web yang akan kamu bangun, tentu pilihannya adalah WordPress.org.

Cari tahu juga apa yang membedakan antara WordPress.com dan WordPress.org  agar semakin memahami keduanya sehingga tidak akan salah pilih nantinya.

Fakta Menarik tentang WordPress

Sejak kemunculan pertamanya pada tahun 2003, WordPress tentunya sudah sangat berkontribusi dalam dunia blogging. Keunggulan yang ditawarkan seolah mampu menarik para blogger untuk lebih memilih platform satu ini dibandingkan dengan platform serupa lainnya.

Tapi, pernahkah kamu berpikir kalau ternyata ada begitu fakta menarik dibalik keberadaan dan kesuksesan WordPress? WordPress cocok bagi siapa saja termasuk pebisnis yang ingin mengembangkan usahanya maupun freelancer yang ingin menampilkan portofolio kerjaan terbaik mereka. 

Berikut adalah beberapa fakta WordPress yang tentunya sayang jika kita lewatkan:

WordPress Tidak Memiliki CEO

Seperti yang kita tahu kalau ada dua orang yang menciptakan WordPress yaitu Matt Mullenweg dan Mike Little. Namun, siapa saja kika ternyata perusahaan yang sudah berdiri lebih dari 16 tahun ini tidak memiliki CEO resmi. 

Mengapa demikian? WordPress merupakan platform open source yang dijalankan oleh developer yang berada di berbagai belahan dunia.

WordPress Itu Gratis

Rasanya sudah menjadi rahasia umum kalau WordPress bisa digunakan secara gratis meskipun tersedia juga versi berbayar. Fakta satu ini menjadi keuntungan bagi setiap pengguna terutama developer  pemula yang sedang belajar mengelola website dengan mudah.

Tidak hanya itu, pembaruan dan penambahan fitur menarik juga memudahkan para developer website untuk mengelola website. Website bisa digunakan secara gratis bahkan untuk tujuan komersial.

Nah, jika kamu mulai tertarik untuk belajar membuat website sendiri menggunakan WordPress, kamu juga harus memperhatikan kebutuhan hosting WordPress. Pemilihan hosting yang tepat tidak akan menghambat kinerja website sehingga website kamu akan tetap bisa berjalan meski diakses oleh begitu banyak orang.

Lebih Tua dari Media Sosial Lain

fakta WordPress
Salah satu fakta menarik WordPress adalah usianya lebih tua dari media sosial lain. (Sumber: pixabay)

Facebook dan Twitter adalah dua platform media sosial yang begitu akrab dengan kita bahkan dari dulu. Tidak jarang pula banyak orang yang menganggap kalau keduanya merupakan media sosial yang paling tua di dunia.

Namun ternyata WordPress lebih tua dari keduanya karena sudah ada sejak tahun 2003. Sedangkan Facebook mulai ada pada tahun 2004 dan dua tahun setelahnya disusul oleh Twitter, tepatnya pada tahun 2006. 

Tentunya ini bukan sebuah hal yang perlu dipermasalahkan karena WordPress juga baru dirilis secara publik pada tahun 2004. Yang terpenting adalah ada banyak kelebihan WordPress yang bisa kita nikmati selama WordPress tetap eksis.

Menawarkan Berbagai Pilihan Bahasa

Fakta sekaligus kelebihan WordPress adalah tersedianya lebih dari 60 bahasa yang bisa digunakan oleh siapapun dengan mudah. Jadi, para pengguna WordPress bisa menyesuaikan bahasa sesuai preferensi masing-masing.

Tidak hanya sampai disitu, ternyata CRM satu ini juga menawarkan banyak tema menarik. Jadi, tidak heran jika berbagai perusahaan, sektor pemerintah, pengusaha, influencer, dan selebritis menggunakan platform satu ini.

Jumlah Pegawai Tidak Lebih dari 300 Orang

Hal atau fakta menarik lain dari WordPress adalah popularitasnya tidak lantas membuat WordPress menerima banyak pegawai. Bahkan, perusahaan tersebut hanya memiliki sekitar 300 pegawai. 

Padahal, perusahaan-perusahaan besar lain seperti Amazon bahkan memiliki tidak kurang dari 50 ribu pegawai. Namun, inilah yang membuat WordPress unik dan berbeda.

Meski demikian, jumlah atau kuantitas pegawai tidak menjadi hambatan dalam memberikan performa yang maksimal meski mereka bahkan bekerja tanpa adanya CEO resmi.

Tersedia Lebih dari 30 Ribu Plugin WordPress

Sebagai platform blogging yang banyak diminati, ada fakta WordPress lain yang tentunya semakin menguntungkan para pengguna. WordPress menawarkan lebih dari 30 ribu plugin WordPress sehingga para pengguna bisa bebas memilih sesuai kebutuhan.

Populer di Kalangan Website Bisnis

Tidak hanya menjadi perbincangan tetapi juga digunakan oleh berbagai jenis bisnis di seluruh dunia. Sehingga tidak heran apabila WordPress menjadi platform terbaik di kalangan pelaku pemasaran digital atau online marketing.

Merupakan Platform Gratis dan Open Source

Masih seputar fakta WordPress, platform satu ini bisa digunakan secara gratis dan termasuk platform open source. Tentunya memberikan kemudahan pada para pengguna atau web developer dalam mempelajari dan mengembangkan website buatannya.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan lebih banyak fitur, WordPress juga tersedia dalam versi berbayar. 

Alasan Mengapa Banyak yang Menggunakan WordPress

alasan menggunakan WordPress
Ada banyak alasan mengapa orang menggunakan WordPress. (Sumber: pixabay)

Sudah yakin untuk memilih WordPress dalam membangun website yang akan kamu gunakan sebagai toko online? Sebelum melangkah lebih jauh yaitu memilih WordPress hosting, pastikan terlebih dahulu kamu benar-benar yakin untuk menggunakan CRM satu ini.

Pada dasarnya, ada begitu banyak alasan mengapa harus memilih atau menggunakan WordPress, termasuk:

Ramah Pengguna (User-friendly)

WordPress dikenal sebagai platform yang ramah pengguna atau user-friendly. Siapapun bisa dengan mudah membuat website tanpa harus memahami bahasa pemrograman seperti HTML, SQL, CSS, dan lainnya. Cukup pasang tema WordPress yang tersedia secara gratis dan tampilan website akan terlihat profesional.

Sementara untuk kamu yang ingin memiliki berbagai fitur khusus, bisa segera menginstal plugin yang sesuai kebutuhan. Pembuatan konten website juga tergolong mudah dimana kamu hanya perlu posting konten dan kemudian akan ditampilkan di mesin pencari.

Ramah SEO

SEO adalah singkatan dari search engine optimization yaitu sebuah cara optimasi website agar lebih mudah ditemukan di mesin pencari dengan menempatkan website atau blog di peringkat yang tinggi pada hasil pencarian atau yang umumnya dikenal dengan SERP atau search engine result page .

Untuk memaksimalkan hasil SEO, terdapat plugin SEO seperti Yoast SEO dan lain sebagainya. 

Mudah Dipelajari

Alasan lain dibalik keputusan orang-orang dalam memilih WordPress adalah memungkinkan mereka untuk mempelajari semua hal yang berhubungan dengan pembuatan website dengan lebih mudah. 

Bahkan seorang pemula pun bisa membuat website karena memang WordPress begitu mudah dipelajari dibandingkan CMS lain seperti Joomla dan Drupal.

WordPress Itu Gratis

Ini mungkin menjadi alasan lain kenapa semakin banyak orang yang menggunakan WordPress. Platform gratis yang mampu menawarkan berbagai fitur dan kemudahan seolah membuat WordPress tetap memiliki tempat tersendiri di antara para penggunanya. Sehingga bisa tetap populer hingga saat ini.

Dengan begitu, membangun website bisa lebih hemat biaya, bukan?

Content Management yang Handal

Kelebihan sekaligus alasan menggunakan WordPress adalah content management system yang handal dan terbaik diantara yang lain. Website developer bisa dengan mudah menambahkan halaman (page), gambar, teks, dan aktivitas lainnya hanya dengan langkah-langkah sederhana.

Kesimpulan

Dengan mengetahui pengertian, sejarah WordPress, dan fakta tentang WordPress, apakah semakin yakin untuk mulai membuat website menggunakan platform satu ini? Apapun jenis website yang hendak kamu buat, jangan lupa untuk memastikan kebutuhan hosting WordPress terpenuhi guna mencegah masalah atau risiko di kemudian hari yang dapat mengganggu performa website.

Hubungi Exabytes dan dapatkan pilihan hosting yang hemat hingga 80 persen.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments