Hyperlink: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Cara Buatnya

0
2902

Salah satu fitur yang sering ditemukan dalam beberapa artikel dan dokumen adalah hyperlink, fitur tersebut memiliki fungsi mempermudah kita dalam mengakses file, gambar dan juga informasi lainnya dalam sebuah website.

Jenis hyperlink tidak hanya satu, melainkan ada beberapa dan jenisnya ini tergantung bagaimana cara penerapannya, diantara jenis-jenis yang paling sering kita temukan adalah text hyperlink dan image hyperlink.

Berdasarkan informasi yang kami kumpulkan, hyperlink ada lima jenis. Masing-masing hyperlink tersebut memiliki cara tersendiri dalam penerapannya. Lalu, apa saja jenis hyperlink tersebut? Dan bagaimana cara membuatnya?

Untuk mengetahuinya Anda perlu membaca pembahasan ini sampai selesai, kami rangkum untuk Anda pelajari.

Apa itu Hyperlink? Berikut Penjelasan Hyperlink

Secara umum hyperlink atau dalam bahasa Indonesia adalah pranala merupakan fitur yang membantu kita dalam menghubungkan halaman satu dengan lainnya di dalam file berupa slide, dokumen, halaman website atau program komputer.

Ketika Anda mengklik sesuatu, maka Anda akan diarahkan ke halaman tertentu dan ini sangat memudahkan pembaca dalam mencari sumber informasi. Dalam beberapa penggunaan, hyperlink juga digunakan untuk memudahkan pembaca dalam mengakses halaman tertentu, meskipun tidak memiliki koneksi internet.

Misalnya dalam penggunaan hyperlink di Microsoft Power Point atau aplikasi sejenisnya, hyperlink bisa digunakan untuk menghubungkan dua file yang berbeda. Tidak hanya itu saja, dalam penggunaan hyperlink di MS Office Power Point juga bisa digunakan untuk menghubungkan banyak slide dalam satu file power point.

Agar lebih jelas, kami coba contohkan penggunaan hyperlink di aplikasi presentasi seperti MS Power Point atau LibreOffice Impress.

Hyperlink: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Cara Buatnya - 2024

Jika contoh di atas adalah salah satu contoh penggunaan hyperlink di MS Power Point, kami akan berikan contoh lain agar Anda bisa lebih jelas lagi dalam memahami hyperlink, di bawah ini adalah contoh penggunaan hyperlink di website.

Jenis-Jenis Hyperlink Website

Hyperlink: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Cara Buatnya - 2024

Ada beberapa jenis hyperlink yang bisa Anda gunakan, detail pembahasannya ada di bawah ini:

Text Hyperlink

Apa yang dimaksud dengan text hyperlink? Text hyperlink adalah tautan berbentuk teks yang sering kita jumpai dalam website. Biasanya tautannya menggunakan potongan teks yang bisa diklik dan nantinya akan mengarahkan Anda ke halaman lainnya yang relevan dengan teks tersebut.

Image Hyperlink

Hyperlink kedua adalah image hyperlink, biasanya berbentuk image yang bisa di klik. Jadi, tautan yang bisa diklik ini bukan berupa teks, melainkan gambar. Salah satu contohnya yang ada di website Exabytes Indonesia.

Hyperlink: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Cara Buatnya - 2024

Internal Hyperlink

Internal hyperlink adalah tautan yang mengarah ke halaman berbeda dalam satu domain yang sama. Biasanya internal hyperlink digunakan ketika dalam suatu halaman ada teks atau pembahasan yang masih berkaitan dengan halaman lainnya.

Jadi pada intinya, tautan internal hyperlink ini berisi halaman berbeda, akan tetapi dengan website yang sama. Internal link ini sangat bermanfaat dalam peringkat Anda di halaman mesin pencari (SERP).

Tujuan dari internal hyperlink adalah membuat pengunjung website Anda tinggal lebih lama, sehingga mesin pencari seperti Google melihat website Anda menarik dan bermanfaat.

External Hyperlink

External hyperlink adalah kebalikan dari internal hyperlink, external hyperlink akan mengarahkan pembaca website ke halaman lain yang ada di luar website. External hyperlink ini biasanya digunakan untuk merujuk informasi yang ada di sumber lain, tujuannya adalah untuk melengkapi penjelasan.

Backlink

Jenis hyperlink selanjutnya adalah backlink, sebutan lain untuk jenis hyperlink ini adalah outbound hyperlink. Biasanya backlink ini berisikan URL dari website lain yang kredibel, sehingga konten yang sedang diunggah tersebut menjadi lebih terpercaya dikarenakan adanya backlink dari website lain.

Dikutip dari website Moz bahwa “backlink sangat berharga untuk SEO, karena akan memberikan kepercayaan dari website lain ke website yang lainnya”. Sehingga akan mempengaruhi posisi website di SERPs atau kita mengenalnya hasil penelusuran mesin pencari.

Baca Juga: Penjelasan Backlink, Pengertian, Jenis, Hingga Cara Mendapatkannya

Fungsi Hyperlink di Website

Sudah tergambar jelas bukan tentang apa itu hyperlink dan apa saja jenis-jenisnya? Sekarang, fungsi hyperlink apakah hanya untuk membantu pengguna/pembaca mendapatkan informasi lain yang berkaitan?

Benar itu salah satu fungsi hyperlink, tapi dalam website hyperlink memiliki fungsi lain. Apa saja? Berikut adalah rincian pembahasannya.

Tingkat Kredibilitas yang Tinggi

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, dengan Anda menambahkan hyperlink ke website terpercaya, maka website Anda akan mendapatkan kredibilitas lebih baik dibanding yang tidak menggunakannya.

Pembaca Anda akan lebih yakin membaca seluruh informasi yang Anda sajikan di website. Mengapa hal itu terjadi? Karena pembaca akan menilai website Anda benar-benar telah melakukan penelitian secara mendalam.

Dapat Membantu Meningkatkan Page View

Fungsi lainnya dari hyperlink adalah dapat membantu Anda meningkatkan pageview, kita ketahui bahwa page view adalah jumlah total halaman dilihat oleh pembaca. Page view adalah salah satu metrik penting dalam mengukur jumlah trafik yang masuk ke website.

Dengan Anda memanfaatkan hyperlink, maka akan membuat audiens terdorong untuk membuka halaman lainnya karena penasaran atau memang sudah percaya dengan konten yang Anda sajikan.

Tips lain untuk meningkatkan pageview adalah dengan menambahkan konten lainnya yang berkaitan sebagai tambahan referensi.

Menghasilkan Lebih Banyak Konversi

Hyperlink bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan konversi yang dikombinasikan dengan call to action, tujuannya adalah untuk mendorong pembaca melakukan tindakan yang Anda harapkan seperti pembelian atau pendaftaran.

Bentuknya seperti apa mengkombinasikan hyperlink dengan call to action? Salah satu bentuknya bisa berupa pengisian data berbentuk formulir atau halaman promosi produk dalam bentuk landing page.

Misalnya saja di halaman landing page, Anda tambahkan tombol call to action seperti “Klik Sekarang Juga” atau “Daftar Sekarang Agar Free Ongkir” dan semisalnya. Dengan cara ini Anda bisa mendorong pengunjung website untuk melakukan kunjungan ke halaman lain dan bisa dengan segera dikonversi menjadi pelanggan potensial.

Membantu Mendapatkan Peringkat SEO yang Bagus

Salah satu indikator SEO yang bagus adalah memiliki hyperlink, jika sebuah website memiliki banyak hyperlink berkualitas maka akan semakin besar juga untuk website tersebut mendapatkan peringkat tertinggi dalam SEO.

Tapi dengan catatan menggunakan hyperlink yang berkualitas, contoh hyperlink berkualitas adalah memiliki tautan/hyperlink yang relevan dengan konten yang dibuat. Meskipun hyperlink sangat bermanfaat, tapi tetap Anda kami sarankan untuk tidak menggunakan hyperlink secara berlebihan agar tidak dianggap spam.

Cara Membuat Hyperlink di Website

Sekarang sudah mengetahui jenis hyperlink dan fungsinya juga, lantas bagaimana cara membuat hyperlink di website? Penerapan hyperlink di website sangatlah mudah, ada beberapa cara membuat hyperlink di website dan kami hanya akan mendemokan dua cara yang paling sering dilakukan.

Cara pertama menggunakan HTML dan cara kedua yaitu membuat hyperlink di WordPress.

Membuat Hyperlink dengan HTML

Cara membuat hyperlink dengan html cukup menggunakan kode HTML di bawah ini:

<html>
<head>
<title>HTML, CSS and JavaScript demo</title>
</head>
<body>
<p>
Jika ingin WordPress hosting terbaik silahkan kunjungi <a href=”https://www.exabytes.co.id/”
title=”Exabytes Indonesia”>Exabytes Indonesia</a>
</p>
</body>
</html>

Untuk mempraktekkannya ikuti beberapa langkah sederhana ini,

Langkah 1: Buka aplikasi text editor yang ada di komputer Anda.

Langkah 2: Masukkan kode diatas tepat di text editor seperti notepad dan notepad++.

Hyperlink: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Cara Buatnya - 2024

 

Catatan: Bagian Anchor text yang diinginkan isi dengan teks yang Anda inginkan.

Langkah 3: Bagian URL situs masukkan URL yang Anda kehendaki dan jangan lupa save dengan format .html.

Hyperlink: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Cara Buatnya - 2024

Langkah 4: Selesai dan hasilnya adalah sebagai berikut.

penjelasan hyperlink

Nantinya jika Anda klik teks tersebut, maka akan diarahkan ke halaman blog Exabytes Indonesia.

Cara membuat hyperlink ini biasanya digunakan dalam email, bookmark dan lainnya. Terus bagaimana cara membuat hyperlink di platform WordPress? Baca sampai selesai, maka Anda akan mendapatkan jawabannya.

Membuat Hyperlink di Website WordPress

Dalam artikel ini kami akan mendemokan cara membuat hyperlink di website yang menggunakan platform WordPress, caranya sangatlah mudah Anda hanya menggunakan fitur insert link di dalam editor WordPress.

Langkah 1: Login terlebih dahulu ke halaman dashboard WordPress website Anda.

Langkah 2: Masuk ke salah satu halaman yang ingin ditambahkan hyperlink, ketikkan teks yang akan disisipkan hyperlink. Misalnya dalam demo ini adalah “web hosting”.

Hyperlink: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Cara Buatnya - 2024

Langkah 3: Blok teks bertuliskan “web hosting”, di bagian toolbar klik icon link yang menggunakan icon rantai.

Hyperlink: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Cara Buatnya - 2024

Langkah 4: Siapkan link yang ingin Anda masukkan ke dalam teks “web hosting”. Dalam demo ini kami akan menggunakan link berikut:

https://www.exabytes.co.id/

Langkah 5: Setelah klik icon rantai, nanti akan muncul window. Di windows tersebut masukkan link yang sebelumnya sudah Anda persiapkan.

Hyperlink: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Cara Buatnya - 2024

Catatan: Jika Anda mengaktifkan Open Link in New Tab, maka browser Anda akan membuka link tersebut di tab yang baru.

Selesai, hyperlink sudah Anda tambahkan.

Memanfaatkan Hyperlink untuk Meningkatkan Kinerja Website

Sekarang Anda sudah mengerti apa itu hyperlink beserta dengan jenis dan fungsinya. Pada intinya, hyperlink dapat membantu Anda dalam menavigasikan sumber terpercaya yang mendukung postingan Anda di website dan jika Anda menggunakan hyperlink secara wajar, akan sangat membantu dalam meningkatkan posisi website di hasil penelusuran mesin pencari.

Untuk membuat hyperlink juga tidak membutuhkan langkah-langkah yang rumit, Anda hanya cukup menambahkan beberapa kode HTML atau menggunakan fitur bawaan dari WordPress, hyperlink sudah bisa Anda manfaatkan.

Meningkatnya skor SEO website tidak hanya dilihat dari banyaknya hyperlink, melainkan kemampuan server yang tidak lambat juga sangat menentukan. Maka Anda perlu menggunakan layanan web hosting terpercaya dan sudah terjamin kualitasnya.

Anda juga harus secara berkala cek kecepatan website, karena terkadang ada beberapa kode website yang mengganggu kecepatan website, untuk mengatasinya blog Exabytes sudah membuat panduan cara mengatasi website lambat, silahkan dipelajari.

Good luck!

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments