Baru Pindah VPS, Tapi Kok Lambat? Berikut Solusi VPS Lambat

0
1703

VPS atau virtual private server adalah salah satu jenis hosting yang begitu populer sehingga banyak digunakan untuk website, aplikasi, maupun server. Hosting tersebut menyediakan server virtual bagi para penggunanya.

VPS terkenal menawarkan berbagai kelebihan termasuk mudah digunakan, cepat, dan terjangkau. Akan tetapi, sebagian pengguna justru merasakan VPS lambat padahal baru pindah ke hosting tersebut. Nah, untuk mengatasi sekaligus berjaga-jaga, mari cari tahu solusi VPS lambat.

Sekilas tentang VPS

mengenal hosting VPS
Sumber: shutterstock

Virtual private server atau VPS adalah salah satu jenis layanan hosting yang bisa kamu temukan dengan mudah dari berbagai penyedia hosting Indonesia. Akan tetapi, tidak semua orang memerlukan hosting satu ini. 

Misalnya, apabila kamu mengelola situs web dengan trafik yang masih rendah dengan jumlah pengunjung yang sedikit, kamu bisa memilih shared hosting. 

Jadi, apa itu VPS? Apa yang membedakannya dengan layanan hosting lainnya? VPS merupakan layanan web hosting yang memanfaatkan teknologi virtualisasi. Jenis hosting ini menyediakan sumber khusus di server yang bisa diakses oleh banyak pengguna.

Meski hadir dengan berbagai kelebihannya, tetapi bukan berarti VPS sempurna tanpa celah. Beberapa pengguna mungkin mengalami VPS lambat atau masalah lain terkait penggunaan hosting tersebut. Oleh sebab itu, solusi VPS lambat menjadi sangat penting.

Penyebab VPS Lambat

penyebab dan solusi VPS lambat
Sumber: shutterstock

Apakah VPS bisa lambat? Kira-kira apa saja penyebabnya? Nah, kita bisa cari tahu bersama melalui penyebab VPS lambat berikut ini:

Terjadi Overload

Overload bisa menyebabkan VPS lambat, jadi sebaiknya gunakan VPS dengan cermat dan bijak. Sehingga performanya akan lebih optimal. Masalah seperti ini juga bisa kamu hindari dengan mengetahui spesifikasi VPS yang tepat. 

Jadi, saat membeli layanan hosting, jangan hanya berfokus pada harganya saja, tetapi juga detail dari spesifikasi yang ditawarkan.

Crash atau Error

VPS lambat menjadi masalah bagi para penggunanya? Sudah pasti menjadi masalah karena dapat memengaruhi performa dan kredibilitas penggunanya. Terlebih jika hal tersebut berlangsung dalam waktu yang lama. 

Kamu bisa membayangkan berapa banyak kesempatan yang hilang atau kerugian yang dialami karena pengunjung website memilih situs web lain sebagai alternatif.

Apabila VPS melamban, coba periksa dan pastikan bahwa tidak terjadi crash atau error. Crash bisa terjadi karena berbagai hal termasuk kesalahan dalam memasang program yang kamu gunakan. Atau bisa juga karena program tersebut diserang virus.

Memori Rendah

Bagi yang sedang mencari solusi VPS lambat, sudah tahukah kalau memori rendah bisa menjadi salah satu penyebab VPS menjadi lambat? Dengan mengetahui penyebabnya, kamu bisa melakukan langkah dan mendapatkan solusi yang tepat.

Saat VPS lambat atau bahkan error, bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh memory yang rendah. Artinya, memori utama pada virtual private server (VPS) sudah habis terpakai. Jadi, sistem operasi mengalihkannya ke memori virtual. 

Nah saat memori virtual tersebut habis, tentunya kapasitas memori tersebut semakin rendah dan menyebabkan VPS melambat hingga tidak bisa diakses.

Request Time Out

VPS semakin melambat atau bahkan hingga mengalami request timed out? Jika demikian, ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan masalah tersebut, yaitu koneksi tidak stabil atau jaringan VPS sedang bermasalah.

Terjadi Masalah pada Sistem Operasi

Untuk bisa menemukan solusi VPS lambat, tentunya kamu harus mengetahui dulu penyebabnya. Nah, penyebab lain melambatnya VPS bisa jadi karena adanya masalah pada sistem operasi. 

Seperti yang kita ketahui bahwa pada umumnya VPS menggunakan sistem operasi Linux agar bisa berjalan. Nyatanya, sistem operasi tersebut lebih banyak digunakan dan lebih populer dibandingkan dengan sistem operasi lain dalam hal tersebut.

Namun, bukan berarti kamu tidak bisa menemukan penyedia yang menawarkan VPS dengan sistem operasi Windows. Perlu diketahui kalau masalah yang terjadi pada sistem operasi dapat memengaruhi kinerja VPS.

Sistem operasi mungkin mengalami hang sehingga aplikasi tidak dapat berjalan dengan baik. Hal tersebut juga dapat menghambat fungsi remote desktop connection.

Solusi VPS Lambat

solusi VPS lambat
Sumber: shutterstock

Solusi VPS lambat atau masalah lain yang terjadi tentunya akan lebih mudah ditemukan dengan memastikan penyebabnya terlebih dahulu. Oleh sebab itu, sebaiknya amati dan periksa kembali agar bisa mengetahui apa saja penyebab VPS lambat atau mengalami gangguan lain.

Adapun solusi VPS lambat yang bisa kamu coba agar VPS kembali berjalan sebagaimana mestinya adalah sebagai berikut:

Ganti Jaringan yang Digunakan

Salah satu solusi VPS lambat yang bisa kamu coba lakukan adalah mengganti jaringan yang digunakan. Kamu bisa terlebih dahulu mengecek jaringan yang sedang digunakan dan kemudian menggantinya dengan jaringan lain apabila masih tidak melihat perubahan. Artinya, VPS tetap lambat atau masalah masih belum teratasi dengan baik.

Untuk mengecek status jaringan VPS, coba cek status server yang disediakan oleh penyedia VPS pilihanmu.

Pasang Firewall pada VPS

Solusi lain yang bisa kamu lakukan adalah memasang firewall pada VPS. Beberapa penyedia mungkin sudah memasang firewall pada VPS secara default

Untuk memasang aplikasi firewall, uninstall terlebih dahulu firewall yang sudah ada pada VPS. 

Cek dan Bersihkan Program yang Sudah Tidak Digunakan

Mengecek dan membersihkan program yang sudah tidak digunakan bisa melengkapi daftar solusi VPS lambat. Dengan melakukan hal tersebut, kamu bisa mendapatkan tambahan RAM.

Mungkin saja ada bekas download pada browser yang belum ditutup. Biasanya, browser memerlukan RAM yang tinggi. Apabila solusi VPS lambat satu ini sudah dilakukan namun VPS masih saja lambat, ada kemungkinan terjadinya crash atau error. Jadi, kamu harus menemukan solusi yang tepat.

Restart dan Install Ulang VPS

Selain ruang penyimpanan yang habis, VPS juga bisa lambat karena terjadinya crash atau error, bukan? Apabila masalah tersebut terjadi, solusi VPS lambat yang bisa dilakukan adalah restart VPS.

Tetapi, jika masih belum memberikan hasil optimal, minta penyedia hosting untuk instal ulang VPS. Tujuannya untuk memastikan VPS kembali dengan performa terbaiknya, tidak lagi lambat.

Lakukan Optimasi Scripting

Saat VPS terasa lambat, melakukan optimasi scripting juga bisa diandalkan sebagai solusi VPS lambat. Hal yang perlu kamu tahu adalah scripting yang tidak optimal bisa membuat website menjadi lambat. Mengapa demikian? Website memerlukan sumber CPU dan RAM tambahan.

Optimasi Database Query

Optimasi juga bisa kamu lakukan pada database query apabila ingin mengatasi VPS yang lambat. Penggunaan CPU bisa melonjak dan menyebabkan tingginya penggunaan IO storage karena query-query yang tidak optimal.

Itulah kenapa kamu harus melakukan optimasi database query yang dilengkapi dengan benchmarking pada perubahan yang dilakukan.

Optimasi CMS

CMS adalah singkatan dari content management system. Beberapa CMS yang banyak digunakan diantaranya adalah Joomla dan WordPress. Jika ingin mengoptimasi CMS yang digunakan, sebaiknya hindari memasang (install) plugin maupun module yang menggunakan banyak resource.

Penggunaan plugin atau modula yang berlebihan tentunya memengaruhi penggunaan CPU dan RAM. Pilih plugin yang sesuai dengan kebutuhan dan kamu bisa menambahkan plugin lain di kemudian hari.

Selain beberapa solusi VPS lambat di atas, kamu juga bisa mencoba cara satu ini terlebih saat mendownload sesuatu dari situs web yang penuh gambar dan flash.

Nah, untuk kebutuhan download, coba gunakan browser di PC lain. Kemudian temukan dan salin link download. Jika sudah, kamu bisa menghubungkan ke VPS dan kemudian tempel link tersebut pada browser di VPS.

Hindari kesalahan memilih VPS agar bisa meminimalisir kemungkinan VPS lambat serta masalah lain yang bisa terjadi. Itulah kenapa sebaiknya pertimbangkan dengan baik layanan VPS mana yang akan kamu pilih.

Mengapa tidak memilih VPS dari Exabytes? Exabytes merupakan salah satu penyedia layanan hosting murah namun menawarkan kualitas terbaik. Jadi, bisa pelanggan sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Cari tahu alasan mengapa VPS Exabytes terbaik. Dengan begitu, kamu akan semakin yakin memilih penyedia hosting satu ini. Sudah tahu kan apa yang harus dilakukan saat ingin mendapatkan layanan VPS terbaik?

Kesimpulan

Solusi VPS lambat bisa kamu temukan dan lakukan sesuai dengan penyebab masalahnya. Jadi, sebisa mungkin luangkan waktu untuk mencari sumber permasalahan pada VPS.

Akan lebih baik jika dari awal memilih penyedia hosting yang menawarkan layanan terbaik serta dukungan tim ahli 24/7. Jadi, kamu bisa mendapatkan solusi VPS lambat sesegera mungkin dengan bantuan dari tim ahli. 

Saat sudah yakin untuk menggunakan layanan VPS, kamu bisa menghubungi Exabytes sekarang juga yang menawarkan berbagai kelebihan yang mungkin tidak bisa kamu dapatkan dari penyedia hosting lainnya.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments