9 Tips Ampuh Agar Kuliah Online Tetap Asyik dan Efektif

97
Tips Kulilah Online
8 min read

Sudah beberapa bulan belakangan, kita dihimbau untuk menjaga jarak dengan orang lain. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir penyebaran virus COVID-19 di Indonesia. Alhasil, banyak kegiatan yang pada akhirnya diberhentikan sementara dan dilakukan di rumah. Salah satunya yaitu kegiatan kerja dan perkuliahan secara online. 

Siapa yang akan menyangka pada tahun 2020 ini, kita tidak akan bisa belajar bersama dengan teman-teman lainnya. Memang terasa asing dan jenuh dengan perubahan mendadak seperti ini. Pasti kamu juga sempat merasakan beberapa tantangan tersendiri ketika melakukan kuliah online. Seperti keterbatasan kuota, sinyal, tidak fokus, kesulitan mengerjakan tugas, susah untuk berkomunikasi dengan dosen atau teman-teman kelompok dan lainnya. 

Eits, jangan sampai kamu ketinggalan pelajaran lho, ya! Apalagi sampai nilai turun! Kamu bisa mulai membiasakan diri dengan belajar secara online, lho. Lakukan 9 tips kuliah di bawah ini agar kuliah online kamu tetap asyik dan efektif walaupun dilakukan secara online. Apa aja sih? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Work from Home = Libur? Salah Besar!

Ilustrasi kuliah online di rumah

Hilangnya sebagian besar aktivitas di luar rumah membuat kita merasa seperti sedang libur. Padahal aktivitasmu tetap sama seperti biasanya, lho. Hanya saja dilakukan pada tempat dan suasana yang berbeda. Malah beberapa mahasiswa ada yang berpendapat bahwa sebenarnya ketika kita kuliah online, justru semakin berat karena banyaknya tugas. Jadi kuliah online di rumah bukan berarti leha-leha lho ya.

Persepi libur ini juga lama kelamaan akan membuat kamu menjadi malas beraktivitas nih guys. Belum lagi tergoda untuk rebahan di kasur, sudah pasti pekerjaanmu akan semakin tertunda deh! Mulai hilangkan persepi seperti ini ya agar tetap bersemangat dan produktif selama menjalankan kuliah online.

Buatlah Reminder Jadwal Kuliah

Bikin reminder dapat membuat kuliah online efektif

Banyaknya kegiatan lain di rumah selain menghadiri kelas sering membuat kita lupa terhadap jadwal kuliah. Jangan sampai kamu mengulang mata kuliah hanya karena lupa jadwal nih, guys!

Maka dari itu, buatlah reminder jadwal kuliah yang harus kamu ikuti. Pasang alarm beberapa menit sebelum kelas di mulai dan pastikan kamu sudah siap 10 menit sebelum kelas di mulai ya guys!

Pastikan Tempat Belajar Kamu Nyaman

Tempat belajar yang nyaman

Kekurangan dari kuliah secara online yaitu semakin banyak gangguan ketika kelas berlangsung. Terutama saat di rumah, bisa terjadi banyak distraksi misalnya dipanggil orang tua, diganggu adik untuk diajak main, atau godaan besar untuk rebahan di kasur.

Untuk meminimalisir hal tersebut, tentukan tempat yang nyaman dan kondusif yang bisa membuat kamu fokus terhadap kegiatan belajar yang berlangsung. Kamu bisa memilih belajar di kamar atau di ruangan kosong dimana kamu bisa fokus untuk kuliah online.

Baca Juga  10 Alasan Kenapa Brand Kalian Butuh Domain Sendiri

Singkirkan pula barang-barang yang bisa mengganggu fokus kamu seperti smartphone, televisi, dan lainnya. Hindari tempat yang terlalu bising atau terlalu nyaman. Tempat yang terlalu nyaman akan membuatmu mudah mengantuk lho guys.

Catat Poin-Poin Penting

Catat poin penting saat kuliah online

Saat kuliah online, interaksi perkuliahan pun tidak sebanyak saat kuliah offline. Karena kamu hanya masuk ke kelas online dan mendengarkan dosenmu saja. Nah disini kamu jangan cuma mendengarkan saja ya. Tapi kamu juga perlu mencatat poin penting dari penjelasan dosen, lho. Mencatat materi pembelajaran bisa memperdalam pemahaman kamu mengenai materi tersebut. Hal ini juga akan membantu kamu mengingat dan mengulang kembali materi saat belajar ujian nantinya.

Dengan mencatat materi akan membuat kamu lebih fokus mendengarkan penjelasan dosen. Kemungkinan besar kamu juga akan menemukan poin-poin yang ternyata kurang dipahami dan memiliki waktu untuk mencari penjelasannya di Google atau bertanya pada saat sesi tanya jawab.

Aktif Melakukan Diskusi

Aktif melakukan diskusi

Hayo ngaku, siapa yang pas kelas online cuma absen aja tapi malah ngerjain sesuatu atau cuma rebahan pas lagi kelas online? Jangan hanya sekedar memenuhi absen saja ya guys! Kamu juga harus aktif melakukan diskusi agar semakin paham terhadap materi yang dibahas.

Jangan pernah malu untuk bertanya jika tidak paham. Seperti pepatah yang bilang malu bertanya sesat di jalan. Kalau kamu malu bertanya, maka kamu tidak akan paham materi pembelajaran tersebut!

Kamu juga bisa membahas informasi baru yang pernah kamu dengar dan membahasnya bersama dosen dan teman lainnya lho. Siapa tau informasi yang kamu miliki bisa menjadi bahasan menarik dan menambah pengetahuan baru.

Bangun Mood yang Menyenangkan

Bangun mood yang menyenangkan saat kuliah online

Penting bagi kamu untuk membangun suasana belajar online yang menyenangkan lho. Buat mood belajar yang menyenangkan agar kamu tidak jenuh dengan kuliah online. Walaupun belajar dari rumah, namun kamu tetap bisa berdandan dan berpakaian rapih seperti layaknya sedang beraktivitas seperti biasa juga lho.

Pastikan segala barang yang diperlukan telah disiapkan agar kamu bisa fokus saat pembelajaran berlangsung. Mulai dari gadget yang digunakan, sinyal yang baik, buku, alat tulis dan lainnya. Lalu nyalakan kamera dan berinteraksi seperti biasa yang kamu lakukan.

Eits, jangan lupakan berbagai camilan lezat untuk menemani kamu belajar ya! Siapkan beberapa camilan atau minuman kesukaanmu untuk dimakan saat pelajaran berlangsung. Tapi pastikan terlebih dahulu tidak ada larangan makan saat jam pelajaran ya.

Hilangkan Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Hilangkan Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Tips kuliah online agar berjalan efektif adalah jangan nunda pekerjaan. Memang sih nikmatnya rebahan di rumah membuat kita sering mengulur-ulur waktu nih. Tetapi sebisa mungkin mengerjakan tugas-tugas secepatnya ya guys. Selesai lebih cepat juga akan memberikan kamu waktu untuk mengoreksi ulang tugas kamu lho. 

Baca Juga  4 Tips Mengatur Cashflow untuk UMKM

Buatlah jadwal dan prioritas pekerjaan mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Kemudian tentukan deadline mengenai kapan tugas itu harus selesai. Ingatlah bahwa saat kuliah online juga berarti tidak ada lagi toleransi keterlambatan pengumpulan tugas karena semua dilakukan melalui sistem.

Sisihkan Waktu Untuk Refreshing

Regreshing juga perlu saat kuliah online

Memang menyelesaikan tugas secepatnya merupakan tindakan yang tepat. Namun, pastikan kamu memiliki beberapa waktu untuk refreshing atau melepas penat. Jangan terlalu memaksakan diri untuk terus menerus belajar. Tubuh dan otak kamu juga butuh istirahat, lho!

Kamu bisa banget nih mengatur kegiatan seru bersama temanmu dari jarak jauh. Seperti video call bersama teman-teman, menonton film bersama, bermain game, dan lainnya. Pastikan pembagian waktu refreshing dan bekerja sesuai jadwal ya! Jangan sampai keterusan sehingga kamu kelupaan dengan kelas perkuliahan onlinemu.

Terapkan Pola Hidup Sehat

Terapkan pola hidup sehat

Berada di rumah terus pasti bikin mager ngapa-ngapain kan guys? Ingin melakukan pekerjaan saja terasa dua kali lebih berat dari biasanya. Alhasil, setiap hari hanya bermain smartphone, makan yang tidak teratur, dan begadang. Itu semua sangat tidak bagus untuk tubuhmu, lho!

Setidaknya, coba sisihkan beberapa menit untuk melakukan olahraga ringan agar tubuh kamu tetap sehat dan kuat. Menggerakan tubuh itu baik banget untuk sirkulasi darah dan juga untuk refresh otakmu.

Hindari juga tidur larut malam untuk menghindari kamu mengantuk saat mengikuti kuliah online di pagi hari. Meskipun kuliah online kamu off cam dan wajahmu tidak muncul di pertemuan kelas, tetapi kalau kamu mengantuk maka kamu nggak akan fokus kuliahnya. Pola hidup yang sehat akan membantu kamu merasa lebih bersemangat dan meningkatkan produktivitas lho.

Jika biasanya kamu mandi dan makan sebelum kelas, maka tidak ada salahnya kamu melanjutkan kebiasaan ini walaupun kuliah secara online lho, guys. Tidak ada salahnya melakukan kebiasaan sehari-hari agar tidak jenuh berada di rumah terus.

Nah, seperti itulah tips yang bisa kamu coba agar kuliah online tetap asyik dan efektif guys! Memang perubahan sistem kuliah menjadi online memiliki banyak tantangan tersendiri bagi para mahasiswa. Namun, kamu harus bisa beradaptasi secepatnya agar tidak ketinggalan pelajaran nih, Exabytes Friends.

Pastikan kuliah kamu tetap berjalan efektif dan tidak tertinggal, oke? Jangan sampai kuliah online sebagai penghambat kesuksesanmu ya. Kuliah online akan terasa menyenangkan jika dilakukan dengan cara yang benar dan menyenangkan lho.

Selain tips kuliah online yang efektif dan mengasyikan, kamu juga bisa menyimak tips produktif saat work from home di artikel ini ya. Siapa tau bisa membantu orang-orang di sekelilingmu juga nih.

Yuk ikuti tips di atas, Exabytes Friends! Semoga membantu dan tetap semangat untuk kuliah onlinenya ya!

Credit: Carissa Dea Chrestella Prayudhi