Tren Email Marketing Tahun 2023 Yang Perlu Kamu Terapkan

97
banner marketing

Tren email marketing tahun 2023 – Sebagai seorang marketer, tentunya kamu sudah mengetahui pentingnya mengirimkan email marketing. Maka dari itu, di tahun 2023 ini, kamu wajib mengetahui berbagai prediksi tren di bidang email marketing.

Mengetahui berbagai prediksi tren untuk tahun 2023 akan membuat kamu selangkah lebih maju dari para pesaing. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan hasil maksimal dari email marketing saat kamu mempelajari apa yang akan populer di tahun 2023 ini.

Nah, artikel ini akan memberikan informasi apa saja tentang tren email marketing tahun 2023. Silahkan simak artikel berikut ini, ya!

Tren Email Marketing Tahun 2023

tren email marketing tahun 2023

1. Personalisasi Email

Salah satu tren yang diprediksi masih ada dan akan terus populer di email marketing tahun 2023 adalah personalisasi email.

Strategi ini adalah salah satu cara terbaik untuk membuat konsumen terlibat dengan email yang kamu kirim dan melihat apa yang mereka tawarkan.

Faktanya, data dari Campaign Monitor menunjukkan bahwa personalisasi dalam email marketing dapat:

  • Tingkatkan open rate email sebesar 42%.
  • Subjek email yang dipersonalisasi meningkatkan open rate sebesar 26%.
  • Tingkatkan rasio clickthrough rate (CTR) rata-rata sebesar 14%.
  • Tingkatkan konversi email sebesar 10%.

Harap dicatat bahwa audiens kamu menerima banyak email dari berbagai perusahaan. Tentu saja, mereka tidak akan membuka email yang mereka anggap tidak relevan.

Nah, personalisasi email ini bisa menarik perhatian audiens kamu dan membuat mereka tertarik untuk membuka email yang kamu kirimkan.

2. Menerapkan AI (Artificial Intelligence)

Menerapan AI atau kecerdasan buatan juga akan menjadi tren email marketing tahun 2023.

Memang, AI dapat membantu marketer membuat keputusan yang lebih baik. Kamu dapat menggunakan AI untuk memberikan pengalaman yang lebih baik audiens kamu.

Tidak hanya itu, NetHunt percaya bahwa AI juga dapat membantu kamu melakukan hal-hal berikut:

  • Membantu kamu menulis subjek email.
  • Memungkinkan kamu mengirim email yang dipersonalisasi ke setiap prospek.
  • Analisis ribuan data untuk membuat kampanye email marketing yang efektif.
  • Bersihkan daftar email.
  • Buat mailing list.
  • Identifikasi tren dan perubahan audiens kamu.

3. Tidak Menggunakan Open Rate Sebagai KPI

Tren email marketing tahun 2023 selanjutnya yang perlu kamu waspadai adalah tidak menggunakan open rate sebagai KPI.

Ini karena beberapa perubahan pada setelan privasi dapat memengaruhi cara marketer melacak kinerja kampanye mereka. Jadi, sebagai marketer, kamu harus beradaptasi dengan perubahan ini.

Salah satu perubahan kebijakan privasi terpenting Appel. Dimana, perubahan tersebut mencegah marketer untuk melacak informasi pengguna mereka, seperti:

  • Saat pengguna membuka email.
  • Dimana pengguna membuka email.
  • Perangkat apa yang digunakan pengguna untuk membuka email.
  • Aktivitas pada perangkat yang digunakan untuk membuka email.

Tentu saja, karena perubahan ini, metrik open rate tidak terlalu bisa diandalkan. Ini membuat metrik seperti klik dan clickthrough rate menjadi lebih penting untuk dilacak.

4. Email Yang Interaktif

Tren selanjutnya yang akan populer dalam email marketing tahun 2023 adalah email interaktif.

Menurut Web FX, email interaktif memiliki berbagai elemen yang dapat “dimainkan” publik tanpa harus mengunjungi website lain dan meninggalkan inbox mereka.

Beberapa di antaranya, meliputi:

  • Carousel gambar yang dapat dijelajahi pengguna.
  • Video yang dapat diputar pengguna.
  • Game yang dapat dimainkan pengguna.

Tentu saja, kehadiran beberapa elemen interaktif dapat mendorong audiens untuk terlibat dengan email tersebut. Jadi itu membuat kamu lebih unggul dari pesaing kamu.

5. Berikan Storytelling Untuk Audiens

Web FX juga mengatakan tren lain yang akan umum dalam email marketing tahun 2023 adalah storytelling kepada audiens.

Storytelling menjadi semakin penting karena konsumen ingin merasa lebih terhubung dengan brand yang mereka beli. Konsumen ingin tahu dari siapa mereka membeli dan apa arti perusahan ini.

Jadi untuk memenuhi kebutuhan ini, kamu perlu membicarakan bisnis kamu dan menampilkan kepribadian merek kamu di buletin email kamu. Dengan memberikan storytelling, kamu juga dapat meningkatkan engagement dan membangun hubungan yang lebih baik dengan konsumen kamu.

Ini dapat mengubah mereka menjadi konsumen setia dan mendukung brand kamu.

6. Fokus Pada Pengguna Seluler

Memberikan pengalaman yang baik bagi pengguna seluler juga menjadi tren berikutnya dalam email marketing tahun 2023.

Bahkan menurut data Google, hingga 71% pengguna menggunakan smartphone untuk membuka email.

Tentu saja, hal ini menuntut marketer untuk memastikan bahwa email mereka dapat dilihat dan berfungsi dengan baik di smartphone audiens mereka.

Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan desain responsif pada email kamu agar dapat menyesuaikan dengan perangkat yang digunakan konsumen. Selain itu, jangan sampai email kamu terlihat berantakan dan perhatikan jumlah duplikat yang tertera di dalamnya agar konsumen tidak perlu scrolling dalam jangka waktu yang lama.

Kesimpulan

Itulah beberapa tren email marketing tahun 2023 yang perlu kamu perhatikan sebagai seorang marketer.

Tentunya tidak hanya sektor tersebut yang diperkirakan akan mengalami berbagai tren di tahun mendatang.

Sebab, aspek yang berbeda akan memunculkan tren baru seiring perkembangan teknologi sesuai dengan kebiasaan pengguna atau audiens.

Nah, agar tidak ketinggalan informasi tentang dunia marketing, kamu bisa merujuk pada kumpulan artikel Exabytes tentang topik ini.

Cukup klik di sini untuk mendapatkan dan membaca koleksi artikel gratis kami.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments