Visual Marketing : Pengertian, Manfaat, Jenis & Tipsnya

0
1759

Tidak asing dengan istilah marketing namun baru kali pertama mendengar adanya istilah visual marketing? Jika demikian, apakah kamu tertarik untuk mengetahui lebih jauh apa itu visual marketing, manfaat, dan jenisnya?

Artikel satu ini juga akan membantu kamu menemukan berbagai tips yang akan sangat berguna dalam menerapkan visual marketing.

Apa Itu Visual Marketing

apa itu visual marketing
Visual marketing menggunakan konten marketing yang eye-catching dan unik. (Sumber: shutterstock)

Content is king! Mungkin kamu sering mendengar istilah satu ini? Ya, konten merupakan hal penting dalam setiap jenis dan strategi pemasaran, termasuk digital marketing. Konten mampu memengaruhi audiens sehingga mereka tertarik untuk membeli produk atau jasa.

Akan tetapi, konten seperti apa yang mampu menarik lebih banyak audiens yang nantinya bisa kamu konversi menjadi calon pembeli? Konten berupa gambar, video, atau infografis yang juga dikenal sebagai konten visual.

Jika demikian, kamu bisa berfokus pada konten visual untuk memasarkan produk. Apakah visual marketing begitu familiar?

Jika ini kali pertama mendengar visual marketing, lantas apa itu visual marketing? Dengan mengetahui konten visual dan marketing, apakah kamu bisa menyimpulkan apa itu visual marketing?

Melihat dari namanya, visual marketing merupakan teknik memasarkan produk atau jasa menggunakan konten visual baik berupa gambar atau foto, video, infografis, atau lainnya. 

Sebuah studi mengemukakan kalau manusia dapat mengidentifikasi seluruh gambar dengan lebih cepat hanya dengan melihatnya selama 13 milidetik. Gambar dinilai efektif untuk membangkitkan perasaan dibandingkan dengan teks.

Mungkin ini juga yang mendasari keputusan mengapa marketer saat ini lebih cenderung memilih konten visual untuk pemasaran. Konten visual membuat pesan atau informasi tersampaikan dengan lebih mudah. 

Dewasa ini, orang-orang lebih suka mendapatkan informasi dari konten visual dibandingkan melalui deskripsi atau tulisan panjang.

Manfaat Visual Marketing

Manfaat visual marketing
Visual marketing memberikan berbagai manfaat untuk bisnis yang menjalankannya. (Sumber: pixabay)

Setelah mengetahui apa itu visual marketing, tentunya akan semakin lengkap jika mengetahui apa saja manfaat visual marketing. Pemasaran menggunakan visual merupakan teknik pemasaran yang menggunakan konten multimedia seperti gambar, video, atau lainnya.

Ada beberapa manfaat visual marketing, diantaranya adalah:

Menarik Perhatian Audiens

Salah satu manfaat visual marketing adalah menarik perhatian audiens. Manusia cenderung lebih menyukai konten berupa multimedia dibandingkan hanya berupa teks saja. Itu artinya, marketer atau pebisnis bisa memanfaatkan berbagai konten multimedia termasuk gambar dan video untuk memasarkan produk atau jasa.

Meningkatkan Brand Awareness

Manfaat lain dari visual marketing adalah meningkatkan brand awareness. Mengapa demikian? Sentuhan konten visual yang dibagikan kepada audiens akan lebih mudah dipahami dan diingat.

Melalui konten berupa foto, video, atau konten visual lainnya, kamu bisa menunjukkan pada audiens ciri dan keunikan brand. Jadi, akan lebih mudah dikenali orang para audiens atau target pasar.

Meningkatkan Keterlibatan Audiens

Mereka yang menggunakan visual marketing juga bisa mendapatkan manfaat lain dari strategi pemasaran satu ini. Salah satunya adalah meningkatkan keterlibatan audiens. Tidak dapat dipungkiri kalau konten visual lebih menarik dibandingkan dengan konten berupa tulisan atau teks.

Dengan begitu, akan lebih banyak orang yang tertarik untuk terlibat dengan konten tersebut. Akan tetapi, kamu harus memastikan kalau konten yang dibagikan itu unik dan eye-catching agar audiens tertarik untuk menanggapinya.

Ingin mencoba memasarkan produk atau jasa di platform media sosial? Cari tahu lebih lanjut tentang strategi social media marketing di artikel ini.

Meningkatkan Trafik Website

Website adalah media yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan sekaligus menjual produk atau jasa. Untuk meningkatkan trafiknya, kamu bisa mengimplementasikan visual marketing.

Trafik akan semakin meningkat seiring dengan semakin banyaknya pengguna internet yang penasaran dengan konten visual yang kamu bagikan. Konten tersebut bisa berupa foto, infografik, video, animasi, atau lainnya.

Visual marketing dinilai efektif menarik perhatian pengguna internet sehingga mereka akan tertarik untuk mengunjungi website milikmu.

Cari tahu informasi seputar cara meningkatkan traffic website dengan membaca artikel ini.

Jenis-jenis Konten Visual Marketing

jenis konten visual marketing
Marketer bisa menggunakan berbagai jenis konten visual marketing yang bisa menarik perhatian audiens. (Sumber: shutterstock)

Bagi yang masih bingung dalam menentukan jenis konten visual untuk kebutuhan pemasaran visual, ada banyak pilihan yang tersedia. Yang harus kamu ingat adalah konten visual tidak hanya berupa foto dan video saja. 

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa jenis konten visual marketing:

Foto

Orang-orang sudah tidak asing dengan foto yang merupakan salah satu jenis konten visual yang cocok untuk visual marketing. Karena sering digunakan, jadi tidak heran jika banyak strategi marketing yang menggunakan konten satu ini.

Apabila ingin menggunakan foto untuk visual marketing, pilihlah foto yang relevan dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Foto tersebut juga harus memiliki kualitas yang tinggi sehingga akan jelas saat dilihat. Hal tersebut akan semakin memudahkan audiens mendapatkan gambaran yang jelas tentang produk atau jasa.

Video

Jenis konten visual marketing yang kedua adalah video yang saat ini semakin banyak diminati. Konten visual satu ini bisa kamu temukan dengan mudah bahkan di berbagai platform sosial media.

Fakta tersebut bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa melalui visual marketing yang dibuat dengan menggunakan video sebagai konten. Jadi, kamu bisa mendapatkan peluang yang lebih untuk bisa menarik audiens serta menambah pundi-pundi rupiah dari penjualan.

Animasi

Secara singkat, kita bisa mengartikan animasi sebagai gambar bergerak. Jenis konten visual marketing satu ini juga banyak digunakan dalam pemasaran. Animasi adalah video yang menjelaskan suatu hal dengan lebih rinci sehingga akan lebih mudah dipahami oleh para penonton.

Animasi biasanya menggunakan gambar menarik dan menghibur yaitu dengan menggabungkan video, warna, suara, dan gerakan sekaligus. 

Infografis

Infografis adalah jenis konten yang juga banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan pemasaran. Artinya kamu bisa menjalankan visual marketing dengan memilih infografis sebagai pilihan konten yang pas. 

Nah, bagi yang ingin menampilkan data dan statistik kompleks menjadi tampilan yang menarik, mereka bisa memilih infografis. Tentunya, infografis harus dibuat dengan font, warna, dan format yang mampu menarik audiens agar mereka membaca informasi yang kamu sajikan.

Meme

Anak muda jaman sekarang pastinya tidak asing dengan meme. Meme sempat populer di berbagai platform media sosial yang memberikan daya tarik dan hiburan tersendiri.

Ternyata meme bisa juga kamu manfaatkan sebagai konten visual untuk branding atau memasarkan produk. Memilih meme sebagai jenis konten visual marketing sepertinya menjadi pilihan tepat terlebih jika kamu menyasar anak muda sebagai target audiens.

Desain Grafis

Kamu juga bisa mempertimbangkan desain grafis yang merupakan jenis konten visual lainnya yang juga cocok untuk marketing. Dengan konten satu ini, marketer atau pebisnis dapat berkomunikasi dengan audiens menggunakan desain grafis.

Desain grafis akan efektif apabila dibuat semenarik dan seunik mungkin. Hal tersebut akan memungkinkan audiens menyimak konten dan memperhatikan pesan marketing yang kamu sampaikan melalui konten satu ini.

Sudah pernah mencobanya?

Tips Menjalankan Visual Marketing

Tertarik untuk memulai visual marketing? Selain mengetahui strategi visual marketing, sebaiknya ketahui juga apa saja tips yang bisa kamu terapkan untuk melakukan visual marketing. 

Berikut adalah beberapa tips yang cocok bagi kamu atau marketer yang hendak mencoba visual marketing dalam memasarkan serta mempromosikan produk atau jasa:

Analisis Produk atau Jasa

Guna memastikan strategi visual marketing akan memberikan hasil optimal, lakukan analisis produk atau jasa. Dalam hal ini, kamu harus mengenali karakteristik produk atau jasa. Cari tahu apa saja kekuatan dan kelemahannya, termasuk peluang dan ancaman bisnis. Tujuannya agar bisa mengoptimalkan kekuatan dan peluang.

Dengan menganalisis produk atau jasa, kamu juga bisa meminimalisir kelemahan serta ancaman yang mungkin ada selama menjalankan bisnis.

Tetapkan Tujuan

Setiap strategi marketing harus disertai dengan tujuan yang jelas. Apakah kamu ingin melakukan branding? Atau kamu ingin meningkatkan penjualan? Buatlah tujuan yang jelas agar mempermudah setiap langkah dalam proses pemasaran.

Kenali Calon Pelanggan

Dalam setiap strategi pemasaran, penting bagi sebuah bisnis atau perusahaan mengenali siapa calon pelanggan mereka. Hal tersebut juga berlaku bagi visual marketing. 

Untuk dapat mengenali karakteristik calon pelanggan, lihat perilaku pelanggan, preferensi, dan demografi. Jadi, akan lebih mudah bagi kamu untuk menentukan jenis konten visual yang dapat menarik perhatian calon pelanggan.

Selain itu, kamu juga bisa menyediakan informasi yang sesuai dengan kebutuhannya. Pelajari juga psikologi marketing agar bisa memikat konsumen. 

Cek Kompetitor

Selain menganalisis produk atau layanan yang kamu tawarkan, cek pula para kompetitor atau pesaing. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui potensi yang bisa kamu kembangkan agar menghasilkan proposisi nilai yang sesuai.

Menggunakan Konten Visual Berkualitas Tinggi

Tips visual marketing yang tidak boleh kamu abaikan adalah memastikan kalau konten visual yang kamu gunakan memiliki kualitas yang tinggi. Salah satu alasan dibalik keputusan calon pelanggan menunda atau tidak melanjutkan pembelian karena foto produk berkualitas rendah.

Calon pelanggan juga tertarik untuk melihat deskripsi produk yang disertai dengan konten visual. Pemilihan konten visual juga harus sesuai dengan gaya, produk, dan brand. 

Tertarik Mengimplementasikan Visual Marketing?

Visual marketing berarti memasarkan produk atau jasa menggunakan konten visual. Ada berbagai pilihan jenis konten visual yang saat ini begitu populer dan bisa memengaruhi audiens, yaitu foto, video, meme, dan infografis.

Konten-konten tersebut bisa memaksimalkan strategi pemasaran yang hendak kamu terapkan di dunia digital. Nah, bagi yang butuh jasa digital marketing dan iklan berupa Facebook Ads atau Google Ads, bisa segera menghubungi Exabytes.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments