Sulit dipercaya hanya dalam 7 tahun sejak Instagram diperkenalkan. Aplikasi handphone ini sudah di download sebanyak 1 Milyar kali. Angka yang sangat fantastis untuk sebuah aplikasi.

Tidak hanya itu, Instagram yang tadinya hanya sebagai aplikasi social media untuk berbagi photo dan video perlahan mulai beralih fungsi. Orang-orang menjadikan Instagram sebagai mesin pencari (layaknya Google pencarian atau Bing), eCommerce jual/beli, branding perusahaan, baca komik, lowongan kerja, rekomendasi makanan/rekreasi/pakaian, gosip dan berita, hingga tempat cari jodoh 🙂 ajaib memang.

Sudah bukan rahasia umum bahwa Instagram bisa menjadi alat promosi yang sangat luar biasa. Seperti dahulu Facebook atau media social yang lain, banyak sekali berita viral diawali di Instagram. Banyak orang biasa menjadi terkenal atau selebgram (sebriti Instagram) dari Instagram yang membandrol biaya endorse produk yang mahal. Tidak tanggung-tanggung, harga fantastis untuk 1 kali endorse produk. Ayana Moon atau Rachel Vennya misalnya mematok harga tak kurang dari 3 juta rupiah untuk sekali endorse. Terkadang 1 selebgram bisa meng-endorse lebih dari 10 produk perhari.

Instagram memang manis. Seperti tulisan sebelumnya, banyak bisnis dengan omset millyaran berawal dari Instagram. Jadi wajar saja kalau platform ini dijadikan salah satu target marketing dari usaha kecil-kecilan, hingga perusahaan raksasa seperti Unilever dan Nike.

Baca Juga  Liputan Swa.co.id,'Agar Email Bisa Diakses Aman dari Mana Saja'

Tambah followers Instagram

Salah satu aset paling berharga di Instagram adalah followers. Jumlah followers seringkali dijadikan sebagai tolak ukur kepercayaan sebuah akun oleh kebanyakan orang meskipun secara resmi Instagram sendiri telah memberikan fitur Verified yang ditandai dengan centang biru untuk validasi akun.

Beberapa alasan pentingnya meningkatkan follower akun toko online di Instagram:

  • Social Proof (bukti kepercayaan oleh orang banyak).
  • Popularity. Semakin populer atau dikenal sebuah akun maka akan semakin banyak orang tahu dan berkunjung ke akun tersebut.
  • More follower = More organic reach = More buyers. Instagram akan membagikan photo/video yang Anda upload ke follower Anda. Algoritma Instagram juga membagikan post tadi ke orang lain. Frequensinya akan lebih besar jika akun memiliki banyak follower.
  • Lebih besar market pool (target market) untuk iklan di Facebook menggunakan Lookalike Audience.

Cara-cara dibawah ini saya lakukan untuk membangun beberapa akun toko online di Instagram yang saya kelola dan sukses menambah follower akun tersebut secara sangat cepat. Bahkan, saat itu saya bisa mendapatkan followers hingga 4000 dalam hanya dalam 1 hari.

Ada 2 metode yang saya lakukan, yaitu Cara Gratis dan Cara Berbayar.

A. Cara Gratis

1. Pengaturan Profile

Layout & Bio

Langkah pertama dan termudah adalah dengan mengisi Bio Instagram kamu dengan keywords atau kata kunci yang tepat. Sehingga ketika orang mencari di Instagram dengan kata kunci tertentu, akun toko online kamu akan muncul. Ini penting untuk akun yang baru (belum banyak follower).

Salah satu cara yang saya gunakan untuk menemukan keywords yang tepat di Instagram Bio salah yaitu dengan menggunakan Google Keyword Planner. Disini kamu bisa menemukan keywords yang memiliki traffic (pengunjung website) yang volumenya tinggi. Cara menggunakan Google Keyword Planner.

Berikut contoh keywords yang berkaitan dengan Baju Wanita:

Keywords Gamis Wanita
Keywords Terkait Baju Wanita

Yang perlu kamu tahu cukup kolom Keyword dan Traffic. Kumpulkan dalam sebuah file spreadsheet atau Excel. Tentukan Keywords yang berkaitan dengan bisnis kamu. Dalam hal ini keywords yang berkaitan adalah: baju gamis, baju muslim, baju gamis terbaru, model baju terbaru, gamis terbaru, dll. Sedangkan keywords yang tidak berkaitan atau terlalu umum adalah: pakaian, baju muslim anak (karena saya tidak menjual baju anak).  

Setelah itu, buat kalimat yang menggambarkan produk yang kamu jual. Jangan lupa menambahkan CTA (Call To Action). CTA adalah aksi yang kita inginkan misalnya link website, penjelasan cara membeli dan lain-lain. Dalam hal ini, saya menambahkan link ke Whatsapp admin toko online saya yaitu www.bit.ly/orderDoodadKids (cara membuat link ke Whatsapp akan dijelaskan di bawah).

Tambahkan juga emoji agar deskripsi tambah menarik ya.

Tema Profile Grid

Instagram adalah photo. Oleh karena itu, photo dengan kualitas tinggi, melalui proses editing akan mendapatkan perhatian (engagement) lebih besar dari pada photo yang asal-asalan dibuat.

Profile Grid atau lebih dikenal dengan Instagram Feed adalah kumpulan post (photo dan video) yang tersusun di akun Instagram seseorang atau bisnis. Luangkan waktu beberapa saat untuk memikirkan tema feed yang sesuai untuk akun Instagram kamu.

Ada banyak contoh feed-feed menarik di internet. Coba Google dengan keyword “instagram feed ideas”.

Ide Membuat Tema Feed Instagram
Contoh Tema Instagram Feed

Membuat link Whatsapp

Para pembeli di Indonesia cenderung lebih banyak bertanya (di chat, DM, komen) sebelum membeli. Gunakan format order sebelum memulai chat di Whatsapp untuk mempersingkat waktu chat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here