10 Tools Instagram untuk Menambah Followers di 2020

7949
Tools Instagram
Free Credit Exabytes
12 min read

Hello Exabytes Friends!

Kamu pasti menginginkan banyak followers di Instagram mu kan? Apalagi jika kamu memiliki bisnis dan menggunakan Instagram sebagai medianya. Jangan sampai kamu salah strategi ya untuk menambah followers dengan cara beli followers. Ada banyak tools yang bisa kamu gunakan loh untuk membuat strategi yang unik agar followers mu jadi bertambah.

Kalau begitu, simak artikel ini sampai akhir ya!

Magic Social

10 Tools Instagram untuk Menambah Followers di 2020

Magic Social merupakan salah satu tools yang dapat menambah followers kamu. Magic Social dapat membantu kamu untuk membangun akun instagram mu agar menggunakan interaksi dua arah antara kamu dengan followers mu. Kamu tidak hanya bisa mengatur dan memilih siapa saja yang akan kamu ikuti di Instagram, tetapi juga kamu dapat memilih siapa saja yang akan mengikuti mu di Instagram. Hal ini bisa dilakukan dengan Magic Social, karena Magic Social dapat mengatur dan mengkustomisasi demografi dari audience yang sesuai dengan akun Instagram mu. Sehingga followers yang mengikuti mu pun merupakan audience yang sesuai dan cocok dengan pengaturan mu. 

Selain itu kamu juga dapat mengetahui traffic yang terjadi di Instagram kompetitor mu loh. Magic Social dapat membantu kamu untuk melihat dan melacak aktivitas profil lain di Instagram dengan menggunakan layanan benchmarking dan memberikan informasi tentang perbandingan engagement nya. Sehingga ketika kamu sudah mengetahui bagaimana traffic dari kompetitor mu, kamu akan lebih mudah untuk menentukan target audience mu.

Beberapa fitur andalan yang ditawarkan oleh Magic Social yaitu Auto DM, Web Based Direct Messenger, dan Schedule Posts and Stories. Fitur Auto DM ini dapat membantu kamu untuk membalas direct message dari followers mu secara otomatis dan mengirim banyak pesan sekaligus ke followers yang kamu tentukan. Nah, untuk fitur Web Based Direct Messenger yang disediakan oleh Magic Social memungkinkan pengguna nya untuk dapat membalas direct message tanpa perlu berhubungan langsung dengan audience atau customer mu. Hebat bukan? Terakhir, Magic Social juga menyediakan fitur Schedule Posts and Stories agar kamu dapat menjadwalkan postingan di feeds mau pun Instagram mu. Sehingga hal yang kamu posting bisa lebih terjadwal dan terstruktur dengan rapi Friends.

Owlmetrics

10 Tools Instagram untuk Menambah Followers di 2020

Owlmetrics juga menjadi salah satu tools yang bisa membantu kamu beraktivitas di Instagram. Tools Owlmetrics ini memiliki beberapa fungsi seperti mengumpulkan, menganalisis, serta mengelola data yang ada di Instagram mu. Nah, Owlmetrics juga dapat membantu kamu melakukan aktivitas di Instagram dengan memberikan hasil analitik yang berhubungan dengan Instagram seperti data analitik tentang followers mu, data analitik tentang engagement yang terjadi di Instagram, serta data tentang respon followers mu terhadap konten yang kamu buat di Instagram, baik di feeds mau pun di story. Selain itu, kamu juga dapat menentukan waktu terbaik untuk memposting konten mu di Instagram berdasarkan calendar heat maps yang disediakan Owlmetrics yang dapat diartikan secara mudah. 

Ketika kamu menggunakan Owlmetrics, Owlmetrics memiliki fitur yang dapat mengetahui perkembangan followers mu. Kamu dapat mengetahui siapa saja yang memfollow dan meng-unfollow kamu, serta mengetahui siapa saja audience yang follow kamu. Dengan bantuan tools ini, kamu dapat memahami persebaran followers mu berdasarkan demografi nya seperti jenis kelamin dan lokasi dimana mereka tinggal. Kamu juga dapat mengetahui postingan mana yang memiliki likes terbanyak dan paling sering dibuka oleh audience mu, serta mengetahui hashtags mana yang memiliki tingkat engagement tertinggi di akun Instagram mu. Hal ini bisa membantu kamu untuk menggunakan lagi hashtag tersebut agar mendapatkan engagement yang tinggi. Traffic di website mu juga dapat dilacak loh Friends. Hanya dengan meletakkan link website mu di bio Instagram, Owlmetrics sudah dapat melacak traffic yang ada di website. Menarik sekali kan?

Grum

10 Tools Instagram untuk Menambah Followers di 2020

Tadi mimin udah sempat bahas bahwa tools Magic Social dapat menjadwalkan postingan. Nah, Grum ini menjadi tools yang mengkhususkan untuk menjadwalkan postingan bahkan teks serta komentar loh. Karena Grum memfokuskan tools nya untuk membantu pengguna nya agar bisa menjadwalkan postingan di Instagram, tentunya fitur tersebut menjadi fitur utama dan sangat bagus kualitasnya jika digunakan untuk menjadwalkan postingan. Grum ini juga sangat cocok untuk para pemiliki akun Instagram yang memiliki konten terfokus dan konsisten untuk membahas banyak hal di Instagram. Dengan menggunakan tools Grum, kamu bisa mengatur feeds Instagram mu seperti apa sehingga strategi posting mu dapat terlaksana sesuai dengan rencana mu. Sehingga dengan postingan mu yang terstruktur dan rapi itu dapat membuat followers sekaligus audience mu itu lebih tertarik, terlebih lagi jika memang konten yang kamu sajikan itu menarik Friends.

Baca Juga  Apa Saja Kelebihan WhatsApp API Business Untuk Bisnis Online?

Later

10 Tools Instagram untuk Menambah Followers di 2020

Later merupakan salah satu platform marketing untuk Instagram yang tentunya dapat menambah followers kamu friends. Singkatnya, Later akan menjadi platform yang disukai oleh pengguna Instagram dengan tujuan marketing karena memiliki fitur-fitur penting seperti content calendar, penyimpanan media, pengunggahan massal, dan lain-lain. Hal ini tentunya akan membantu kamu dalam melakukan kegiatan pemasaran di Instagram baik melalui feeds maupun story. Yang lebih menarik lagi, platform Later ini gratis untuk selamanya loh Friends. Later mengatakan bahwa platform nya adalah free to use as long as you want, free forever and set up in minutes. 

Beberapa fitur andalan dari Later yaitu Plan a Week of Instagram Posts in 20 Minutes. Fungsi ini memungkinkan kamu untuk mengatur dan menjadwalkan postingan mu dengan menggunakan content calendar loh, selain itu kamu juga melakukan preview postingan mu sebelum kamu benar-benar memposting konten mu di feeds. Hal ini bisa membuat kamu melihat apakah ada kesalahan yang terjadi pada konten mu. Sehingga dapat kamu perbaiki dan tidak akan salah saat diposting. Dengan fitur ini kamu juga dapat melakukan auto publish jika menggunakan Instagram bisnis. Kamu hanya perlu mengatur waktu untuk memposting konten mu di feeds dan konten tersebut akan terposting secara otomatis.

Selanjutnya terdapat fitur Organize All Your Photos and Videos yang bisa membantu kamu untuk mengimport semua media dari mana pun misalnya desktop, Google Drive, Dropbox, dan lain-lain. Kamu juga bisa mencari file foto maupun video mu hanya dengan 1 detik karena telah ditandai dengan label. Terakhir, kamu juga dapat membuat penyimpanan konten sendiri untuk akun Instagram yang berbeda loh, sehingga file dari tiap akun tidak akan tercampur. Dengan menggunakan platform Later, kamu juga dapat merepost foto dari followers mu dengan high quality photos dan tracking like, follower, dan clicks dari konten yang kamu post. Terakhir, Later dapat membantu kamu untuk mengetahui kapan mayoritas audience mu online sehingga kamu dapat memposting konten mu. Dengan begitu, konten mu berpotensi untuk dilihat banyak followers.

Linktree

10 Tools Instagram untuk Menambah Followers di 2020

Kamu mungkin bingung bagaimana cara untuk menyatukan link yang kamu miliki agar dapat dipasang di bio Instagram mu. Jika kamu memasang banyak link di bio, mungkin followers mu akan risih melihatnya dan menjadi tidak tertarik. Oleh karena itu Linktree menawarkan solusi untuk menyatukan beberapa link pada sebuah landing page yang lebih sederhana untuk diakses oleh followers mu. Dengan menggunakan Linktree, kamu dapat menautkan ke mana saja seperti ke website, toko online, article, maupun postingan di sosial media. Selain itu, membuat Linktree juga sangat mudah loh Friends. Kamu hanya perlu melakukan drag-and-drop terhadap konten yang kamu pilih. Tidak hanya itu, ternyata Linktree juga bisa menganalisis traffic dan insight dari konten mu sehingga kamu dapat mengetahui konten mana yang paling bisa mempengaruhi audience mu.

VSCO

10 Tools Instagram untuk Menambah Followers di 2020

Setelah banyak membicarakan tentang paltform yang dapat menjadwalkan postingan, membuat content calendar, melacak traffic dan insight, kamu juga perlu mempehatikan visualisasi dari konten yang kamu posting di Instagram loh. Salah satu strategi untuk membuat followers atau audience mu tertarik yaitu dengan membuat Instagram mu memiliki visual yang menakjubkan. Platform VSCO ini memungkinkan pengguna nya untuk memiliki media sosial dengan visual yang menarik seperti profesional. Dengan kecanggihan VSCO dalam mengedit foto maupun video, foto dan video yang dihasilkan pun berkualitas. Kamu juga bisa mendapatkan aplikasi VSCO ini di Android dan iOS dengan memilih VSCO free atau VSCO Membership yang tentunya memiliki kelebihan masing-masing. Cara menggunakan VSCO juga sangat mudah, serta dapat dilakukan dimana-mana karena aplikasi ini juga mudah dijalankan di smartphone. Sehingga kamu bisa mendapatkan foto dan video yang menakjubkan bahkan saat kamu sedang bepergian. Mudah banget kan?

Canva

10 Tools Instagram untuk Menambah Followers di 2020

Selain VSCO, Canva juga bisa menjadi paltform pilihan untuk mempercantik tampilan visual dari konten yang akan kamu posting di Instagram. Kamu dapat mendesign apapun dengan menggunakan Canva. Selain itu, Canva juga menyediakan banyak sekali template dengan fungsi yang berbeda-beda, misalnya template untuk Instagram feed ataupun Instagram story. Hanya dengan beberapa menit saja melakukan design di Canva, hasil yang kamu dapatkan akan tampak seperti designer profesional. Kamu juga dapat mengakses aplikasi Canva di smartphone mu baik itu Android atau iOS. Sehingga tidak alasan bagimu untuk membuat feeds Instagram mu tidak menakjubkan. Selain itu, kamu juga bisa membagikan link design mu di Canva kepada partner mu agar bisa saling membantu dalam mendesign konten untuk Instagram. Sangat mempermudah kamu kan Friends?

Baca Juga  Apa Itu JAMstack dan Kelebihannya

Ink361

10 Tools Instagram untuk Menambah Followers di 2020

Image source: https://actualtraffic.ru/site/ink361/

Nah, untuk paltform Ink361 ini merupakan platform yang baru dan masih berada pada tahap awal pengembangan. Ink361 ini juga menetapkan harga gratis untuk semua pengguna loh. Beberapa fungsi yang ditawarkan oleh Ink361 ini yaitu dapat mengelola konten yang ada di Instagram, mengukur kinerja dari postingan konten di Instagram, serta kamu juga dapat melacak kinerja pesaing mu. Dengan keunggulan itu kamu bisa mengetahui sejauh mana performa pesaing mu sehingga kamu dapat melampaui nya. Serta dapat meningkatkan jumlah followers mu juga Friends kalau kamu sudah mengetahui strategi yang dimiliki pesaing mu. Tools Ink361 ini sangat cocok digunakan oleh para pemula di bidang marketing karena hanya dengan satu tools saja kamu sudah bisa mendapatkan banyak keuntungan atau all in one. Praktis banget kan?

Woobox

10 Tools Instagram untuk Menambah Followers di 2020

Woobox ini merupakan salah satu platform yang dapat kamu jadikan pilihan untuk meningkatkan followers mu di Instagram. Woobox telah digunakan oleh empat juta perusahaan, termasuk Fossil, Spotify, American Airlines dan Hot Wheels. Dengan menggunakan Woobox ini, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas marketing khususnya membuat campaign. Campaign yang dapat kamu buat di Woobox ini juga sangat banyak loh Friends, seperti kupon, polling, giveaway, kuis, custom forms, hashtag contests, photo contests dan lain-lain. Campaign yang telah kamu buat di Woobox juga tidak hanya bisa dipublikasikan melalui Instagram aja loh. Banyak channel lain yang bisa menyalurkan campaign yang kamu buat agar lebih banyak audience yang terlibat juga dalam campaign tersebut, seperti sosial media, website, landing page, pop-up ads, dan lainnya. 

Jika kamu bingung bagaimana kamu bisa mengetahui audience yang tertarik dengan campaign mu, Woobox dapat memudahkan kamu dengan memberikan informasi tentang engagement yang diambil dari hashtag post yang ada di Instagram, Facebook, dan Twitter, dari reaction dan likes yang ada di postingan mu, dan tentunya juga dari landing page serta website mu. Kalau kamu masih bingung bagaimana cara mendapatkan followers di media sosial mu, maka Woobox dapat meningkatkan jumlah followers mu dengan cara memperbanyak campaign di sosial media mu. Jika kamu tidak percaya, campaign tersebut dapat menghubungkan kamu dengan audience atau followers mu secara langsung. Sehingga hubungan tersebut dapat berpotensi meningkatkan audience mu. Dengan melibatkan audience mu pada suatu kuis atau polling, kamu bisa menghibur audience mu. Dengan mengadakan diskon-diskon yang unik juga bisa menjadi salah satu solusi loh Friends. 

Juicer

10 Tools Instagram untuk Menambah Followers di 2020

Juicer merupakan salah satu platform yang bisa membantu kamu menambah followers juga nih Friends. Juicer akan membantu kamu dengan cara mengarahkan traffic pengunjung Instagram mengarah ke profil Instagram kamu loh. Dengan begitu, profil Instagram mu berpotensi untuk dikunjungi lebih banyak audience lagi. Selain itu, Juicer juga menyediakan opsi filter sehingga membuat kamu lebih mudah untuk membuat konten yang sesuai dengan halaman website.

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh Juicer yaitu dengan menyediakan beberapa style yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan konten mu di sosial media, khususnya Instagram feeds. Platform Juicer juga sudah support untuk semua devices, sehingga memudahkan kamu untuk menggunakan platform ini dimana saja dan kapan saja. Jika kamu merasa postingan mu di feeds Instagram terasa kurang maksimal pun kamu bisa mengontrol hal tersebut dengan platform Juicer. Untuk menggunakan platform Juicer juga sangat mudah loh Friends, jadi jangan khawatir tidak bisa menginstall nya ya. Pertama, pilih akun dan hashtag yang ingin kamu tampilkan di feeds sosial media mu. Kemudian copy dan paste kode yang ada di web, atau kamu dapat menggunakan plugin WordPress jika kamu menggunakan WordPress. Selesai deh! Kamu tidak perlu menyentuh kode apapun dan sekarang kamu sudah bisa mengelola dan mengubah feeds mu hanya dengan melalui dashboard Juicer. Mudah banget kan?

Itu dia 10 tools yang bisa kamu gunakan di Instagram agar meningkatkan followers mu serta meningkatkan kualitas konten di feeds mu. Kamu bisa langsung mencobanya loh Friends!

Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel beirkutnya ya!

Credit to: Salma Nur Hanina

Free Credit Exabytes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here