10 Trend Website Design yang Akan Viral di 2020

1158
8 min read
10 Trend Website Design yang Akan Viral di 2020

Hi Exabytes Friends !

Tampilan atau desain website adalah salah satu elemen yang paling penting untuk sebuah website disamping kecepatan website (accessibility), content, SEO dan performance. Desain menggambarkan karakter brand dan memberi kesan mengenai sebuah brand kepada visitornya. Tak hanya itu, desain sebuah website juga dapat mempengaruhi kenyamanan pengalaman berbelanja customer mu jika website mu merupakan website e-commerce. Design yang menarik dan mudah dimengerti dapat membuat visitor/ pengunjung website  betah di website Kamu. 

Memanjakan mata pengunjung dengan desain yang bagus dan unik juga akan membuat pengunjung melanjutkan menjelajahi website kamu. Desain harus menarik, setidaknya sesuai dengan selera publik di saat itu. Itulah pentingnya bagi desainer website untuk mengikuti tren yang sedang booming setiap waktu. 

Disini mimin akan kupas tuntas, tren desain website di tahun 2020 mendatang.

Jangan kemana-mana yaa!

10 Trend Website Design yang Akan Viral di 2020
  1. Animasi, GIF dan Ilustrasi 

Website yang menampilkan unsur animasi yang baik dan unik adalah salah satu faktor yang menarik untuk dilihat pengunjung. Ketika animasi digunakan dengan baik, maka animasi akan memberikan kesan yang hidup. Tetapi, animasi sering mengalami kegagalan di suatu website karena ukurannya yang besar membuat website sering kali menjadi lambat.

Tetapi, seiring berjalannya waktu teknologi juga sudah berinovasi jauh lebih baik. Animasi, GIF yang terintegrasi dan ilustrasi yang dinamis akan menjadi tren untuk di tahun 2020 mendatang. 

Ada 3 cara untuk mengatasi bug animasi di website :

  • Mouseover effects
  • Menjadikan mobile animation
  • Transisi antar halaman website dan scrolling paralaks

Desain Website yang bergerak ini akan membantu brand kamu untuk membangun perspektif publik terhadap brand kamu. Apa yang ingin kamu tanam di pikiran publik mengenai brand kamu. Dengan animasi, GIF dan ilustrasi kamu bisa membuat suatu cerita di dalamnya, cerita yang ingin kamu sampaikan kepada pengunjung website kamu melalui gambar yang bergerak. Memang, grafik gambar yang bergerak ini akan memakan waktu sedikit lebih banyak untuk loading daripada video dengan kualitas yang baik. 

Tapi tenang, dengan kemajuan teknologi, Artificial Intelligence, data yang berkapasitas besar, dan animasi akan bergerak dengan lancar dan visualisasi yang indah. Tetapi jangan lupa, kamu juga perlu berhati-hati dengan pengunjung website melalui mobile. Kamu harus membuat animasi, GIF dan ilustrasi tersebut menjadi mobile friendly di semua perangkat.

Warna Yang Tegas Dan Simple

10 Trend Website Design yang Akan Viral di 2020

Pemilihan warna dalam suatu desain, itu sangat perlu diperhatikan. Desain yang terdiri dari warna redup sederhana tidak akan menarik pengunjung yang melihat website kamu. Penggunaan warna cerah di suatu desain akan menarik perhatian orang dan terlihat eye catching, hal ini banyak digunakan oleh bisnis online. Warna yang tegas juga menggambarkan brand kamu itu berani dan trendi.

Baca Juga  Exabytes Digital Day Hadir di 7 Kota dengan Misi Mengedukasi UKM secara Merata di Indonesia

Kemudian esensi sederhana yang ditampilkan membuat desain tidak terlihat penuh dan para pengunjung yang melihat gambar di website kamu tau maksud dari tampilan gambar tersebut. 

CSS GRID

10 Trend Website Design yang Akan Viral di 2020

Beberapa tahun belakang ini brand bisnis online membuat desain website yang hanya mobile friendly atau desktop friendly, tidak keduanya. Desainer website perlu menemukan cara untuk membuat desain web mereka mobile dan desktop friendly. Smart CSS Grids jalan keluarnya. Smart CSS Grids adalah alat untuk memiliki desain yang fleksibel dan responsif untuk mobile dan desktop. Smart CSS grid menawarkan opsi dengan memudahkan suatu website untuk meringankan satu website menjadi beberapa versi dan ukuran yang disesuaikan dengan layar pengunjung website. Sejauh ini, CSS Grid ini membantu website agar desain website lebih responsif di semua perangkat. Kotak dari CSS ini membantu para pengunjung website untuk mendapatkan desain web yang berkualitas tinggi terlepas dari ukuran dan jenis perangkat yang digunakan oleh pengunjung.

 Tata Letak Yang Asimetris

10 Trend Website Design yang Akan Viral di 2020

Desain web yang simetris sudah banyak digunakan dan menjadi hal yang sudah biasa. Bagaimana kalau asimetris? Struktur asimetris tidak memiliki komponen yang tersusun rapi dan seimbang. Sifat nya yang informal dan dinamis tentu memiliki nilai lebih karena desainnya yang menarik. Tidak terpaku dengan garis atau titik pusat tertentu sehingga terkesan acak atau berantakan. Disinilah uniknya, unsur desain yang menyenangkan hadir. Tetapi, butuh ke hati-hatian yang tinggi juga dalam pembuatan desain ini. Butuh dipikirkan juga apakah desainnya menarik dan cocok untuk website kamu atau tidak. 

Scalable Vector Graphics

10 Trend Website Design yang Akan Viral di 2020

Scalable Vector Graphic atau biasa disebut SVG adalah gambar berformat vector menggunakan XML (eXtensible Markup Language) sebagai dasar untuk membentuk gambar vektor 2 dimensi. Hal ini membuat website menjadi mobile friendly untuk para pengunjung website. Dengan SVG desain yang responsif untuk mobile tidak perlu mengorbankan visual dari gambar tersebut. Gambar akan disesuaikan dengan skala ukuran layar handphone yang tetap menjaga kualitas dari grafis aslinya.

Gambar Tangan 

10 Trend Website Design yang Akan Viral di 2020

Potensi gambar tangan di website akan menambah karakteristik yang unik untuk halaman website kamu. Gambar tangan menunjukan gambar yang menawan, natural dan manusiawi. Hal ini, membuat tren hand drawings ini sedang berkembang di desain web. Gambar tangan yang menarik menjadi keunggulan website kamu sebagai pembeda dari diantara miliaran website lainnya. Tak dapat dipungkiri juga,  desain gambar tangan ini butuh waktu pengerjaan yang lama dan harga yang relatif mahal. Sebab memang gambar dengan tangan tidak mudah. 

Baca Juga  Inilah 7 Tren dan Inovasi Digital Marketing di Tahun 2020

Tipografi

10 Trend Website Design yang Akan Viral di 2020

Tipografi dianggap  menjadi salah satu bagian yang penting. Tipografi mencakup mengenai tata letak huruf, teks dan paragraf yang ditampilkan sedemikian rupa agar kesan yang ditentukan sampai kepada pengunjung website. Dengan menampilkan font besar dan tebal menjadi lebih bermakna daripada ratusan kata yang tertulis. Sudah banyak tersedia aplikasi hingga website yang menawarkan font-font yang menarik, dengan begitu 2020 menjadi tahun tren nya tulisan tipografi ini. 

10 Trend Website Design yang Akan Viral di 2020

Voice Interfaces

Era teknologi saat ini sangat canggih,  bahkan sudah ada virtual assistant yang menggunakan fitur suara seperti Siri dan Google Assistant lebih banyak membuat orang beralih. Kemudahannya yang menjadi favorit banyak orang karena cukup dengan berbicara langsung ke smartphone kamu, maka virtual assistant akan mencari jawaban atas informasi yang kamu butuhkan. Dengan begitu, akan banyak orang yang lebih condong menggunakan fitur suara ini daripada teks. 

Ini adalah bagian visual dari website, aplikasi atau suatu device yang membuat seorang user bisa berinteraksi langsung bertatap muka melalui aplikasi atau website tersebut. Hal ini bertujuan untuk membuat interaksi pengguna menjadi sederhana dan efisien. Bagaimana pengguna akan berinteraksi langsung dengan komputer menggunakan tampilan antarmuka (interface) yang ada pada layar komputer. 

Desain Yang Brutal

10 Trend Website Design yang Akan Viral di 2020

Tenang guys, disini brutal yang dimaksud bukan kekerasan. Maksud dari brutalisme dalam desain web adalah desain yang didefinisikan sebagai gaya yang bebas, kasar namun memiliki makna. Gambar yang ditampilkan pun tidak normal seperti biasanya, begitu juga dengan font, warna,  dan tata letak yang asimetris. Hal ini menjadi salah satu cara untuk menonjol dan unik daripada desain web yang bersih dan rapi saja. Tren ini sudah mulai dikenal publik, di tahun 2020 diperkirakan juga menjadi tren desain web terbaru.


Artificial Intelligence  

10 Trend Website Design yang Akan Viral di 2020

Kecerdasan buatan di dalam teknologi menjadi suatu inovasi yang sangat luar biasa. Kecerdasan buatan sudah diterapkan di robot, chatbot media sosial, hingga merambah ke desain website. Dari kecerdasan buatan tersebut atau artificial intelligence kamu dapat mengetahui apa tujuan para pengunjung mengunjungi website kamu. Kecerdasan buatan bukanlah pendatang baru bagi pengembangan desain web. Sistem otomatisnya akan langsung mendeteksi pengalaman pengunjung yang dipersonalisasikan berdasarkan dari preferensi pengunjung dan juga perilaku si pengunjung website. 

Semakin banyaknya desainer website yang terus berkarya memberikan karya-karya yang unik dan kreatif yang terus mendominasi tren desain web di setiap tahunnya. Semoga referensi ini bisa bermanfaat untuk kalian semua yaa guys. Sampai jumpa di artikel Exabytes berikutnya!

Credit to: Shafira Risdamina
https://www.linkedin.com/in/shafira-risdamina-00972617a/

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here