Bisnis Makin Maju, Ini 15+ Tips Sukses Jualan Online – Exabytes

38
12 min read

Meluasnya wabah pandemi Covid-19 di seluruh belahan dunia memang bagaikan belati bermata dua. Di satu sisi, pandemi Covid-19 membawa dampak negatif bagi kesehatan masyarakat, mobilitas yang terbatasi, dan melemahnya perekonomian global. 

Namun pandemi Covid-19 justru membawa angin segar bagi pelaku bisnis digital. Karena selama pandemi masyarakat cenderung lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, sehingga kebiasaan dalam berbelanja online pun kian meningkat. 

Tak heran jika keberadaan bisnis online kian menjamur selama dua tahun ke belakang. Nah, bagi Exabytes Friends yang sedang menggeluti bisnis online atau bahkan yang ingin berencana untuk terjun ke dalamnya. Kalian harus mempersiapkan mengenai Unique Selling Point dari bisnis kalian agar tidak kalah saing dalam gempuran bisnis serupa di dunia digital saat ini.

Ingin mengetahui apa saja tips sukses jualan online? Nah, kalian berada pada sumber yang tepat. Karena pada artikel kali ini akan dibahas secara komprehensif mengenai bagaimana cara berjualan online untuk mengoptimalkan strategi Customer Retention.

Bagaimana Cara Berjualan Online Agar Sukses? Yuk, Intip Tips dan Trik-nya Agar Sukses Jualan Online Di bawah Ini!

Tips Sukses Jualan Online
Ini 15+ Tips Sukses Jualan Online!

Siapa pun dapat berbisnis. Namun tidak semua orang memiliki bisnis yang sukses. Agar bisnis kalian dapat meraksasa serta mampu menarik minat banyak pelanggan, maka dibutuhkan strategi jitu nan tokcer. Sudah penasaran apa saja tips sukses jualan online rekomendasi dari Exabytes? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini! 

Mematok Harga Wajar

Tips sukses jualan online yang pertama adalah mematok harga yang wajar. Emang tujuan bisnis untuk meraup untung sebanyak-banyaknya memang wajar. Namun kalian juga harus memperhatikan kompetitor. Jangan sampai harga pasar yang kalian tentukan ternyata terlalu tinggi. Hal tersebut justru mengundang calon pelanggan untuk lebih memilih berbelanja di kompetitor daripada lapak bisnis milik kita.

Itulah sebabnya, riset kompetitor sangat penting dalam berbisnis. Riset kompetitor tidak hanya bermanfaat untuk memperoleh harga terbaik nan wajar bagi pasar. Namun riset tersebut juga sangat berguna untuk memperbaiki performa bisnis dengan mempertimbangkan kekurangan dari kompetitor dan berusaha menutupinya melalui produk kita.

Jika sudah memiliki harga terbaik untuk produk bisnis, maka agar produk tersebut cepat laku, dapat menggunakan strategi diskon atau potongan harga. Namun jangan sampai strategi promo tersebut dilakukan dengan cara “bakar uang” tanpa memperhitungkan keuntungan yang akan didapatkan.

Selain itu, Exabytes Friends juga jangan ragu dalam menentukan harga yang sedikit lebih mahal daripada milik kompetitor jika menurut kalian produk yang dijual memang memiliki kualitas unggulan dan terbaik. 

Tips Dengan Melakukan Riset Kebutuhan Pasar Agar Sukses Jualan Online

Tips Sukses Jualan Online!
Sebelum memulai berbisnis online, sebaiknya melakukan riset kebutuhan pasar terlebih dahulu. (Sumber: Shutterstock)

Tips sukses jualan online selanjutnya adalah dengan melakukan riset kebutuhan pasar agar produk yang kita jual dapat bertahan lama. Di masa pandemi seperti saat ini, semakin menjamurnya bisnis digital tidak diiringi dengan inovasi yang dilakukan. Banyak bisnis yang didirikan hanya karena tuntutan untuk mengikuti tren saja.

Imbasnya, bisnis tersebut sangat mudah untuk bangkrut ketika masyarakat sudah berganti tren atau sudah tidak tertarik lagi dengan tren tersebut. Oleh sebab itu, jika ingin membangun bisnis online yang tahan lama, lakukanlah riset mengenai jenis produk yang sekiranya terus dibutuhkan dan disukai masyarakat.

Contoh produk untuk berbisnis online yang tak kenal musim adalah desain dan percetakan, makanan beku, olahan makanan (terutama pisang), fashion lokal dengan desain minimalis dan simpel, serta agen ekspedisi.

Menciptakan Unique Selling Point (USP) dari Produk

Dengan semakin menjamahnya bisnis online pada masa kini, maka menyebabkan tingkat persaingan antar sektor bisnis pun semakin ketat karena jumlah bisnis online dalam masing-masing sektor terus melonjak.

Untuk dapat bersaing dengan kompetitor yang memiliki produk mirip dengan milik kita, maka dibutuhkan tips sukses jualan online yang efektif. Salah satu tips sukses jualan online tersebut adalah dengan menciptakan Unique Selling Point (USP) pada produk yang kita jual.

USP adalah faktor pembeda yang membuat produk yang dijual menjadi unik dan berbeda dari milik kompetitor. Beberapa contoh USP seperti kualitas terbaik, harga termurah, yang pertama kalinya, atau beberapa diferensial lainnya.

Berikut akan dijabarkan salah satu USP milik salah satu perusahaan teknologi raksasa yaitu Gojek. USP dari Gojek adalah “An Ojek For Every Need”. Mereka tidak hanya menyediakan layanan transportasi online, namun juga layanan lainnya seperti pengantaran makanan, belanja, pembelian pulsa, paket data, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Gojek juga memiliki sistem pembayaran milik mereka sendiri yang membedakan dengan layanan transportasi online lainnya. Gojek memiliki sistem pembayaran sendiri yakni Gopay. Gopay juga menyediakan pilihan paylater bagi mereka yang ingin menggunakan Gojek namun terkendala masalah biaya.

Memahami Psikologi Marketing Merupakan Tips Sukses Jualan Online

Bisnis Makin Maju, Ini 15+ Tips Sukses Jualan Online - Exabytes - 2022
Psikologi Marketing merupakan salah satu tips sukses untuk berjualan online. (Sumber: Shutterstock)

Bagi Exabytes Friends yang belum familiar dengan istilah “Psikologi Marketing”, berikut penjelasan singkatnya. Psikologi Marketing adalah salah satu ilmu dalam dunia marketing untuk memahami psikologi pelanggan saat mereka mengunjungi produk yang ditawarkan hingga pada akhirnya memutuskan untuk membeli produk tersebut. 

Psikologi Marketing sangat bermanfaat dalam dunia bisnis karena dapat mempermudah untuk memahami kebiasaan, sifat, kecenderungan, serta hal yang disukai oleh pelanggan sebelum akhirnya mereka memutuskan untuk membeli sebuah produk.

Selain itu, Psikologi Marketing juga dapat meningkatkan branding sebuah bisnis. Apa itu branding? Branding sering dikenal pula sebagai “citra” atau kesan positif yang ingin ditampilkan kepada calon pelanggan.

Dengan memahami Psikologi Marketing, maka bisnis kalian akan memiliki bonding serta engagement yang erat dengan pelanggan. Sehingga pelanggan pun akan merasa nyaman ketika berbelanja dan tidak akan tergiur untuk beralih kepada kompetitor.

Menyediakan Deskripsi Rinci Mengenai Produk

Tips sukses jualan online berikutnya mengenai informasi produk merupakan hal yang sangat penting bagi konsumen. Terutama jika produk yang akan mereka beli adalah jenis produk online yang membutuhkan transaksi melalui internet. Karena mereka tidak dapat melihat dan mencoba langsung produk tersebut sebelum membelinya, maka usahakan mencantumkan deskripsi produk yang sangat detail dan rinci guna meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap produk yang dijual. 

Deskripsi produk yang baik yaitu mampu menjawab berbagai pertanyaan yang mungkin muncul dari calon pelanggan. Selain itu, berikan pula informasi yang jujur, akurat, dan relevan. Termasuk juga apabila ada defect atau cacat produk, sebaiknya sampaikan dalam deskripsi agar calon pembeli tidak merasa tertipu.

Memiliki Layanan Customer Service yang Andal Agar Sukses Jualan Online

Tips Sukses Jualan Online!
Menyediakan admin atau customer service yang selalu siaga 24 jam sangat dibutuhkan dalam bisnis online. (Sumber: Shutterstock)

Karena calon pembeli akan bertransaksi secara online, maka mereka akan sering melontarkan pertanyaan untuk meyakinkan bahwa produk yang dibeli benar-benar sesuai kebutuhan. Oleh karena itu, menyediakan admin yang mampu menanggapi pertanyaan calon pelanggan dengan cepat adalah hal wajib. 

Jika kalian tidak mampu menanggapi pertanyaan pelanggan dalam kurun waktu 24 jam, maka calon pelanggan kemungkinan akan beralih kepada kompetitor.

Menggunakan Tag Pencarian, Kata Kunci, dan Kategori Produk

Selain deskripsi rinci mengenai produk, tips sukses jualan online lainnya adalah dengan mencantumkan tag pencarian, kata kunci, serta kategori produk. Tag pencarian sangat membantu produk kita agar mudah ditemukan oleh calon pembeli.

Selain tag pencarian, sebaiknya Exabytes Friends juga memperhatikan tentang kata kunci produk. Gunakan kata kunci populer yang berhubungan dengan produk sehingga meningkatkan probabilitas produk kita muncul pada laman hasil pencarian. Untuk menemukan kata kunci populer, Exabytes Friends dapat memanfaatkan tools Google Trends.

Jika produk kalian juga dipasarkan melalui e-commerce atau marketplace, maka mengatur kategori toko dan kategori produk adalah hal yang krusial. Karena pada marketplace, calon pembeli datang dari background mana pun dengan tujuan pembelian yang berbeda-beda pula. Oleh karena itu, pengkategorian dibutuhkan untuk mengelompokkan produk yang dijual agar sesuai dengan jenisnya dan menemukan target pembeli yang tepat.

Memberikan Pilihan Untuk Nego Harga

Di Indonesia sendiri tak dapat dipungkiri lagi jika sebagian besar masyarakatnya menyukai untuk menawar harga produk sebelum membeli. Terutama kaum perempuan. Nah, bisnis online pun pun rupanya tak dapat membatasi dan menghindari kebiasaan tersebut.

Tips sukses jualan online untuk dapat bersaing dengan kompetitor, maka kalian dapat bersikap fleksibel dengan membuka negosiasi harga jika dirasa penawaran yang diberikan oleh pelanggan masih wajar, masuk akal, dan tetap memberikan keuntungan atau laba.

Menyediakan Promo dan Diskon Rutin Salah Satu Tips Sukses Jualan Online

Siapa sih yang tidak suka diskon? Diskon memiliki daya pikat tersendiri dalam lingkup berjualan online. Ketika ingin berbelanja online, calon pelanggan kebanyakan akan memilih toko yang menyediakan potongan harga, promo, atau gratis ongkos kirim.

Promo juga dapat membantu bisnis kalian untuk menjadi pusat perhatian di kalangan bisnis lain dengan sektor sejenis. Ketika mulai banyak calon pelanggan yang mengetahui bisnis kita melalui strategi promo, maka hal tersebut juga dapat meningkatkan brand awareness, customer engagement, transaksi penjualan, hingga mempererat hubungan dan loyalitas brand dengan pelanggan kita.

Membuat Target Market yang Sesuai

Bisnis Makin Maju, Ini 15+ Tips Sukses Jualan Online - Exabytes - 2022
Dengan memiliki Target Market yang jelas, maka strategi promosi yang dilakukan juga dapat tepat sasaran. (Sumber: Shutterstock)

Target Market adalah sekelompok pembeli atau konsumen yang memiliki kebutuhan atau karakteristik sama dan menjadi tujuan dari promosi bisnis. Target Market dapat juga diartikan sebagai para calon potensial pelanggan yang dapat diprospek dan cocok menggunakan produk yang dipasarkan.

Target Market jika diterapkan dengan optimal, akan mendatangkan berbagai manfaat, seperti meningkatkan konversi penjualan karena produk dipromosikan dan dipasarkan kepada kelompok konsumen yang tepat dan benar-benar membutuhkan produk tersebut, menciptakan komunikasi yang seimbang dengan konsumen, mempermudah dalam menentukan strategi pemasaran, hingga mencegah terjadinya Churn Rate.

Untuk menentukan Target Market yang sesuai dengan perusahaan kalian, maka dapat mempertimbangkan beberapa hal termasuk psikologi marketing, visi misi, goals and objective, jenis produk atau layanan, serta Unique Selling Point (USP) dari perusahaan tersebut.

Memiliki Sikap Realistis dan Sabar

Kebanyakan bisnis online yang tidak bertahan lama disebabkan karena pemilik bisnisnya kurang sabar dan telaten dalam menjalankan bisnis. Kalian harus bersabar dan mempertimbangkan untuk menurunkan harga produk jika setelah satu atau dua minggu tak kunjung juga ada satu pun pembeli yang datang. 

Tips sukses jualan online selain memberikan promo atau diskon, sebaiknya pemilik bisnis juga harus memperbarui tampilan bisnis setiap dua minggu sekali, entah dengan mengubah foto produk, menyajikan konten baru, atau lainnya. 

Menciptakan Logo Brand yang Otentik Merupakan Tips Sukses Jualan Online

Selain desain toko online, desain visual dari sebuah logo brand juga berpengaruh terhadap ketertarikan dan kepercayaan pelanggan. Kedudukan logo dalam hal branding bisnis adalah sangat penting. Logo sebagai representasi visual sebuah brand berfungsi untuk meningkatkan brand awareness dan mempermudah calon pelanggan dalam mengidentifikasi suatu produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. 

Untuk menciptakan logo dari brand bisnis kalian yang unik, otentik, dan menarik, maka dapat memanfaatkan jasa desain logo atau menggunakan aplikasi pembuat logo. Beberapa rekomendasi aplikasi pembuat logo gratis adalah Desygner, Mobi Logo Maker, Logo Maker Free, atau 3D Logo Maker.

Menerapkan Strategi Social Media Marketing

Tips Sukses Jualan Online
Strategi social media marketing termasuk salah satu langkah efektif untuk menjual produk secara online. (Sumber: Shutterstock)

Semenjak pandemi Covid-19 merajalela di belantara dunia, masyarakat cenderung lebih banyak beraktivitas di media sosial karena adanya pembatasan kegiatan di luar rumah. Oleh karena itu, pada tahun 2020 sendiri jumlah pengguna media sosial di Indonesia telah mencapai 191 juta.

Dengan semakin banyaknya pengguna media sosial khususnya di Indonesia, maka peluang untuk mendapatkan calon pelanggan melalui promosi media sosial pun juga kian besar. Beberapa strategi social media marketing yang dapat Exabytes Friends coba untuk diterapkan pada bisnis adalah memanfaatkan Instagram Ads, memaksimalkan user-generated content, menggunakan plugin social media untuk website, menggunakan Facebook Ads, dan masih banyak lagi lainnya.

Membuat Website Untuk Bisnis

Tips sukses jualan online berikutnya adalah dengan membangun website untuk bisnis. Website dapat menjadi wadah atau media promosi yang murah, efisien, serta efektif. Melalui website, kalian dapat mengelompokkan produk yang dijual secara rapi dan terfokus. 

Selain itu, kalian juga dapat menyajikan informasi mengenai detail produk, promo terbaru, dan lain sebagainya melalui website. Dengan begitu calon pelanggan akan dapat menerima informasi secara cepat dan tepat.

Namun bagi Exabytes Friends yang tidak memiliki kemampuan teknis mumpuni untuk membangun website sendiri, maka kalian tidak perlu khawatir. Karena kalian dapat memanfaatkan jasa pembuatan toko online atau jasa pembuatan website toko online.

Membuat Banyak Toko Online Merupakan Tips Sukses Jualan Online

Tips Sukses Jualan Online
Semakin banyak platform jualan online yang dimiliki, maka peluang untuk mendapatkan pelanggan pun akan semakin besar. (Sumber: Shutterstock)

Selain berjualan atau mempromosikan bisnis melalui media sosial dan website, kalian juga dapat mencoba cara lainnya seperti melalui marketplace. Karena tips sukses jualan online yang dianggap ampuh adalah dengan membuka banyak toko online dan tidak hanya terpaku pada satu platform jualan online saja untuk meningkatkan jumlah pelanggan. 

Adapun beberapa rekomendasi platform toko online yang dapat Exabytes Friends manfaatkan untuk berbisnis adalah:

  Marketplace: Shopee, Tokopedia, Blibli, Bukalapak, Lazada, Zalora, dan lainnya.

  Marketplace Jasa: Sribulancer, Faswork, Freelancer, Projects.co.id, Upwork, dan lainnya.

  Forum Jual Beli: Carousell, OLX, FJB Kaskus, Tokobagus.com, Multiply, dan masih banyak lagi. 

Gunakan Foto Produk Berkualitas Tinggi 

Tips sukses jualan online yang terakhir sebaiknya sediakan foto produk yang memiliki resolusi tinggi untuk menarik calon pelanggan sehingga mereka merasa sedang melihat barang asli. Bahkan jika memungkinkan, atur foto produk dengan latar depan, latar belakang, samping, serta usahakan memiliki pencahayaan yang bagus pula. 

Karena ketika berbelanja online, calon pelanggan tidak dapat melihat produk secara langsung. Sehingga pengalaman mereka terhadap produk untuk pertama kalinya ditentukan dengan foto produk. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk menggunakan aplikasi guna mengatur kecerahan foto agar dapat terlihat semirip mungkin dengan produk aslinya. 

Kesimpulan

Tips Sukses Jualan Online
Berbisnis online membutuhkan strategi dan trik jitu agar bertahan lama di pasaran. (Sumber: Shutterstock)

Berbisnis online di era pandemi seperti saat ini memang menggiurkan untuk menambah pundi-pundi rupiah. Namun di tengah persaingan bisnis yang ketat, kalian harus memiliki strategi jitu agar bisnis yang dijalankan mampu bertahan lama dan menggaet banyak pelanggan.

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, Exabytes telah merangkum 16 tips sukses jualan online yang dapat Exabytes Friends terapkan. Beberapa tips tersebut adalah mematok harga produk dengan wajar, melakukan riset kebutuhan pasar, menciptakan Unique Selling Point (USP) dari produk, menyediakan deskripsi rinci mengenai produk, menggunakan tag pencarian, kata kunci, dan kategori produk, memiliki layanan Customer Service yang andal, serta memberikan pilihan untuk nego harga.

Tips lainnya yakni menyediakan promo dan diskon rutin, membuat Target Market yang sesuai, memahami Psikologi Marketing, menerapkan strategi Social Media Marketing, membuat website untuk bisnis dan banyak toko online di berbagai platform, menciptakan logo brand yang otentik, dan menggunakan foto produk berkualitas tinggi.

Nah, cukup sekian pembahasan kali ini mengenai tips sukses jualan online. Semoga bermanfaat, ya! Bagi kalian yang ingin membaca artikel-artikel menarik lainnya mengenai website atau digital marketing maka dapat mengunjungi blog Exabytes. Selain itu, bagi kalian yang baru memulai membangun bisnis, Exabytes juga menyediakan referensi cara membuat halaman produk, loh! Untuk selengkapnya Exabytes Friends dapat mengunjungi laman Exabytes, ya.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments