5 Panduan Mudah Cara Membuat Blog di Tahun 2020 Bagi Pemula

674
Free Credit Exabytes
5 min read

Awal tahun tentu saja saatnya memulai awal yang baru. Salah satunya adalah mencoba hal yang tertunda atau yang belum pernah dilakukan. Mungkin kamu bisa memulai kegiatan produktif dengan blogging nih. 

Blogging adalah kegiatan yang dilakukan di blog. Nah, blog sendiri adalah sebuah platform yang memuat tulisan, gambar dan video milik pribadi yang dapat diakses oleh banyak orang lewat internet. 

Saat ini sudah banyak lho orang yang memanfaatkan blog. Blog tidak hanya untuk sekedar wadah menulis saja tetapi ladang untuk mencari uang atau mempromosikan barang dan jasa. Sudah banyak lho blogger yang kini menjadi sukses hingga menjadi influencer

5 Panduan Mudah Cara Membuat Blog di Tahun 2020 Bagi Pemula

Sebelum membuat blog sebaiknya kamu sudah memikirkan dan fokus mau membuat konten apa yang akan disajikan. Mungkin kamu ingin menulis cerita, membagikan review produk, mempromosikan sebuah event, atau ingin membuat bisnis usaha. Tenang saja, blog menjadi wadah untuk menyalurkan minat dan bakatmu bila konten yang kamu buat berkualitas. Dengan begitu blog kamu bisa menarik perhatian readers.

Penasaran gimana sih caranya membuat blog? Mudah kok sebenarnya dan bisa dilakukan oleh pemula. Yuk simak panduan mudah berikut ini ya. 

Pilih Platform Blog Yang Terbaik

5 Panduan Mudah Cara Membuat Blog di Tahun 2020 Bagi Pemula

Langkah pertama untuk membuat blog adalah menentukan platform apa yang akan digunakan. Platform blog adalah wadah kita dari menulis hingga mengelola blog tersebut. Ada beberapa jenis platform yang dapat kita gunakan, misalnya WordPress, Joomla, Drupal, Pyro dan lainnya. Tetapi platform WordPress yang paling banyak digunakan oleh blogger karena fiturnya banyak dan mudah dikelola oleh pengguna. 

Baca Juga  8 Disrupsi eCommerce yang Wajib Kamu Ketahui di Tahun 2020

Claim Nama Domain yang Menarik dan Mudah Diingat

Selanjutnya adalah menentukan nama domain untuk blog kita. Eh tapi domain itu apa sih? Domain itu artinya nama blog yang akan kamu buat. Seperti contohnya nih, nama website ini exbytes.co.id yang terdiri dari exabytes sebagai nama domain. Sementara co.id itu ekstensi domain. Sebenarnya ekstensi domain itu enggak cuma co.id saja tetapi ada .id, .com, .org, dan masih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan. 

5 Panduan Mudah Cara Membuat Blog di Tahun 2020 Bagi Pemula

Nama domain itu adalah citra yang ingin kamu tunjukkan melalui blogmu. Jadi, tentukan nama yang kreatif dan unik agar bisa menarik perhatian dan mudah diingat oleh readers.

Tentukan Provider Domain dan Hosting

5 Panduan Mudah Cara Membuat Blog di Tahun 2020 Bagi Pemula

Selain domain, hosting juga tak kalah pentingnya. Hosting adalah tempat untuk menyimpan semua data yang ada di blog berupa gambar, video atau dokumen. Pilihlah provider yang memiliki performa yang optimal yang bisa memenuhi kebutuhanmu. Jika bingung, kamu bisa coba exabytes untuk provider yang tepat untukmu apalagi exabytes juga menyediakan layanan hosting yang cocok untuk blogging seperti EBiz Lite dengan harga Rp15.000/ bulan atau WordPress hosting yang sangat cocok untuk kebutuhan blogging kamu.

Mengelola dan Mendesign Blog

Setelah melakukan langkah di atas, sekarang kita mengelola blog. Mari kita gunakan platform WordPress sebagai contoh ya..Pertama-tama, Kamu harus melakukan register dan sign-in ke WordPress terlebih dahulu. 

Baca Juga  7 Kesalahan Finansial Yang Harus Kamu Hindari
5 Panduan Mudah Cara Membuat Blog di Tahun 2020 Bagi Pemula

Selanjutnya akan muncul dashboard seperti di bawah ini. 

5 Panduan Mudah Cara Membuat Blog di Tahun 2020 Bagi Pemula

Kamu bisa mencoba untuk mempercantik tampilan dengan mengklik appearance. Untuk mengganti tema blogmu, kamu bisa memasang tema dengan cara mengklik Appearance » Themes lalu klik ‘Add New’. Ada ribuan tema menarik yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jika sudah menemukan tema yang pas, kamu tinggal klik ‘Install’ dan tadaaa, tampilan blogmu jadi lebih bagus deh. Kamu tidak perlu menghias tampilanmu dengan cepat kok. Sebaiknya kamu bisa mencoba menulis konten apa yang akan ditampilkan dan nanti kamu bisa mengatur kembali tampilannya untuk menyesuaikan konten blogmu.

Menambah Konten Blog

Langkah paling penting, konten blog! Setelah kamu selesai menentukan tema, kamu bisa mulai menulis konten kamu. Caranya klik Pages » Add New di laman WordPress. Nanti akan muncul tampilan seperti ini.

5 Panduan Mudah Cara Membuat Blog di Tahun 2020 Bagi Pemula

Kamu bisa menambahkan konten selain teks seperti gambar, video, atau link. Lalu kamu bisa menambahkan opsi pilihan seperti categories dan tag untuk menyusun konten agar lebih tertata di blogmu. Setelah itu kontenmu sudah siap, kamu klik deh tombol ‘Publish’ dan kontenmu akan muncul di laman depan blogmu.

Mudah kan panduannya? Semoga langkah-langkah ini bisa diterapkan oleh kamu ya dan be productive in 2020!  

Credit to Audina Chairunnisa

Visit her linkedin: https://www.linkedin.com/in/audina-chairun-nisa-760303158

Free Credit Exabytes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here