7 Step Mudah Membuat Blog Makanan

38
4 min read

Membuat food blog sebenarnya lebih mudah dari yang sebenarnya orang-orang bayangkan. Ada yang sekedar mau menambah penghasilan dengan berbagi pengalaman memasak dan resep makanan atau memang yang passion di bidang kuliner dan berbagi pengalaman di food blognya. Mari kita kupas bersama apa saja sih yang diperlukan untuk mulai membuat food blog dan bagaimana cara membuatnya.

  1. Domain dan Hosting 

Inilah yang menarik dari membuat food blog , menentukan nama. Nama blog harus yang mudah diingat, singkat, deskriptif dan menarik. Setelah menemukan nama blog yang menarik dan membeli nama domain yang cocok, selanjutnya adalah memilih web hosting yang tepat sebagai tempat penyimpanan data website anda. 

2. Install WordPress 

Kemudian selanjutnya install WordPress ke website kalian. WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). Perlu diketahui bahwa WordPress menyediakan dua layanan, yaitu WordPress.com dan WordPress.org. Bagi yang menginginkan food blog sendiri , menginginkan berekspresi sendiri maka WordPress.org adalah pilihan yang tepat untuk kalian. Mulai dari tema sampai plugins. Dan juga data-data yang kalian miliki sepenuhnya milik kalian , pihak WordPress tidak bisa menghapus data kalian begitu saja. Dan jika kalian menginginkan WordPress yang profesional, maka WordPress.com adalah pilihan yang paling tepat. Karena WordPress.com memiliki aturan-aturan yang menerapkan batasan bagi food bloggernya sendiri, seperti tidak bisa memilih nama domain yang sembarangan, tidak bisa memasang plugin , juga tema yang terbatas. 

3. Memilih tema yang menarik dilihat 

Hallo effect itu sangat penting, begitu juga dengan membuat pengunjung terkesan pada pandangan pertama disaat mengunjungi WordPress anda. Kalian perlu memilih tema yang mengandung tema makanan agar bisa mendapatkan fitur-fitur yang diperlukan. Ada banyak tema WordPress yang gratis maupun yang berbayar untuk blog kalian. 

4. Memikirkan/ Merencanakan Konten 

Konten adalah hal yang sangat penting karena informasi yang ingin disampaikan kepada pengunjung harus ada target marketnya juga, dengan konten maka kita jadi semakin dekat dan lebih komunikatif dengan pengunjung food blog kalian. Cerita yang mudah dicerna dan informasi yang benar-benar berguna atau menarik merupakan hal penting dalam melakukan bonding dengan pengunjung food blog kalian. Dan konten harus berasal dari ide kalian sendiri, jangan mengikuti dari ide orang lain agar pembaca akan merasakan keunikan food blog kalian. Jangan lupa juga untuk menyertai foto di food blog kalian, kalau tidak ada foto bagaimana meyakinkan para pembacanya?, dan foto harus original dan usahakan membuat para pembaca ngiler sendiri melihat foto-foto makanan di food blog kalian. 

5. Memperkaya fitur website 

Memperkaya fitur website juga tak kalah penting. Sebelum melakukan promosi mengenai food blog kalian, kita perlu mengoptimalisasikan SEO blog. Maksud dari mengoptimalisasikan SEO blog kita adalah agar food blog kita dapat ditemukan dengan lebih mudah ditemukan. Jadi orang-orang tak perlu sulit mencari blog kalian, cukup dengan mencari kata kunci yang berkaitan dengan food blog kali, maka food blog kalian akan muncul di halaman pertama pencarian. 

6. Start Blogging 

Setelah semua sudah dipersiapkan dengan matang, mari mulai membuat blognya! Mulailah dengan konten yang menarik agar disukai oleh pengunjung dan menarik pengunjung agar terus mengikuti blog kita. Memulai dari mengirimkan email kepada daftar kontak di email kita tentang unggahan yang baru kalian terbitkan di blog itu juga bisa jadi step awal untuk dikenal orang-orang. Bahkan itu bisa menimbulkan pesan positif kepada pengunjung dengan langsung menjangkau mereka melalui email tersebut. 

7. Promosi 

Sebenarnya banyak sekali cara untuk mempromosikan blog kalian , selain cara mengoptimalisasi SEO blog dan mengirimkan email kepada daftar kontak kita , ada lagi cara-cara lain yang bisa diterapkan oleh kalian. Berikut  beberapa cara promosi lain yang bisa kalian lakukan. 

  • Post Social Media 

Post food blog kalian di social media yang kalian punya juga bisa diterapkan oleh kita. Setidaknya membuat followers kita aware terhadap food blog kita dan bisa juga memberikan ajakan agar teman-temanmu membaca blog mu. 

  • Bergabung dengan Forum yang berkaitan 

Maksud dari poin ini adalah bergabung dengan forum yang berkaitan dengan makanan , entah memang itu pecinta makanan atau forum bersama food blogger yang lainya. Usahakan untuk tidak mempromosikan blog kalian ke forum yang sebagian besar spam link , hal tersebut akan membuat apa yang kalian promosikan akan tenggelam. 

  • Collab bersama Food Blogger lain

Membangun relasi dengan sesama food blogger itu tidak kalah pentingnya. Berawal dari collab tersebut lah nama blog kalian akan disebut , bisa mengenai hal sharing beberapa hal update mengenai resep makanan atau kuliner. 

  • Kolom Komentar

Fungsi kolom komentar itu sendiri adalah agar pengunjung bisa berbagi pengalaman nya bersama pengunjung lain , misalnya saja pengunjung berbagi hal tentang dia mengikuti resep dari blog kalian dan hasil nya memang enak sesuai ekspektasi mereka saat mengikuti resep makanan dari blog kalian. Hal tersebut bisa berfungsi juga sebagai testimoni pengunjung terhadap blog kalian agar semakin banyak lagi yang mengunjungi blog kalian. 

 

Credit to: Shafira Risdamina

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here