Intip Yuk, Kenapa Perusahaan Besar Menggunakan WordPress?

0
2278

Dewasa ini, internet menjadi hal yang sangat banyak digunakan oleh semua orang tanpa memandang generasi. Namun, banyak yang masih asing dengan istilah CMS yang mana sangatlah dekat dengan internet.

CMS atau Content Management System merupakan sebuah software yang diaktifkan melalui browser dan memungkinkan anda untuk membuat, memodifikasi, serta mengelola website beserta konten yang ada didalamnya tanpa perlu menguasai bahasa pemrograman. Terdapat banyak jenis dari CMS yang dapat digunakan dalam pengelolaan sebuah website.

Namun, diantara banyaknya jenis CMS yang ada, WordPress merupakan CMS yang paling dominan digunakan. WordPress menduduki 61,8% dari market share yang ada dalam CMS, hampir sepertiga website dunia didukung oleh WordPress, mulai dari blog pribadi kecil hingga website kompleks perusahaan besar pun banyak menggunakan WordPress.

Kenapa Perusahaan Besar Menggunakan WordPress?

kenapa perusahaan besar menggunakan wordpress

Lantas mengapa WordPress unggul dibandingkan CMS lainnya, dan kenapa perusahaan besar menggunakan WordPress? Berikut merupakan beberapa alasan dan sebab mengapa WordPress unggul.

Fleksibel dan adaptif untuk berbagai kebutuhan

Keunggulan pertama dari WordPress adalah fungsinya yang fleksibel dan bisa beradaptasi dengan kebutuhan anda. Pada awalnya, WordPress merupakan CMS yang dirancang untuk digunakan sebagai blogging dan jenis publikasi yang serupa.

Seiring waktu, fungsi WordPress sebagai CMS menjadi semakin berkembang dimana WordPress dapat digunakan untuk menjalankan website kompleks seperti untuk perusahaan multinasional besar, pengelolaan bisnis kecil, serta tentunya fungsi awalnya yaitu sebagai blog pribadi.

Fleksibilitas ini dapat mungkin terjadi dikarenakan adanya paket inti WordPress dimana menyediakan berbagai plugin dasar dan premium sehingga memungkinkan anda untuk mengatasi berbagai kebutuhan. WordPress juga memiliki berbagai tema dan akses yang mudah ke file sumber sehingga menjadi adaptif terhadap berbagai kebutuhan.

Saat ini, website WordPress digunakan untuk berbagai jenis website seperti toko eCommerce, pembuatan portofolio, hosting jejaring sosial, podcast, dan sebagainya. Fleksibilitas yang tinggi ini memungkinkan berbagai perusahaan besar dengan jenis usaha yang berbeda-beda dapat memanfaatkan WordPress.

User Friendly dalam pembuatan konten

Pembuatan blog merupakan hal yang penting dalam strategi konten, tentunya dalam pembuatan blog tersebut diperlukan akses yang mudah untuk melakukan posting dan edit artikel melalui backend.

Fitur-fitur yang ada pada WordPress memungkinkan anda dapat dengan mudah dan intuitif menerbitkan, menyusun, serta memodifikasi semua konten yang dibuat. Hal tersebut dapat membantu dalam upaya peningkatan SEO serta dapat pula menyokong strategi media sosial anda.

WordPress tidak memerlukan banyak keterampilan dalam pengoperasiannya, bahkan memungkinkan pula dioperasikan oleh seorang pemula. Akses yang cenderung mudah dan bersifat user friendly ini yang membantu perusahaan besar dalam menjalankan bisnisnya sehingga membuat WordPress banyak dipilih sebagai CMS.

Beragam varian plugins

WordPress merupakan CMS yang bersifat fleksibel dan user friendly, namun hal ini turut didukung pula dengan adanya beragam varian plugins yang ditawarkan. Plugins merupakan sebuah ekstensi yang ditambahkan ke website WordPress untuk kemudian memodifikasi dan mengembangkan fungsi utamanya.

Ketika anda memerlukan fungsi khusus untuk kebutuhan yang spesifik dari sebuah website, plugins dapat membantu mewujudkan hal tersebut. Adapun beberapa kemungkinan yang dapat diwujudkan dengan adanya plugins adalah penambahan fitur seperti keranjang belanja, galeri, pembuatan formulir kontak, dan berbagai fitur lainnya.

Saat ini, WordPress menempati posisi pertama untuk CMS dengan varian plugins terbanyak, dimana terdapat 58.000+ plugins yang dapat digunakan. Adanya berbagai plugins menyebabkan tingginya kemungkinan yang dapat anda lakukan sehingga WordPress menjadi menarik digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar.

Variasi desain dan tema yang beragam

Selain adanya beragam varian dalam plugins, terdapat pula beragam tema dan desain yang dapat dipilih ketika menggunakan WordPress. Adanya beragam tema dan desain membantu menyokong kreativitas yang anda miliki dan menawarkan kesempatan dalam melakukan kustomisasi.

WordPress menyediakan kebebasan bagi anda dalam pembuatan desain website. Anda dapat membuat desain website yang sederhana dengan tema dasar, namun WordPress dapat pula mewujudkan keinginan anda untuk membuat desain website tingkat tinggi.

Adapun, ragam jenis desain yang ditawarkan meliputi ukuran font, warna font, latar belakang website, serta tema yang digunakan. Menggunakan desain unik dapat membantu perusahaan besar untuk menunjukkan identitas brand dari usahanya.

Website berperingkat tinggi

SEO atau search engine optimization merupakan hal yang penting dalam pengelolaan sebuah website, mengelola SEO dengan baik dapat membantu website anda untuk bersaing di hasil pencarian pertama. 

WordPress menawarkan kemudahan dalam pengoptimalan SEO, website yang menggunakan WordPress cenderung mendapat peringkat tinggi dalam hasil pencarian. Hal ini dikarenakan banyaknya fitur dan plugins WordPress yang memudahkan anda dalam mengoptimalkan konten untuk SEO.

Adapun beberapa bantuan WordPress dalam SEO seperti menyediakan judul halaman yang SEO friendly, permalink, meta description, clean dan crawable code, optimalisasi gambar, serta fitur lainnya. Bagi perusahaan-perusahaan besar SEO merupakan hal yang penting sebagai salah satu channel untuk berkompetisi dalam pemasaran.

Integrasi dengan layanan lain

Keunggulan lain dari WordPress adalah ketersediaannya dalam integrasi dengan layanan-layanan lain. Beberapa layanan lain yang memungkinakn untuk di integrasi dengan WordPress adalah Google Analytic dan Mailchimp. 

Melakukan integrasi WordPress dengan Google Analytic akan memudahkan anda untuk melakukan audit terhadap kinerja website. Hal ini juga dapat membantu anda dalam mengetahui hal-hal seperti bagaimana pengunjung dapat menemukan website, dapat pula untuk mengetahui konten mana yang sekiranya paling disukai oleh pengunjung. 

Integrasi WordPress dengan Mailchimp juga dapat sangat membantu dimana akan memudahkan anda dalam membuat serta mengirimkan email newsletter secara otomatis. Adapun integrasi-integrasi lainnya yang dapat banyak memudahkan anda serta pengguna lainnya seperti perusahaan-perusahaan besar.

Komunitas menawarkan support

CMS umumnya dapat menjadi hal yang rumit untuk digunakan, banyaknya fitur dan keunggulan dari WordPress yang telah disebutkan sebelumnya diatas tidak dapat menjamin anda dapat menavigasi CMS dengan baik. Oleh karena itu, diperlukan support dari pengelola CMS. 

Ketika CMS sulit dinavigasi, anda mungkin akan terus-menerus menghubungi developer dan membayar developer ketika terjadi suatu masalah, sekalipun masalah yang terjadi hanyalah masalah sederhana. 

Hambatan dalam melakukan navigasi sistem CMS juga dapat menyebabkan publikasi konten yang tidak optimal, dan lebih buruknya konten yang membeku sehingga menjatuhkan peringkat website anda. WordPress memiliki keunggulan dalam hal support dimana terdapat komunitas developer yang turut membantu. 

Solusi berbagai masalah dapat ditemukan jawabannya dalam komunitas, terdapat platform-platform seperti forum dukungan, video instruksi, dan WordPress.tv yang dapat membantu masalah yang dialami anda.

Tujuh keunggulan yang telah dijelaskan diatas merupakan hal utama kenapa perusahaan besar menggunakan WordPress sebagai CMS. Adapun beberapa keunggulan lain yang ditawarkan WordPress sebagai CMS sehingga menjadi banyak digunakan. 

Secara teknis WordPress merupakan CMS yang dapat diakses secara gratis, walaupun pada akhirnya diperlukan biaya untuk hosting serta plugins untuk berfungsi secara maksimal.

Kemudian, WordPress juga bersifat open source yang berarti kode yang ada dapat didistribusikan kembali dan dimodifikasi dan terakhir WordPress memiliki fitur yang memudahkan untuk mengimpor dan mengelola multimedia seperti halnya foto, video, grafik, posting blog, halaman arahan, dan media apapun yang ada di website anda.

perusahaan besar menggunakan wordpress

Contoh Perusahaan Besar yang Menggunakan WordPress untuk CMS

Berdasarkan penjabaran diatas, tidak heran mengapa WordPress dipercaya untuk digunakan sebagai CMS untuk berbagai perusahaan-perusahaan besar. Mulai dari fleksibilitasnya hingga adanya komunitas yang dapat membantu ketika adanya masalah menjadikan WordPress CMS yang unggul bagi perusahaan besar. 

Adapun, berikut merupakan sebagai contoh nama-nama perusahaan besar yang menggunakan WordPress sebagai CMS untuk website perusahaan:

  • Wired
  • Microsoft News
  • Sony Music
  • Playstation Blog
  • Time Magazine
  • CNN Press Room
  • Vogue
  • Angry Birds
  • Mozilla Blog

Begitulah jawaban dari kenapa perusahaan besar menggunakan WordPress sebagai CMS. WordPress memiliki berbagai keunggulan yang ditawarkan mulai dari fleksibilitas, variasi plugins dan desain yang ditawarkan, hingga tersedianya komunitas yang dapat support anda ketika terjadi suatu masalah pada saat melakukan navigasi CMS. 

WordPress merupakan CMS yang sangat unggul, namun apapun jenis website yang hendak dibuat, tidak dapat dipungkiri pula untuk memastikan kebutuhan WordPress hosting terpenuhi agar dapat mencegah masalah atau risiko untuk kedepannya.

Hubungi Exabytes dan dapatkan pilihan hosting yang hemat hingga 80 persen.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments