7 Alasan Mengapa Bisnis Kamu Harus Go Online

60
Alasan Bisnis Harus Go Online
Raih Kemenangan
9 min read

Apakah kamu sering scroll sosial media untuk melihat promosi-promosi dan mengecek harga produk yang kamu inginkan? Dan sudah berapa kali kamu search di Google untuk mencari open hours sebuah coffee-shop atau untuk nge research produk baru? 

Ilustasi bisnis online - alasan bisnis harus go online

Jika dipikirkan, cukup banyak yang akan melakukan hal tersebut, terutama warga negara Indonesia yang setidaknya 25.5 juta orang adalah pengguna internet (Source: Money Kompas). Sehingga, jika bisnis kamu belum memiliki online presence, atau kamu masih pemula bisnis namun memiliki website belum termasuk di to-do-list kamu, kamu akan ketinggalan banyak hal yang ditawarkan dengan digitalisasi. 

Mungkin, sebelum mengenal alasan bisnis harus go online, mari intip dulu apa itu bisnis online dan gimana caranya untuk go online

Going Online?

Going online bisa diartikan sebagai mendigitalisasikan sebagian dari bisnis kamu dan memiliki presensi online yang tepat. Biasanya, hal tersebut bisa dilakukan dengan membikin website, blog, atau mempunyai sosial media tersendiri.

Kemudian, bisnis online juga bisa dibilang sebagai tempat untuk memperjual belikan barang yang kamu bikin melewati internet. Konsepnya sangat simpel, namun banyak sekali owner bisnis yang masih menolak untuk mendigitalisasikan bisnis mereka. Padahal, manfaatnya sangat banyak dan berguna. 

Apa saja sih yang bisa dilakukan untuk membuat bisnis kamu go online? Yuk, lihat dibawah!

Cara Bisnis Go Online 

Sebenarnya, untuk membuat bisnis online, tidak harus semua aspek dari bisnis yang harus dimasukkan ke dalam internet. Bisa aja cuman beberapa aspek dari bisa kamu buat go-online.

Contohnya, kamu mungkin saja bisa saja hanya menjualnya melalui internet, jadi kamu mendaftarkan ke e-commerce platform, atau bisa hanya dengan mendaftarkan e-mail, atau sosial media untuk menerbitkan informasi produk kamu. 

Tetapi dari banyaknya cara tersebut, yang paling dikenal dan paling diutamakan biasanya adalah untuk memiliki website beserta domain dan memiliki akun sosial media. Untuk mengetahui lebih dalam, akan dijelaskan di bawah ini. 

Memiliki Website 

Salah satu go-to untuk para pemula bisnis yang ingin go online termasuk memiliki website bisnis online. Karena dengan adanya website, kamu bisa menampilkan fitur-fitur yang sangat berguna untuk bisnis kamu.

Contohnya, adanya deskripsi produk, adanya Q&A, adanya FAQ, serta rincian kontak yang bisa dihubungkan. Dengan demikian, bisnis serta produk atau layanan  yang kamu jualkan bisa dilihat oleh berbagai macam konsumen. 

memiliki website untuk bisnis kamu

Tidak hanya gampang, memiliki website sudah menjadi prioritas karena menunjukkan profesionalisme bisnis kamu lho. Website dijadikan sebagai ‘etalase’ produk yang kamu tawarkan kepada para konsumen kamu.

Untuk membangun website, kamu harus menentukan domain yang diinginkan. Karena domain memiliki kegunaan untuk bisnis online yang bisa menarik perhatian sekaligus membuat konsumen selalu mengingat nama toko atau bisnis online milikmu.

Jika kamu masih kesusahan dan belum tau bagaimana caranya untuk membuat website, Exabytes menawarkan beberapa program website hosting yang bisa kamu lirik. 

Tidak hanya itu, biasanya para enterpreneur yang sudah memiliki website biasanya melangkah lebih jauh dan memiliki domain untuk websitenya agar kelihatan unik. Untuk kamu yang ingin take your website to a further step, kamu bisa cek layanan domain yang berikan oleh Exabytes!

Memiliki Sosial Media 

Selain memiliki website, cara paling populer dan dasar untuk membuat bisnis kamu go-online adalah untuk membikin akun Sosial Media tersendiri; maupun itu memiliki akun Instagram, Facebook, ataupun Youtube. 

Baca Juga  Mari Mengenal Konsep 4P, Product, Price, People, Promotion untuk Melejitkan Omzet Bisnis Online Anda.

Kenapa sangat populer? Karena sosial media adalah tempat dimana semua orang dapat berinteraksi antara satu sama lain. Jadi, bisnis kamu bisa mendapat eksposur kepada opportunity yang beragam. Sehingga, bisnis kamu bisa berkembang. 

Jika sekarang kamu sudah tau apa itu yang dimaksud dengan “go-online” serta caranya, kenapa sih harus banget bisnismu go online? 

Yuk, simak dibawah alasan bisnis harus go online sekarang juga!

7 Alasan Bisnis Harus Go Online

Sebenernya, ada banyak sekali alasan bisnis harus go online. Karena kebanyakan, banyak yang mengira bahwa hal tersebut malah terlihat terlalu beresiko dan menakutkan.

Oleh karena itu, inilah beberapa alasan yang paling top untuk mengapa bisnis kamu harus membangun kehadiran online. 

Meningkatkan Kredibilitas 

Memiliki website online ataupun platform online yang lain untuk bisnis kamu dapat memberikan kredibilitas yang instan. Hal tersebut dikarenakan, memiliki presensi online dapat mencerminkan keseriusan kamu terhadap bisnis kamu sendiri dan merepresentasikan image “profesional” terhadap kostumer kamu.

Dengan kenaikan kredibilitas, konsumen akan lebih cenderung percaya atas produk maupun layanan yang bisnis kamu akan berikan di saat mereka membuka website ataupun platform online yang kamu sambungkan. 

Memiliki presensi online juga dapat membantu bisnis kamu untuk membangun kredibilitas dan kepercayaan tersebut melalui review online dan testimoni yang dapat diberikan di website dan platform online kamu. 

Customer Support 

Dengan memiliki presensi online untuk bisnis, kamu bisa lebih mencapai dan berkomunikasi dengan kostumer. Presensi online seperti memiliki website, memungkinkan kamu untuk bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan para konsumen dan memberikan informasi tertentu kepada mereka.

Hal tersebut bisa dilakukan dengan mempunyai fitur FAQ di dalam website kamu ataupun fitur Q&A yang tersedia. Tentunya, hanya bisa dilakukan jika kamu sudah mendaftarkan presensi online untuk bisnis kamu. 

customer support untuk bisnis kamu

Dengan demikian, kamu akan lebih dekat dengan konsumen dan mereka pun akan merasa lebih tahu atas bisnis yang sedang kamu jalani. Jadi, tidak hanya menghemat waktu, presensi online juga bisa memberikan layanan yang lebih baik. Apalagi disaat kostumer kamu sedang membutuhkan informasi seperti: 

  1. Sebelum membeli produk 
  2. Permasalahan dengan produk yang sudah dibeli 
  3. Ingin melihat opsi yang ditawarkan 

Ketersediaan 

Salah satu benefit yang paling berguna jika bisnis go online adalah; website atau blog dari bisnis kamu bisa memberi pelayanan yang tak berhenti, pelayanan selama 24/7 jam dan 365 hari. Yang artinya, konsumen kamu bisa melihat produk-produk kamu dan membelinya kapanpun mereka mau. 

Jadi walaupun ada tanggal merah, kamu tetap bisa menerima pesanan melalui website walaupun team kamu sedang off. Sehingga, kamu bisa tetap menghasilkan sales yang mungkin, memuaskan. 

Online Feedback 

Inilah salah satu alasan bisnis harus go online : mendapatkan reviews dan feedback. Karena hal ini merupakan salah satu hal yang krusial untuk bisnis agar bisa berkembang.

Jika kamu sudah memiliki presensi online yang bisa menampilkan fitur komentar, kamu bisa mendapatkan online review atau feedback melewati fitur tersebut dengan gampang. Sehingga, kamu bisa liat apa saja yang harus kamu perbaiki untuk product development kamu di produk selanjutnya. 

Selanjutnya, memperlihatkan review dan feedback tentang produk kamu adalah salah satu cara yang efektif untuk membangun kepercayaan konsumen dan mendemonstrasikan kredibilitas bisnis. Sehingga, dapat menarik konsumen. Jadinya, dengan ada fitur tersebut, kamu bisa mendorong penjualan serta membangun profesionalisme bisnis milikmu.

Menurunkan Operational Cost 

Banyak sekali tugas yang bisa dikurangi jika kamu mulai membuat bisnis kamu go online, sehingga kamu bisa membuat perbedaan yang sangat signifikan untuk pengurangan biaya atau yang biasa di bilang; cost-saving

Baca Juga  15 Ide Bisnis Ramadhan 2021 Yang Perlu Kamu Coba

Contohnya, dengan ada mendigitalisasikan bisnis kamu seperti membuat website, kamu tidak perlu memiliki customer service staff yang banyak untuk menerima order. Karena sudah ada banyak sekali fitur-fitur untuk sales dan product information di website kamu, jumlah staf kamu pun bisa berkurang. Dan pada akhirnya, kamu juga tidak membutuhkan office space lagi. Jadi, expenses yang terkait dengan office space pun bisa dikurangi. 

Jika kamu dapat memanfaatkan berbagai fitur yang ditawarkan oleh provider layanan online bisnis kamu, kamu bisa membuat semua aspek dari bisnis online, seperti; pembelian, billing, order, dan juga shipping. 

Mencapai Target Market yang Global 

Kalau kamu masih memiliki bisnis yang tradisional, dalam arti, tidak memiliki presensi online, target market kamu akan dilimitkan karena cuman hanya beberapa orang yang bisa menemukan bisnis kamu. Akan tetapi, jika kamu mempunyai website kamu bisa menarik banyak sekali konsumen maupun itu dari dalam negeri, maupun dari luar negeri.

Hal tersebut dikarenakan, jika kamu mempunyai presensi di internet, para konsumen yang mencari keyword yang berkaitan oleh bisnis akan bisa terarah kepada website bisnis milikmu. Sehingga, kamu bisa mendapatkan ribuan dan jutaan orang bisa nge-visit website kamu. 

Oleh karena itu, dengan beradanya website kamu di internet, bayangkan berapa juta konsumen yang bisa kamu dapatkan untuk bisnismu. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mulai targetkan bisnis kamu ke market global, di luar negeri, sehingga dapat membangun brand kamu sendiri. 

Kesempatan Untuk Bekerja Dari Mana Saja 

Membuat bisnis bertranformasi online memberikan kamu dan sebagian dari staff kamu untuk bisa memiliki kebebasan dalam lokasi. Artinya, staff dari bisnis yang dimilikimu bisa bekerja dari manapun dan tidak harus di office-place, ataupun hanya ke office place jika dibutuhkan. Jadinya, beberapa staff kamu tidak harus berada di satu tempat. 

Hal tersebut bukan hanya memanfaatkan para staf yang bisa bekerja dari rumah, namun juga bisa memanfaatkan dari segi bisnis kamu karena kamu tidak perlu ngasih biaya tambahan seperti untuk transportasi. Yang penting, staff kamu memiliki koneksi internet yang cukup stabil. 

Kesimpulan 

Kesempatan bekerja dari rumah

Dengan demikian, ada banyak sekali alasan bisnis harus go online. Mulai dari meningkatkan kredibilitas, mengasih customer support, keberadaan, mendapatkan feedback, hemat cost, serta upaya agar dapat mencapai target market yang global.

Semua hal tersebut adalah benefit yang bisa kamu dapatkan jika kamu mendaftarkan bisnis kamu di internet dan memiliki presensi online. Apalagi, di era digital seperti sekarang, penting sekali untuk bisnis kamu untuk memiliki presensi online tersebut.

Walaupun bisnis kamu tidak melakukan pelayanan secara online, kostumer kamu dan kostumer potensial kamu mengharapkan untuk melihat bisnis kamu online. Jika mereka tidak melihat kamu dan bisnis kamu tidak memenuhi ekspektasi mereka, kamu akan kehilangan kesempatan emas tersebut. 

Jika kamu masih bingung gimana caranya sih untuk mengganti bisnis kamu yang sedang offline ke online, kamu bisa banget untuk simak artikel Exabytes tentang memindahkan bisnis offline kamu di sini! 

Kemudian, kalau kamu tertarik untuk membuat website tapi gak tau caranya, kamu bisa ikutin step yang telah direkomendasikan oleh Exabytes di sini!

Sekian artikel alasan bisnis harus go online. Semoga dengan membaca artikel ini kamu jadi menambah insight baru dan semakin mantap untuk bertransformasi online atau memiliki bisnis online sendiri.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
Raih Kemenangan