10 Alasan Kenapa Kamu Harus Ikut IWA x WebDevTalk 2021

59
Alasan Harus Ikut IWA x WebDevTalk
Berkah Ramadhan
10 min read

Halo Exabytes Friends~~ Exabytes sebentar lagi akan menghelat event besar tahunannya yaitu IWA x WebDevTalk 2021, tepatnya pada 1 April 2021. Event ini sangat menarik dan bermanfaat lho, jadinya wajib banget kamu ikuti. Nih, ya, mimin beri tahu alasan ikut IWA x WebDevTalk 2021 serta penjelasan lebih dalam tentang eventnya. Check it out!

Apa itu IWA?

IWA adalah Indonesia Website, merupakan puncak ajang penghargaan terbesar di Indonesia kepada para pengelola website dan web developer yang telah mengikuti IWA di tahun 2020 lalu. 

Exabytes akan mengumumkan website yang berhasil memenangkan Site Of The Month dengan kategori Personal, UKM (Commercial) dan E-Commerce dari bulan Januari 2020 hingga Desember 2020, Site Of The Year serta Favourite Website di acara IWA x WebDevTalk 2021 nanti.

IWA

Website yang menang telah dinilai oleh juri yang kompeten dan andal di bidangnya. Penilaian dilihat dari 4 aspek yaitu SEO, Aksesibilitas (User mudah akses website untuk mencari dan mendapatkan informasi), Performa (Kecepatan loading website, kecepatan download) serta Konten.

Kategori Website

Website yang mengikuti IWA dibagi dalam 3 kategori yaitu Personal, UKM (Commercial) dan E-Commerce. Pembagian kategori ini ditentukan oleh pengelola website saat mendaftarkan diri di IWA tahun 2020 lalu.

Personal

Website dengan kategori personal ialah website yang digunakan untuk kepentingan pribadi. Salah satunya seperti blog yang berisikan artikel, portfolio, hingga menyampaikan informasi lokal.

UKM (Commercial)

Website dengan kategori UKM (Commercial) adalah website yang merepresentasikan sebuah perusahaan atau UKM, dengan nama perusahaan serta digunakan untuk kepentingan komersil. Dalam website bersifat UKM (Commercial) ini, pengelola website meletakkan profil perusahaan mereka untuk referensi ke pelanggan. 

E-Commerce

Website dengan kategori E-Commerce kurang lebih sama dengan UKM (Commercial). Yang membedakan ialah adanya fitur add-to-cart atau bisa melakukan pembelian produk atau layanan serta pembayaran langsung di website. 

Kategori Award di IWA

Di IWA, ajang perhargaan website terbesar di Indonesia sejak tahun 2017 ini mempunyai 3 kategori award yang akan diperebutkan oleh peserta, yaitu:

Site Of The Month

Site Of The Month adalah kategori award di IWA 2020 di mana akan diumumkan satu pemenang per kategori website (UKM, Personal, E-Commerce) setiap bulannya. Website yang telah mengumpulkan tepat waktu setiap bulannya akan dinilai dan yang memenuhi kualifikasi terbaik menjadi pemenangnya.

Buat yang penasaran siapa saja sih pemenang Site of The Month IWA 2020, bisa cek di artikel ini ya.

Site Of The Year

Site Of The Year adalah kategori award di IWA 2020 yang berhasil memenangkan sebagai website terbaik di kategorinya yakni UKM (Commercial), Personal dan E-Commerce. Total 3 Pemenang Site Of The Year tentunya dipilih dari yang terbaik di antara pemenang Site Of The Month di kategori masing-masing.

Favourite Website

Favourite Website adalah kategori award di IWA 2020 yang pemenangnya ditentukan berdasarkan banyak vote yang didapat. Vote dilakukan di Facebook dan para voters harus mempunyai akun Facebook untuk dapat berpartisipasi.

Apa Itu WebDevTalk?

WebDevTalk merupakan singkatan dari Web Developer Talk. Web Developer Talk adalah rangkaian acara di IWA (Indonesia Website Awards) di mana akan dihadirkan para Web Developer Expert di Indonesia untuk membagikan ilmu serta kisah inspiratif terkait website, tren website terkini, strategi pengembangan website hingga pengoptimalan website. 

IWA x WebDevTalk

Para speaker yang hadir di Web Developer Talk ini merupakan para expert dari perusahaan ternama seperti:

  • Agam Setiawan, Web Developer at Walden Global Services
  • Aji Kisworo Mukti, Co-founder at Sertiva
  • Rio Astamal, Founder of BelajarAWS.com
  • Della Medina, Senior Content Writer at Zalora Indonesia
  • Avita Puteri, UX Writer at LinkAja
  • Dewi N. Sutrisno, Copywriter at Tiket.com
  • Arrizal Rahmat Kurniawan, Full Stack Javascript Instructor at Hacktiv8
Baca Juga  Hadiri Acara Indonesia Website Awards Untuk Peserta & Pemenang IWA.ID

Di WebDevTalk yang juga merupakan rangkaian dari acara IWA (Indonesia Website Awards) ini tentunya akan banyak sekali insight baru dan bermanfaat yang bisa kamu praktekkan dalam mengelola sebuah website.

Yang Akan Dibahas Pada WebDevTalk 2021

Dengan mengundang para pembicara yang kompeten serta andal di bidangnya, berikut topik-topik yang akan diperbincangkan, dibahas serta dikupas tuntas pada WebDevTalk 2021:

Key Factors for The PWA Solution

Subtopik pertama yang akan disampaikan oleh Agam Setiawan selaku Web Developer di Walden Global Services pada WebDevTalk ialah faktor kunci untuk solusi PWA. PWA sendiri ialah singkatan dari Progressive Web Application. 

Nah, bagi kamu yang ingin memahami lebih dalam tentang PWA, bisa pantengin sesi Zoom WebDevTalk 2021 pada jam 10:10 – 10:50 WIB. Jika kamu sama sekali belum tahu mengenai PWA kamu bisa ikut Exabytes Digital Day yang akan membahas pengenalan pada PWA serta benefitnya. Daftar di sini ya!

Introduction to Headless CMS 

Sesi selanjutnya di WebDevTalk 2021 akan membahas tentang Headless CMS. Headless CMS adalah pilihan sistem manajemen konten selain CMS Tradisional. 

Nah bagi kamu yang ingin tahu lebih lanjut tentang headless CMS dan mungkin ingin mencoba headless CMS di sistem manajemen konten, bisa saksikan sesi pengenal ke Headless CMS yang akan disampaikan oleh Aji Kisworo Mukti selaku Co-founder di Sertiva pada pukul 11:00-11:40 WIB.

Using WordPress as Headless CMS

Melanjut pada sesi sebelumnya, pada jam 12:10 – 12:50 WIB, Rio Astamal selaku Founder BelajarAWS.com akan lebih lanjut membahas penggunaan WordPress sebagai headless CMS. Ternyata WordPress yang selama ini dikenal sebagai CMS Tradisional bisa kita gunakan sebagai Headless CMS juga.

Ingin tahu caranya? Jangan lewatkan sesi WebDevTalk 2021 yang satu ini ya!

Panel Discussion: “Woman in Tech: How They Work Together in Website Content”

Selain presentasi, di WebDevTalk juga mengadakan panel diskusi. Dengan Anggina Khansa sebagai moderator, para panelis yaitu Della Medina (Senior Content Writer di Zalora), Avita Puteri (UX Writer di LinkAja) dan Dewi Soetrisno (Copywriter di Tiket.com) akan mendiskusikan bagaimana perempuan berperan dan mampu menciptakan konten-konten keren yang selama ini audiens lihat pada website.

Sesi WebDevTalk ini cocok banget untuk kamu yang ingin berkarir di bidang profesi writer atau penulis! Catat tips-tips dari mereka saat kamu menyaksikannya pukul 13:00-14:00 WIB.

Progressive Web Application, Is It For You?

Nah, subtopik terakhir yang akan dibahas di WebDevTalk 2021 oleh Arrizal Rahmat Kurniawan, Full Stack Javascript Instructor di Hacktiv8 ialah mengenai Progressive Web Application (PWA) lagi. Sebelum memutuskan menggunakan PWA, kamu harus tahu dulu apakah PWA cocok untuk mu dan apakah harus dilakukan.

Nah kamu bisa menemukan jawabannya di sesi WebDevTalk 2021 pukul 14:10 -14:50 WIB. Jangan sampai ketinggalan!

10 Alasan Harus Ikut IWA x WebDevTalk 2021

Kamu sudah mengetahui lebih detail tentang IWA dan WebDevTalk yang akan diselenggarakan pada 1 April 2021. Nah, berikut mimin jabarkan 10 Alasan ikut IWA x WebDevTalk 2021

Cocok Diikuti Website Enthusiast

Alasan ikut IWA x WebDevTalk 2021 yang pertama tentunya karena event tahunan ini cocok untuk kamu para website enthusiast mulai dari website owner, web developer hingga programmer. Acara IWA x WebDevTalk merupakan acara yang ditunggu-tunggu oleh mereka, lho!

Enterpreneur Dan Yang Lainnya Juga Bisa Ikutan

Apakah hanya yang paham website atau website enthusiast yang bisa ikut acara IWA x WebDevTalk 2021? Tentu tidak! Alasan ikut IWA x WebDevTalk 2021 yang kedua ini menjawabnya.

Yang lainnya, mulai dari pebisnis online terutama yang menggunakan website sebagai lapak jualannya, yang berprofesi sebagai content creator, writer hingga digital marketer, hingga freshgraduate di bidang IT, Komputer, Komunikasi dan Pemasaran, juga bisa mengikuti acara ini!

Buat kamu yang punya rasa keingintahuan tinggi dan senang mempelajari ilmu-ilmu baru, terutama di bidang IT dan Komputer, boleh banget langsung daftar acara IWA x WebDevTalk 2021.

Kesempatan Belajar dari Ahli di Bidangnya

Tadi kamu sudah mengetahui siapa-siapa saja yang menjadi pembicara dalam WebDevTalk 2021 serta jabatan yang dipegang dalam perusahan. Kamu bisa mendapatkan informasi dan belajar langsung dari para pembicara yang tentunya lebih kompeten di bidangnya. 

Alasan ikut IWA x WebDevTalk 2021 yang ketiga akan menuntaskan rasa keingintahuan kamu yang tinggi terhadap dunia IT, Website dan Komputer dan tidak lagi merasa kebingungan.

Baca Juga  Mengenal Para Juri IWA 2019

Mendapat Ilmu Baru Seputar Tren Website Terkini

Alasan Ikut IWA x WebDevTalk 2021 yang ini memberikan kamu keuntungan! Selain mendapatkan informasi, pembelajaran hingga tips kamu juga bisa mendapat ilmu-ilmu baru seputar tren website terkini yang mungkin belum kamu ketahui kemarin-kemarin.

Nah, jika kamu ikut IWA x WebDevTalk 2021 ini, kamu bisa lebih up-to-date dari yang lain. Karena setiap tahunnya event IWA x WebDevTalk selalu menghadirkan topik-topik baru yang bisa digunakan para pemilik website hingga web developer dalam meningkatkan performa dan optimasi pada website.

Dapat Mengetahui Contoh Website Yang Baik

Kamu masih ingat kan selain acara WebDevTalk, juga ada acara pengumuman pemenang IWA 2020? Nah, kamu bisa melihat website para pemenang IWA 2020 Site Of The Month, Site Of The Year dan Favourite Website untuk melihat contoh website yang baik.

Karena website sudah melalui proses penilaian oleh juri yang expert serta andal dan ditetapkan memenuhi kualifikasi website yang baik, dilihat dari SEO, Aksesibilitas, Performa serta Konten. Selain itu website juga telah divoting oleh berbagai voters. Sehingga kamu bisa tahu bagaimana selera publik terhadap suatu website.

Mendapat Inspirasi Dari Pemenang IWA 2020

Kamu sudah mengetahui website-website pemenang IWA 2020 dan sudah melihat langsung websitenya. Nah saat kamu berselancar lebih dalam ke website dengan melihat menu, page hingga konten yang ditampilkan, kamu bisa menggunakan website pemenang IWA 2020 sebagai referensi kamu dalam membuat website kedepannya.

Misalnya kamu akan membuat website untuk E-Commerce kamu, maka kamu bisa melihat bagaimana fitur shopping cart mereka hingga desain katalog. Atau website personal berupa blog berisi artikel-artikel atau cerita perjalanan yang kamu rilis pribadi, kamu bisa melihat bagaimana konten ditampilkan.

Website pemenang IWA 2020 merupakan yang terbaik karena sudah melewati penilaian juri yang expert dan andal di bidangnya serta mendapatkan vote dari publik.

Mendapat Masukkan Untuk Mengembangkan Website Kamu

Selain inspirasi mengenai jenis website dan tampilan website, Alasan ikut IWA x WebDevTalk 2021 adalah supaya kamu bisa mendapatkan masukkan untuk mengembangkan website.

Mungkin kamu adalah seorang website owner namun ingin belum mendapat traffic yang tinggi karena belum optimal websitenya serta memiliki performa baik. Nah, kamu sebagai website owner atau web developer dapat melihat, menganalisis serta mengkomparasi website kamu dengan website pemenang IWA 2020.

Dengan begitu kamu bisa melihat apa yang kurang di website kamu serta  melakukan upaya peningkatan dalam hal optimasi dan performa website agar lebih baik lagi.

Membangun Relasi Lebih Luas

Alasan Ikut IWA x WebDevTalk 2021 yang tidak kalah kece ialah kamu bisa membangun networking atau jaringan relasi, baik nantinya dengan para pembicara maupun dengan sesama peserta.

Kamu juga bisa lho bangun relasi dengan para pemenang IWA 2020. Coba reach out mereka ke website, siapa tahu kamu bisa mendapatkan tips-tips mereka dalam mengelola website sehingga bisa tampil baik dan menang di IWA 2020. Lalu kamu praktekkan dan mengikuti IWA tahun depan :).

Mendapatkan Merchandise Bagi Pendaftar Beruntung

Ya, benar, bagi kamu pendaftar IWA x WebDevTalk 2021 yang beruntung akan mendapatkan merchandise exclusive dari Indonesia Website Awards 2020 berupa T-shirt atau Tumblr. Kurang oke apalagi coba?

Alasan ikut IWA x WebDevTalk 2021 - Mendapat Merchandise Exclusive IWA
Alasan ikut IWA x WebDevTalk 2021 - Mendapat Merchandise Exclusive IWA

Mau dapat merchandise exclusive? Daftar sekarang dan ikuti Giveaway yang akan diinfokan di Instagram Exabytes (@exabytes_id). Follow and stay tune for the update!

Pendaftaran GRATIS!

Alasan ikut IWA x WebDevTalk 2021 yang terakhir ialah karena semua acara ini tidak dipungut biaya sepeserpun alias GRATIS lho, Exabytes Friends!

Untung banyak banget gak sih? Bisa dapat ilmu terkini seputar web development dari berbagai speakers yang expert dan andal di bidangnya, membangun relasi dengan banyak orang dan juga kesempatan mendapatkan merchandise exclusive. Semuanya paket lengkap secara gratis bisa kamu dapatkan di acara IWA x WebDevTalk 2021!

Penutup

Nah, Exabytes Friends, itulah berbagai detail penjelasan lengkap soal Event tahunan terbesar Exabytes yang akan datang yaitu IWA 2020 Announcement & Web Developer Talk (Web Development Roadmap 2021: Keys to Successful Website for Your Business). 

Kamu bisa melihat lebih lanjut informasi tentang IWA X WebDevTalk 2021 serta mendaftar secara gratis di sini ! Sampai berjumpa di acara IWA x WebDevTalk 1 April 2021 nanti yah, Exabytes Friends!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
Berkah Ramadhan