Wajib Ikutan! Ini 7 Alasan Harus Ikut SME DigitalFest 2021

634
9 min read

Pandemi COVID-19 benar-benar telah membawa dampak besar terhadap perekonomian dunia. Tak hanya perusahaan besar, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UKM) juga ikut terdampak lantaran pasar yang juga menjadi demikian lesu akibat pandemi.

Tapi bukan berarti kita sebagai pemilik small business nggak semangat untuk memajukan bisnis ya. Banyak cara kok yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas usaha. Salah satunya adalah dengan belajar dari berbagai sumber yakni webinar. Maka dari itu, Exabytes sebentar lagi akan mengadakan event tahunan terbesar khusus untuk para UKM / UMKM sekaligus enterpreneur pemilik bisnis yaitu SME DigitalFest 2021, tepatnya pada hari Sabtu, 31 Juli 2021.

Bisnis online
Ilustrasi perempuan menjalankan bisnis online. Sumber: Adobe Photo Stock

Buat para Exabytes Friends pasti ada yang tahu bahkan sudah menantikan event ini bukan? Tapi bagi teman-teman yang baru, jangan khawatir karena di artikel ini akan membahas kenapa sih kamu wajib banget ikutan event SME DigitalFest 2021! Sebelumnya, kenalan dulu yuk dengan SME DigitalFest

Apa itu SME DigitalFest?

SME DigitalFest merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Exabytes Indonesia dimana event ini sangat menarik dan bermanfaat lho khusus untuk para UMKM, UKM, small business owner hingga bisnis lainnya. Pokoknya wajib banget deh diikuti.

Dengan semangat untuk mendorong UMKM yang saat ini mengalami kesulitan di masa pandemi yang masih berlangsung, Exabytes ingin mengajak teman-teman UMKM untuk bertransformasi digital. Karena di zaman serba digital ini diperlukan perubahan secara online juga. Jika kita mulai melakukan perubahan ke arah digital maka kita pun tidak akan ketinggalan zaman dan bisnis akan semakin maju.

SME DigitalFest 2021
SME DigitalFest 2021

SME DigitalFest2021 ini akan melanjutkan tema dari tahun sebelumnya yaitu “Transformasi Digital 2.0” dimana akan hadir pembicara yang sudah ahli dan berkompeten akan membagikan informasi, pengetahuan, teknik, dan solusi untuk mendorong pertumbuhan bisnis lho. Dengan webinar ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran UMKM/UKM bahwa inilah saatnya untuk bertransformasi ke era digital untuk berbisnis.

Buat yang belum tahu, event SME DigitalFest 2020 lalu banyak sekali lho peminatnya bahkan ditonton lebih dari 15.500 views! Pembicara yang hadir pun juga keren dan inspiratif yang pastinya akan memberikanmu wawasan yang ‘daging’ deh. Buat yang ingin melihat siaran ulang acaranya, bisa banget tonton di bawah ini ya!

SME DigitalFest 2020 Day 1. Source: Youtube Exabytes Indonesia

Tidak kalah dengan tahun lalu, tahun ini pun akan dikemas lebih interaktif dan menarik dalam 1 hari event saja lho. Yakin nggak mau ikutan? Kalau begitu mending baca dulu yuk di bawah ini.

7 Alasan Harus Ikut SME DigitalFest 2021

Eitss, gak hanya itu saja, ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan lewat event ini. Nih, kami kasih tahu alasan kenapa kamu harus ikut SME DigitalFest 2021. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini ya!

Acara Khusus Untuk UMKM

Alasan ikut SME DigitalFest 2021 yang pertama tentunya karena event tahunan ini cocok bagi kamu yang sedang menjalani bisnis UMKM atau yang masih pemula.

Baca Juga  Kilas Balik 26 Event Exabytes Yang Diselenggarakan di 2020

Hal utama yang umumnya dirasakan oleh pebisnis pemula ialah wawasan atau pengetahuan bisnis yang kurang matang dan sempurna. Sering kali para pebisnis pemula tidak memiliki banyak pengetahuan tentang dasar pengetahuan bisnis.

Pengetahuan bisnis ini di antaranya tentang cara memulai bisnis, membuat visi atau rencana bisnis, merancang marketing yang tepat, branding, pengemasan, distribusi produk, hingga hal yang sederhana dan administrasi perusahaan. Namun kamu tidak perlu patah semangat, pengetahuan tentang bisnis UMKM bisa kamu dapatkan di event ini!

Pembicara Ahli Yang Berkompeten

Pembicara yang datang di SME DigitalFest 2021 ini sudah tidak diragukan lagi deh keahliannya dalam bidang ini. Nantinya, para speakers ini akan membahas hal-hal menarik melalui rangkaian presentasi dari pembicaraan inspirasional, diskusi panel, dan juga sesi networking.

Para pembicara yang akan hadir di SME Digital Fest 2021 yakni :

Indra Hartawan (Country Manager Exabytes Indonesia), William Yang (Vice Chairman of IT & Fintech of KADIN), Nur El Ikhsan (Founder and CEO of Bara Imaji), Alby Padmakusumah (Co-Founder and Business Director at POT Branding House), Niko Julius (Instagram Expert, Founder of Socialmediamarketer.id), Senandhika Pascariyadi (Deputy Head OKK ‘Sahabat UMKM’, CEO Warung Limarasa), William Prahara (Business Development and Global Partnership at Traveloka) dan Rizqi Isnurhadi (Marketing Manager at Xendit).

Wajib Ikutan! Ini 7 Alasan Harus Ikut SME DigitalFest 2021 - 2021
Para Pembicara yang akan hadir di SME DigitalFest 2021

Dengan digelarnya webinar event SME DigitalFest 2021 ini, tentunya akan banyak sekali insight baru, opini, serta materi yang yang bisa kamu praktekkan dalam membangun bisnis UMKM/UKM.

Pembahasan Yang Sangat Menarik

Dengan mengundang para pembicara yang kompeten serta andal di bidangnya. Topik yang akan dibahas akan meyakinkan kamu bahwa memindahkan bisnis ke online akan membawa dampak positif. Selain itu, pembahasannya akan bermanfaat dalam memajukan UKM atau bisnis online, meningkatkan branding hingga meningkatkan penjualan.

Penasaran apa saja topiknya? Berikut topik-topik yang akan diperbincangkan, dibahas serta dikupas tuntas pada SME DigitalFest 2021:

Create and Maintaining F&B Business in Pandemic Conditions through Digital Platform

Wajib Ikutan! Ini 7 Alasan Harus Ikut SME DigitalFest 2021 - 2021
Sesi bersama dengan Senandhika

Khusus untuk UMKM bisnis online di bidang F&B, ketahui teknik dan solusi bagaimana cara membangun dan mempertahankan bisnis F&B di kondisi pandemi dengan platform digital dalam sesi ini. Akan hadir Senandhika Pascariyadi -Deputy Head OKK ‘Sahabat UMKM’, CEO Warung Limarasa yang akan memberikan tips yang insightful untukmu.

Online Transformation for Your Business

Di sesi ini akan ada Adasiha Arwan – Project Development (Engagement) at GrabMart yang akan memberikan materi tentang transformasi onlilne untuk bisnis. Buat kamu yang saat ini masih belum beralih ke online, ikutan sesi ini yuk untuk ketahui bagaimana caranya pindah ke online. Kamu bisa ikut event ini di pukul 10.50 WIB ya.

Small & Medium Enterprise (SME) Entrepreneur vs. Innovation Driven Enterprise (IDE) Entrepreneur

Subtopik yang pertama dalam acara SME DigitalFest akan dibawakan oleh 3 speakers yakni William Yang selaku Vice Chairman of IT & Fintech of KADIN, Indra Hartawan selaku Country Manager of Exabytes, dan Nur El Ikhsan selaku Founder and CEO of Bara Imaji.

Panel discussion akan berbagi wawasan mengenai UKM dan Perusahaan Berbasis Inovasi (IDE) yang akan berformat tanya jawab. Pantengin sesi Zoom SME DigitalFest 2021 pada jam 12:00 – 13:00 WIB. 

Baca Juga  Jangan Lewatkan SME DigitalFest: Masa Depan Transformasi Digital di Era New Normal

Pandemic in Digital Era : Experience, Learn, and Recover

Setuju bukan kalau masa pandemi tidak mudah dilewati? Pasti ada saja jatuh bangun terutama yang mengalami bisnis. Bagaimana caranya bisnis online bertahan dan melanjutkan bisnis di masa pandemi? Pelajari dalam topik “Pandemic in Digital Era : Experience, Learn, and Recover” yang akan dibawakan oleh William Prahara – Business Development and Global Partnerships at Traveloka.

The Intertwine Between Branding & Company Culture

Pembicara SME DigitalFest - Alby
Alby

Sesi selanjutnya di SME DigitalFest 2021 akan membahas tentang “The Intertwine Between Branding & Company Culture”, yang akan dibawakan oleh Alby Padmakusumah selaku Co-Founder and Business Director at POT Branding House.

Topik ini cocok sekali buat kamu yang ingin membangun branding untuk bisnis atau perusahaan. Nah jika kamu ingin lebih tahu mendalam tentang topik tersebut, kamu bisa saksikan pada pukul 13:00 – 14:00 WIB.

To Start a Successful Online Business in 2021

Pembicara SME DigitalFest - Niko
Niko

Selanjutnya, pada pukul 15:00 0 15:40 Niko Julius selaku Instagram Expert, Founder of Socialmediamarketer.id akan membahas topik “To Start a Successful Online Business in 2021”. Sesi SME Digital Fest ini cocok banget bagi kamu yang ini memulai online bisnis di tahun 2021. Akan ada banyak tips menarik nih terutama dalam bidang sosial media, jangan sampai ketinggalan ya!

Kesempatan Belajar Dari Ahli di Bidangnya

Tadi kamu sudah mengetahui siapa-siapa saja yang menjadi pembicara dalam SME DigitalFest 2021 serta jabatan yang dipegang. Kamu bisa mendapatkan informasi dan belajar langsung dari para pembicara yang tentunya lebih kompeten di bidangnya. 

Tidak hanya itu, kalian bisa menanyakan apapun yang kalian pertanyakan setelah menyimak pembahasan dari para pembicara karena dalam event ini tersedia Question and Answer session di setiap sesinya. 

Tidak Dipungut Biaya alias Gratis!

Selain menarik dan berwawasan, even ini juga tidak dipungut biaya alias gratis lho! Wah, dimana lagi kan kamu bisa dapetin event yang bermanfaat, nggak ngebosenin tapi nggak mengeluarkan biaya? Jadi, buruan yuk daftar langsung webinar event SME DigitalFest ini segera!

Membangun Relasi Lebih Luas

Alasan ikut event SME DigitalFest 2021 yang tidak kalah menarik adalah kamu bisa membangun relasi yang lebih luas, baik nantinya dengan para pembicara atau sesama peserta. Manfaat ikutan event akan mendatangkan peluang baru salah satunya bertemu dengan orang yang baru lho yang bisa jadi kamu akan membangun networking, kerjasama atau kolaborasi.

Jika berkenan, pembicara akan memberikan kontak atau akun Linkedin jika ingin berkomunikasi lebih dengan peserta di luar event atau menjawab pertanyaan seputar bisnis / topik yang dibahas.

Mendapatkan Free E-Certificate

Di event SME DigitalFest 2021 ini tidak hanya menghadirkan pembicara ahli yang inspiratif dan berkompeten. Nantinya, SME DigitalFest juga akan membagikan e-certificate untuk para pendaftar! Menarik banget kan? Tapi, untuk mendapatkan e-certificate tersebut, kamu harus mengikuti webinar nya terlebih dahulu ya! Hanya yang hadir di SME DigitalFest 2021 yang akan dikirimkan e-certificate ke email peserta.

Nah, itu adalah berbagai detail penjelasan lengkap soal event tahunan terbesar Exabytes yang akan datang yaitu SME Digital Fest 2021: Transformasi Digital 2.0 Experience, Learn and Recover. Buat yang belum registrasi, yuk segera registrasi sekarang ya. Ingat ya eventnya hari Sabtu 31 Juli nanti. Jangan sampai kelewatan event menarik ini, sampai jumpa!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments