Perbandingan Blogspot dengan WordPress: Mana Yang Terbaik?

0
1574

Membuat blog sekarang jauh lebih mudah, mulai banyak bermunculan platform-platform blogging yang bisa Anda coba. Dua dari banyaknya platform blog yang sering digunakan adalah Blogger dan WordPress.

Seseorang yang ingin mulai membangun blog, seringkali bingung memilih platform antara Blogger atau WordPress.

Blogger adalah layanan atau platform sederhana yang bisa Anda gunakan untuk membuat blog secara online. Di sisi lain WordPress adalah layanan CMS (Content Management System) yang memiliki fitur lengkap dan tersedia dua versi yaitu WordPress.com dan WordPress.org.

Anda bisa mempelajari apa saja perbedaan WordPress.com dan WordPress.org di postingan kami sebelumnya, tapi dalam pembahasan tentang perbandingan blogspot dengan WordPress ini kami hanya akan fokus membahas tentang WordPress.org bukan WordPress.com.

Baca juga: Cara Membuat Blog di WordPress.com

Sebenarnya baik itu Blogger maupun WordPress, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan yang unik. Anda perlu mengetahui masing-masing kelebihan dan kekurangannya untuk melakukan perbandingan blogspot dengan WordPress. 

Yuk kita mulai pembahasannya!

Perbandingan Blogspot dengan WordPress

perbandingan blogspot dengan wordpress

Kami akan menjelaskan perbandingan blogspot dengan WordPress berdasarkan kelebihan dan kekurangan masing-masing platform. Kami juga akan menjelaskan cara kerja dari kedua platform tersebut, termasuk manfaatnya.

Harapan kami melalui postingan ini Anda bisa mendapatkan referensi yang cukup untuk menentukan platform mana yang ingin Anda gunakan.

Sebagai langkah awal, kita mulai bahas tentang cara kerja WordPress terlebih dahulu dan manfaat yang bisa dirasakan penggunanya.

WordPress Adalah Platform Blogging dengan Fitur Lengkap!

CMS Website

Pembahasan pertama adalah WordPress, kita sudah tahu bahwa WordPress adalah salah satu CMS populer saat ini. Platform ini dirancang agar bisa membantu Anda dalam membangun website, Anda bisa menggunakan WordPress untuk membuat hampir semua jenis website.

Awal mula WordPress diciptakan adalah untuk platform blogging dan seperti halnya blogger, WordPress bisa Anda gunakan secara gratis meskipun berbeda dengan blogger, WordPress tidak menghosting website Anda.

Anda perlu menyiapkan hosting dan memilih domain sendiri, akan tetapi Anda dapat memasang WordPress dan mengotak-ngatiknya secara penuh sesuai dengan kebutuhan. 

Jika Anda sedang mencari WordPress hosting yang terjangkau dengan fitur NVMe SSD drive untuk kecepatan loading lebih cepat serta domain dan SSL gratis, maka kami merekomendasikan layanan WordPress Hosting SSD dari Exabytes Indonesia.

Halaman administrator WordPress kurang lebih akan terlihat seperti di bawah ini:

Perbandingan Blogspot dengan WordPress: Mana Yang Terbaik? - 2024

Cukup friendly bukan? Kami jamin bagi pengguna pemula sekalipun sudah bisa memahami cara kerja dari halaman administrator tersebut, terlebih sekarang WordPress sudah memiliki versi berbahasa Indonesia.

Di halaman admin tersebut Anda bisa membuat postingan, membuat halaman untuk blog Anda, melakukan pengaturan, menambahkan pengguna lain dan lain sebagainya. Seperti halnya blogger, di WordPress juga Anda bisa menggunakan tema dan mengubah tata letaknya sesuai dengan kebutuhan.

Meskipun perbedaannya, WordPress lebih banyak opsi tema yang bisa Anda pilih baik itu gratisan atau berbayar.

Baca juga: Rekomendasi, 10 Template WordPress untuk Portfolio

Perbandingan Blogspot dengan WordPress: Mana Yang Terbaik? - 2024

Selain tema, Anda juga bisa mendownload dan instal plugin untuk menambahkan fitur lainnya yang tidak tersedia secara default seperti menambahkan fitur fungsional untuk SEO, form, slider dan ecommerce. 

Perbandingan Blogspot dengan WordPress: Mana Yang Terbaik? - 2024

Baca juga: 10 Plugin untuk Membuat Slider di WordPress

Masih banyak hal yang bisa Anda tambahkan di WordPress, akan terlalu banyak membahas dalam satu kali postingan. Kami sudah membuat beberapa panduan tentang WordPress, Anda bisa mempelajarinya melalui halaman tutorial WordPress di Exabytes Indonesia.

Kami ingin mengingatkan kembali, bahwa yang sedang kita bahas adalah perbandingan blogspot dengan WordPress.org. WordPress.com adalah platform yang berbeda, meski sama-sama dari WordPress. 

Blogger Platform yang Memudahkan Membuat Halaman Blog Sederhana

Pembahasan selanjutnya adalah blogger, platform ini dapat memudahkan Anda membangun dan mengelola halaman blog sederhana. Cara membuatnya sangat mudah, persiapan yang perlu Anda lakukan hanya memiliki akun Google dan kemudian Anda bisa membuat blog baru.

Ada banyak tema yang bisa gunakan, setelah memilih tema tinggal menentukan judul dan memilih URL yang nantinya akan diikuti dengan blogspot.com di bagian akhir domain. Terkecuali Anda melakukan custom domain dan membeli domain murah secara khusus.

Setelah Anda berhasil membuat blog, halaman di bawah ini adalah tampilan dashboard blogger:

Perbandingan Blogspot dengan WordPress: Mana Yang Terbaik? - 2024

Bagaimana, sederhana bukan? Di halaman dashboard tersebut Anda dapat membuat postingan, menambahkan halaman ke blog, melihat dan membalas komentar yang masuk. Apapun yang ingin Anda lakukan di blog, Anda bisa melakukannya di halaman dashboard tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Masing-Masing Platform

Setelah menjelaskan kedua platform tersebut dan menjelaskan apa saja yang bisa Anda lakukan dengan kedua platform tersebut, mari kita bahas kelebihan dan kekurangan kedua platform ini. Penjelasan dimulai dari Blogger dan kemudian WordPress.

Catatan: Ini bukan kelebihan dan kekurangan secara lengkap, pembahasan kami mengacu ke kebutuhan blogger pemula.

Kelebihan dan Kekurangan Blogger

Kelebihan Kekurangan
Sederhana dan sangat cepat, Anda bisa membuat halaman blog dalam hitungan menit. Anda tidak dapat melakukan perubahan yang signifikan, karena fungsionalitasnya terbatas.
Fitur di dalamnya sangat user friendly, sehingga Anda bisa dengan mudah mempelajarinya. Pilihan tema dan fitur blog sangat terbatas.
Tidak perlu menggunakan web hosting dan gratis 100%. Semuanya konten Anda sepenuhnya disimpan di server Google dan Google bisa menghapus konten Anda kapanpun.
Meskipun terbatas, tapi Anda bisa mempersonalisasikan blog.

Seperti yang Anda lihat, blogger unggul dalam proses pembuatan halaman blog yang cepat. Akan tetapi bagi Anda yang kemudian hari membutuhkan fitur tambahan, ada keterbatasan untuk melakukan perubahan.

Bagaimana dengan WordPress? Yuk kita cek!

Kelebihan dan Kekurangan WordPress

Kelebihan Kekurangan
Jika dibandingkan dengan blogger, WordPress memang kalah cepat dalam membuat blog. Tapi untuk seukuran WordPress dengan segudang fitur masih cukup cepat, terlebih sekarang banyak WordPress hosting yang dapat membantu Anda menyiapkan instalasi WordPress. Membutuhkan investasi uang untuk membeli domain maupun WordPress hosting dan kami rekomendasikan untuk kebutuhan website bisnis.
Platform yang user friendly dan mudah dipelajari, serta dokumentasinya banyak Anda temukan di internet, salah satunya di Exabytes Indonesia. Anda yang bertanggung jawab terhadap keamanan dan pengelolaan blog, memang sedikitnya dibantu pihak penyedia layanan jika soal keamanan.
Ada banyak opsi penyesuaian, baik itu dalam bentuk plugin dan tema yang memungkinkan Anda untuk membuat jenis website apapun yang diinginkan.
Anda juga bisa menambahkan kode secara khusus dan fitur kompleks lainnya ke blog.

Bagaimana, apakah Anda sudah mendapatkan gambaran yang kuat tentang platform mana yang harus Anda gunakan? Jika masih belum, mari kita bahas bagaimana cara memutuskan mana yang terbaik.

Lantas, Platform Mana yang Harus Digunakan?

Pertanyaan ini mungkin muncul bagi sebagian yang membaca postingan ini, sebagian lainnya jika sudah memutuskan, langkah kedepan Anda tinggal mengelolanya dengan sangat baik sesuai dengan tujuan Anda membuat halaman tersebut.

Oke, Blogger maupun WordPress sebenarnya masing-masing memiliki fungsinya masing-masing dan berguna untuk pengguna tertentu. Blogger berguna untuk mereka yang ingin membuat blog dengan sangat cepat tanpa memerlukan fitur tambahan lainnya, biasanya digunakan hanya untuk hobi sederhana.

Alasannya karena lebih fungsional secara kebutuhan Anda hanya hobi blogging dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang lebih. Akan tetapi, Anda memiliki opsi terbatas dalam mengatur halaman blog tersebut.

Tapi jika Anda ingin membuat website yang kompleks dan kebutuhannya untuk bisnis seperti portfolio, ecommerce maka blogger bukan pilihan yang tepat. Dalam hal ini, kami merekomendasikan Anda menggunakan WordPress.

Meski jika Anda memilih WordPress, perlu mengeluarkan uang. Tapi biaya awal sangat kecil, penyiapan cepat dan dirancang memang untuk pengguna pemula. WordPress memang selalu menjadi pilihan terbaik.

Karena dengan menggunakan WordPress, dimasa yang akan datang. Jika Anda ingin memperluas jangkauan website, menambah fitur baru, bahkan mengubah fokusnya menjadi bisnis, Anda bisa melakukannya kapanpun karena WordPress memiliki banyak opsi yang Anda perlukan.

Selamat Mencoba!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments