Apa Itu Domain Forwarding? Pengertian dan Cara Settingnya

0
1789

Sebelum memilih layanan web hosting, kamu harus terlebih dahulu memiliki nama domain. Bagi sebuah website, domain merupakan salah satu hal yang penting dan akan mewakili identitas bisnis atau toko online yang kamu punya. Dalam penggunaannya, ada banyak istilah termasuk domain forwarding.

Domain forwarding menjadi solusi tepat bagi pebisnis online yang terlanjur memiliki nama domain yang begitu panjang, rumit, dan sulit dieja. Jadi, pemilik website bisa tetap memaksimalkan usaha mereka dalam menarik lebih banyak pengguna internet untuk berkunjung dan membeli produk di situs web mereka.

Mari dalami apa itu domain forwarding dengan membaca artikel ini. Namun jika belum punya domain tetapi sudah berencana membangun situs web, sebaiknya simak cara memilih nama domain terlebih dahulu.

Mengenal Apa Itu Domain Forwarding dan Fungsinya

apa itu domain forwarding dan fungsinya
(Sumber: shutterstock)

Masih belum paham sebenarnya apa itu domain forwarding? Domain forwarding adalah fasilitas yang akan membelokkan atau melakukan forwarding URL domain ke alamat situs web tertentu. Dengan begitu, domain yang pengguna akses nantinya akan diarahkan ke link yang sudah diatur. 

Fasilitas ini tersedia untuk setiap domain yang kamu beli dan gunakan. Adapun fungsi utamanya adalah untuk meneruskan domain ke konten yang ada pada domain lain. Jika kamu memiliki nama domain yang panjang, domain forwarding akan membantu membuat domain tersebut menjadi lebih ringkas.

Bahkan kamu bisa mengatur agar domain diarahkan ke link akun media sosial milikmu. Jadi, saat seseorang mengunjungi atau mengakses domain milikmu, mereka akhirnya akan menemukan akun sosmed kamu. Hal tersebut juga bisa membantu kamu dalam memasarkan produk atau jasa yang kamu sediakan.

Saat berada di link akun media sosial, pengunjung bisa menghubungi kamu secara langsung tanpa harus mencari informasi kontak kamu terlebih dahulu. Bisa melalui pesan atau direct message atau nomor kontak yang kamu cantumkan di profil media sosial.

Lantas, seperti apa proses domain forwarding? Untuk bisa menautkan pengunjung ke URL situs tujuan, sebenarnya pengguna termasuk kamu cukup menggunakan aplikasi forwarding. Dimana kamu bisa mengarahkan pengunjung ke situs web tujuan dan kemudian menyimpan URL tersebut di URL bar browser.

Sebagai gambaran, saat pengguna internet mengetikkan nama domain, mereka akan diteruskan ke alamat situs web yang dituju. Kemudian alamat tersebut muncul pada browser.

Manfaat Domain Forwarding

Untuk lebih bisa memahami mengapa banyak pemilik atau pengelola website yang pada akhirnya melakukan domain forwarding, sebaiknya kenali manfaat domain forwarding. 

  • Adapun beberapa manfaat domain forwarding adalah:
  • Memberikan situs web alamat online yang konstan sehingga bisa pengguna tautkan ke domain dan sumber online manapun sesuai pilihan
  • Memungkinkan untuk menggunakan nama domain bahkan sebelum situs web selesai dibangun agar bisa ditautkan ke akun medsos atau situs e-commerce
  • Menautkan beberapa nama domain dengan tujuan menarik lebih banyak pengunjung
  • Mengarahkan alamat domain ke lokasi online baru kapanpun dan untuk alasan apapun

Cara Setting Domain Forwarding

setting domain forwarding adalah
(Sumber: shutterstock)

Sudah punya domain atau baru berencana beli domain murah dari Exabytes? Jika demikian, kamu bisa menikmati berbagai fitur, salah satunya adalah domain forwarding.

Nah, untuk bisa menggunakan fitur tersebut, pastikan kamu sudah memiliki nama domain. Silahkan cek harga domain Exabytes dan pilih nama domain sesuai dengan kebutuhan serta budget yang tersedia.

Kamu juga bisa mengecek ketersediaan nama domain guna memastikan bahwa nama domain tersebut masih tersedia dan belum digunakan pihak lain. 

Ingin tahu cara cek domain dengan WHOIS yang mudah dan cepat? Simak artikel satu ini! 

Untuk mengetahui cara domain forwarding, mari simak ulasannya berikut!

Login ke Client Area

Setelah membeli nama domain dari penyedia terpercaya, tentunya kamu memiliki akses ke client area. Login dan buka client area dengan menggunakan kredensial login yang kamu gunakan saat membeli atau mendaftarkan domain dan layanan hosting.

Pergi ke Menu Domains

Setelah berhasil login ke client area, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah pergi ke menu Domains yang bisa kamu cari saat berada di halaman dashboard. Pilih Domain dan nama domain yang akan kamu forward.

Lakukan Pengaturan

Agar bisa melakukan domain forwarding, pastikan untuk melakukan setting. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Cari dan klik tab Addons
  • Pilih Manage Domain Forwarding atau perintah serupa lainnya
  • Masukkan nama domain yang kamu gunakan dan domain yang akan menjadi lokasi forward
  • Kemudian klik Simpan

Tampilan client area di masing-masing penyedia hosting mungkin berbeda. Nah, jika kamu mengalami kesulitan untuk bisa melakukan setting domain forwarding seperti di atas, hubungi tim support agar bisa mendapatkan bantuan. Jadi, domain forwarding bisa segera dilakukan secepatnya tanpa kendala.

Contoh Penggunaan Domain Forwarding

Sudah tahu apa itu domain forwarding namun perlu contoh agar bisa memahaminya dengan lebih baik? Kamu bisa menemukan berbagai contoh implementasi domain forwarding yang beragam. Domain forwarding dapat kamu gunakan ke beberapa pilihan mulai dari BasicDNS hingga FreeDNS. 

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan domain forwarding yang bisa kamu pelajari:

Meneruskan dari Website Builder

Tidak menutup kemungkinan kalau bisnis, organisasi, atau bahkan individu memerlukan website yang mereka dapatkan dari website builder. Dimana mereka ingin meneruskan pengunjung dari situs web ke domain utama yang dikelolanya. Hal tersebut banyak dilakukan oleh bisnis online dengan tujuan memaksimalkan promosi brand atau produk.

Menyingkat URL

Apakah nama domain kamu terlalu panjang dan ingin menyingkatnya? Nah, kamu bisa mencoba domain forwarding agar mendapatkan nama domain yang lebih pendek sehingga tampak lebih unik dan mudah diingat. 

Kesalahan Penulisan atau Ejaan

Kemungkinan salah ketik penulisan maupun ejaan situs web selalu ada. Tetapi, pernahkah kamu berpikir kalah hal tersebut bahkan bisa mendatangkan traffic bagi situs web milik orang lain. Agar bisa mengantisipasi kejadian tersebut, kamu bisa melakukan domain forwarding untuk kesalahan penulisan atau ejaan. 

Dengan begitu, kamu bisa mencegah pengguna internet mengunjungi situs web kompetitor atau situs lain yang dapat menyesatkan mereka. Tertarik untuk mencoba domain forwarding?

Menjadi Alternatif Top Level Domain

Terlepas dari apapun alasanmu lebih memilih Top Level Domain (TLD), namun kenyataannya TLD tidak selalu memiliki nama domain yang bagus. Apabila nama domain terlalu rumit dan tidak mudah diingat, lantas apa yang akan  kamu lakukan? 

Nah, kamu bisa melakukan domain forwarding agar bisa mendapatkan URL yang sesuai dengan brand atau bisnis.

Sehingga kamu tidak perlu membeli nama domain baru untuk situs web bisnis yang sedang kamu kelola. Meski menggunakan nama domain yang rumit. URL akan mudah diingat serta bisa merepresentasikan bisnis milikmu.

Cari tahu apa saja kesalahan memilih nama domain yang harus kamu perhatikan agar tetap mendapatkan nama domain yang sesuai kebutuhan bisnis.

Pemanfaat Kata Kunci (Keyword)

Target audiens atau pengunjung adalah manusia yang mungkin lupa nama domain yang mereka tuju. Apabila kamu ingin membantu mengarahkan mereka ke website milikmu, bantu mereka dengan memasukkan keyword tertentu agar bisa diteruskan ke website kamu.

Dengan begitu, kamu tidak akan kehilangan pengunjung maupun calon pembeli potensial yang sedang mencari produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Sebagai Singkatan

Tidak menutup kemungkinan adanya nama brand atau lembaga yang panjang. Jika demikian, bagaimana pengguna internet akan mengenali situs web atau memasukkan nama domain di kolom URL? 

Jika hal tersebut terjadi pada bisnis kamu, tidak perlu khawatir karena domain forwarding akan membantu membuat nama domain menjadi lebih singkat. Meski demikian, nama domain tersebut akan tetap mencerminkan situs web yang akan pengguna kunjungi.

Kesimpulan

Apakah domain forwarding aman? Domain forwarding bisa kamu lakukan dengan mudah dan aman. Jadi tidak ada yang perlu kamu khawatirkan dan kamu bisa memaksimalkan usaha agar brand bisa dikenal lebih banyak orang secara online.

Nikmati fitur domain forwarding dengan memilih hosting murah dari Exabytes, penyedia layanan hosting dan domain terpercaya di Indonesia yang juga menyediakan berbagai layanan terbaik lain. 

Jadi, tunggu apalagi? Forward domain sesuai kebutuhanmu dan persiapkan untuk mendapatkan pengunjung yang lebih banyak di situs web yang sudah kamu atur dan tetapkan.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments