Apa Itu Data Center? Berikut Penjelasannya

0
1120

Data center! Pernahkah kamu mendengar istilah satu ini? Untuk mengenal lebih jauh apa itu data center, kamu bisa membaca artikel satu ini.

Apa Itu Data Center?

Apa Itu Data Center

Apa itu data center? Data center atau pusat data merupakan tempat yang disediakan secara khusus untuk menyimpan, mengelola, melakukan backup, dan mentransfer data sesuai kebutuhan para pengguna.

Biasanya data yang tersimpan di pusat data adalah informasi atau server komputer sebuah perusahaan. Meski sering disebut sebagai benda tunggal, data center pada kenyataannya melibatkan banyak elemen, mulai dari router, saklar, switch, server, perangkat keamanan, dan masih banyak lagi.

Elemen-elemen tersebut memiliki kaitan satu sama lain sehingga bisa bekerja membentuk jaringan penghimpun informasi.

Dengan adanya pusat data, perusahaan bisa mengurangi efisiensi biaya pengadaan dan perawatan perangkat memori. Bahkan, saat ini perusahaan bisa menggunakan layanan penyimpanan data berbasis cloud yang begitu praktis.

Bagi perusahaan, data center memiliki banyak fungsi, termasuk:

  • Memudahkan dalam berbagi file untuk tim internal
  • Meningkatkan produktivitas perusahaan
  • Mendukung penggunaan dan pengembangan Customer Relationship Management (CRM)
  • Sebagai media analisis data serta pengembangan mesin pembelajaran
  • Meningkatkan keamanan database

Cara Kerja Data Center

Cara Kerja Data Center

Memahami apa itu data center akan lebih baik apabila kamu juga mengetahui cara kerjanya, bukan? Data center berfungsi untuk menyimpan informasi, seperti data pribadi, kebutuhan bisnis, dan lainnya.

Terdapat beberapa proses agar data center dapat berfungsi dengan baik. Rak-rak perangkat penyimpanan harus tersedia yang menjadi media penyimpanan. Kemudian, kamu juga harus mempersiapkan perangkat berupa komputer yang berfungsi sebagai server dalam mengelola dan melindungi data-data yang tersimpan.

Jaringan networking juga harus kamu perhatikan agar tetap bisa terhubung ke dunia luar atau pengguna. Jadi, apabila ada pengguna yang ingin menambah, mengakses, atau menghapus data, mereka bisa melakukannya tanpa hambatan.

Jaringan penyimpanan virtual adalah komponen lain yang tidak kalah penting dalam proses dan cara kerja data center. Biasanya jaringan tersebut dikenal dengan istilah cloud storage. Dengannya, pengguna akan bis amengakses file dari berbagai mudah, termasuk menambahkan hingga menghapus file.

Manfaat Data Center

Pelaku bisnis tentu paham pentingnya apa itu data center bagi keberlangsungan bisnisnya. Data center menjadi pilihan tepat untuk mendapatkan dampak positif dalam menjalankan bisnis berkat banyaknya manfaat yang diberikan.

Dengan data center yang tepat, bisnis bisa mendapatkan banyak manfaat, termasuk:

Menjaga Keamanan Data

Keamanan data begitu vital untuk setiap bisnis sehingga perlu memastikan bahwa data tersimpan dengan tingkat keamanan yang tinggi. Bayangkan apa yang terjadi apabila data disimpan begitu saja dan bisa diakses oleh banyak orang yang tidak berkepentingan.

Seperti layaknya gudang, tempat penyimpanan data juga memiliki kunci yang tidak boleh diketahui oleh pihak lain. Biasanya, penyimpanan data disertai dengan password yang hanya diberikan kepada pihak-pihak berkepentingan saja. Tujuannya adalah menjaga dan menjamin keamanan data center.

Memiliki Penyimpanan yang Praktis

Data center untuk menyimpan data penting perusahaan atau bisnis dinilai lebih praktis. Dengan penyimpanan data semacam ini, perusahaan bisa mengumpulkan data dalam satu tempat yaitu dalam cloud.

Meminimalisir Biaya Pengeluaran

Selain dalam bentuk fisik, data juga bisa disimpan disimpan dengan cara lain, misalnya secara cloud. Hal tersebut merupakan upaya untuk bisa menggunakan data dalam jangka panjang.

Saat menyimpan data secara fisik, lama kelamaan ruang penyimpanan akan habis terpakai. Mungkin ini juga yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak bisnis dewasa ini memilih cara lain untuk menyimpan data.

Data center untuk penyimpanan data tentu tidak memerlukan terlalu banyak ruang. Sehingga perusahaan bisa meminimalisir pengeluaran untuk keperluan satu ini.

Analisa Data yang Lebih Cepat

Sebagai pilihan penyimpanan yang tepat, data center bisa mengolah data dengan cepat. bahkan dapat melakukan analisa yang kompleks. Itu semua berkat kekuatan komputasi dan infrastruktur yang optimal. Jadi, perusahaan bisa mendapatkan insight yang berharga dari data hampir secara real-time.

Kemudahan dalam Kolaborasi dan Berbagi Data

Mereka yang memiliki akses ke data center bisa membagikan data ke pengguna lain. Dengan begitu, bukan tidak mungkin kolaborasi akan lebih efisien sehingga produktivitas turut meningkat. 

Juga memungkinan pihak terkait membuat keputsan dnegan baik berkat informasi dan data yang akurat.

Jenis Layanan Data Center

Jenis Layanan Data Center

Memilih layanan data center artinya kamu sudah siap dan mempertimbangkan dengan baik jenis layanan apa yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Nah, berikut adalah beberapa jenis layanan data center yang tersedia:

  • Enterprise: layanan yang data center berlokasi di lingkungan perusahaan sehingga memberikan kuasa penuh untuk mengelola data termasuk menambah kapasitas hingga melakukan maintenance rutin.
  • Managed service: layanan yang dikelola oleh pihak ketiga sehingga perusahaan bertindak sebagai penyewa dan tidak bertanggung jawab atas kebutuhan maintenance.
  • Colocation: perpaduan antara enterprise dan managed service, di mana klien menyewa data center dan bisa melakukan perawatan
  • Hyperscale: layanan data center yang mengedepankan kemudahan dalam mengembangkan kapasitas penyimpanan sehingga cocok untuk perusahaan yang perlu ruang penyimpanan yang banyak.

Pertimbangan dalam Memilih Data Center

Apa itu data center dan manfaatnya merupakan hal penting bagi bisnis. Namun, bagaimana cara memilih data center yang baik tergantung pada beberapa hal. Apabila berniat untuk menyewa data center untuk keberlangsungan bisnis, pertimbangkan beberapa hal berikut:

Sumber Listrik

Salah satu pertimbangan dalam memilih data center adalah sumber daya listrik yang digunakan. Power supply merupakan hal krusial bagi setiap data center. Mengapa demikian? Saat terjadi risiko seperti pemadaman listrik, bank baterai akan menampilkan data dan generator diesel akan berfungsi sebagaimana mestinya.

Data center dengan sumber daya listrik yang baik memungkinkan pengguna untuk meminimalisir gangguan yang terjadi pada listrik.

Data Storage

Data storage atau penyimpanan data tidak kalah penting untuk kamu pertimbangkan kapanpun hendak memilih data center. Spesifikasi server yang memadai berperan penting dalam memberikan performa pusat data yang cepat.

Untuk kebutuhan satu ini, tidak sedikit pihak yang menggunakan processor multicore. Tujuannya adalah agar bisa memproses data dengan cepat. Penyimpanan juga menjadi penting sehingga kamu bisa mempertimbangkan HDD atau SSD untuk kebutuhan penyimpanan data.

Kamu juga bisa mempelajari apa saja perbedaan SSD dan HDD di artikel satu ini!

Keamanan

Data center sudah seharusnya memiliki sistem keamanan yang baik, baik secara fisik di lokasi di mana data center berada maupun keamanan siber.

Untuk keamanan fisik, pastikan terdapat kamera yang mengawasi pergerakan yang terjadi di gedung data. Tidak hanya itu, pastikan tidak sembarang orang memiliki akses masuk ke gedung tersebut. Sebaiknya gunakan autentikasi dua faktor atau kartu identitas pribadi bagi setiap pengunjung.

Keamanan di dunia siber penuh dengan risiko. Oleh sebab itu, kamu harus memastikan tingkat keamanannya dengan baik agar tidak mudah terkena malware, spyware, bahkan serangan dari hacker. Firewall dapat mencegah akses masuk sehingga keamanan data center tetap terjaga.

Bandwidth

Mungkin masih banyak yang tidak tahu kalau bandwidth memengaruhi kecepatan proses data. Bandwidth yang besar akan dapat memproses transfer data dengan cepat. Jadi, sebaiknya tidak melupakan betapa pentingnya hal satu ini sebagai pertimbangan dalam mencari data center.

Lokasi

Apakah data center dekat dengan perusahaan atau tempat kamu menjalankan bisnis? Tidak bisa dipungkiri bahwa lokasi juga turut menjadi pertimbangan dalam menentukan data center yang akan dipilih.

Lokasi berpengaruh pada kecepatan pengiriman data ke pengguna. Agar tidak terjadi hambatan selama proses pengiriman data, sebaiknya pilih lokasi data center yang tidak jauh dari lokasi bisnis.

Kesimpulan

Apa itu data center memiliki peran penting bagi bisnis masa kini, terutama yang sudah siap go digital. Dengan data center, penyimpanan data menjadi lebih terpusat sehingga bisa memudahkan pengguna dalam melakukan berbagai hal sesuai kebutuhan.

Pemilihan data center yang tepat memberikan banyak keuntungan sehingga perusahaan bisa memastikan bahwa penyimpanan data sudah sesuai kebutuhan.

Perlu server untuk kebutuhan bisnis? Nah, kali ini kamu bisa menggunakan colocation server dari Exabytes yang hadir dengan harga terjangkau.

Cari tahu kebutuhan, tentukan budget, dan pastikan bahwa layanan cloud adalah pilihan tepat untuk penyimpanan data yang lebih baik dan lebih aman. Hubungi Exabytes sekarang juga!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments