Apa Itu WooCommerce? Pengertian, Fungsi dan Kelebihannya

760

Bagi yang ingin membangun website toko online tetapi tidak tahu caranya, mulailah dengan memahami apa itu WooCommerce. WooCommerce adalah plugin yang didesain hanya untuk CMS WordPress yang memungkinkan pengguna bisa membangun toko online tanpa ribet.

Nah, selengkapnya tentang WooCommerce bisa kamu dapatkan melalui artikel Exabytes satu ini!

Apa Itu WooCommerce?

Apa itu WooCommerce

Masih belum paham apa itu WooCommerce? WooCommerce adalah plugin e-commerce open-source untuk WordPress yang memungkinkan pengguna membuat toko online dengan mudah. Plugin ini dirilis pada tahun 2011 oleh WooThemes.

WooCommerce menyediakan berbagai fitur seperti manajemen produk, inventaris, pembayaran, dan pengiriman, yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan pengguna. 

Dengan dukungan tema dan ekstensi yang luas, pengguna dapat menambahkan fungsionalitas tambahan, termasuk integrasi dengan sistem pembayaran dan alat pemasaran. WooCommerce juga mendukung berbagai produk, mulai dari barang fisik hingga produk digital, layanan, dan keanggotaan. 

Karena bersifat fleksibel dan ramah pengguna, WooCommerce menjadi salah satu platform e-commerce paling populer di dunia.

Jenis-jenis Produk WooCommerce

Saat memutuskan untuk menggunakan WooCommerce untuk kebutuhan kamu, ada opsi untuk memilih salah satu jenis produk yang bisa disesuaikan dengan produk yang akan dijual. Berikut adalah jenis-jenis produk yang tersedia:

Simple Product

Seperti namanya, Simple product bisa digunakan untuk kebutuhan yang sederhana. Jenis produk WooCommerce satu ini tersedia satu varian saja tanpa ada opsi warna maupun ukuran. Dengan begitu, pengguna produk ini hanya akan mendapatkan 1 harga dan 1 SKU saja. Apabila produk yang kamu tawarkan tersedia dalam variasi yang terbatas, bisa mempertimbangkan penggunaan produk ini.

Variable Products

Variable product menyediakan fitur attributes dan variation. Pengguna bisa menyesuaikan tingkat kompleksitas produk ini sesuai dengan kebutuhan penjualan nantinya. SKU akan semakin beragam apabila produk ditawarkan dalam varian yang banyak.

Grouped Products

WooCommerce juga menawarkan jenis grouped products yang cocok bagi pengguna yang hendak menjual beragam kategori produk. Produk satu ini memungkinkan pengguna melakukan promosi dan membuat SKU dengan lebih mudah berdasarkan kategori.

External Products

Jenis produk dari WooCommerce satu ini sudah mencakup affiliate products. Dengan external products, pengguna dapat menjual barang yang dijual di website berbeda. Itu artinya pembelian nantinya akan diproses di website berbeda melalui tautan yang ada di bagian backend produk.

Fitur-fitur WooCommerce

Hadir sebagai plugin WordPress, WooCommerce dilengkapi dengan sejumlah fitur. Nah, fitur-fitur inilah yang kemudian akan memudahkan pengguna untuk membuat toko online berdasarkan preferensi masing-masing. Berikut adalah beberapa fitur unggulan yang disediakan untuk para pengguna WooCommerce:

  • Payment gateway menyediakan berbagai metode pembayaran, termasuk transfer bank, pembayaran digital, cash on delivery (COD), dan masih banyak lagi.
  • Product management memungkinkan pengguna menambahkan produk digital dan produk contoh, termasuk melakukan perubahan ukuran, warna, maupun atribut lain sesuai kebutuhan.
  • Pelaporan penjualan membantu pengguna mendapatkan laporan penjualan yang terperinci, sehingga memungkinkan untuk melihat untung rugi penjualan.
  • Shopping rule menjadi peraturan pelanggan sehingga memudahkan mereka dalam melakukan pemesanan, pembayaran, dan pengembalian dana.

Fungsi WooCommerce

Melalui pemahaman terhadap apa itu WooCommerce, kamu juga akan mengenal fungsinya. WooCommerce merupakan plugin khusus WordPress yang hadir dengan banyak fungsi, sehingga dapat membantu pengguna dalam merancang dan menjalankan toko online secara efisien. Adapun fungsi yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Manajemen Produk

Fungsi WooCommerce yang pertama adalah manajemen produk. Di mana pengguna bisa dengan mudah melakukan pengelolaan terhadap produk-produk di toko online. Pengguna bisa melakukan berbagai penyesuaian, termasuk menambahkan gambar, harga, deskripsi, atau atribut lain untuk setiap produk yang dijual.

Menyediakan Beragam Proses Pembayaran

Fungsi lain yang juga perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk menggunakan WooCommerce adalah ketersediaan berbagai proses pembayaran. Dengan begitu, pemilik toko online bisa menawarkan lebih dari satu metode pembayaran yang tentunya memudahkan calon pembeli.

Melakukan Manajemen Pesanan

Manajemen pesanan turut melengkapi fungsi dari apa itu WooCommerce. Dengan fungsi ini, pengguna bisa melacak sekaligus mengelola pesanan yang diterima. Bahkan, pengguna bisa memantau status pembayaran, mengubah status pengiriman, melihat riwayat pesanan, hingga berinteraksi dengan pelanggan dengan mengirimkan pesan.

Manajemen Inventaris

Dalam menjalankan bisnis online, kamu pasti ada kebutuhan akan pengelolaan stok barang, bukan? Proses ini akan berjalan dengan lebih mudah berkat WooCommerce yang berfungsi sebagai manajemen inventaris. Jadi, sebagai pengguna, kamu akan bisa melakukan pemantauan terhadap persediaan produk. 

Fungsi satu ini memungkinkan kamu mendapatkan pemberitahuan secara otomatis apabila stok sudah tidak tersedia dan kemudian ditampilkan di toko online.

Memudahkan Pengiriman

Pengguna WooCommerce bisa mengatur berbagai opsi pengiriman, termasuk estimasi waktu pengiriman pesanan, tarif pengiriman, dan metode pengiriman. Melalui fungsi WooCommerce ini, penjual bisa tetap menjaga hubungan baik dengan pelanggan dengan memastikan kepuasan pelanggan karena pesanan mereka dikirim sesuai estimasi.

Mengelola Data Pelanggan

Pemilik toko online akan selalu memerlukan informasi pelanggan untuk peningkatan bisnis di kemudian hari. Dengan WooCommerce, kamu bisa mengelola informasi tersebut, termasuk melihat riwayat pembelian dan mengirimkan pemberitahuan kepada pelanggan.

Memberikan Laporan dan Analitik

Laporan dan analitik akan diberikan kepada pengguna, sehingga memungkinkan mereka memahami performa toko online mereka. Melalui pelaporan dan analitik inilah pengguna bisa melihat statistik pengunjung toko, melacak penjualan, serta insights lain yang tidak kalah penting.

Manfaat WooCommerce

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan saat menggunakan WooCommerce. Ini juga menjadi alasan mengapa kamu harus mempelajari apa itu WooCommerce saat berencana untuk membangun website toko online menggunakan WordPress.

Sejumlah manfaat yang diberikan kepada pengguna WooCommerce di antaranya adalah:

1. Mengukur Performa Toko Online

WooCommerce memiliki fitur analitik yang akan menampilkan statistik penjualan. Melalui fitur ini, pengguna kemudian bisa mengukur sejauh mana performa toko online yang mereka jalankan, apakah sudah bisa mencapai target penjualan atau belum.

2. Mempunyai Keamanan yang Kuat

Sebagai sarana bagi pelanggan untuk melakukan pembelian, website toko online harus dilengkapi dengan tingkat keamanan yang tinggi. Pelanggan akan percaya untuk memberikan data penting mereka pada website yang dirasa aman untuk bertransaksi.

Keamanan yang kuat merupakan salah satu manfaat WooCommerce melalui ketersediaan keamanan versi terbaru yang selalu dirilis secara rutin. Risiko kebocoran data bisa diminimalisir karena data pelanggan akan disimpan secara terpisah pada database yang berbeda.

3. Merupakan Plugin Mobile-friendly

Website mobile-friendly seperti sebuah keharusan di era digital sekarang ini mengingat banyak pelanggan yang mengakses website dari perangkat mobile. WooCommerce tentu saja menawarkan manfaat satu ini agar pengunjung atau pelanggan selalu merasa nyaman dan bisa mengakses website dengan mudah.

4. Dirancang untuk Pengguna WordPress

Pengguna WordPress bisa menikmati berbagai fitur yang ditawarkan WooCommerce. Hal ini sangat mungkin karena plugin WooCommerce memang dibuat khusus bagi para pengguna WordPress dan tidak tersedia di Content Management System (CMS) lain.

5. Kustomisasi yang Mudah

Kemudahan kustomisasi akan semakin memberikan kepuasaan kepada pengguna WooCommerce. Mengapa demikian? Tidak kurang dari 400 ekstensi yang tersedia, sehingga bisa pengguna manfaatkan untuk toko online mereka, termasuk LiveChat.

Kelebihan dan Kekurangan WooCommerce

Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan WooCommerce? Kedua hal tersebut tidak jarang menjadi pertimbangan seseorang dalam memutuskan apakah WooCommerce cocok untuk mereka atau tidak. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan WooCommerce yang penting untuk diketahui:

Kelebihan  Kekurangan
Menawarkan fitur yang lengkap sehingga dapat memenuhi kebutuhan bisnis Hanya tersedia untuk pengguna WordPress
Tersedia ribuan tema gratis untuk para pengguna Mengharuskan pengguna untuk mengunggah (upload) produk satu persatu, sehingga memerlukan waktu yang lama
Memungkinkan pengguna melakukan custom website design Fitur pencarian produk seringkali membuat bingung para pengguna
Memberikan lebih dari 100 pilihan payment gateway
Terintegrasi dengan berbagai aplikasi, termasuk Google Ads, Facebook, dan Mailchimp

 

Contoh Website WooCommerce

Setelah mengetahui apa itu WooCommerce dan segala hal tentangnya, kini kamu bisa melihat beberapa contoh website yang menggunakan WooCommerce, di antaranya adalah Civapark, Spectator Magazine Shop, Wakami, dan lainnya.

Civapark

contoh website WooCommerce

Civapark adalah situs web milik Bandara Jenewa yang menyediakan layanan parkir dalam ruangan serta layanan antar-jemput. Platform ini menggunakan WooCommerce, memungkinkan pengunjung untuk memeriksa ketersediaan, memperkirakan biaya, melakukan reservasi, dan menyelesaikan pembayaran secara online.

Spectator Magazine Shop

contoh website woocommerse, spectator shop magazine

Spectator menggunakan WooCommerce sebagai platform untuk menjual beragam hadiah, memanfaatkan fitur-fitur standar yang terintegrasi dengan desain toko mereka.

Toko ini menampilkan pilihan kategori produk yang unik di halaman utama, sehingga mengundang rasa ingin tahu dari para pengunjung website.

Kesimpulan

Sudah lebih paham apa itu WooCommerce, bukan? Hadir sebagai plugin WordPress gratis, WooCommerce bisa digunakan untuk membuat website toko online. Dengan beragam manfaat, fitur, dan kelebihan yang ditawarkan, kamu pasti tidak akan ragu untuk menggunakan plugin ini.

Saat memutuskan untuk membuat toko online, pastikan kamu sudah memiliki domain yang mencerminkan bisnis kamu. Untuk mendapatkan domain yang tepat, sebaiknya segera beli domain id murah dari Exabytes.