Apakah Anda pernah melihat website yang di dalamnya terdapat hitungan mundur atau countdown timer? Countdown timer tersebut berfungsi sebagai pengingat dan sangat berguna juga ketika sedang mengadakan event tertentu yang ada batas waktunya.
Tapi apakah countdown timer hanya bisa diterapkan di website saja? Tentu saja tidak, seperti yang sedang trend saat ini. Banyak marketer yang menggunakan countdown timer di email marketing mereka, tujuannya adalah untuk meningkatkan kemungkinan penjualan.
Tapi bagaimana cara buat countdown timer email marketing? Tenang, dalam artikel ini kami akan menjelaskan cara buat countdown timer email marketing.
Tapi sebelum masuk ke pembahasannya, Anda perlu tahu terlebih dahulu manfaat potensial menambahkan countdown timer di email marketing yang Anda kelola.
Yuk kita cari tahu melalui pembahasan berikut ini:
Daftar Isi
Manfaat Potensial Menambahkan Countdown Timer di Email Marketing
Countdown timer di email marketing sebenarnya sama saja dengan countdown timer di website pada umumnya, hanya saja penerapannya di email. Countdown timer ini mewakili jumlah total waktu yang tersisa untuk masa tunggu yang diberikan.
Sebagai contoh, Anda mungkin menghitung waktu mundur satu bulan penuh sampai datangnya hari raya idul fitri atau beberapa jam sebelumnya.
Countdown timer yang digunakan di email marketing akan memberikan efek psikologis dan kami akan mengeksplorasi beberapa manfaat potensial lainnya pada pembahasan selanjutnya.
Memotivasi Pembeli untuk Segera Mengambil Tindakan
Penundaan pembelian adalah salah satu masalah utama ketika Anda menjual produk ke konsumen. Mungkin saja calon konsumen tersebut membutuhkan produk yang Anda tawarkan dan bisa segera membelinya.
Hanya saja terkadang beberapa konsumen ada yang menunda untuk membelinya, seringnya karena penundaan tersebut terkadang konsumen memutuskan untuk tidak membelinya. Nah countdown timer memiliki peran untuk memberikan motivasi kepada konsumen untuk tidak menunda membeli produk Anda.
Sangat berguna bukan?
Menanamkan Rasa Takut Kehilangan Produk yang Ditawarkan
Countdown timer juga bisa menanamkan rasa takut kehilangan atau istilah lainnya FOMO. Anda bisa mengirimkan email marketing ke calon konsumen dan menawarkan produk maupun event yang akan segera berakhir, maka konsumen akan segera memanfaatkan momen itu agar tidak terlambat.
Bagaimana, apakah Anda pernah berada di posisi takut kehilangan event maupun promo produk berakhir karena ada countdown timer di penawaran tersebut? Jika iya, berarti countdown timer memang sudah terbukti ampuh bukan?
Meningkatkan Konversi
Anda juga bisa mendapatkan peluang bagus untuk meningkatkan konversi dari calon konsumen menjadi konsumen yang loyal berkat bantuan countdown timer yang disematkan di email marketing.
Terlebih jika desain visual email marketing yang unik dan elegan bisa menambah urgensi calon konsumen untuk segera mengambil keputusan dan melakukan pembelian.
Kapan Waktu yang Tepat Menggunakan Countdown Timer di Email Marketing?
Setelah kita mengetahui manfaat potensial dari countdown timer, sekarang kapan waktu yang tepat menggunakan countdown timer di email marketing? Simak penjelasannya di bawah ini ya!
- Penjualan: Countdown timer tepat digunakan ketika Anda ingin meningkatkan penjualan, karena bisa memberikan mereka waktu untuk memikirkan apakah produk Anda perlu dibeli atau tidak dengan batas waktu yang terbatas.
- Event/Acara: Anda juga bisa menggunakan countdown timer untuk menampilkan waktu mundur dari acara yang akan datang seperti seminar dan lain sebagainya.
- Rilis Produk Baru: Apakah dalam waktu dekat Anda akan meluncurkan produk baru? Di momen peluncuran produk baru, countdown timer akan membantu calon konsumen stand by untuk peluncuran produknya.
- Pengumuman: Anda juga bisa menggunakan countdown timer di pengumuman, misalnya website gangguan dan sedang melakukan maintenance website. Baiknya umumkan hal itu melalui email dan cantumkan countdown timer agar pengguna layanan Anda tahu kapan proses perbaikannya selesai.
Apakah sekarang sudah terbayang waktu yang tepat menggunakan countdown timer? Sekarang kita lanjutkan ke pembahasan cara buat countdown timer email marketing di bawah ini.
Cara Buat Countdown Timer Email Marketing
Setelah Anda mengetahui manfaat dan kapan waktu yang tepat menerapkan countdown timer di email marketing. Sekarang saatnya membahas teknikal tentang cara buat countdown timer email marketing.
Dalam prosesnya kami menggunakan dua layanan yaitu sendric.com untuk membuat countdown timer dan beefree.io untuk membuat desain email marketingnya. Oh iya, pastikan Anda menggunakan email bisnis dengan domain sendiri agar lebih profesional.
Cek sendiri manfaat menggunakan email bisnis dengan domain sendiri disini ya!
Buat Countdown Timer di Sendric
Pertama, kita buat terlebih dahulu animasi countdown timer menggunakan website sendric.com. Tenang layanan ini gratis Anda tidak perlu membayar langganan untuk menggunakannya.
Layanan ini menawarkan beberapa pengaturan dasar sebagai berikut:
- Settingan zona waktu.
- Tanggal dan waktu akhir countdown timer dalam 30 hari kebelakang.
- Bahasa, tersedia 26 bahasa populer.
- Warna background.
- Teks dan nomor.
Sekarang kita buat countdown timernya, ikuti saja langkah-langkahnya di bawah ini:
Langkah 1: Kunjungi website sendric.com dan jika berhasil tampilannya kurang lebih seperti di bawah ini.
Langkah 2: Isi data yang diminta di form tersebut dan klik tombol Generate.
Langkah 3: Copy kode html yang muncul dan simpan di lokasi yang mudah ditemukan. Di demo ini kami mencoba menyimpannya terlebih dahulu di notepad.
Sekarang membuat countdown timer sudah selesai, nantinya kode HTML tersebut akan dimasukkan ke BeFee. Caranya bagaimana? Ada di bawah ini, jangan sampai skip ya!
Buat Desain Email Marketing di Beefree
Step kedua cara buat countdown timer email marketing selanjutnya adalah membuat desain visual email marketing. Dalam demo ini kami menggunakan layanan dari BeeFree.io.
BeeFree.io adalah layanan editor drag and drop untuk membuat desain landing page dan email marketing.
Yuk kita desain email marketing yang cantik dan responsif!
Langkah 1: Kunjungi Beefree.io dan klik Start Designing.
Langkah 2: Pilih template yang sesuai dengan selera Anda. Di demo ini kami memilih salah satu desain email marketingnya, caranya arahkan mouse ke template pilihan Anda dan klik Get Started.
Langkah 3: Inilah tampilan yang muncul ketika Anda sudah memilih salah satu template.
Template ini bisa Anda modifikasi sesuai dengan kebutuhan, Anda bisa melakukan beberapa perubahan dengan menghapus beberapa elemen yang menurut Anda tidak diperlukan.
Langkah 4: Jangan lupa klik dan drag elemen HTML untuk menambahkan kode HTML countdown timer yang sebelumnya sudah disiapkan.
Langkah 5: Paste link yang telah Anda siapkan sebelumnya di Sendtric ke elemen HTML yang posisinya ada di sebelah kanan layar.
Sampai sini selesai, kami sarankan untuk melakukan pengecekan ulang. Barangkali ada pesan yang belum dimasukkan ke dalam desain email marketing tadi. Kami hanya melakukan sedikit perubahan karena hanya untuk sampel saja.
Langkah 6: Setelah selesai, saatnya kita export ke dalam berbagai bentuk yang bisa dibaca oleh tools untuk menyebarkan email marketing seperti MailChimp, SendingBlue atau tools lainnya.
Dorong Konsumen untuk Segera Melakukan Tindakan dengan Bantuan Countdown Timer Email Marketing!
Countdown timer sangat berguna untuk memberikan informasi penting tentang sebuah event, perilisan produk dan promo yang akan datang dan segera berakhir. Memasang countdown timer di email marketing akan menarik perhatian calon pelanggan sebagai pengingat waktu.
Anda bisa menambahkan countdown timer di berbagai macam tempat salah satunya di email marketing dan bagian lainnya. Cara buat countdown timer email marketing juga sangat mudah, Anda hanya perlu menggunakan dua layanan yaitu Sendric dan Beefree.
Kedua layanan tersebut juga gratis jadi jangan khawatir soal biaya langganan, oh iya jangan lupa gunakan email bisnis dengan domain profesional agar lebih menyakinkan calon konsumen.
Selamat mencoba, good luck!