11 Cara Mendapatkan Passive Income Menguntungkan & Mudah (2022)

515
cara mendapatkan passive income
7 min read

Bagi kamu seorang mahasiswa yang sibuk dengan kegiatan di kampus, mungkin sulit buatmu membagi waktu antara belajar dan mencari uang dengan pekerjaan full-time. Tapi, jika kamu memang membutuhkan uang tambahan, kamu sebenarnya bisa mencari uang tambahan dengan mendapatkan passive income.

Kamu tidak perlu repot-repot untuk pergi bekerja. Dengan mendapat passive income, kamu tetap mendapat penghasilan saat kamu sedang duduk-duduk di rumah. Ini akan sangat menguntungkan buatmu tanpa harus menguras terlalu banyak energi.

Ditambah lagi, di zaman sekarang internet semakin memudahkan orang-orang untuk mendapatkan passive income secara lebih praktis. Ada beberapa cara untuk mendapatkan passive income yang mudah dilakukan dan menguntungkan. Mungkin kamu bisa mengambil contoh-contoh di bawah ini.

Yuk, cari tahu pengertian passive income, contoh-contoh, sampai cara mendapatkan passive income dengan mudah dan menguntungkan!

Apa Itu Passive Income?

passive income
Apa Itu Passive Income?

Passive income adalah keuntungan yang mengalir tanpa upaya yang terlalu besar atau tanpa keterlibatan secara langsung. Seseorang bisa mendapatkan passive income seperti dari kepemilikan modal (sewa properti) atau bisa juga mendapatkan royalti atas hak cipta.

Sedangkan active income adalah pendapatan yang didapatkan dengan keterlibatan aktif secara langsung, seperti mendapatkan pendapatan dengan pekerjaan full-time atau part-time. Dengan mendapatkan passive income, seseorang bisa tetapi produktif meski tanpa melibatkan dirinya secara langsung.

Umumnya passive income ini biasa disebut dengan pendapatan pasif dimana kita tidak perlu melakukan usaha yang besar untuk mendapatkan pendapatan. Lalu apa saja sih jenis passive income?

Jenis-Jenis Passive Income

Passive income terbagi menjadi beberapa jenis. Di antaranya adalah:

Capital Gains

Capital gains adalah pendapatan yang didapatkan seseorang melalui penjualan aset. Jenis keuntungan pendapatan capital gains terbagi menjadi keuntungan pajak jangka pendek dan keuntungan pajak jangka panjang.

Keuntungan pajak jangka pendek adalah keuntungan yang diterima seseorang dikenakan pajak. Setiap penghasilan yang diterima selama kurang dari setahun dihitung sebagai penghasilan kena pajak.

Keuntungan pajak jangka panjang adalah keuntungan yang didapatkan seseorang dalam penjualan aset selama lebih dari satu tahun.

Rental Income

Rental income adalah pendapatan yang didapatkan seorang pemilik aset properti yang disewakan. Biaya sewa properti dapat dikurangi dengan besar pendapatan kotor sewa properti. Pada umumnya seseorang harus memasukkan seluruh jumlah pendapatan kotor yang diterima sebagai sewa.

Royalty Income

Royalty Income didapatkan seseorang dari hasil menyewakan properti. Pembayaran royalty didapatkan dari hak cipta dan hak paten seseorang.

Cara Mendapatkan Passive Income dengan Mudah

cara mendapatkan passive income
Cara Mendapatkan Passive Income

Sebagian orang tidak punya kesempatan untuk memiliki hak paten atas sebuah properti. Bagi kamu yang seorang pelajar atau mahasiswa, di bawah ini ada contoh cara mendapatkan passive income dengan mudah yang bisa kamu coba.

Bergabung dengan Program Afiliasi

Bagi kamu yang seorang mahasiswa, kamu bisa mencoba bergabung dengan program afiliasi untuk mendapatkan uang tambahan. Program afiliasi adalah kerja sama antar kedua belah pihak namun tidak saling terikat, tujuannya adalah sebagai strategi pemasaran.

Keuntungan mengikuti program afiliasi adalah waktu yang fleksibel. Kamu bisa bekerja kapan saja. Selain itu, keuntungan bergabung dengan program afiliasi adalah hemat biaya karena tidak ada biaya pendaftaran. Melainkan, kamu hanya memerlukan kuota internet sebagai modalnya.

Cara mendapatkan passive income dengan program afiliasi adalah kamu yang berposisi sebagai pemasar akan mempromosikan produk dari penjual, kemudian seorang pelanggan yang tertarik dengan produk yang kamu promosikan akan diarahkan menuju situs page produk tersebut.Kemudian pemasar akan mendapatkan komisi jika pelanggan tersebut membeli produk penjual dari tautan mereka.

Baca juga mengenal afiliasi pemasaran di blog Exabytes!

Menyewakan Mobil atau Sepeda

Jika kamu memiliki kendaraan berupa mobil atau sepeda, kamu bisa memanfaatkannya dengan menyewakannya. Kamu telusuri jasa sewa mobil di internet, contohnya seperti situs assa, yaitu situs web jasa sewa mobil. Kamu bisa menyewakan mobil per hari, bulanan, sampai tahunan.

Untuk menghindari penyalahgunaan, sebaiknya kamu memperhatikan perjanjian dengan materai kepada sang penyewa dan meminta data-data seperti identitas mereka.

Jual Beli Domain

Adakah domain milikmu yang sudah tak terpakai? Mengapa tidak menjual domain milikmu saja? Kamu juga dapat membeli lalu menjual domain kembali kepada pihak yang lain. Sebaiknya domain yang kamu jual bermutu dan pastikan domain tersebut sesuai dengan keinginan pembeli.

Saat membeli sebuah domain, sebaiknya kamu menganalisa apakah domain tersebut memang menguntungkan atau seberapa menguntungkan. Pelajari apa yang sedang orang-orang cari-cari saat ini. Hal tersebut akan memberi ide yang pas untuk sebuah nama domain dan lebih mengoptimalkan domain tersebut ke dalam mesin pencari.

Mendapatkan Royalti

Kamu bisa mendapatkan royalti dari karya yang kamu ciptakan. Kamu akan mendapatkan royalti apabila kamu memiliki hak cipta atas karya tersebut. Hak cipta dapat berupa apa saja, misalnya dari lisensi fotografi, videografi, penulisan buku, atau penciptaan musik, dan film.

Lisensikan atau Menjual Foto

Lisensikan foto kamu pada situs-situs web penjual foto, seperti shutterstock, iStockphoto, Adobe Stock, gettyimages, dan lain-lain. Dengan mengupload karya fotografi milikmu di situs-situs tersebut, kamu akan dipertemukan dengan pelanggan yang akan memerlukan karya-karyamu. Kamu akan mendapatkan keuntungan berupa royalti dari seseorang yang akan membeli karya tersebut. Pastikan karyamu memang karya asli dan bukan curian.

Blogging

menjadi blogger dapat mendatangkan passive income
Cara Mendapatkan Passive Income Menjadi Blogger

Kamu hanya memerlukan modal berupa kuota internet dan sebuah laptop untuk menjalankan blog. Kamu bisa mendapatkan keuntungan dari menjalankan sebuah blog jika kamu mendaftarkan Google AdSense dalam blog kamu. Jika kamu mendapatkan sejumlah 100.000 pengunjung pada situs web blog milikmu, kamu bisa mendapatkan keuntungan sebesar satu juta rupiah loh! 

Pelajari bagaimana mengoptimalkan halaman-halaman pada blog agar lebih mudah ditemukan pada mesin pencari. Kembangkan blog dengan konten-konten yang menarik untuk memancing banyak audiens. Gunakan juga hosting untuk menyimpan file-file pada blog.

Membuat Podcast

Kamu cukup membutuhkan modal berupa alat rekam untuk memulai sebuah podcast. Kamu perlu untuk melakukan research tentang topik yang akan dibahas dalam konten podcast. Kamu bisa mempublikasikan konten podcast ke dalam Spotify untuk mendapatkan monetisasi. 

Kontributor Online Survey

Tahukah kamu bahwa kamu bisa mendapatkan komisi dari sebuah survey online? Kamu bisa mendapatkan passive income dari cara ini. Kunjungi situs-situs survey online seperti Toluna. 

Kamu bisa mendaftarkan diri sebagai kontributor online survey di situs mereka, lalu kamu akan diberikan sebuah angket untuk memastikan apakah kamu adalah seseorang yang tepat untuk mengisi survey tersebut. Lalu, jika kamu adalah orang yang tepat, kamu akan dipilih untuk mengisi survey online tersebut, kemudian kamu akan mendapatkan komisi dari seorang yang membuat survey.

Membuat Konten YouTube

Menjadi seorang youtuber adalah profesi yang diminati orang-orang saat ini. Kamu bisa membuat konten-konten sederhana seperti review jajanan kesukaan, tutorial memasak, tips-tips memilih laptop, dan lain-lain. Dengan niche yang lebih spesifik akan menambah peluang konten-konten youtube dilirik oleh audiens.

Mengapa konten YouTube bisa menjadi salah satu sumber passive income terbaik? Di era sekarang ini, YouTube menjadi channel hiburan yang paling dipilih orang-orang. YouTube membantu para kreator kontennya untuk memonetisasi keuntungan melalui iklan dan pendapatan premium YouTube. Dengan membuat satu video, seorang kreator konten YouTube dapat menghasilkan 18 dollar tiap mendapat 1000 views. Jika seorang kreator konten YouTube memproduksi 10 video dengan 1000 views per video, dia bisa menghasilkan sebanyak 180 dollar atau setara dengan sekitar 2,5 juta rupiah.

Penulis Kontributor

Jadi penulis kontributor adalah salah satu hal yang cocok dilakukan bagi seorang yang gemar menulis. Menulis untuk sebuah situs media online akan memberimu keuntungan. Biasanya keuntungan yang didapatkan penulis kontributor adalah tergantung dari seberapa banyak orang yang mengklik tulisan tersebut.

Menyewakan Buku

Sewa buku bisa menjadi sebuah ide bisnis yang bagus. Tidak semua orang berkesempatan untuk membaca buku-buku yang susah didapatkan di areanya atau buku dengan harga yang sangat mahal karena tidak mungkin untuk membeli buku bajakan, sebab itu melanggar undang-undang hak cipta. Jadi, menyewakan buku mungkin bisa menjadi ide yang bagus. Memilih untuk menyewakan daripada menjualnya akan membuat seseorang mendapatkan pendapatan pasif yang cukup menguntungkan.

Kesimpulan

Passive income adalah pendapatan yang tetap didapatkan seseorang meski orang tersebut tidak melakukan aktivitas. Cara-cara mendapatkan passive income seperti di atas akan memudahkan kamu, seorang mahasiswa, untuk menambah penghasilan dengan waktu yang lebih fleksibel.

Jadi, cara mendapatkan passive income yang mana yang kamu minati? Bagi kamu yang ingin menambah pendapatan dengan domain, kamu bisa membeli domain murah di Exabytes. Kamu juga bisa membeli produk hosting yang sesuai dengan kebutuhan website milikmu. Selain itu, kamu juga dapat kesempatan untuk mendapatkan saldo gratis hanya dengan mendaftarkan akun Exabytes. Mulai sekarang!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments