8 Cara Mengaktifkan Instagram Shopping Untuk Bisnis Anda

0
2260

Sudah pernah memaksimalkan strategi pemasaran dengan menerapkan social media marketing? Kini saatnya untuk menggunakan fitur Instagram shopping yang akan membantu bisnis menjangkau lebih banyak calon pembeli potensial. Mulailah dengan mempelajari cara mengaktifkan Instagram shopping!

Instagram kini bukan hanya sekedar platform media sosial yang menampilkan konten menarik untuk dinikmati setiap harinya. Pengguna IG kini bisa berbelanja melalui platform tersebut tanpa harus mengunjungi website tertentu dan tidak perlu meninggalkan Instagram. 

Mengenal Apa Itu Instagram Shopping

8 Cara Mengaktifkan Instagram Shopping Untuk Bisnis Anda - 2024
Manfaatkan fitur Instagram shopping untuk tingkatkan penjualan dengan menjangkau lebih banyak calon pembeli. (Sumber: shutterstock)

Menjual produk kini bisa dilakukan di berbagai platform, termasuk media sosial. Jika target audiens kamu merupakan pengguna aktif Instagram, kini saatnya untuk mulai menggunakan fitur Instagram shopping.

Sudah tahu apa itu Instagram shopping? Instagram shopping merupakan fitur yang mampu menghadirkan pengalaman berbelanja di media sosial Instagram seperti layaknya berbelanja di e-commerce.

Pengguna Instagram bisa menemukan fitur satu ini di halaman explore tepatnya di samping ikon Instagram reels. Sembari menikmati berbagai konten media sosial Instagram, pengguna bisa sambil berbelanja tanpa harus keluar dari aplikasi yang sedang mereka gunakan.

Persyaratan Instagram Shopping

Pengguna Instagram pasti tidak asing dengan keberadaan gambar tas belanja yang merupakan lambang dari Instagram shopping. Fitur satu ini memungkinkan pengguna untuk membeli produk sesuai kebutuhan dan keinginan.

Untuk sisi pemilik bisnis, fitur tersebut tidak bisa ditampilkan secara otomatis begitu saja. Artinya, saat kamu membuat akun Instagram untuk kebutuhan marketing dan bisnis, kamu tidak bisa langsung menggunakan fitur tersebut. 

Ada cara mengaktifkan Instagram shopping agar nantinya produk ditampilkan kepada pengguna Instagram sesuai target audiens. 

Untuk bisa mengaktifkan fitur Instagram shopping, ada sejumlah syarat yang harus pemilik akun penuhi, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Lokasi bisnis berada di area yang didukung oleh fitur Instagram shopping
  • Akun yang kamu gunakan merupakan akun bisnis yang menjual produk fisik
  • Terhubung dengan FB fage bisnis
  • Memenuhi standar kebijakan yang ditetapkan Facebook
  • Bisnis mematuhi perjanjian pelapak serta kebijakan perdagangan di platform sosmed Instagram
  • Akun bisnis IG terhubung dengan katalog produk di Facebook
  • Bisnis harus mempunyai website untuk berjualan

Jadi, jika kamu tertarik untuk mengaktifkan fitur Instagram shopping setelah tahu apa saja tahapan dan cara mengaktifkan Instagram shopping, pastikan sudah ada website bisnis.

Belum punya website namun tidak bisa membuatnya sendiri? Tenang saja, ada jasa pembuatan website sekaligus desain dari Exabytes.

Baca juga tips memilih jasa pembuatan website terpercaya agar mendapatkan layanan terbaik sesuai kebutuhan serta harapan.

Keunggulan Instagram Shopping

8 Cara Mengaktifkan Instagram Shopping Untuk Bisnis Anda - 2024
Instagram shopping menawarkan banyak keunggulan yang menguntungkan penjual maupun pembeli. (Sumber: shutterstock)

Berbicara tentang cara mengaktifkan Instagram shopping, mungkin sebagian dari kamu masih penasaran dengan berbagai keunggulan dari fitur tersebut.

Berikut adalah keunggulan dari Instagram shopping, fitur IG masa kini yang tidak boleh dianggap remeh:

Menjangkau Audiens yang Lebih Luas

Salah satu keunggulan dari Instagram shopping adalah menjangkau audiens yang lebih luas. Terlebih saat ini, begitu banyak pengguna Instagram yang aktif di medsos dengan menghabiskan waktu selama berjam-jam. Kini, IG tidak hanya sekedar media untuk bersosialisasi saja tetapi juga berjualan.

Tidak heran jika semakin banyak pengusaha maupun pemilik bisnis yang memanfaatkan Instagram sebagai media atau alat untuk strategi social media marketing.

Jumlah pengguna yang semakin meningkat dari waktu ke waktu adalah peluang bisnis. Dimana pebisnis bisa menjangkau audiens atau target pasar dengan lebih luas. Untuk merealisasikannya, kamu bisa menggunakan berbagai cara termasuk memanfaatkan fitur IG shopping sebaik mungkin.

Meningkatkan Penjualan

Dengan jangkauan target audiens yang semakin luas, semakin besar pula peluang untuk meningkatkan penjualan. Berbelanja online menjadi perilaku yang begitu masif dan terjadi di berbagai kalangan di seluruh dunia.

Keberadaan marketplace dan e-commerce yang kian hari kian tumbuh dan berkembang tentunya menjadi bukti kuat akan hal tersebut. Fitur Instagram shopping kemudian hadir sebagai respon terhadap pertumbuhan tersebut. 

Mempermudah Pelanggan

Keberadaan Instagram shopping tidak hanya menguntungkan pelaku bisnis tetapi juga pelanggan. Mereka bisa lebih mudah menemukan berbagai produk yang sedang dicari atau dibutuhkan. Dengan fitur tersebut, audiens atau calon pelanggan bisa langsung diarahkan ke website bisnis kamu untuk melakukan pembelian. 

Itu artinya, mereka tidak harus meninggalkan Instagram dan mencari website yang menyediakan produk kebutuhannya. Kemudahan tersebut dapat mendorong terjadinya pembelian.

Meningkatkan Traffic Website

Salah satu persyaratan yang harus kamu penuhi agar bisa mengimplementasikan cara mengaktifkan Instagram shopping adalah memiliki website. Fitur menarik dan bermanfaat dari IG tersebut tidak hanya mendorong peningkatan angka penjualan. Tetapi juga bisa membantu menaikkan traffic sebuah website.

Bagi pemula yang bahkan belum punya website sama sekali, coba lakukan cara membuat website untuk pemula tanpa coding. Jadi, untuk membuat situs web bisnis, tidak diperlukan kemampuan coding. Artinya, semua orang dengan berbagai latar belakang bisa mencobanya.

Cara Mengaktifkan Instagram Shopping

Cara mengaktifkan Instagram shopping
Instagram shopping bisa diaktifkan dengan terlebih dahulu beralih dari akun pribadi ke akun bisnis. (Sumber: shutterstock)

Bagian terpenting dari Instagram shopping adalah mengaktifkan fitur tersebut agar nantinya bisa digunakan agar membantu meningkatkan penjualan melalui jangkauan audiens yang luas.

Bagi pemula yang sama-sama masih belajar dalam mengaktifkan fitur satu ini, berikut adalah cara mengaktifkan Instagram shopping lengkap dengan langkah-langkahnya:

Konfirmasi Kelayakan Bisnis

Untuk bisa mengaktifkan Instagram shopping, pemilik akun harus mengonfirmasi bahwa bisnis mereka layak. Mengapa? Meski ada begitu banyak akun bisnis IG, tetapi tidak semua akan diterima saat mengajukan agar bisa mengaktifkan fitur Instagram shopping.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, akun bisnis tersebut harus memenuhi persyaratan yang Instagram tetapkan. 

Pastikan Sudah Memiliki Akun Instagram Bisnis

8 Cara Mengaktifkan Instagram Shopping Untuk Bisnis Anda - 2024

Instagram shopping adalah fitur yang tersedia untuk akun bisnis. Jadi, pastikan akun yang akan kamu gunakan sudah merupakan akun bisnis. Jika belum, ubah terlebih dahulu akunmu dari akun pribadi menjadi akun bisnis.

Akun bisnis bisa menikmati berbagai fitur seperti insight. Untuk mengubah akun dari individu ke bisnis, berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka akun dan pilih pengaturan
  • Lanjutkan dengan memilih garis tiga dan scroll sampai menemukan Beralih ke akun profesional atau bisnis dan klik opsi tersebut
  • Pilih Business saat ditampilkan dua opsi yaitu kreator atau bisnis
  • Klik Selanjutnya
  • Pilih kategori bisnis dan klik Selesai

Buat Website

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan sebagai bagian dari cara mengaktifkan Instagram shopping adalah membuat website. Untuk kebutuhan website mulai dari domain, hosting, hingga jasa desain logo, kamu bisa menghubungi Exabytes sekarang juga.

Namun, langkah satu ini bisa kamu lewati jika sudah memiliki website. Artinya, kamu bisa langsung ke langkah selanjutnya.

Tambahkan Katalog

Untuk bisa menempatkan katalog baru, kamu harus terlebih dahulu memiliki halaman Facebook. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Akun pengelola halaman FB bisa kamu buat di Pengelola Bisnis Facebook. Untuk login, tentunya cukup menggunakan akun FB milikmu.
  • Setelah berhasil login, isi semua informasi yang diminta agar bisa membuat akun bisnis baru.
  • Kemudian pilih Pengaturan Bisnis dan klik Sumbe Data
  • Lanjutkan dengan memilih menu Katalog dan Klik Tambahkan untuk membuat katalog baru 
  • Buat nama dan jenis produk yang akan kamu masukkan dalam katalog
  • Klik tombol Buat Katalog
  • Tentukan siapa saja yang akan mendapatkan akses admin atau akses standar pada katalog tersebut
  • Isi katalog yang masih kosong agar bisa kamu tautkan ke akun bisnis Instagram dengan memilih opsi Buka di Pengelola Katalog
  • Pilih Saluran Instagram Shopping di bagian menu yang berada di sebelah kiri dan klik Tambahkan Produk
  • Ada dua opsi yang tersedia yaitu Tambahkan Secara Manual dan Gunakan Pixel bagi yang sudah menambahkan Facebook Pixel ke situs web
  • Setelah klik selanjutnya, jangan lupa untuk mengisi informasi produk dan klik Tambahkan produk
  • Katalog sudah selesai dibuat dan bisa segera kamu hubungkan ke akun bisnis IG yang sudah tersedia

Hubungkan ke Katalog di FB

Apabila katalog sudah tersedia di halaman Facebook dan website, kini tiba saatnya pada langkah dan cara mengaktifkan Instagram shopping selanjutnya. Agar fitur Instagram shopping aktif, berikut adalah beberapa langkah yang harus kamu lakukan:

Klik Bisnis di bagian pengaturan akun dan pilih Sign Up for shopping

Ikuti semua langkah yang diminta mulai dari menautkan akun IG ke FB hingga menautkan IG dengan katalog yang sudah kamu buat di Facebook

Lanjutkan dengan memilih Facebook Catalog Manager

Check for Catalog

Tunggu Proses Peninjauan Akun

Setelah melakukan beberapa langkah di atas sebagai cara mengaktifkan Instagram shopping, kamu bisa menunggu notifikasi izin membuat Instagram shopping. 

Instagram akan terlebih dahulu meninjau akun dan memutuskan untuk menyetujui atau mengizinkan permintaanmu. Bahkan bisa juga menolak permintaan mengaktifkan fitur yang kamu ingin gunakan tersebut.

Aktifkan Fitur Shopping

Dengan semua cara mengaktifkan Instagram shopping dan akun disetujui, kini kamu bisa mulai mengaktifkan fitur Shopping. Namun, jangan kaget jika fitur tersebut belum tersedia di pengaturan. Itu artinya, Instagram masih melakukan proses peninjauan dan belum menyetujuinya.

Tambahkan Label Produk

Cara mengaktifkan Instagram shopping tidak selesai sampai di situ saja. Kamu masih harus membuat konten yang akan dibagikan kepada audiens. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Pilih foto yang akan kamu upload dan klik Tag Products
  • Klik produk yang akan ditandai dan pilih produk dari katalog
  • Aktifkan FB agar bisa mengunggah konten di dua medsos sekaligus yaitu FB dan IG dengan klik Bagikan atau Share sesuai yang ditampilkan di layar

Katalog Instagram Shopping denga Katalog Facebook Sudah Terhubung?

Kali pertama mengaktifkan Instagram shopping mungkin membuat kamu masih harus belajar banyak. Jadi, tidak masalah apabila masih bingung dalam menghubungkan akun IG dengan katalog FB.

  • Untuk kebutuhan tersebut, coba beberapa langkah di bawah ini:
  • Akses halaman Pengaturan Facebook Bisnis dan pilih halaman Facebook toko milikmu
  • Lanjutkan dengan klik Sumber Data dan Katalog
  • Klik Buka di Pengelola Katalog
  • Pilih Saluran dan Klik tombol Hubungkan Profil
  • Terakhir, klik tanda  “+” (plus) dan login ke akun bisnis Instagram milikmu

Kesimpulan

Instagram shopping adalah fitur yang memudahkan pengguna Instagram untuk menemukan berbagai produk favorit. Fitur ini tentunya membantu pemilik bisnis meningkatkan penjualan dengan menjangkau lebih banyak calon pembeli.

Pastikan kamu melakukan cara mengaktifkan Instagram shopping yang benar agar bisa segera menikmati manfaat dari fitur tersebut. Belum punya website tapi ingin segera menggunakan Instagram shopping? Hubungi Exabytes untuk dapatkan jasa pembuatan website terbaik sekarang juga!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments