15+ Tips Memilih Jasa Pembuatan Website yang Terpercaya

0
2768

Pemilik bisnis yang akan mencoba peruntungan di dunia digital pasti membutuhkan website. Tetapi, mereka tidak perlu repot dengan segala urusan yang berkaitan dengan pembuatan website dengan memilih jasa pembuatan website

Website adalah sebuah media promosi yang paling murah, efektif, dan efisien di mana para pemiliknya bisa memberikan informasi mengenai produk, diskon, dan penawaran spesial menarik lainnya. Sehingga pelanggan bisa menerima informasi dengan cepat dan tepat.

Sekilas Tentang Desain Website

memilih jasa pembuatan website
Memiliki website yang menarik merupakan hal penting bagi toko online. (Sumber: pixabay – purwakawebid)

Membuat website bukanlah pekerjaan yang mudah sehingga tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, terlebih jika berkaitan dengan desain website itu sendiri. Web desain merupakan bentuk grafis dalam membuat halaman web.

Prinsip dasar desain website hampir sama dengan membangun sebuah rumah di mana kamu harus bisa memadukan fungsi dan unsur estetika agar website tidak hanya bisa digunakan tetapi juga memiliki tampilan yang menarik.

Saat hendak membuat desain sebuah website, kamu tidak perlu lagi stres karena kamu bisa dengan mudah menemukan jasa pembuatan website profesional. Kini ada banyak perusahaan yang menawarkan jasa pembuatan website sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu dan organisasi.

Pentingnya Loading Website yang Cepat

Pentingnya loading website yang cepat
Perhatikan loading website saat membuat website yang ramah pengguna. (Sumber: Unsplash – Mike van den Bos)

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam merancang website adalah memastikan bahwa desain tersebut user-friendly. Selain itu, loading website juga harus cepat. Ada beberapa alasan loading website harus cepat, di antaranya adalah sebagai berikut.

Meningkatkan SEO

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yaitu sebuah upaya optimasi agar website berada di halaman teratas hasil pencarian Google. Faktanya, kecepatan website menjadi salah satu faktor bagi Google untuk memeringkatkan halaman web.

Mempengaruhi User Experience

Kecepatan website menjadi alasan lain kenapa loading website harus cepat. Website dengan loading yang lambat akan membuatnya terlihat tidak profesional dan pengunjung akan pergi mencari website lain. Kamu bisa membaca artikel ini agar bisa mengoptimalkan loading website WordPress.

Memperbesar Peluang Konversi

Website dengan loading yang cepat memberikan peluang konversi yang lebih besar. Konversi adalah situasi di mana pengunjung website melakukan tindakan yang menguntungkan bisnis.

Untuk memastikan bahwa website kamu memiliki loading yang cepat, kamu bisa mencoba beberapa cara cek kecepatan website di artikel satu ini. Namun jika kamu ingin pekerjaan tersebut menjadi lebih praktis dan mudah, kamu bisa mempertimbangkan jasa pembuatan website.

Tips Memilih Jasa Pembuatan Website

Untuk menggunakan jasa pembuatan website, kamu memang harus mengeluarkan sejumlah uang. Akan tetapi kamu bisa mendapatkan ROI atau Return on Investment yang tinggi. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu coba dalam memilih jasa pembuatan website di Indonesia.

Perhatikan Budget

Hal paling penting dalam memilih jasa pembuatan website adalah memperhatikan budget yang dimiliki. Jadi, jangan sampai kamu memaksakan memilih jasa yang mahal namun di luar budget yang kamu miliki. Coba pertimbangkan beberapa perusahaan penyedia jasa pembuatan website murah. Kemudian, pilih satu yang paling bisa memenuhi kebutuhan kamu.

Perbanyak Membaca Referensi di Internet

Saat ini, berbagai jenis dan ukuran bisnis memanfaatkan internet sebagai media pemasaran dan promosi produk dan layanan. Sehingga tidak sulit bagi kamu untuk bisa menemukan jasa pembuatan web melalui internet dengan membaca referensi dan testimoni.

Lihat Profil dan Legalitas Perusahaan

Tidak semua perusahaan benar-benar menawarkan produk atau jasa yang kamu butuhkan. Dalam beberapa kasus, banyak pengguna internet yang merasa tertipu saat memilih penyedia layanan. Lihat profil dan legalitas perusahaan sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan jasa mereka dalam pembuatan web.

Informasi seputar profil perusahaan bisa ada di halaman tentang kami sebuah website. Kamu juga bisa menghubungi pihak perusahaan untuk mendapatkan informasi tambahan termasuk legalitas bisnis.

Memastikan legalitas sebuah perusahaan yang akan menjadi partner dalam membangun dan mengembangkan bisnis online sangatlah penting. Saat kamu membutuhkan bantuan terkait web yang dibuatnya, mereka akan selalu siap membantu.

Legalitas juga menjadi bukti bahwa perusahaan tersebut resmi dan diakui di Indonesia. Jadi kamu bisa terhindar dari penipuan perusahaan abal-abal. Ini tentu menjadi poin yang bisa membangun kepercayaan pelanggan.

Periksa Portofolio Perusahaan

Kamu hidup di tahun 2021, di mana segala bentuk kejahatan sangat mungkin terjadi. Agar semakin yakin bahwa penyedia jasa pembuatan website itu benar ada dan memiliki legalitas, jangan sampai kamu lupa untuk memeriksa portofolio. 

Saat memilih jasa pembuatan website, pastikan kamu selalu mengecek website mereka dengan sangat hati-hati. Juga pastikan bahwa mereka memiliki portofolio atau kumpulan project website yang sudah atau sedang dikerjakan. Selain kuantitas, kamu juga harus mempertimbangkan kualitas dan kepuasan pelanggan dalam menggunakan jasa mereka.

Cek Spesifikasi Hosting Perusahaan

 

Mengecek pesifikasi hosting sebelum memilih jasa pembuatan website
Pilih spesifikasi hosting yang paling sesuai dengan kebutuhan website yang kamu buat. (Sumber: Pexels)

Membuat website tentu saja membutuhkan hosting. Saat melakukan riset, kamu bisa mulai mengecek spesifikasi website hosting yang mereka tawarkan yang biasanya berisi kuota upload (disk space), kuota klik (bandwidth), RAM, CPU, dan fitur auto backup file

Kemudian, sesuaikan dengan kebutuhan website serta budget yang dimiliki. Semakin besar kuota yang ditawarkan, semakin tinggi harga yang mereka tawarkan. Jika butuh web hosting, kamu bisa menghubungi Exabytes.

Memastikan Website yang Dibuat Mendukung SEO

Search Engine Optimization (SEO) menjadi kebutuhan penting bagi website agar bisa tampil di halaman depan mesin pencari. Bagaimana bisa website kamu berada di hasil pencarian jika tidak SEO-friendly

Website yang ramah SEO akan semakin mudah muncul di beberapa mesin pencari termasuk Google, Bing, dan Yahoo! Ini menjadi hal lain yang harus kamu perhatikan dalam memilih jasa pembuatan website.

Dapatkan Desain Website yang Tepat

Desain website yang tepat
Desain website harus bisa merepresentasikan image dan brand bisnis online. (Sumber: Pexels- Kelly Sikkema)

Saat membuat website, kamu memerlukan desain jadi pilih desain website yang sesuai dengan kebutuhan dan image yang ingin kamu tonjolkan pada situs web. Kamu bisa berkonsultasi dengan pembuat website agar mendapatkan desain yang cocok sehingga tidak keluar dari jalur bisnismu.

Buat Daftar Hal Apa Saja yang Harus Ada di Website

Kamu ingin website yang seperti apa? Nah pertanyaan ini bisa membantu kamu membuat daftar hal apa saja yang harus ada di website. Kamu bisa menuliskan sebanyak mungkin hal yang penting untuk website mulai dari desain logo, pembuatan konten, keamanan web, hingga kebutuhan pemasaran dan promosi produk secara online.

Untuk perihal keamanan website, kamu bisa membaca artikel tentang apa itu SSL agar kamu juga tahu tipe SSL apa yang paling tepat untuk bisnis yang sedang dijalankan. Jenis web yang berbeda tentunya membutuhkan tingkat keamanan yang berbeda. 

Lihat Fitur pada Website

Website itu unik dan berperan dalam melakukan brand awareness sebuah bisnis. Oleh karena itu, tiap situs web membutuhkan fitur yang berbeda. Untuk mendapatkan apa yang kamu butuhkan dan inginkan, lihat dengan jelas fitur apa saja yang bisa kamu dapatkan dari website yang akan dibuat.

Apabila ada beberapa fitur yang terlalu rumit, kamu bisa meminta agar website designer menggantinya dengan yang lebih mudah dan sederhana. 

Jangan Lupakan Lisensi Template Website

Lisensi website template
Gunakan template website yang berlisensi agar bersih dari spam dan terupdate secara otomatis. (Sumber: pixabay – 200degrees)

Tips lain dalam memilih jasa pembuatan website adalah memastikan bahwa template yang digunakan memiliki lisensi. Template yang baik seharusnya bersih dari spam dan terupdate secara otomatis. Tujuannya adalah agar memudahkan kamu dalam mengurus toko online dalam berbagai keperluan seperti mengiklankan atau melakukan optimasi website.

Dapatkan Estimasi Waktu Pengerjaan Website

Dalam memilih jasa pembuatan website, mengetahui estimasi waktu pengerjaan website merupakan salah satu hal wajib. Ingin segera memiliki website bukan berarti kamu harus terburu-buru karena membuat website tidak semudah yang kamu pikirkan. Akan tetapi, kamu juga seharusnya tidak membiarkan pengerjaan berjalan sangat lambat dalam waktu yang lama. Tanyakan pada website desainer berapa lama waktu yang mereka butuhkan untuk mengerjakan situs web kamu.

Cari Tahu Biaya Pembuatan Website

Biaya pembuatan website harus jelas dengan semua fitur dan layanan yang bisa kamu nikmati. Kamu harus memastikan apakah biaya yang mereka tawarkan masuk akal atau tidak. Atau apakah ada kemungkinan mereka membebanimu dengan biaya tambahan di akhir pengerjaan website.

Akan lebih baik jika biaya sudah mencakup semua hal termasuk maintenance. Maintenance sering kali luput dari perhatian orang-orang yang mencari jasa pembuatan website. Mereka mungkin tidak tahu bahwa pengelolaan website tidak hanya berhenti sampai website sudah selesai dibuat dan terindeks di halaman mesin pencari.

Maintenance website sangat bermanfaat dalam menarik serta mempertahankan pelanggan dan peringkat di mesin pencari.

Tanyakan Berapa Biaya Perpanjangan Tiap Tahun

Website akan terus dibutuhkan selama bisnis berjalan. Dengan demikian, kamu harus melakukan perpanjangan domain dan hosting setiap tahunnya. Apabila penyedia jasa pembuatan website tidak memberikan informasi mengenai biaya perpanjangan tersebut, kamu harus menanyakannya. 

Kamu bisa memilih memperpanjang layanan hosting per bulan atau per tahun namun untuk perpanjangan domain dilakukan per tahun. Untuk mengetahui masa aktif domain, buka Whois record dan ketikkan nama domain kamu.

Temui Desainer Website Secara Langsung

Semua yang tertulis di website memang menarik tetapi belum tentu mewakili kualitas dan profesionalisme desainer website. Alangkah lebih baik jika kamu bisa bertemu dengannya setidaknya satu kali agar kamu bisa memastikan bahwa ia memang sesuai dengan harapan kamu.

Kemampuan Komunikasi Desainer Website 

Apakah web desainer yang kamu pilih komunikatif? Komunikasi adalah hal penting dalam kerja sama jenis apapun. Kamu bisa menilai kemampuan komunikasi calon partner pembuatan website saat pertama kali berbincang baik melalui telepon atau pun secara langsung. 

Perhatikan bagaimana ia menyampaikan semua informasi. Apabila kamu bisa memahaminya dengan mudah, kamu bisa yakin bahwa ia adalah orang yang komunikatif sehingga tidak sulit untuk berbicara dengannya di kemudian hari setiap kali ada kebutuhan perbaikan atau pemeliharaan pada situs web.

Jangan Mudah Tergiur

Setiap penyedia jasa memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mereka juga memberikan penawaran yang berbeda untuk bisa menarik hati para pelanggan mulai dari harga yang murah hingga pengerjaan yang cepat.

Meski kedua hal tersebut terdengar menarik, tapi jangan sampai kamu mudah tergiur. Bandingkan beberapa penyedia jasa dan cari tahu apakah mereka memang cocok dengan kebutuhan kamu dalam pembuatan website.

Bandingkan Beberapa Penyedia Jasa Pembuatan Website

Dengan banyaknya perusahaan penyedia jasa pembuatan website, kamu memiliki kesempatan untuk mendapatkan kualitas terbaik. Di sisi lain, kamu juga bisa terjerumus dan kemudian memilih partner yang salah.

Jangan berasumsi bahwa perusahaan pertama yang kamu temui adalah pilihan yang paling tepat. Coba terlebih dahulu dengan membandingkan beberapa penyedia jasa pembuatan website dan lakukan pengecekan pada masing-masing perusahaan mulai dari portofolio, harga, hingga layanan tambahan. 

Lihat Demo Website

Kamu bisa meminta desainer website untuk menunjukkan demo website agar tahu apakah vendor menyediakannya sesuai dengan keperluan kamu atau tidak. Website yang hendak kamu buat adalah jenis situs yang harus dibuat dengan tampilan menarik untuk bisa mendatangkan pengunjung.

Kesimpulan

Membuat desain bukan pekerjaan yang mudah dan tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang. Kamu harus memastikan bahwa website bisnis milikmu akan terlihat menarik sehingga bisa mendatangkan banyak pengunjung yang kemudian bisa menjadi calon pembeli atau pelanggan. Itulah kenapa kamu harus bijak dalam memilih penyedia jasa pembuatan website.

Exabytes menyediakan layanan pembuatan website. Kamu juga bisa sekaligus mendapatkan hosting Indonesia dan produk SSL yang tepat sebagai solusi keamanan website.

Yuk bagikan informasi ini pada keluarga dan sahabat yang sedang bingung mencari desainer website agar mereka bisa segera merealisasikan website impiannya!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments