12 Cara Promosi Toko Online: Strategi Ampuh untuk Sukses!

0
214

Ingin meningkatkan penjualan toko online? Itu artinya, kamu bisa melakukan berbagai cara promosi toko online yang bisa membantu mencapai tujuan tersebut.

Sekilas tentang Toko Online

Sekilas tentang Toko Online

Toko online adalah sebuah platform atau situs web yang memungkinkan penjual untuk menjual produk atau jasa secara daring melalui internet. Dalam toko online, pelanggan dapat menjelajahi katalog produk, membuat pembelian, dan melakukan pembayaran secara elektronik. 

Transaksi toko online umumnya bisa dilakukan dengan berbagai cara melalui ketersediaan banyaknya pilihan metode pembayaran. Dengan begitu, pembeli atau pelanggan bisa membayar pesanan mereka dengan memilih metode pembayaran sesuai preferensi. Mulai dari menggunakan kartu kredit, virtual account, menggunakan dompet digital, atau lainnya.

Dengan adanya toko online, penjual berpeluang mencapai pasar yang lebih luas, baik secara lokal maupun global, tanpa terbatas oleh batasan geografis. Mereka juga dapat mengelola inventaris, mengatur harga, dan berinteraksi dengan pelanggan mereka melalui platform tersebut.

Cara Promosi Toko Online

Cara Promosi Toko Online

Untuk memaksimalkan penjualan, kamu bisa melakukan cara promosi toko online melalui beberapa strategi berikut:

Miliki Website

Website adalah hal penting bagi bisnis online. Dengan adanya website, kamu bisa memastikan konsumen mempunyai tempat yang tepat untuk memilih dan membeli produk yang mereka butuhkan. Oleh sebab itu, pastikan kamu sudah mempersiapkan website untuk toko online.

Di website tersebut, konsumen bisa melihat berbagai produk yang kamu tawarkan, lengkap dengan informasi manfaat, fitur, dan harga. Mereka juga bisa langsung melakukan pembelian dan pembayaran yang dicek secara otomatis.

Tanpa harus pergi ke lokasi toko fisik, pelanggan akan mendapatkan produk pilihannya setelah produk dikirimkan ke alamat tujuan mereka.

Ingin punya toko online namun belum memiliki website? Kamu bisa menghubungi Exabytes untuk mendapatkan jasa pembuatan website toko online sekarang juga!

Buat Landing Page

Sudah familiar dengan istilah landing page? Landing page adalah halaman web yang dirancang khusus untuk menerima lalu lintas pengunjung yang datang dari sumber tertentu, seperti iklan online, email marketing, atau kampanye media sosial. 

Tujuan dibuatnya halaman web tersebut adalah mengonversi pengunjung menjadi prospek, pelanggan, atau untuk melakukan tindakan tertentu, misalnya berlangganan newsletter atau mendownload pdf tutorial tertentu.

Dengan adanya landing page, toko online kamu bisa meyakinkan para pengunjung bahwa mereka mau mengunjungi halaman tersebut. Yaitu untuk mendapatkan apa yang mereka cari.

Apabila sedang mencari strategi sekaligus cara promosi toko online, pastikan kamu akan mempersiapkan landing page. Keberadaan halaman ini juga dapat meningkatkan upaya SEO melalui pemilihan kata kunci yang relevan.

Perlu inspirasi? Kamu bisa melihat beberapa contoh landing page yang cocok dijadikan sebagai referensi.

Berikan Proses Checkout yang Mudah

Agar bisa meningkatkan penjualan, kamu harus memperhatikan kenyamanan dan keinginan calon pembeli. Salah satunya adalah dengan memberikan proses checkout yang mudah. Ini tentu bisa menjadi salah satu cara promosi toko online yang tidak boleh dilewatkan.

Proses checkout yang mudah mampu mendorong pelanggan untuk segera membuat keputusan pembelian. Sehingga tidak ada peluang bagi mereka untuk berpindah dan memilih kompetitor bisnis kamu.

Untuk mengoptimalkan halaman checkout, tidak ada salahnya mencoba beberapa hal berikut:

  • Biarkan pelanggan melakukan checkout tanpa harus terlebih dahulu melakukan pendaftaran
  • Izinkan pengunjung menyimpan item di keranjang belanja agar mereka yakin untuk kembali lagi
  • Pastikan keranjang belanja terlihat di website agar selalu diingat pengunjung
  • Tampilkan notifikasi keamanan yang berdampak baik bagi reputasi toko

Gunakan Social Media Marketing sebagai Strategi Promosi

Masih ragu dalam menentukan cara promosi toko online? Kamu pasti tahu dan menyadari bahwa media sosial banyak digunakan oleh orang-orang dari berbagai tingkat usia. Ini tentu menjadi peluang untuk memasarkan dan mempromosikan toko online.

Kamu bisa memilih media sosial sesuai dengan target audiens. Apabila kebanyakan target audiens kamu adalah pengguna Facebook, kamu bisa berfokus pada penerapan promosi di Facebook. Atau bisa juga dengan memaksimalkan promosi di beberapa platform media sosial, termasuk Instagram dan TikTok.

Social media marketing bisa kamu kenali lebih lanjut melalui artikel satu ini.

Jalankan SEO

Bagi yang sudah mempunyai website, upaya meningkatkan visibilitas situs di mesin pencari menjadi sangat penting. Dengan banyaknya kompetitor, bagaimana caranya agar situs kamu muncul di halaman hasil pencarian tertinggi?

Agar bisa berada di peringkat pencarian tertinggi, kamu perlu melakukan optimasi melalui strategi SEO baik dilakukan secara independen maupun dengan bantuan ahli dengan memilih jasa SEO terbaik dari Exabytes.

Berikut adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam memaksimalkan strategi SEO:

  • Buat dan bagikan konten menarik dan mudah dipahami
  • Lakukan optimasi pada kata kunci yang relevan
  • Perhatikan dan optimasi struktur website, termasuk judul, meta deskripsi, dan fitur
  • Perhatikan kecepatan waktu loading situs

Manfaatkan Content Marketing

Dari namanya, kamu bisa menyimpulkan bahwa content marketing adalah strategi memasarkan produk atau jasa melalui konten. Konten-konten tersebut bisa berupa artikel, video, podcast, atau lainnya. Pemilihan jenis konten bisa kamu sesuaikan dengan target audiens.

Cara promosi toko online satu ini semakin banyak digunakan oleh bisnis maupun perusahaan. Jadi, kamu harus mempertimbangkan promosi melalui strategi content marketing.

Tawarkan Promosi dengan Waktu Terbatas

Cara promosi toko online lain yang tidak boleh kamu lewatkan adalah menawarkan promosi dengan waktu terbatas. Cara ini dinilai efektif dalam mempercepat pelanggan melakukan pembelian.

Kamu bisa menawarkan kode diskon atau kode kupon berbatas waktu. Melalui penawaran tersebut, pelanggan tidak mempunyai waktu yang banyak untuk membuat keputusan. Mereka yang tidak ingin kehilangan kesempatan untuk mendapatkan produk incaran dengan harga yang lebih rendah tentu akan segera membeli produk tertentu.

Tampilkan Produk Populer

Saat mengunjungi situs e-commerce tidak jarang kamu melihat berbagai rekomendasi produk populer. Ini adalah salah satu cara promosi toko online yang bisa kamu tiru. Caranya adalah dengan menempatkan produk terlaris atau populer di bagian teratas display toko online.

Tujuannya agar pengunjung situs tidak melewatkan produk-produk tersebut. Saat menemukan produk yang menarik perhatian, bukan tidak mungkin pengunjung akan langsung membelinya. Terlebih jika produk tersebut kamu tawarkan dengan harga terbaik dengan menampilkan harga setelah diskon.

Manfaatkan Iklan

Iklan adalah media promosi yang juga bisa kamu manfaatkan sebagai cara promosi toko online. Saat ini, terdapat berbagai pilihan layanan iklan yang memudahkan pemilik bisnis online menjangkau lebih banyak target audiens.

Apabila ingin menjangkau pengguna mesin pencari, kamu bisa menggunakan layanan Google Ads. Namun, bagi yang menargetkan audiens pengguna media sosial, Facebook Ads dan Instagram Ads bisa menjadi pilihan.

Lakukan Cross Selling

Cross selling adalah cara promosi toko online yang bagus yang akan mendorong peningkatan nilai jual. Dengan strategi ini, toko online bisa menawarkan pelanggan untuk membeli produk pelengkap.

Cara kerjanya adalah menawarkan produk eksklusif yang tidak bisa mereka dapatkan dengan melakukan pembelian secara terpisah. Jadi, pelanggan akan tertarik untuk memilih penawaran langka ini karena takut kehabisan.

Salah satu contoh cross selling adalah menawarkan SSL pada pelanggan yang membeli layanan hosting atau memberikan paket bundling smartphone dengan kartu SIM baru.

Selengkapnya tentang cross selling dan up selling di artikel satu ini!

Buat Program Afiliasi

Pertimbangkan untuk menjalankan program afiliasi di mana Anda membayar komisi kepada afiliasi untuk setiap penjualan atau tindakan yang dihasilkan dari referensi mereka.

Dengan cara promosi toko online satu ini, kamu dapat membantu memperluas jangkauan dan mendatangkan penjualan tambahan melalui upaya pemasaran orang lain.

Gunakan Email Marketing

Di era pemasaran digital ini, toko online tidak hanya berfokus pada satu strategi pemasaran saja. Meski sudah menjalankan social media marketing dan strategi pemasaran lain, termasuk Google Ads dan program afiliasi, kamu tetap bisa memaksimalkan upaya promosi dengan menggunakan email marketing.

Untuk promosi produk, email marketing masih menjadi salah satu cara promosi toko online yang efektif. Juga bisa menjadi media komunikasi dengan pelanggan secara personal.

Maksimalkan Penjualan Melalui Cara Promosi Toko Online

Dengan mengenali berbagai opsi cara promosi toko online, kamu bisa menentukan cara mana yang dinilai paling efektif untuk toko kamu. Adanya strategi pemasaran yang beragam memudahkan kamu dalam menjangkau lebih banyak target audiens.

Untuk berbagai kebutuhan promosi toko online, jangan ragu untuk menghubungi Exabytes. Dapatkan berbagai jenis layanan termasuk jasa pembuatan website toko online, layanan SEO, dan berbagai pilihan layanan untuk kebutuhan digital marketing.