Inilah 16 CMS Buat Website Terbaik Yang Banyak Digunakan

84

Saat ini, siapapun bisa dengan mudah membuat website. Ada beberapa platform CMS terbaik di luar sana, dan hampir semuanya memungkinkan kamu membuat semua jenis website. Sayangnya memilih Content Management System (CMS) cukup menantang karena ada begitu banyak pilihan platform yang tersedia.

Nah, melalui artikel kali ini, saya akan membantu kamu memilih CMS buat website terbaik yang bisa kamu gunakan. Saya juga akan membahas semua yang perlu kamu ketahui tentang CMS terbaik, khususnya x platform CMS yang paling umum digunakan saat ini.

Berikut adalah 16 CMS buat website terbaik yang digunakan kebanyakan orang untuk website:

  1. WordPress
  2. Joomla
  3. Drupal
  4. Magento
  5. Shopify
  6. Typo3
  7. Serendipity
  8. Dotclear
  9. ImpressPages
  10. Chamilo
  11. Wix
  12. GetSimple
  13. Zimplit
  14. Perch
  15. CushyCMS
  16. Squarespace

Apa Itu CMS (Content Management System)?

CMS kependekan dari Content Management System adalah program yang memungkinkan pengguna untuk membuat, mengelola, dan memodifikasi website tanpa harus memasukkan kode apa pun. CMS menggunakan antarmuka pengguna yang sederhana dan lugas, sehingga pemula pun dapat menggunakan program ini tanpa menggunakan buku panduan.

Kamu dapat merancang dan mengelola fungsionalitas website menggunakan template dan ekstensi yang tersedia. Tapi jangan salah, CMS sama sekali tidak menggunakan coding apapun lho. Content Management System masih menggunakan kode untuk membuat website yang kamu inginkan, hanya saja tidak menampilkannya.

CMS bisa diibaratkan sebagai restoran dan kamu adalah pelanggannya. Saat kamu memesan dari menu, kamu akan meneruskan pesanan kamu ke pelayan termasuk beberapa permintaan seperti bumbu atau setengah matang. Setelah beberapa saat, hidangan kamu akan disajikan ke meja tanpa persiapan bahan apa pun.

Seperti seorang koki yang masih bekerja di dapur meskipun kamu tidak dapat melihatnya, baris-baris kode masih ditulis oleh sistem di belakang layar. Kode-kode ini dibuat secara otomatis berdasarkan persyaratan yang kamu masukkan ke dalam antarmuka pengguna CMS. Setelah selesai, sistem akan memproses halaman web yang kamu buat dan mengunggah kode HTML ke server.

Jika kamu membuat kesalahan atau ingin memperbarui bagian tertentu, kamu cukup masuk kembali ke pembuat halaman dan memperbaiki bagian tertentu tanpa harus mengedit halaman kode yang membingungkan. Bahkan dengan CMS headless, kamu dapat mengelola konten yang ditampilkan di media digital lainnya seperti aplikasi smartphone, layar TV, smartwatch, dan lainnya.

Website Apa Yang Dapat Kamu Buat Dengan CMS?

Dengan menggunakan CMS jauh lebih sederhana, murah dan efisien untuk membuat website. Yang perlu kamu lakukan hanyalah memberikan nama domain, web hosting, memilih tema, lalu menyesuaikan beberapa pengaturan. Tidak butuh waktu lama, website kamu sudah jadi dan siap digunakan.

Namun, jika kamu membutuhkan lebih banyak fitur lanjutan yang tidak dimiliki CMS, kamu dapat mempertimbangkan untuk bekerja sama dengan pengembang web profesional. Lantas, website seperti apa yang bisa dibuat dengan CMS?

Berikut beberapa jenis website yang bisa dibuat dengan CMS:

  • Company profile
  • Blog
  • Ecommerce
  • Website portfolio
  • Komunitas online
  • Website multibahasa
  • Majalah online
  • Toko online
  • Booking online

Pada dasarnya, hampir semua jenis website bisa dibuat dengan CMS. Namun, antarmuka dan fungsi yang dapat digunakan terbatas pada model dan ekstensi yang tersedia. Namun jangan khawatir, meskipun demikian berbagai fungsi bawaan CMS yang ada saat ini sudah cukup untuk membuat website yang kamu butuhkan.

Inilah CMS Buat Website Terbaik

Kamu mungkin bertanya-tanya Content Management System seperti apa yang telah dibahas sejauh ini? Daripada bingung, mending langsung lihat platform CMS mana saja yang bisa digunakan untuk membuat website tanpa coding. Dengan cara ini kamu akan lebih mudah memahami CMS dan memutuskan platform mana yang akan kamu gunakan.

Saat ini sudah banyak platform penyedia CMS yang bisa kamu pilih, beberapa di antaranya bahkan menawarkan fitur gratis untuk pembuatan website. Pastikan untuk memilih CMS terbaik yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu!

WordPress

cms buat website - wordpress

WordPress adalah CMS yang terkenal dan paling banyak digunakan, faktanya 43,3% website di internet dibuat dengan CMS WordPress lho. Content Management System ini sangat ideal untuk pekerja lepas dan kamu yang memulai bisnis kecil hingga menengah. Berbagai pilihan tema yang menarik, opsi penyesuaian yang fleksibel, dan ribuan plugin tersedia untuk membantu kamu membuat website terbaik.

CMS WordPress memiliki antarmuka yang sederhana dan ramah pengguna, yang merupakan keunggulan yang bahkan pemula pun dapat mempelajari WordPress sendiri. Selain itu, tersedia banyak plugin yang juga dapat memudahkan pekerjaan kamu.

Namun, WordPress adalah layanan open source dan dapat diunduh secara gratis. Kamu masih harus membayar untuk membeli beberapa tema dan plugin eksklusif yang diperlukan. Meski begitu, dibandingkan dengan semua fasilitas dan keuntungan yang kamu dapatkan, biaya WordPress bisa dibilang wajar dan masuk akal.

Joomla

cms buat website - joomla

Joomla adalah pilihan yang tepat jika kamu membutuhkan CMS untuk membuat website yang kompleks dan lengkap. Joomla dikemas dengan fitur yang berguna dan mendukung lebih dari 70 bahasa. Ini menjadikan CMS ini ideal untuk membuat website komunitas, jejaring sosial, website pendidikan, atau sebagai pembuat web CMS eCommerce dengan fitur keanggotaan.

Drupal

cms buat website - drupal

Drupal adalah CMS yang andal untuk membangun website untuk pemerintah, rumah sakit, atau organisasi besar dengan lalu lintas tinggi. CMS open source ini memiliki panel admin yang lebih canggih dan menawarkan kontrol penuh atas pengelolaan konten dan banyak fungsi lainnya.

Drupal mungkin bukan CMS yang tepat untuk pemula, tetapi untuk pengembang yang menjalankan website besar, Drupal adalah CMS yang tepat untuk digunakan.

Magento

cms buat website - magento

Magento adalah CMS untuk pengguna yang ingin membuat website penjualan dan toko online. Magento pertama kali diluncurkan pada 31 Maret 2008 dan dikelola oleh Magento Inc. Untuk menambahkan fungsionalitas ke website menggunakan Magento, ada ekstensi yang dapat digunakan untuk menambahkan beberapa fungsionalitas tambahan yang diperlukan serta sistem pembayaran yang dilayani pada toko online.

Shopify

cms buat website - shopify

Shopify cocok sebagai CMS untuk membuat toko online. Memang, Shopify terutama digunakan sebagai CMS untuk website jenis e-commerce dengan berbagai fungsi, seperti manajemen produk, alat penjualan, pembayaran, fungsi pengiriman, transaksi, penjualan, dll.

Meskipun kamu juga dapat membuat toko online di WordPress menggunakan plugin seperti WooCommerce, di Shopify kamu dapat menemukan fungsionalitas lengkap untuk kebutuhan ecommerce kamu. Namun untuk menggunakan CMS ini, kamu harus membayar biaya terlebih dahulu.

Typo3

cms buat website - typo3

Selama ini kita hanya mengenal WordPress, Joomla atau Drupal sebagai platform CMS yang paling banyak digunakan. Meski masih ada CMS yang popularitasnya tidak sehebat “trio besar”. Lebih sedikit skandal bukanlah referensi bahwa CMS semacam itu tidak layak dimiliki. CMS yang tidak begitu populer diakui lebih spesifik dan menyasar website tertentu.

Typo3, misalnya, adalah CMS dengan skalabilitas sebagai intinya. Tidak mengherankan jika platform ini didedikasikan untuk website kelas perusahaan. Misalnya, jika kamu ingin membuat intranet menggunakan CMS, maka Typo3 adalah Content Management System yang paling cocok.

Dalam hal kenyamanan, Typo3 bukanlah CMS teratas dalam daftar. Menurut pengalaman kami, CMS ini lebih cocok untuk pengguna yang sudah memiliki keahlian dan keterampilan di bidang web development. Typo3 sama sekali bukan CMS yang tepat untuk website kecil dan sederhana.

Typo3 memiliki banyak fitur keren, termasuk dukungan multibahasa. CMS ini juga memungkinkan kamu menjalankan beberapa website dari satu instalasi. Dengan cara ini waktu kamu tidak akan terbuang percuma.

Serendipity

cms buat website - serendipity

Berbeda dengan Typo3, Serendipity merupakan CMS yang mudah digunakan untuk membuat website sederhana, seperti blog. Dalam pengalaman kami, Serendipity adalah salah satu CMS paling ringan.

“Ringan” tidak berarti lebih sedikit pemilihan fitur. Faktanya, CMS ini memberikan kinerja terbaik untuk website karena menggabungkan pengaturan caching dinamis.

Berbicara tentang fungsionalitas, kamu dapat memodifikasi platform dengan tema dan plugin. Selain itu, kamu dianjurkan untuk mencari plugin frontend atau backend tertentu, yang mempermudah pencarian alat.

Secara keseluruhan, Serendipity adalah alternatif CMS terbaik untuk website sederhana. Kamu bahkan dapat membuat blog sederhana dengan antarmuka yang menarik dan elegan. Sayangnya, kapasitas platform ini masih kurang sehingga bukan menjadi solusi utama jika ingin menghadirkan website yang lebih besar secara online.

Jika kamu mencari CMS terstruktur yang tidak sesulit WordPress atau Joomla dan mudah dipelajari, Serendipity layak dipertimbangkan.

Dotclear

cms buat website - dotclear

Ingin mendapatkan segala kemudahan dan pengalaman terbaik saat membuat blog? Aktifkan dan luncurkan Dotclear. Setelah menguji beberapa CMS, kami menemukan bahwa hanya beberapa yang mudah digunakan, termasuk Dotclear. Namun, platform ini menawarkan banyak opsi pengeditan konten yang hampir sama dengan yang ditawarkan WordPress.

Di Dotclear kamu akan menemukan berbagai opsi untuk memposting, mengelola, dan mengkategorikan. Platform ini memungkinkan kamu menulis artikel menggunakan teks, HTML, dan bahkan sintaks Wiki.

Kamu juga dapat membuat umpan RSS di Dotclear. Kamu bahkan diizinkan untuk menambahkan fitur baru ke situs kamu dengan menginstal plugin dan tema terlebih dahulu.

Dotclear dan Serendipity hampir identik. Keduanya adalah CMS terbaik jika kamu ingin membuat blog atau website sederhana. Selain itu, setiap CMS memiliki semua fitur yang diperlukan agar website berhasil online dan menarik banyak pengunjung. Tentu saja, CMS mana yang akan kamu gunakan bergantung pada preferensi individu.

ImpressPages

cms buat website - impresspages

Pernah mendengar tentang ImpressPages? CMS ini memang tidak semua orang tahu. Namun, ImpressPages adalah salah satu platform terbaik jika kamu ingin memulai blogging online. Editornya halus dan juga memiliki tampilan modern atau antarmuka perangkat lunak. Selain itu, dengan ImpressPages kamu dapat menambahkan elemen yang mungkin tidak kamu temukan di CMS lain – setidaknya tanpa ekstensi – misalnya peta dan formulir.

Selain blogging dan editing, desain adalah keunggulan lain dari CMS ini. Dasbornya terlihat modern, mudah digunakan, dan menawarkan berbagai opsi untuk mengkonfigurasi halaman dan website agar berfungsi dengan baik.

Jika kamu mencari CMS dengan antarmuka yang sederhana dan menarik, maka ImpressPages adalah jawabannya. Di CMS ini juga terdapat drag dan drop builder yang intuitif untuk memudahkan pembuatan halaman website. Kamu bahkan dapat menyesuaikan ImpressPages dengan memasang plugin dan tema.

Meski unggul dalam banyak hal, popularitas ImpressPages masih jauh di belakang WordPress (dalam hal jumlah ekstensi yang dimilikinya). Hal ini menunjukkan bahwa membuat website dengan fitur custom akan lebih sulit.

Chamilo

cms buat website - chamilo

Selanjutnya ada CMS website terbaik yaitu Chamilo. Platform ini berbeda dengan lainnya. Mengapa? Karena Chamilo didedikasikan untuk jenis website tertentu – platform pembelajaran. Chamilo bahkan disebut sebagai Learning Management System, selanjutnya disingkat LSM, dimana jenis ini adalah CMS tertentu.

Di Chamilo, kamu dapat membuat website kursus online dengan konten mulai dari yang sederhana hingga yang kompleks. Pelajaran yang kamu berikan akan mencakup teks, media, dan pertanyaan pilihan ganda. Kamu bahkan dapat membuat tugas. Kamu tidak perlu mencari CMS lain jika ingin membuat pekerjaan rumah atau website latihan khusus karena Chamilo adalah pilihan terbaik.

Kami tidak dapat secara khusus membedakan Chamilo dari CMS lain karena CMS ini sangat unik dan berbeda. Namun, dapat dikatakan dengan tegas bahwa Chamilo termasuk dalam kategori CMS yang mudah digunakan. Chamilo adalah pilihan ideal jika kamu membutuhkan platform yang dapat menampung banyak guru. CMS ini juga menawarkan berbagai tool untuk membuat kursus online.

Satu-satunya kekurangan Chamilo sejauh ini adalah pembaruannya tidak sebesar atau berfungsi seperti CMS lainnya. Namun di sisi lain, jika kamu membutuhkan bantuan, Chamilo memiliki komunitas yang cukup kuat dan tersedia dalam bahasa Spanyol dan Inggris.

Wix

cms buat website - wix

Wix adalah CMS yang menawarkan layanan gratis dan memberi kamu subdomain untuk menerbitkan website kamu. Jadi kamu tidak perlu membeli nama domain sendiri, kamu bisa menggunakan subdomain default Wix sebagai alamat website kamu. Ini adalah fitur yang sangat berguna jika kamu seorang pengusaha atau pekerja lepas baru.

Wix menawarkan pilihan tamplate yang luas dan beragam, mulai dari toko online, halaman portofolio hingga blog pribadi, semuanya dapat kamu temukan di sini. Kamu dapat mempratinjau contoh desain website pada template yang kamu minati sebelum memasuki pembuat halaman. Alhasil, proses pemilihan model menjadi lebih cepat.

Selain itu, peralihan galeri yang indah dan penautan akun media sosial juga dapat dilakukan dengan mudah dengan fitur yang lengkap. Namun, jika kamu ingin mengakses fitur premium dan menghapus watermark Wix, kamu harus membayar dan menautkan domain pribadi kamu.

GetSimple

cms buat website - getsimple

CMS pertama yang bisa kamu gunakan sebagai pengguna web hosting Indonesia adalah GetSimple. Mengusung tagline “GetSimple has everything you need, and nothing you don’t”, CMS ini berbasis open source code, menggunakan database MySQL, dan dirancang khusus untuk mengelola website berskala kecil.

GetSimple gratis untuk diunduh dan hanya membutuhkan waktu 5 menit untuk memasangnya.

Zimplit

cms buat website - zimplit

Pengguna hosting murah Indonesia juga bisa menggunakan CMS bernama Zimplit yang juga gratis dan open source. CMS ini memungkinkan pemilik website untuk mengedit konten tanpa harus mengakses admin area. Sementara itu, jika kamu ingin menyingkirkan merek Zimplit, kamu harus membayar biaya antara €29 dan €39 per bulan, tergantung jumlah situs.

Perch

cms buat website - perch

CMS website berikutnya adalah Perch yang mengharuskan kamu membayar lisensi £35 untuk nama domain dan dapat berjalan di server tanpa biaya tambahan. Dengan CMS ini, kamu dapat menggunakan tag PGP untuk mengelola area tertentu yang dapat diedit, serta mengizinkan desainer untuk mengkonfigurasi ulang sistem dan antarmuka.

CushyCMS

cms buat website - cushycms

Berikutnya adalah CushyCMS yang memungkinkan pemilik website memiliki CMS sendiri dengan hanya membayar $28 per bulan dan memiliki versi gratis tanpa custom CMS. Berkat CushyCMS, kamu hanya perlu beberapa menit untuk mengubah seluruh konten website kamu.

Squarespace

cms buat website - squarespace

Terakhir ada CMS Squarespace yang bisa kamu gunakan untuk membuat website dengan mudah. Squarespace adalah solusi pembuatan website multiguna. Kamu dapat membuat blog, website ecommerce, situs bisnis, dan lainnya.

Squarespace mudah digunakan, bahkan untuk non-spesialis yang membuat website atau blog. Dengan antarmuka yang bersih dan intuitif, Squarespace juga unggul dalam fitur penerbitan konten baru. Selain itu, terdapat fitur Custom LayoutEngine yang memungkinkan kamu untuk drag dan drop konten blog kamu.

Squarespace juga menawarkan berbagai pilihan layout website untuk website kamu.

Kesimpulan

Berkat Content Management System, membuat website tidak lagi rumit dan membingungkan. Walaupun kamu tidak mengerti coding, kamu tetap bisa membangun website untuk memaksimalkan bisnis yang kamu jalankan. Jika kamu membutuhkan hosting, kamu dapat membeli hosting murah dari Exabytes! Exabytes menawarkan hosting dengan kualitas terbaik dan dukungan 24/7 untuk membuat website kamu lebih cepat dan lebih responsif.

Sekian artikel tentang cms buat website terbaik yang biasa digunakan diatas. Semoga bermanfaat!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments