Apa Itu ccSLD (Country Code Second Level Domain)?

0
1695

Second level domain (SLD) adalah bagian dari nama domain tepat di sebelah kiri titik dan ekstensi nama domain. Contoh 1: SLD di example.com adalah example. Contoh 2: SLD di example.co.id masih example. Kamu menentukan SLD saat mendaftarkan nama domain.

Apa Itu ccSLD? Country code second level domain (ccSLD) adalah jenis nama domain yang diterapkan oleh banyak pendaftar country code top level domain (ccTLD). Bagian ccSLD dari nama domain terletak di antara ccTLD dan SLD. Contoh: ccSLD di example.co.id adalah .co.

Apa Itu Domain?

Domain adalah alamat website yang dapat diakses pengguna melalui mesin pencari. Sebelum membuat website atau menggunakan website builder, kamu perlu menyiapkan nama domain untuk website kamu.

Alamat domain adalah salah satu yang akan mengirim pesan ke alamat IP server. Jadi ketika kamu menulis alamat website ke mesin pencari, kamu sebenarnya sedang mengakses server IP yang kamu akses.

Nama domain itu unik, tidak mungkin memiliki nama domain yang sama dari situs ke situs. Contoh alamat domain misalnya www.exabytes.co.id.

Apa Itu Second Level Domain (SLD)?

Second level domain adalah nama yang akan kamu daftarkan ke registar domain. Misalnya, example.co.id memiliki SLD “example”. Yang pasti, second level domain selalu berada di sebelah kiri ekstensi domain, yaitu di depan nama domain.

Sebelum membeli domain, ada baiknya kamu mengecek ketersediaan SLD jika sudah ada yang menggunakannya.

Kamu dapat mendaftar domain SLD secara gratis, dan biasanya selama satu tahun. Oleh karena itu, kamu harus membayar tambahan biaya perpanjangan nama domain tahunan, biaya tersebut bergantung pada level nama domain yang digunakan.

country code second level domain

Apa Itu Country Code Second Level Domain (ccSLD)?

Domain ccSLD yang merupakan singkatan dari Country Code Second Level Domain adalah domain internet tingkat kedua yang biasa digunakan atau dicadangkan untuk suatu negara, negara berdaulat, atau wilayah bergantung yang diidentifikasi oleh kode negara.

Domain ccSLD adalah domain ccTLD level kedua yang biasanya memiliki fungsi berbeda saat digunakan. Beberapa ccSLD memerlukan persyaratan pendaftaran khusus dan beberapa negara hanya menyediakan akses tingkat kedua ke pendaftaran domain.

Contoh ekstensi domain ccSLD dan fungsinya:

  • .ac.id : untuk website perguruan tinggi di Indonesia.
  • .sch.id : untuk website sekolah di Indonesia.
  • .co.id : untuk website perusahaan atau komersial di Indonesia.
  • .web.id : untuk website pribadi di Indonesia.
  • .or.id : untuk website organisasi di Indonesia.
  • .my.id : untuk website pribadi di Indonesia.
  • .biz.id : untuk website perusahaan bisnis di Indonesia.
  • .ponpes.id : untuk website pondok pesantren di Indonesia.
  • .mil.id : untuk website militer di Indonesia.

Dapatkan ccSLD Untuk Website Kamu Sekarang Juga!

Ada banyak pertimbangan saat menentukan country code second level domain terbaik untuk website. Namun yang jelas, jika kamu memilih yang tepat, SLD akan memberikan efek yang cukup positif.

Pertama-tama, SLD akan memberikan kesan pertama, yaitu pendapat pengunjung tentang website kamu. Jika SLD kamu mudah diingat, citra merek perusahaan kamu pasti akan meningkat.

Juga, jika alamat email kantor kamu juga cocok dengan nama SLD. Dari segi teknis, SLD juga berpotensi meningkatkan kinerja SEO. Lakukan pencarian global atau lokal.

Jadi, jika kamu telah memutuskan apa domain country code second level domain kamu, pastikan kamu memilih penyedia layanan nama domain yang andal!. Di Exabytes, pendaftaran nama domain sederhana dan memiliki banyak keuntungan.

Ayo buruan pasang ccSLD kamu sebelum yang lain!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments