Rekomendasi Hosting Untuk Startup dan UKM, Pilihan Terbaik!

0
1837

Hosting merupakan layanan yang digunakan untuk menyimpan file atau data website, baik berupa foto, gambar, teks, email, script, dan lainnya. Jadi, untuk bisa beroperasi, website memerlukan hosting yang tepat. Lalu, bagaimana dengan startup? Apakah ada hosting khusus untuk startup dan UKM?

Tenang saja, karena ada banyak rekomendasi hosting untuk startup yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Cari tahu selengkapnya di sini ya!

Fungsi Hosting untuk Startup

Fungsi hosting untuk startup
Sumber : shutterstock

Hosting merupakan salah satu hal penting untuk bisnis maupun perusahaan yang mengelola situs web. Ini juga menjadi alasan kenapa startup memerlukan hosting yang tepat. Dengan memilih hosting untuk startup dan UKM, bisa dipastikan mereka tidak salah pilih. 

Artinya, hosting yang didapatkan merupakan hosting yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Akan tetapi, memilih hosting juga cukup menantang, terutama bagi yang belum berpengalaman.

Agar bisa mendapatkan hosting untuk startup, mari kenali dulu apa saja fungsi hosting bagi startup, diantaranya adalah:

Membangun Website

Kebutuhan akan memasuki dunia digital membuat startup harus membangun website. Oleh sebab itu, hosting dalam hal ini mengambil peran penting.  Seperti perusahaan atau bisnis lainnya, startup bisa menggunakan layanan hosting Indonesia untuk membangun website baik profil perusahaan maupun toko online.

Dengan adanya situs web, startup bisa memperkenalkan bisnis mereka kepada masyarakat atau audiens yang ditargetkan. Situs web toko online juga berguna untuk meningkatkan penjualan.

Ada beberapa pilihan platform website yang bisa startup pilih, seperti WordPress dan WooCommerce. Jadi, membuat website akan menjadi lebih mudah. Namun, jika ingin lebih mudah, sebaiknya gunakan jasa pembuatan website dari Exabytes.

Mengembangkan Aplikasi

Siapa bilang jika hosting hanya bisa startup gunakan untuk membangun situs web saja? Ternyata, hosting juga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan pengembangan aplikasi.

Misalnya, saat ingin melakukan testing, startup bisa menggunakan layanan Virtual Private Server (VPS). Kamu bisa mencari tahu alasan mengapa VPS exabytes terbaik di bidangnya.

Menyediakan Layanan Virtual Private Network (VPN)

Startup mungkin perlu menyediakan jaringan pribadi khusus para karyawan. Untuk kebutuhan virtual private network (VPN), tentunya bisa memilih layanan hosting dari penyedia terpercaya. Melalui VPN, karyawan bisa bertukar data dengan aman sehingga bisa meminimalisir risiko kebocoran data pada jaringan.

Membuat Email Profesional

Meski hadir sebagai startup, tetapi profesionalisme tetap harus menjadi prioritas, bukan? Agar bisa terlihat profesional, perlu menggunakan email terutama yang menggunakan nama domain sendiri yang mewakili brand atau perusahaan.

Terlebih dengan kebutuhan penyimpanan email yang akan semakin meningkat seiring dengan semakin meningkatnya kebutuhan berkirim dan menerima email. Itu artinya, startup memerlukan layanan hosting khusus email. 

Belum punya domain? Cek ketersediaan domain dan beli domain murah dari Exabytes!

Rekomendasi Hosting untuk Startup

Rekomendasi hosting untuk startup
Sumber: shutterstock

Kira-kira, apa saja hosting terbaik untuk startup? Agar tidak salah pilih, sebaiknya kamu mencari rekomendasi hosting untuk startup maupun UKM guna meminimalisir kesalahan dalam memilih layanan tersebut.

Hindari kesalahan dalam memilih hosting agar kamu bisa mendapatkan layanan hosting yang sesuai dengan kebutuhan.

Berikut adalah beberapa rekomendasi hosting yang cocok untuk startup dan UKM:

Shared Hosting

Masih bingung menentukan hosting untuk startup? Salah satu rekomendasi jenis hosting yang bisa startup gunakan adalah shared hosting. Hosting satu ini merupakan pilihan yang tepat apabila kebutuhan resource dan trafik belum terlalu tinggi.

Seperti namanya, shared hosting memungkinkan banyak pengguna untuk menggunakan satu akun hosting sehingga bisa diakses bersamaan. Menggunakan shared hosting berarti, kamu akan berbagi memori, bandwidth, serta daya komputasi dengan pengguna hosting lainnya. 

Akan tetapi, pengguna bisa mengelola control panel dengan akses yang tersedia. Dengan begitu, sebagai pengguna kamu bisa mengatur berbagai hal termasuk desain, konten, dan pengembangan. Karena pengguna shared hosting itu banyak, kamu harus bersabar dengan performa website yang terpengaruh saat trafik website lain sedang tinggi.

Bagi yang sedang mencari hosting murah, shared hosting bisa menjadi solusi tepat. Jadi, tidak ada salahnya menggunakan shared hosting untuk startup yang baru mulai membuat website.

WordPress Hosting

Ketika memutuskan untuk membuat website menggunakan platform WordPress, kamu juga bisa sekaligus memilih hosting untuk WordPress. WordPress hosting tersedia dengan harga terjangkau.

Hosting ini memang dibuat khusus untuk pengguna WordPress. Bahkan pengguna bisa memanfaatkan fitur yang tersedia apabila ingin meningkatkan performa website. Setiap bulannya, hosting ini bisa menampung hingga 180 ribu pengunjung. Tentunya jumlah tersebut tergolong banyak bagi website milik startup yang sedang berkembang, bukan?

WordPress hosting di Exabytes tersedia dengan harga mulai dari Rp 34,900 per bulan. Kapan lagi beli hosting dapat gratis SSL? Jadi, hubungi Exabytes sekarang juga!

Cloud Hosting

Rekomendasi hosting untuk startup selanjutnya adalah cloud hosting. Bukankah kamu pernah mendengar istilah cloud hosting?

Apabila dua pilihan hosting untuk startup yang sebelumnya dirasa kurang pas, kamu bisa mempertimbangkan cloud hosting. Mengapa? Jenis hosting ini memberikan resource yang lebih besar dan mudah dikelola.

Kamu bisa terlebih dahulu mencari tahu apa itu cloud hosting agar bisa semakin memahami dan menentukan bahwa jenis hosting satu ini memang tepat untuk kebutuhanmu.

VPS Hosting

Virtual Private Server atau VPS adalah pilihan hosting untuk startup yang tidak boleh kamu lewatkan. Layanan hosting satu ini tersedia mulai dari harga Rp 50 ribuan per bulan. Dengan harga yang ramah kantong tersebut, tidak sulit bagi startup untuk mendapatkan hosting dengan harga terjangkau sesuai dengan budget yang tersedia. 

Apabila masih ragu, kamu bisa menemukan alasan menggunakan hosting Exabytes. Yang pastinya akan membuatmu semakin yakin untuk membeli hosting VPS dengan berbagai kelebihan yang akan didapatkan.

Email Hosting

Memang banyak layanan email gratis yang bisa kita manfaatkan termasuk untuk keperluan bisnis yang masih sedikit. Akan tetapi, seiring dengan berjalannya waktu, kebutuhan bisnis mulai bertambah terutama saat perkembangan bisnis terjadi begitu pesat.

Agar bisa mengelola email dengan lebih optimal, tidak salah apabila email hosting menjadi salah satu layanan hosting yang tepat untuk startup dan UKM. 

Tips Memilih Penyedia Hosting untuk Startup

Tips memilih penyedia hosting untuk startup
Sumber: shutterstock

Dengan beberapa rekomendasi layanan hosting untuk startup di atas, kamu memiliki gambaran jenis hosting yang paling tepat. Ada berbagai hal yang bisa dipertimbangkan saat memilih hosting termasuk untuk kebutuhan startup.

Bagi yang perlu tips memilih penyedia hosting untuk startup, silahkan perhatikan beberapa hal berikut:

Sesuaikan dengan Bahasa Pemrograman yang Digunakan

Salah satu tips memilih hosting untuk startup adalah menyesuaikan layanan hosting dengan bahasa pemrograman yang digunakan. 

Misalnya, startup yang menggunakan bahasa pemrograman ASP atau active server pages atau visual basic script bisa memilih penyedia hosting yang mendukung platform Windows, termasuk Windows NT dan Windows 2000 server.

Pengguna Perl, PHP, atau CGI, memiliki kebutuhan yang berbeda, dimana mereka perlu support Linux pada server.

Pertimbangkan Bandwidth

Saat memilih penyedia hosting untuk startup, jangan lupa untuk mempertimbangkan bandwidth. Pastikan apakah penyedia menawarkan unlimited. Dengan mempertimbangkan kebutuhan di masa mendatang, sebaiknya pilih hosting yang menawarkan unlimited bandwidth.

Kamu bisa mempelajari apa itu bandwidth dan fungsinya dengan membaca artikel ini.

Jangan Abaikan Keamanan

Dalam memilih hosting untuk startup, pastikan juga penyedia hosting yang kamu pilih menawarkan tingkat keamanan yang tinggi. Jadi, hosting yang kamu gunakan untuk menyimpan data bisa terhindar dari risiko serangan siber yang berbahaya. 

Dengan begitu, data yang tersimpan tetap aman dan tidak bisa diakses oleh pihak yang tidak berkepentingan.

Sebaiknya cari penyedia hosting yang menawarkan firewall yang kuat. Selain itu, akan lebih baik apabila terpasang SSL di website. Keamanan akan semakin tinggi dan pengunjung website akan merasa aman dan nyaman saat harus berbagi informasi pribadi ketika melakukan aktivitas di website startup yang kamu kelola.

Skalabilitas Server

Tips memilih penyedia hosting untuk startup selanjutnya adalah memastikan skalabilitas server. Cari tahu apakah website yang akan kamu kelola bisa diakses oleh pengunjung kapan saja. Artinya, website tersebut beroperasi 24 jam non-stop setiap harinya. Tanyakan perihal uptime server penyedia hosting. 

Layanan Pelanggan

Meski memilih hosting murah, pelanggan tetap harus mendapatkan layanan terbaik dari penyedia hosting. Jadi, kamu harus memastikan penyedia hosting tersebut memberikan layanan pelanggan yang cepat tanggap atas permasalahan yang dikeluhkan pengguna hosting. Sehingga kendala yang terjadi bisa teratasi dengan cepat dan tepat.

Mengapa Memilih Hosting untuk Startup dari Exabytes?

Berbicara tentang hosting untuk startup, tentunya kamu bisa segera membelinya dari Exabytes. Eits, jangan salah! Exabytes merupakan salah satu penyedia hosting terkemuka dan terpercaya di Indonesia.

Lalu, mengapa harus beli hosting di Exabytes? Exabytes tidak hanya menyediakan berbagai jenis layanan hosting sesuai kebutuhan pelanggan. Penyedia hosting satu ini menawarkan kecepatan server dan jaringan yang terjamin.

Untuk perihal keamanan, tentunya kamu akan mendapatkan perlindungan yang terjamin ditambah dengan adanya garansi uang kembali dan bantuan teknis profesional 24/7. Kamu juga bisa menemukan alasan lain untuk menggunakan layanan hosting dari Exabytes saat bisa mendapatkan berbagai fitur termasuk backup berkala.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments