Menggunakan Nama Domain Untuk Membangun Branding Online

0
1398

Baru masuk ke dunia online dalam menjalankan bisnis? Nampaknya, sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulai branding. Akan tetapi, pastikan kamu sudah punya domain untuk membangun branding online.

Pentingnya Memilih Nama Domain Yang Tepat

pentingnya domain untuk membangun branding online
Sumber : flickr

Sebagai salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan dalam membangun branding online, pemilihan nama domain harus tepat. Akan lebih baik untuk memilih domain brandable sehingga akan selalu terekam di ingatan para audiens atau calon pelanggan. 

Nah, ada beberapa alasan mengapa memilih nama domain yang tepat itu penting, terlebih bagi yang berencana membangun branding online. Apa saja? Berikut adalah beberapa alasan di bali pentingnya nama domain yang tepat:

Meningkatkan Akses ke Bisnis

Hendak membangun branding secara online? Jika demikian, sebaiknya perhatikan tips memilih nama domain. Dengan begitu, kamu punya lebih banyak peluang untuk mendapatkan nama domain yang sesuai dengan bisnis.

Hal pertama yang seseorang lakukan saat mencari sesuatu adalah mencarinya secara online, terlebih di era digital seperti sekarang. Entah membeli produk tertentu atau memilih jasa yang dibutuhkan.

Tanpa adanya website dan domain, sebuah brand atau bisnis akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan calon pelanggan potensial. Agar orang-orang bisa mengakses bisnismu dengan mudah secara online, beli domain sekarang dari Exabytes dan mulailah membangun situs web.

Mencerminkan Bahwa Brand Paham Digital

Mengapa memilih nama domain yang tepat itu penting? Salah satu alasan akan pentingnya nama domain untuk sebuah brand atau bisnis adalah cerminan terhadap brand tersebut. Nama domain yang menarik akan dapat mencerminkan pemahaman tentang dunia digital.

Domain dan situs web yang ramah pengguna dapat membuat kesan pertama yang tak terlupakan. Hal tersebut juga menggambarkan bahwa kamu adalah seseorang yang paham pentingnya digital dalam menjalankan bisnis. Bukan tidak mungkin hal tersebut akan membuatmu mampu memimpin persaingan yang semakin hari semakin ketat.

Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Nama domain juga mampu membantu dalam meningkatkan kredibilitas bisnis. Oleh sebab itu, kamu harus mampu memilih nama domain yang tepat. Untuk memastikan bahwa nama domain pilihanmu bisa digunakan, sebaiknya cek ketersediaan domain.

Cek domain sangatlah mudah baik dengan mengakses laman situs Exabytes, WHOIS Record, maupun platform online lain.

Agar bisnis tampak kredibel, sudahkah kamu memiliki nama domain untuk bisnismu?

Membangun Niche

Domain yang mengandung nama brand akan dapat membangun niche. Mengapa? Domain tersebut menjelaskan siapa dibalik adanya sebuah brand atau bisnis. Hal tersebut juga bisa mengatur ekspektasi dan harapan di antara pengunjung website bahkan sebelum seseorang mengunjungi situs web milikmu.

Dengan nama domain yang tepat, orang-orang akan paham produk atau jasa apa yang ditawarkan melalui situs web milikmu. Bila memungkinkan, kamu juga bisa menambahkan keyword pada domain sesuai dengan niche dan industri bisnis.

Cek harga domain di Exabytes untuk mendapatkan nama domain yang pas dan sesuai dengan dana yang kamu siapkan.

Keuntungan Menggunakan Nama Domain Untuk Membangun Branding Online

domain untuk membangun branding online
Sumber: iStock

Sudah tahu kan apa itu branding? Branding adalah cara agar terlihat berbeda dan unik sehingga akan lebih mudah dikenali dan diingat. Pada dasarnya, branding tidak hanya untuk bisnis saja tetapi juga bisa untuk individu yang menawarkan jasa tertentu. 

Lantas, apa hubungannya nama domain dengan branding? Apakah ada keuntungan dari penggunaan domain untuk membangun branding online? Saat hendak melakukan branding secara online, ada beberapa keuntungan dari penggunaan nama domain yang tepat, diantaranya adalah sebagai berikut:

Melindungi dan Mengontrol Brand

Berbicara tentang branding, tentunya kamu pasti ingin memiliki kontrol penuh atas brand milikmu, termasuk dalam hal perlindungan, bukan? Nama domain yang sesuai dengan nama brand akan mampu mempercepat pengenalan brand.

Hal tersebut dapat meningkatkan trafik dan memungkinkan kamu berkomunikasi secara langsung dengan para target audiens. Untuk alasan inilah, domain harus diamankan.

Apabila ingin benar-benar memastikan bahwa image perusahaan atau brand terlindungi dengan baik, tidak ada salahnya untuk membeli lebih dari satu domain. Sebelum membeli domain, coba cek apakah domain murah tersedia untuk domain pilihanmu.

Membeli beberapa domain tidak berarti kamu harus segera menggunakannya. Dengan mendaftarkan beberapa domain yang mencerminkan brand, bisa menjadi cara tepat untuk mencegah pihak lain menggunakan domain tersebut. Jadi, kamu punya potensi yang lebih untuk mendapatkan pelanggan yang sudah ditargetkan.

Membentuk Identitas Bisnis

Domain untuk membangun branding online? Apakah hal tersebut cukup mengejutkan? Padahal saat ini banyak pihak yang membangun brand secara online, salah satunya dengan membuat website menggunakan nama domain pilihannya.

Nama domain harus mampu menyampaikan sesuatu tentang perusahaan atau bisnis, apakah visi dan misi atau hal lainnya. Ini tentu menjadi kesempatan besar untuk terhubung dengan industri dimana kamu berada dan mulai membentuk identitas bisnis.

Misalnya, apabila usaha yang kamu jalankan di bidang digital marketing, gunakan nama domain yang sesuai. Jadi, target audiens akan tahu bahwa kamu ahli di bidang tersebut sehingga dapat meningkatkan kualitas trafik yang diarahkan ke situs web milikmu.

Membantu Mempersiapkan Masa Depan

Semua bisnis yang merambah ke dunia online pasti memerlukan situs web. Menggunakan nama domain dengan ekstensi yang tepat dapat menunjukan keahlian di industri. Hal tersebut membantu bisnis menunjukkan pada pelanggan bahwa mereka selalu up-to-date dengan berbagai tren digital, termasuk dalam hal pemasaran.

Untuk mempersiapkan masa depan agar bisa berkembang dan bersaing dengan para kompetitor, domain memiliki peran penting. Jadi, tidak heran jika semakin banyak bisnis atau perusahaan yang benar-benar mempersiapkan domain untuk membangun branding online.

Ingin tahu lebih jauh tentang tren digital marketing 2023? Simak artikel satu  ini ya!

Menemukan Pasar Potensial

Manfaat lain dari penggunaan yang tepat domain untuk membangun branding online adalah kesempatan untuk menemukan pasar yang potensial. Setiap bisnis tentunya harus berada di pasar yang tepat agar bisa menjual produk yang ditawarkan.

Dengan menggunakan domain, akan lebih mudah bagi bisnis atau brand untuk bisa menemukan pasar yang potensial. Artinya, pasar tersebut berpotensi memberikan peluang untuk menemukan calon pelanggan potensial. Sehingga bukan tidak mungkin bisa mencapai atau bahkan melebihi target penjualan.

Seorang pebisnis sejati tahu dengan pasti bahwa pasar lebih dari sekedar berapa banyak audiens yang bisa mereka capai, tetapi siapa audiens yang ditargetkan.

Dengan nama domain yang pas, bisnis akan bisa membuat link antara bisnis dan pelanggan baru secara langsung. Agar menemukan ekstensi domain yang sesuai dengan jenis bisnis yang dijalankan, sebaiknya tidak hanya berfokus pada domain.COM yang tidak lain merupakan ekstensi domain popular.

Keberadaan domain.NET dan ekstensi domain lain patut kamu pertimbangkan. Hal tersebut juga turut memperbesar peluang untuk mendapatkan nama domain yang kamu inginkan. 

Bila perlu, kamu bisa mempertimbangkan untuk memilih domain premium seperti yang tersedia di Exabytes.

Membuat Halaman Khusus dan Promosi

Setelah memiliki nama domain yang pas untuk bisnis online, kamu bisa segera menggunakannya untuk keperluan pemasaran dan penjualan. Salah satunya adalah membuat halaman khusus dan promosi. Halaman tersebut bisa juga dikenal sebagai landing page yang dibuat untuk tujuan tertentu, seperti promosi atau lainnya.

Dalam hal ini, nama domain juga akan membantu lebih banyak orang untuk menemukan hal yang kamu buat tersebut. Bahkan, kemungkinan terbaiknya adalah mereka bisa mengingat halaman tersebut sehingga akan datang kembali di kemudian hari. 

Tidak ada batasan berapa banyak halaman yang bisa kamu buat. Ternyata, keberadaan halaman-halaman tersebut juga bermanfaat seperti layaknya tools SEO. Seiring dengan semakin meningkatnya popularitas halaman khusus yang kamu buat, backlinks ke situs web juga akan turut meningkatkan otoritas domain milikmu.

Pelajari juga pentingnya domain untuk bisnis online agar semakin yakin untuk segera mendaftarkan domain.

Miliki dan Lindungi Domain Brand Sekarang Juga

Menggunakan Nama Domain Untuk Membangun Branding Online - 2024
Sumber: iStock

Setelah mengetahui keuntungan dan pentingnya domain untuk membangun branding online, sebaiknya segera miliki domain impianmu sekarang juga. Bila perlu, lindungi domain tersebut dengan layanan domain privacy protection, perlindungan domain yang tepat untuk melindungi informasi pribadi.

Beli domain di Exabytes sekarang juga dan bersiaplah untuk menjadi brand yang paling menonjol di antara para kompetitor. Jadi, tunggu apalagi?

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments