Ingin meningkatkan penjualan tetapi strategi yang dijalankan belum memberikan hasil maksimal? Lantas, apakah kamu tertarik untuk mencoba email marketing? Banyak pebisnis dan perusahaan yang menjalankan email marketing untuk meningkatkan penjualan agar bisa lebih dekat dengan tujuan bisnis.
Daftar Isi
Sekilas Tentang Email Marketing
Apa itu email marketing? Istilah email marketing semakin familiar seiring dengan semakin banyaknya perusahaan atau bisnis yang menggunakan strategi pemasaran tersebut. Bahkan saat ini, mendapatkan kebutuhan email marketing menjadi lebih mudah dengan banyaknya penyedia layanan. Salah satunya adalah Exabytes yang mungkin lebih kamu kenal sebagai penyedia hosting terpercaya.
Dengan email marketing, kamu bisa meningkatkan penjualan maupun mencapai tujuan lain. Seperti berbagai pilihan marketing lain, pemasaran melalui email bisa kamu lakukan untuk mencapai tujuan yang diharapkan.
Email marketing berarti suatu bisnis, brand, atau perusahaan memasarkan produk atau jasa menggunakan media email. Email yang mereka kirimkan kepada target pelanggan menjadi sumber informasi mengenai kegiatan, penawaran, pembaruan produk, atau hal lain yang diharapkan dapat menarik pelanggan.
Menjadi salah satu bentuk pemasaran langsung, email marketing dikenal sebagai saluran pemasaran yang kuat. Untuk bisa mendapatkan hasil optimal dari email marketing untuk meningkatkan penjualan, strategi pemasaran tersebut harus dilakukan secara efektif.
Yuk cari tahu apa saja jenis email marketing yang bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan penjualan.
Email Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan: Tips yang Patut Dicoba
Tentukan Tujuan Utama
Setiap jenis digital marketing hadir dengan berbagai kelebihannya, bukan? Akan tetapi, kelebihan tersebut akan terasa apabila kamu sudah lebih dahulu menentukan tujuan yang ingin dicapai. Hal tersebut juga berlaku bagi yang ingin menggunakan email marketing untuk meningkatkan penjualan.
Jadi, pastikan untuk menentukan tujuan utama yang ingin dicapai saat mulai melakukan pemasaran melalui email. Tujuan umum dari pemasaran adalah meningkatkan brand awareness, konversi penjualan, mendapatkan pelanggan baru, meningkatkan trafik web, dan mempertahankan pelanggan setia.
Tetapi, kamu bisa menentukan tujuan yang lebih utama. Dengan tujuan tersebut, akan lebih mudah untuk berfokus pada setiap tahapan kampanye pemasaran email.
Buat Daftar Email
Hal lain yang tidak boleh dilupakan saat hendak melakukan email marketing untuk meningkatkan pemasaran adalah membuat daftar email. Seperti namanya, daftar email atau email list merupakan data diri pelanggan yang kamu pilih sebagai target pemasaran.
Tujuan dari pembuatan daftar email adalah memastikan bahwa target sesuai sasaran. Tidak hanya melalui penawaran spesial, daftar email juga bisa kamu bangun dengan berbagai cara lain, seperti membuat CTA yang lebih bervariatif, mendapatkan subscriber, menyiapkan landing page, dan lainnya.
Kamu juga bisa memanfaatkan iklan popup namun jangan sampai mengganggu pelanggan.
Gunakan Tools yang Tepat
Untuk mengirimkan email untuk kebutuhan pemasaran, tentunya memerlukan tools yang akan sangat membantu. Dengan begitu, email marketing akan mampu menarik perhatikan penerima. Dengan begitu, mereka akan merasa penasaran dan akan membuka serta membaca email, bahkan hingga mengklik tombol CTA di dalamnya.
Selain konten atau isi email yang menarik, kamu juga akan memerlukan beberapa email marketing tools. Beberapa diantaranya adalah MailChimp, OptionMonster, dan lainnya. Dengan mengenali berbagai tools tersebut, kamu bisa memilih tools mana yang sesuai dengan kebutuhan email marketing untuk meningkatkan penjualan.
Pastikan Pesan Bersifat Personal
Biasanya, email marketing dibuat secara personal agar dapat menarik pelanggan. Dengan begitu, kamu mendapatkan peluang yang lebih untuk mendapatkan hasil terbaik dari email marketing untuk meningkatkan penjualan.
Email yang bersifat personal tidak hanya menyapa pelanggan menggunakan nama mereka tetapi juga memastikan konten atau isi email sesuai dengan kebutuhan calon penerima email. Hal ini menjadi salah satu alasan pentingnya mendapatkan informasi para pelanggan yang menjadi target marketing.
Perlu template email marketing? Jika iya, maka kamu bisa membaca artikel satu ini lebih lanjut!
Buat Subjek yang Efektif
Pada umumnya, subjek dan judul email menjadi hal pertama yang penerima email akan baca. Itulah kenapa subjek dan judul harus kamu buat dengan efektif. Hal tersebut akan berkaitan dengan ketertarikan pelanggan untuk membaca email yang mereka terima.
Subjek yang efektif juga turut memperbesar kemungkinan pelanggan bisa sampai pada bagian call-to-action atau CTA dan tujuan kamu akan tercapai.
Untuk membuat subjek yang menarik, kamu bisa menawarkan hadiah menarik atau keuntungan yang akan penerima email dapatkan. Subjek email yang dikemas dengan bahasa menarik dan unik akan memancing emosi dan rasa penasaran pelanggan.
Manfaatkan Header
Saat hendak membuat konten email marketing untuk meningkatkan penjualan, kamu juga bisa memanfaatkan header. Header adalah kalimat pertama dalam email. Jadi, sebaiknya buat header yang menarik. Kamu juga bisa memanfaatkan header yang dapat menimbulkan rasa penasaran para penerima email.
Jangan Lupakan Call-to-Action (CTA)
Call-to-action (CTA) merupakan hal penting lain dalam email marketing untuk meningkatkan penjualan. CTA adalah tombol yang akan mendorong pembaca email untuk melakukan tindakan, misalnya membeli produk atau jasa.
Itulah kenapa CTA harus dibuat dengan jelas. Sebaiknya tidak membuat konten CTA yang bertele-tele agar penerima email tahu apa yang harus mereka lakukan. Hal tersebut juga merupakan tindakan dari penerima email yang kamu harapkan.
Lakukan Email Blast
Pernah mendengar istilah blast sebelumnya? Melakukan email blast berarti kamu menggunakan strategi yang akan sangat membantu dalam menjalankan email marketing. Dimana satu email dikirimkan pada grup penerima email di waktu yang sama.
Untuk melakukannya, tentunya kamu harus punya daftar email seperti yang sudah dikatakan di poin sebelumnya. Dalam membuat daftar email, lengkapi informasi penting termasuk usia, jenis kelamin, alamat, dan lainnya.
Daftar tersebut bahkan bisa juga kamu gunakan untuk kebutuhan pemasaran lain.
Hindari Penggunaan Kalimat yang Bersifat Spam
Tidak jarang orang membuat kesalahan dalam mengirim email marketing dengan memilih kalimat yang ternyata merupakan spam. Untuk bisa menghindari kesalahan tersebut, pastikan bahwa isi email tidak mengandung kalimat yang dicurigai sebagai spam.
Untuk menghindari penggunaan kalimat spam, kamu bisa menggunakan email spam checker. Alat tersebut akan membantu meminimalisir kemungkinan email yang kamu kirim masuk ke kotak spam. Jadi, email akan masuk ke inbox penerima, bukan folder atau kotak spam.
Fokus Pada Kebutuhan Pelanggan Atau Klien
Ingin sukses dalam meningkatkan penjualan melalui pemasaran email? Jika demikian, pastikan kamu akan fokus pada kebutuhan pelanggan atau klien. Itu artinya, email yang dikirim disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pelanggan.
Dengan begitu, pelanggan akan merasa diperhatikan karena mendapatkan email yang tampak personal. Strategi email marketing untuk meningkatkan penjualan tentunya tidak boleh kamu lupakan.
Pilih Platform yang Tepat
Saat memutuskan untuk mengimplementasikan strategi email marketing untuk meningkatkan penjualan, tentunya pemilihan platform email harus diperhatikan dengan baik. Jadi, sebaiknya tidak menggunakan layanan gratis tetapi menggunakan email bisnis profesional.
Mengapa? Saat bisnis mulai berjalan, kebutuhan akan pengiriman email dalam jumlah banyak akan begitu melekat. Jadi, sebaiknya pilih platform yang memang didesain untuk kebutuhan bisnis.
Nah, kamu juga bisa mulai mempelajari seperti apa email bisnis profesional melalui artikel satu ini.
Optimasi Email Marketing
Selanjutnya, agar bisa mendapatkan hasil terbaik dan mencapai tujuan dari implementasi email marketing adalah mengoptimasi email marketing. Hal satu ini menjadi sangat penting karena akan memengaruhi peningkatan konversi dari strategi pemasaran yang kamu lakukan.
Guna meningkatkan kemungkinan email dibuka oleh target penerima, subject line memiliki peran penting dalam hal tersebut. Jelaskan penawaran menarik secara singkat dan email dibuat secara personal. Misalnya, dengan menyertakan nama penerima.
Pastikan email tidak mengandung clickbait dan lengkapi dengan CTA yang mengarahkan penerima email untuk melakukan tindakan yang diharapkan.
Kamu juga bisa mempelajari cara optimasi email marketing lainnya yang tentunya akan sangat bermanfaat.
Analisis Performa Email Marketing
Jika semua strategi dan langkah melakukan email marketing untuk meningkatkan penjualan sudah dilakukan, jangan lupa untuk menganalisis performa email marketing. Langkah satu ini tentunya tidak boleh sampai terlewatkan. Analisa yang kamu lakukan akan membantu mengukur efektivitas kampanye kamu.
Bahkan bila perlu, sebaiknya lakukan evaluasi guna mengetahui berapa banyak email yang terkirim dan dibuka oleh penerima. Selain itu, perhatikan juga tautan yang penerima klik serta tingkat konversi setelah email dikirim. Platform email marketing dapat menyediakan informasi yang kamu perlukan termasuk hasil analisa.
Ini juga menjadi salah satu alasan kenapa harus memilih platform email yang tepat. Manfaatkan juga panduan lengkap email marketing serta informasi terkait email marketing lain. Dengan begitu, kamu bisa memaksimalkan upaya yang dilakukan agar bisa mencapai tujuan.
Kesimpulan
Email marketing merupakan strategi pemasaran digital yang populer. Seperti namanya, strategi tersebut menggunakan email sebagai media pemasaran yaitu dengan mengirimkan email kepada pelanggan. Apakah kamu bertujuan untuk melakukan email marketing untuk meningkatkan penjualan? Atau mungkin ada tujuan lain yang ingin dicapai? Untuk kebutuhan pemasaran tersebut, mengapa tidak memanfaatkan layanan email marketing dari Exabytes? Kamu bisa mendapatkan layanan terbaik dengan harga terjangkau yaitu mulai dari Rp 82 ribuan saja.