10+ Ide Bisnis Online Untuk Pelajar, Mudah Dilakukan!

0
3313

Banyak keuntungan yang diperoleh dengan memulai bisnis sejak masih muda. Suatu kebanggan bisa menghasilkan uang sendiri dan mengelolanya dengan baik. Apalagi jika bisa ditabung untuk masa depan.

Dengan membuka usaha sendiri, bisa menumbuhkan rasa kemandirian. Tidak selalu mengandalkan orangtua untuk membeli barang-barang yang diinginkan. Selain itu, pengalaman pun semakin bertambah. Berikut beberapa bisnis online untuk pelajar yang dapat kamu lakukan. Ide-ide ini mudah kok untuk dilakukan.

Tapi sebelum membahas tentang idenya, simak dulu yuk secara singkat tentang bisnis online itu. Yuk, simak ulasannya!

ilustrasi bisnis online
Bisnis Online (Adobe Stock)

Pengertian Bisnis Online

Pengertian bisnis online secara umum adalah segala kegiatan atau aktivitas bisnis yang dikerjakan secara online (melalui internet). Selain itu, bisnis online dapat diartikan juga sebagai suatu cara untuk melakukan promosi atau menawarkan suatu barang dan jasa yang dilakukan dengan menggunakan jaringan internet.

Oleh karena itu, setiap orang yang memiliki suatu usaha dan melakukan aktivitas usaha atau bisnisnya dengan menggunakan internet, mereka dapat dikatakan sebagai pelaku bisnis online.

Aktivitas atau kegiatan bisnis online ini memiliki berbagai macam jenis, seperti:

  • Jual beli online
  • Menyediakan jasa secara online
  • Dan berbagai jenis lainnya yang dapat kita temukan secara online di berbagai bidang perindustrian.

Rekomendasi Ide Bisnis Online untuk Pelajar 

Hambatan pelajar ketika mau mulai bisnis yaitu modal. Ya, memang tak bisa dipungkiri kalau semuanya membutuhkan modal, namun bukan berarti kamu tidak bisa berbisnis. Sebagai solusinya, berikut ini beberapa rekomendasi bisnis online dengan modal kecil:

Bisnis Jasa Penerjemah

Kamu punya kemampuan bahasa asing? Coba deh jadi penerjemah! Jasa penerjemah sekaligus tour guide adalah yang paling praktis, terutama jika kamu memiliki kemampuan lisan bahasa asing yang memadai.

Selain itu, jika kamu lebih suka menerjemahkan teks, maka kamu juga bisa menjadi penerjemah teks. Kamu bisa memasang tarif mulai dari per lembar atau bahkan per kata untuk setiap teks yang diterjemahkan. Saat ini banyak lho yang menjadi freelancer penerjemah bahasa asing. Siapa tahu kamu bisa jadi salah satunya.

Blogger

Jika kamu memiliki kemampuan menulis, kamu bisa menjadi seorang blogger. Jenis tulisan yang disajikan tentu bisa disesuaikan dengan yang kamu sukai. Jika kamu seorang beauty enthusiast, kamu bisa membuat konten review produk kecantikan dan menjadi beauty blogger. Apabila kamu suka traveling, kamu bisa menjadi travel blogger.

Meskipun tidak tergolong “jualan”, menjadi seorang blogger dan mendaftarkan blog kamu sebagai publisher Adsense merupakan salah satu cara yang menarik untuk mendapatkan pendapatan semi-pasif. Kuncinya, kamu harus benar-benar konsisten dalam membuat konten jika ingin blog kamu ini maju dan dilihat banyak orang. Kamu juga sebaiknya memahami tentang SEO (Search Engine Optimization).

Jasa Penulis Artikel

Jika menurut kamu menjadi seorang blogger akan memakan waktu lama untuk menghasilkan uang. Maka kamu bisa melakukan bisnis online dengan menjual jasa penulis artikel melalui situs marketplace untuk freelance. Tentu hasilnya lebih instan karena kamu akan dibayar ketika artikelnya sudah selesai ditulis dan lolos tahap revisi.

Pekerjaan satu ini sangat cocok untuk pelajar karena waktunya juga fleksibel. Kamu akan mendapatkan bayaran sesuai dengan jumlah artikel yang kamu tulis. Biasanya besarannya ditentukan dari panjang artikelnya. 

Dropshipper atau Reseller

Ide bisnis online untuk pelajar lainnya adalah jadi dropshipper. Menjadi dropshipper atau reseller merupakan cara yang bisa dikatakan cukup simpel, karena tidak harus memiliki modal yang banyak. Lalu, apa sih perbedaannya?

Reseller adalah menjual produk orang lain dengan brand dari produk itu sendiri sedangkan Dropshipper adalah menjual produk orang lain dengan nama brand mu sendiri.

Untuk cara menjadi dropshipper atau reseller, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari produk apa yang ingin kamu jual, sudah banyak referensi dari internet, sekarang kita tinggal eksekusi saja. Kunci sukses menjadi seorang dropshipper atau reseller adalah melakukan promosi yang tepat dan menentukan harga yang tepat untuk produk yang ingin kita jual.

Make up Artist (MUA)

Nah, bisnis yang satu ini pasti digemari kaum hawa, tapi tidak menutup bagi kaum Adam untuk berkecimpung di bidang make up artist. Bagi kamu yang memang suka tata rias atau make up, bekerja sebagai make up artis selain turut mengembangkan skill-mu, kamu juga akan mendapat uang tambahan.

Seorang freelance make up artist dapat dihargai Rp.300.000 bahkan lebih untuk sekali dandan tergantung dengan kualitas make up nya. Maka dari itu, terus latih kemampuan kamu dengan menjadikan teman mu sebagai model. Jangan lupa, posting hasil make up-mu ke media sosial agar semakin banyak orang tahu kemampuanmu menggunakan make up.

menjual barang bekas dapat jadi ide bisnis online untuk pelajar
Menjual barang bekas dapat jadi ide bisnis online untuk pelajar (Adobe Stock)

Menjual Barang Bekas (Preloved)

Saat ini menjual barang bekas adalah bisnis yang sedang tren. Preloved adalah aktivitas jual beli barang bekas. Sebab pada barang-barang tertentu, orang cenderung memilih membeli barang bekas karena lebih murah. Hal ini bisa jadi ide bisnis online untuk pelajar lho.

Kamu dapat memanfaatkan peluang bisnis ini jika memiliki barang-barang yang sedang tren dan banyak dicari orang. Hanya dengan memasarkan melalui sosial media atau teman satu sekolah membuat bisnis preloved kamu cepat berkemang.

Nggak susah kok melakukannya, cukup promosikan barang preloved milikmu sosial media. Selain itu, kamu bisa mengajak teman-temanmu yang lain untuk membuat thrift shop bareng atau menjual barang tersebut di bazar di tempat umum.

Jasa Fotografer

Mungkin banyak dari kalian yang punya hobi dalam bidang fotografi. Nah, kalian bisa menjadikan hal ini sebagai ide bisnis, lho! 

Karena, saat ini pasti apapun ingin di abadikan setiap momen dalam kehidupannya. Misalnya lamaran, bridal shower, aqiqah, pernikahan, pernikahan, hingga baby shower. Jika merasa belum profesional, maka kalian bisa mematok harga di bawah rata – rata dulu. Tentunya kemampuan fotografi konsep, studio mini, kamera, dan kreativitas adalah hal yang dibutuhkan jika kamu ingin terjun ke bisnis ini.

Jasa Desain

Khusus untuk kamu yang memiliki hobi desain, kamu bisa membuat jasa desain dan ilustrasi. Kamu bisa menawarkan jasa kamu dengan menunjukkan portofolio dari karya-karyamu. Untuk jasa desain ini juga sangat beragam seperti desain untuk poster, IG feed, social media content hingga CV.

Portofolio bisa kamu buat dalam bentuk website atau yang lebih mudah kamu juga bisa memanfaatkan Instagram untuk menyusun portofolio kamu. Tentunya bukan saja bisa mendapatkan uang, kamu juga dapat semakin mengasah skill dengan membuka jasa ini.

Membuat Podcast

Belakangan ini, podcast sangat banyak disukai orang, maka buatlah podcast sendiri sebagai salah satu cara mendapatkan uang dari internet. Kamu bisa saja mengajak temanmu dengan membawa topik yang ringan atau bisa juga membahas apa yang lagi trending saat ini.

Apabila nama podcast kamu sudah besar, nantinya akan ada salah satu brand untuk mempromosikan produk tertentu melalui podcast mu. Atau dengan kata lain, podcast kamu lah menjadi sarana promosi dari produk mereka.

Selebgram atau Influencer

Salah satu ide bisnis online untuk pelajar yang sedang booming nya saat ini adalah menjadi seorang selebgram atau influencer. Jika akun sosial media kamu mempunyai followers atau pengikut dalam jumlah yang besar, maka brand dari suatu produk akan datang menghampirimu. Untuk melakukan endorse dari produk mereka, sesuaikan dengan biaya yang sudah kamu tentukan.

Bisnis Afiliasi

Bisnis afiliasi juga menjadi salah satu peluang bisnis online untuk pelajar yang menjanjikan. kamu bisa melakukan pekerjaan ini tanpa modal sedikitpun lho! 

Kamu hanya bertugas untuk mengajak seseorang untuk memberi produk yang kamu tawarkan. Produk ini merupakan milik orang lain, bukan milik kamu sendiri. Kamu akan mendapatkan penghasilan dalam bentuk komisi jika berhasil mengajak orang untuk membeli produk yang kamu tawarkan.

Kalau kamu berminat dengan program afiliasi, Exabytes punya lho program afiliasi. Kamu pun bisa dapat passive income lho dengan ikutan ini. Ikuti panduan bagaimana cara mengikuti afiliasi pemasaran Exabytes di sini ya.

Bisnis Makanan dan Minuman (FnB)

Ide bisnis online untuk pelajar yang bisa dilakukan adalah bisnis food and beverage atau bahasa lainnya adalah bisnis FnB. Banyak remaja yang suka ngemil dan membawa cemilan ke sekolah ataupun ketika sedang berkumpul bersama teman-teman. Nah, kamu bisa memanfaatkan kebiasaan ini dengan menjual makanan ringan bagi teman-temanmu.

bisnis fnb untuk bisnis online untuk pelajar
Bisnis FnB bisa jadi ide bisnis online untuk pelajar (Sumber: Shutterstock)

Ada banyak jenis makanan ringan yang bisa kamu jual, mulai dari kerupuk makaroni, chiki, wafer, dan sebagainya. Ini bisa menjadi peluang bisnis yang cocok bagi kamu yang masih pelajar dan ingin memulai usaha dengan modal minim, bahkan di bawah Rp.50.000.

Atau kamu juga bisa cari referensi makanan atau minuman apa yang cocok untuk dijual yang unik dengan citarasa lezat pastinya. Kamu juga bisa mulai bisnis FnB dengan melihat makanan apa yang lagi tren lho. Contohnya seperti bubble tea, croffle dan masih banyak lainnya.

Guru Les Privat

Saat ini banyak orang tua yang ingin memberikan pelajaran tambahan bagi anak-anaknya di rumah. Selain ingin mengejar keterlambatan di sekolah, ini juga sebagai salah satu tujuan orang tua untuk memasukkan anaknya di sekolah tertentu. 

Untuk menjadi guru privat kamu cukup memanfaatkan skill dan ilmu yang kamu tahu, agar lebih mudah, kamu bisa mengambil privat bagi anak SD, SMP maupun SMA. Selain bisa terus belajar, kamu juga bisa mendapatkan tambahan uang saku yang cukup besar.

Nah, bagi kalian para pelajar yang ingin memiliki uang jajan tambahan, kalian bisa mencoba rekomendasi bisnis online untuk pelajar diatas. Nggak butuh modal besar kok buat melakukan hal-hal di atas. Bagaimana? Mudah bukan. Semoga informasi diatas bermanfaat dan selamat mencoba!

Bagi kamu pelajar atau mahasiswa yang baru membuat website, Exabytes menawarkan layanan Paket Web Hosting Pelajar (EStudent) hanya 13.900/bln dengan kapasitas sangat besar 12GB SSD untuk menyimpan data website dengan traffic tinggi. Exabytes juga memastikan website kamu selalu bisa diakses dengan jaminan Tier-3 server uptime 99,9%.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments