Begini 7 Cara Menyiapkan Bisnis Untuk Bulan Ramadhan 2021!

67
Cara menyiapkan bisnis di bulan Ramadhan
Raih Kemenangan
11 min read

Hari raya Idul Fitri sudah semakin mendekat, berarti sekarang adalah waktu yang tepat untuk menyiapkan bisnis untuk bulan Ramadhan yang akan datang. Bulan Ramadhan bisa dibilang sebagai bulan yang membawa berkah kepada banyak orang, salah satunya kepada entrepreneurs dan pebisnis online. 

Memiliki bisnis di bulan Ramadhan sangatlah sulit karena Ramadhan adalah bulan yang sangat berbeda dari bulan-bulan biasa. Selain perbedaan pola makan dan waktu browsing di internet, banyak banget hal-hal lain yang berubah. Sehingga, karena perilaku konsumen yang menjadi semakin konsumtif, hal tersebut dapat memberikan kesempatan untuk para enterpreneur agar bisa mengalami kenaikkan profit. 

cara menyiapkan bisnis untuk ramadhan
Bisnis di bulan Ramadhan ( source: Adobe Phototock )

Akan tetapi, kesuksesan tersebut tentunya bisa terjadi jika bisnis sudah didampingi oleh strategi serta langkah-langkah yang efektif dan tepat. Oleh karena itu, apakah bisnismu sudah siap untuk menghadapi bulan Ramadhan yang akan datang? Jika belum, yuk simak dulu cara yang bisa di ikuti buat menyiapkan bisnis untuk bulan ramadhan 2021. 

Cara menyiapkan bisnis untuk bulan Ramadhan 

Inilah cara menyiapkan bisnis yang dapat di ikuti buat bisnis bulan Ramadhan di tahun 2021! 

Mempersiapkan produk 

Yang pertama dan paling penting, kamu harus mempersiapkan produk kamu dengan matang. Tentunya, produk yang akan dijual di bulan Ramadhan sudah harus dipiikirkan dari waktu-waktu sebelumnya. Karena kompetisi akan semakin menaik, lebih dari bulan biasanya, harus dipastikan bahwa produk yang dijual oleh bisnismu mempunyai competitive advantage tersendiri agar bisa stand out dari kompetitor lain. 

Untuk mencapai hal berikut, mungkin bisa menjual barang yang sangat dibutuhkan pada bulan ramadhan seperti; produk kebutuhan keluarga, dan yang semacamnya. 

Kemudian, untuk memperkuat produk milikmu, bisa juga ditambahkan nuansa lebaran untuk produk yang akan launch. Contohnya, kamu bisa menjual kue kering, takjil, poster Ramadhan, ataupun jasa kartu ucapan. Namun, jika bisnismu sudah berjalan cukup lama, kamu juga bisa mengeluarkan produk spesial edisi lebaran teruntuk bulan Ramadhan. Dengan berikut, sebuah bisnis bisa mengalami kenaikkan dalam segi pendapat untuk bulan Ramadhan itu. 

Selain itu, inventory produk pun harus diperhatikan. Selalu pastikan bahwa ketersediaan dan stok produk bisa berjalan dengan lancar karena jika kamu menampilkan “stok habis” kepada pelanggan, hal tersebut akan sangat mengecewakan. Jadi, selalu perhatikan dengan baik stok produkmu agar bisa menghindari worst case scenarios

Memperhatikan perilaku konsumen 

Yang kedua dan gak kalah penting, kamu harus memperhatikan perilaku konsumen atau sering dibilang sebagai consumer behaviour. Perilaku konsumen ini sangat penting untuk menentukan jam operasional, strategi promosi, serta mengetahui tren produk yang diinginkan buat bisnismu. 

Apa aja sih produk yang diinginkan konsumen di bulan ramadhan? Kapan aja sih mereka melihat produk kita? Kapan sih mereka membutuhkan produknya? Nah, semua pertanyaan tersebut akan bisa terjawab jika kamu memperhatikan perilaku konsumen. 

Dengan memperhatikan perilaku konsumen, kamu bisa menentukan waktu untuk mengunggah konten, tipe promosi, produk yang diinginkan, serta jam delivery yang sesuai oleh pelanggan. Jadi, bisa dibilang bahwa langkah ini termasuk langkah dasar dan bagian dari langkah market research. Dengan memperhatikan hal tersebut, kamu bisa mempunyai basis agar bisa menyiapkan bisnismu untuk Ramadhan dan untuk langkah selanjutnya. 

Membentuk strategi marketing dan promosi khusus lebaran 

Selanjutnya adalah langkah yang paling sering diomongin yaitu, strategi marketing dan promosi. Tentunya, karena bulan Ramadhan ini adalah musim yang sangat dinantikan, jadi bisnis milikmu harus mempunyai strategi marketing dan promosi yang berbeda dengan sebelumnya. Entah itu dengan diskon yang beda, packaging yang beda, ataupun mungkin produk ekstra yang menambah, semuanya harus dibentuk dengan matang agar bisa menyiapkan bisnis Ramadhan. 

Promo dan Diskon 

Di bulan Ramadhan, promo dan diskon menjadi hal yang paling dinantikan. Jadi, menggunakan strategi diskon seperti “lebaran sale 30%” ataupun promo seperti “ lebaran promo buy 1 get 1” bisa dimanfaatkan untuk menarik pembeli. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan promo unik dan menarik seperti menjual dengan sistem “bundling lebaran” atau paketan dengan barang yang sangat dibutuhkan sekarang seperti masker atau hand sanitizer.

Atau, kamu juga bisa memberikan bonus items seperti memberikan takjil, kurma, multivitamin, ataupun alat-alat lainnya yang sering dibutuhkan. Dengan strategi promosi dan diskon seperti berikut, bisnismu bisa menjual lebih banyak dari sebelumnya karena hal tersebut dapat menarik perhatian potential target market yang baru.

Hampers dan Kartu Ucapan

Selanjutnya, di hari mendekati hari raya, kamu juga bisa mengeluarkan hampers, yang merupakan gift set sebagai barang special edition. Karena hampers merupakan salah satu hal yang sangat diincar oleh konsumen di waktu lebaran, hal tersebut akan menarik perhatian pelanggan dan outwin competitors.

Kemudian, ketika kamu menjual produk, mengasih kartu ucapan juga bisa menjadi strategi yang bagus karena hal tersebut akan bantu membangun image suatu bisnis. Sehingga, citra baik usaha kamu bisa dikenang oleh para pelanggan. 

Online Marketing 

Strategi Marketing yang patut untuk diikuti adalah untuk memanfaatkan media online marketing. Karena kebanyakan masyarakat Indonesia yang akan memain internet dan aktif di sosial media di saat bulan Ramadhan, online marketing menjadi salah satu strategi yang harus di ikuti. 

Bisnis di bulan ramadhan
Menyiapkan Bisnis di bulan Ramadhan ( source: Adobe Phototock )

Beberapa strategi online marketing yang sedang berjamur dan bisa kamu ikuti sekarang adalah; menjual di platform e-commerce, memiliki website, dan juga memiliki akun media sosial. Media-media tersebut bisa membantu bisnismu untuk memasarkan produk secara lebih luas karena dapat mencakup target market yang luas. 

Juga, karena menonton video menjadi salah satu source of entertainment untuk para masyarakat Indonesia, kamu bisa coba untuk membuat video ads ataupun video campaigns sebagai strategi online marketing bisnis kamu agar bisa menjangkau market yang lebih luas lagi. 

Mengubah Tema website dan akun sosial media

Mengubah tema website dan akun sosial media agar sesuai dengan nuansa lebaran menjadi salah satu strategi yang sangat efektif.  Jadi, pastikan kamu sudah mempersiapkan desain feeds untuk di sosial media dan website untuk bulan Ramadhan agar bisa stand out di bulan Ramadhan. 

Memiliki tema website dan sosial media yang bernuansa lebaran akan membangun citra bisnis di depan pelanggan ataupun potential customers. Karena kamu akan terlihat seperti menghargai bulan Ramadhan, banyak customer pun akan menghargai bisnismu. 

Mempersiapkan Konten Ramadhan 

Selanjutnya, selain mengubah tema kamu juga harus mempersiapkan konten spesifik sebagai salah satu cara menyiapkan bisnis untuk Ramadhan. Selain konten-konten promosi yang sudah disebutkan diatas, kamu juga bisa mulai mempersiapka konten menarik yang bisa di share setiap hari selama bulan Ramadhan. 

Contohnya, kamu bisa menyiapkan konten masak untuk sahur dan buka puasa, aktivitas yang bisa dilakukan selama Ramadhan, tutorial membikin sesuatu, memes yang berkait dengan Ramadhan, ataup konten berbagi (donasi dan zakat) dan yang terlihat spiritual. Dengan demikian, kamu bisa menaikkan user engagement di dalam sosial media dan menarik pelanggan untuk berinteraksi selama bulan Ramadhan. 

Mengelola arus kas yang efektif 

Patikan bisnismu bisa mengelola arus kas yang baik dan efektif untuk di bulan Ramadhan yang akan mendatang. Yang dimaksud adalah, jangan biarkan keuangan pribadi dan bisnis tercampur. Gunakanlah keuangan dari bisnis hanya untuk kepentingan bisnis.

Seperti bulan-bulan sebelumnya, kamu akan tetap mengeluarkan biaya operasional. Tapi bedanya, di bulan Ramadhan kamu akan mengeluarkan biaya operasional yang lebih dari sebelumnya untuk membiayai pembelian stok yang lebih banyak, mengkreasi hampers, atau mungkin juga untuk biaya strategi marketing yang baru. 

Oleh karena itu, sangat penting buat kamu sosok entrepreneur, untuk menjaga arus kas dan mempersiapkan biaya terlebih dahulu agar tidak usah ngutang pada bulan Ramadhan dan agar bisnismu berjalan dengan lancar.  

Menambah dan Merubah Jam Operasional 

Untuk bulan Ramadhan yang akan datang, apalagi masih dalam situasi Work From home, bisnismu harus sedikit merubah dan menambah jam operasional. Hal tersebut dikarenakan, kebanyakan orang akan browsing internet dan aktif di sosial media di waktu-waktu tertentu seperti; maghrib untuk buka puasa, saat sahur, saat mendekati buka puasa, dan juga saat jam istirahat siang. 

bisnis sukses di bulan ramadhan
Cara pengiriman di bulan Ramadhan ( source: Adobe Phototock )

Dengan mengetahui jam-jam tersebut, pastikan kamu berada di waktu – waktu yang dibutuhkan. Selain itu, dengan memperhatikan hal tersebut kamu bisa memperhatikan jam waktu efektif untuk menyesuaikan promosi dan upload konten.

Cara meningkatkan keuntungan bisnis di bulan ramadhan 2021 

Selain cara menyiapkan bisnis untuk bulan Ramadhan yang tertera diatas, kamu juga bisa mengikuti deskripsi di bawah ini agar bisa meningkatkan keuntungan bisnis di bulan Ramadhan mendatang. 

Foto produk yang menarik 

Yang pertama, kamu bisa mulai dengan merapikan foto produkmu. Mau itu buat website tersendiri (jika kamu punya bisnis online), atau buat tampilan di e-commerce seperti Shopee, Lazada, atau Tokopedia, pastikan bahwa penampilan produkmu terlihat rapi, estetik, dan jelas. 

bisnis di bulan ramadhan
Foto Produk untuk bulan Ramadhan ( source: Adobe Phototock )

Apalagi, jika kamu ingin menjual bundling, hampers atau barang spesial untuk Ramadhan, pastikan foto produkmu terlihat bagus. Hal tersebut dikarenakan, bisnismu akan terlihat “layak” untuk dibeli oleh pelanggan dibanding kompetitor lainnya. 

Buat kamu yang ingin tahu cara menghasilkan foto produk yang keren dan catchy, simak yuk artikel ini karena ada tips foto produk dari @fotoprodukjakarta lho.

Deskripsi Produk yang Sesuai 

Kemudian, jika foto produk sudah teratur, pastikan deskripsi produkmu sesuai saat ditampilkan barengan dengan foto yang diunggah. Hal tersebut karena, pelanggan akan selalu menginginkan informasi terlengkap tentang produk yang ingin dibeli, sehingga jika deskripsi produk bisnismu masih belum rapi dan tidak merepresentasikan produkmu dengan jelas, sekarang saatnya untuk diganti. 

Nah, kayak gimana sih deskripsi yang bagus? Tidak ada deskripsi yang bagus atau tidak bagus, yang penting deskripsi produk bisa ngasih informasi dengan jelas. Jadi, pastikan deskripsi produk bisnismu singkat, padat, dan jelas. Kemudian, kamu juga bisa mencantumkan “fun fact” di dalam deskripsi agar terlihat catchy

Promo Gratis Biaya Ongkir 

Nyatanya adalah, strategi promosi selalu ampuh, apa lagi promo gratis biaya ongkir. Bahkan karena diskon-diskon tertentu, orang yang tadinya cuman melihat tanpa niat beli malah jadi membeli. Mayoritas pelanggan sangat tidak menyukai adanya biaya kirim tambahan dan ini menjadi salah satu kendala pelanggan untuk membeli. 

menyiapkan bisnis untuk bulan ramadhan
Membungkus produk ( source:Adobe Photoshop)

Kamu bisa menggunakan promo gratis biaya ongkir dengan ketentuan tertentu seperti minimum pembelanjaan atau hal- hal yang berkaitan. Dengan demikian, pelanggan akan lebih tertarik untuk membeli dan bisnismu bisa mengalami peningkatan dalam segi untung. 

Messaging yang Berkesan 

Yang terakhir adalah dengan menggunakan messaging yang berkesan untuk strategi marketing bisnismu. Karena bulan Ramadhan ini bulan dimana orang akan banyak berbagi, jika kamu berinisiatif untuk melakukan donasi atau kata-kata berbagi sebagai salah satu strategi, image bisnismu akan menjadi lebih baik. Sehingga, hal tersebut akan menarik perhatian pembeli dan di saat yang sama kamu juga melakukan kebaikan. 

Messaging ini bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Contohnya, kamu bisa berkolaborasi dengan NGO (non-profit organisation), membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan, atau mengunggah link donasi (seperti kitabisa.com) di dalam kontenmu. Selain menarik pembeli, kamu juga dapat menolong masyarakat yang membutuhkannya di bulan Ramadhan. 

Penutupan 

Menjalani bisnis di bulan Ramadhan memang lebih sulit dari biasanya, ada banyak sekali yang harus diubah untuk beradaptasi kepada waktu di masa Ramadhan. Mulai dari jam operasional, strategi marketing, dan juga tema desain, semua harus disesuaikan untuk bulan Ramadhan. 

Tapi jangan takut, dengan langkah-langkah yang tertera di atas kamu bisa menyiapkan bisnis untuk bulan Ramadhan. Nah, tentunya, jika aspek yang disebut bisa diperhatikan secara detil, kamu bisa menjalankan bisnis di bulan Ramadhan dengan sukses. 

bisnis bulan ramadhan
Bisnis di bulan Ramadhan ( source: Adobe Phototock )

Karena online marketing menjadi salah satu strategi marketing yang sangat populer dan dibutuhkan untuk bulan Ramadhan, apakah kamu sudah membuat website untuk bisnis mu? 


Jika belum, tunggu apa lagi? Yuk segera bikin website agar bisnismu bisa menjangkau customer lebih banyak dan agar bisa membangun reputasi. Exabytes menawari banyak layanan web hosting lho, langsung aja di cek jika kamu ingin membuat website!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
Raih Kemenangan