Produktif Selama Ramadhan, Ikuti 10 Kegiatan Ini!

146
Raih Kemenangan
8 min read

Ramadhan segera tiba, apakah kamu bingung harus ngapain aja? Apalagi dengan kondisi di tengah pandemi gini yang mengharuskanmu untuk selalu dirumah. 

Bulan yang memberi berkah ini tentunya sangat dinantikan oleh banyak masyarakat. Selain menjadi kesempatan untuk bisa berbisnis, bulan Ramadhan waktu yang sangat tepat untuk kamu yang ingin berkegiatan produktif dan mencoba hal-hal baru. 

Dari sekian banyak kegiatan yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan yang akan datang, ini dia beberapa kegiatan rekomendasi dari Exabytes agar Exabytes friends bisa tetap produktif selama Ramadhan. 

Kegiatan Produktif Selama Ramadhan 

Meskipun bulan Ramadhan lebih menantang dari bulan-bulan sebelumnya, kamu tentunya masih bisa produktif lho di bulan ini. Apa saja kegiatan produktifnya? Yuk langsung saja simak dibawah sini. 

Memaksimalkan Waktu Pagi 

Kegiatan produktif yang pertama bisa dilakukan adalah untuk memaksimalkan waktu di pagi hari. Hal tersebut bisa dimulai dengan bangun lebih pagi dan memulai kegiatan lebih awal. Kamu juga bisa menciptakan ritual pagi seperti; mencuci muka atau skincare, menyalakan lagu yang bahagia, ataupun melakukan beberapa penggerakan ringan. Apapun yang bisa membuat suasana di hari itu terasa lebih produktif. 

Karena waktu pagi ( sekitar habis sahur sampai jam 12) merupakan waktu yang penuh bersemangat, kamu bisa selesaikan tugas-tugas yang susah terlebih dahulu di jam tersebut dan baru mengerjakan yang lain di akhir jam kerja. Hal tersebut dikarenakan, biasanya jam-jam selesai kerja yang mendekati waktu buka puasa adalah waktu dimana konsentrasimu menurun. 

Selain itu, kamu juga bisa hindari melihat handphone atau melirik sosial media. Daripada itu, kamu bisa menggunakan waktu tersebut untuk kegiatan lain yang bisa lebih membantu untuk pengembangan diri seperti; meditasi. 

Melakukan Olahraga 

Kegiatan produktif selama Ramadhan yang kedua adalah untuk berolahraga. Di saat Ramadhan, olahraga bisa meningkatkan metabolisme serta produktifitas sebanyak 50% lho. Jadi bisa membuatmu merasa lebih energik di hari tertentu. 

kegiatan produktif selama Ramadhan
olahraga di rumah ( source; adobe photostock)

Berolahraga akan sedikit lebih menantang untuk di lakukan di bulan Ramadhan karena badan kamu rendah energi. Akan tetapi, kamu bisa meluangkan waktu untuk berolahraga setelah buka puasa ataupun pas satu jam sebelum waktu Maghrib. Dengan demikian, hal tersebut justru bisa memberi energi dan memungkinkanmu untuk lebih berfokus. 

Mencoba untuk Bermeditasi 

Yang ketiga kamu bisa coba untuk bermeditasi. Meditasi merupakan salah satu olahraga yang bisa dilakukan ketika kamu stres atau cemas di tengah hari. Oleh karena itu, meditasi akan membantumu untuk mengelola semua emosi di bulan Ramadhan yang akan datang ini. 

Meskipun akan sulit di awal karena harus duduk diam dan mengeluarkan semua pikiran, meditasi akan sangat berguna jika dilakukan dalam jangka panjang. Jadi, tunggu apa lagi, yuk langsung saja mulai bermeditasi! Banyak sekali video Youtube yang bisa kamu ikuti lho. 

Mengikuti Webinar 

Menjadi produktif selama Ramadhan sebenarnya tidak terlalu susah lho. Karena di masa pandemi, sekarang semua hal serba Online. Oleh karena itu, kamu bisa ikuti webinar yang diselenggarakan secara online lho!

Baca Juga  12 Bisnis Bulan Ramadhan Yang Bisa Dikerjakan di Rumah

Ada banyak sekali webinar yang berjalan online, diantaranya kamu bisa pilih diantara; webinar tentang karir, webinar tentang isu sosial, webinar tentang beasiswa dan masih banyak yang lainnya. Tentunya, kamu  juga bisa mengikuti webinar yang diselenggarakan Exabytes di setiap minggu lho! 

Untuk info selanjutnya bisa kunjungi blog event Exabytes karena banyak banget lho webinar yang Exabytes selenggarakan. Buat kamu marketing enthusiast atau developer, wajib nih ikutan event-event di Exabytes.

Belajar Online/online course 

Kegiatan produktif yang kelima adalah untuk mengikuti online course. Ramadhan di masa Pandemi yang mengharuskanmu untuk menetap di rumah, kamu bisa mendaftarkan diri untuk belajar online. Dengan belajar online, kamu tentunya bisa menambah skill baru seperti; menulis, ngedesain, belajar coding, belajar musik, belajar masak dan masih banyak lagi. 

Yang paling populer adalah; belajar bahasa baru. Apakah kamu salah satu yang sangat menyukai drama Korea? Atau kamu selalu ingin belajar bahasa Jerman serta Inggris ? 

Mulailah di Ramadhan ini, telusuri online course yang bisa diikuti, unggahlah aplikasi bahasa yang bisa dipakai, ataupun dengarkanlah podcast yang mengajari bahasa. Kamu mungkin tidak akan lancar secara langsing, tapi hal tersebut bisa menjaga keaktifan otakmu. 

Eksplorasi Kegiatan/Hobi baru 

Kegiatan selanjutnya yang bisa membuat Ramadhanmu produktif adalah dengan mengeksplorasi kegiatan atau hobi baru. Ramadhan menjadi bulan yang sangat tepat untuk mencoba hal-hal baru dan mengembangkan sisi seni dan kerajinan. 

Kamu bisa coba melukis, mewarnai, gambar, atau mulai memainkan musik. Dengan demikian, mengeksplorasi dengan hal-hal tersebut bisa menjadi kegiatan pelepasan yang menenangkan untuk dirimu sendiri. 

Atau kamu bisa menemukan kegiatan baru yang belum kamu coba sebelumnya. Misalnya belajar bahasa asing yang kamu minati atau membuat kerajinan tangan. Wah, sepertinya seru kan buat dicoba?

Memulai Blog dan Bisnis Online 

Apakah kamu sosok yang suka membuat konten atau ingin berbisnis tapi belum tercapai? Bulan Ramadhan menjadi bulan yang pas untuk kamu memulai hal tersebut. 

Kamu bisa mulai dengan membuat bisnis online dan menjualkan hal-hal yang dibutuhkan di bulan Ramadhan. Seperti, kue kering, Ramadhan greeting cards, takjil, dan masih banyak yang lainnya yang bisa kamu cek di artikel Exabytes ini lho.

Selain itu, kamu juga bisa membuat blog untuk mendokumentasikan opini serta membagi pemikiran, tips, dan pengalaman di dalam kontenmu. Dengan demikian, kam bisa mengubah hobimu menjadi aktivitas sampingan yang bisa menghasilkan pendapatan tambahan.

Eits, kalau kamu sudah memiliki blog bisa memanfaatkan Ramadhan kali ini untuk mengisi konten blog kamu lho. Salah satunya dengan ikutan Lomba Blog Exabytes Season 2 nih. Dengan menulis artikel, kamu bisa menang hadiah keren lho. Cek informasi selengkapnya di sini ya. 

Jika kamu masih bingung bagaimana membuat website online untuk blog dan bisnis online, Exabytes mempunyai beragam promo salah satunya web hosting yang bisa kamu lirik lho. 

Membaca Buku 

Masih bingung gimana cara bisa produktif selama ramadhan? Jawabannya adalah dengan membaca buku. Jika kamu adalah sosok yang ingin mulai membaca buku dari dulu tapi belum tersampai, sekaranglah waktu yang sangat tepat. 

Dengan memulai baca buku baru atau melanjutkan buku yang telah dibaca akan menghiburmu selama bulan Ramadhan dan sekaligus akan memperluas kosa kata serta keterampilan bahasamu. Jika dihitung, puasa selama 30 hari, kamu bisa menyelesaikan satu buku jika membaca 4 lembar per harinya. 

Baca Juga  12 Bisnis Bulan Ramadhan Yang Bisa Dikerjakan di Rumah

Jadi, ayolah mulai membaca buku untuk mengoptimalkan waktu bulan Ramadhanmu. 

Bercocok Tanam 

Seperti yang kita sudah tau, bercocok tanam sempat viral selama masa pandemi ini. Bagaimana tidak, bercocok tanam dan memiliki kebun sayur bisa menyenangkan karena dapat menaikkan suasana hati. 

Kegiatan produktif
Ilustrasi bercocok tanam ( source : Adobe Photostock )

Oleh karena itu, mulai bercocok tanam di bulan Ramadhan ini bisa sangat bermanfaat dan bisa merilekskan pikiran. Jadi, sangat cocok untuk dijadikan kegiatan produktif selama Ramadhan. 

Tips untuk tetap mempertahankan produktivitas selama Ramadhan 

Terkadang di saat sudah memulai suatu kegiatan produktif, sering sekali kehilangan motivasi untuk melanjutkannya. Apalagi di bulan Ramadhan ini yang akan lebih menantang dari bulan-bulan sebelumnya. Oleh karena itu, kamu bisa mengikuti beberapa tips dari Exabytes ini agar bisa menjaga produktivitas selama Ramadhan. 

Menulis Jurnal 

Yang pertama, kamu bisa mulai menulis jurnal. Dengan menulis jurnal kamu bisa menulis dan memusatkan semua pikiran kepada satu tempat dan bisa melacak semua kegiatanmu dalam jurnal tersebut. 

ramadhan produktif
Menulis Jurnal ( source: Adobe Photostock)

Selain itu, menulis jurnal juga bisa menjadi cara yang bagus untuk melenturkan kreativitasmu dan mencari inspirasi atau motivasi untuk melanjutkan kegiatan produktif selanjutnya. Kamu tidak perlu pulpen dan buku yang mewah, dengan kertas biasa ataupun template online pun sudah cukup.  Dengan demikian, menulis jurnal bisa membuatmu tetap produktif selama Ramadhan. 

Membuat weekly dan daily Planning 

Cara yang kedua adalah dengan membuat planning atau bisa dibilang sebagai rencana di setiap hari dan minggu. Membuat weekly planning dan daily planning merupakan salah satu hal yang esensial untuk memaksimalkan produktivitas mu selama Ramadhan. Karena bulan Ramadhan membutuhkanmu untuk  ngereset rutin yang sebelum-sebelumnya, membuat rutin yang baru di bulan ini sangatlah penting. 

Daripada terburu-buru dan melakukan kegiatan secara acal, acakan lebih baik jika kamu mulai merencanakannya dari awal. Di dalam weekly dan daily planning yang kamu buat di jurnal atau buku tertentu, kamu juga bisa  menentukan tujuan yang ingin dicapai di hari atau bulan itu. 

Dengan demikian, merencanakan kegiatan di awal hari atau minggu bisa membuatmu lebih produktif selama Ramadhan.

Istirahat di Jam Tertentu 

Yang terakhir adalah pastikan bahwa kamu tetap istirahat di jam-jam tertentu. Stretching, tarik nafas, jalan sedikit ketika kamu sedang melakukan kegiatan tertentu. Hal tersebut akan mengembalikan tenaga dan membuat kamu lebih fokus lagi. 

Walaupun akan lebih menggoda untuk terus berkegiatan, namun terus bekerja tidak akan membuatmu tambah produktif. Malahan, terus berkegiatan tanpa istirahat akan lebih menguras tenaga. Jadi, pastikan kamu meluangkan waktu setidaknya 5 menit untuk istirahat. 

Penutupan 

Sekian beberapa kegiatan produktif yang bisa dilakukan selama bulan Ramadhan. Kegiatan produktif yang direkomendasikan termasuk; membuat rutinitas pagi, olahraga, mengikuti webinar, belajar bahasa baru, mengeksplorasi hobi baru, memulai blog dan bisnis online, membaca buku dan bercocok tanam. Jangan ragu untuk memilih salah satu dan segera mulai ya Exabytes friends!. 

kegiatan produktif selama Ramadhan
Ilustrasi tangan berdoa disaat Ramadhan ( Source: Adobe Photostock )

Kemudian ada juga beberapa tips untuk bagaimana mempertahankan produktivitas tersebut, termasuk; menulis jurnal, membuat rencana, dan beristirahat di jam tertentu. Akan tetapi, jika kamu hanya ingin beristirahat dan tidak berkegiatan di bulan Ramadhan pun juga tidak apa- apa.

Tetap semangat dan produktif ya di bulan Ramadhan. Selamat berpuasa teman-teman.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
Raih Kemenangan