Prediksi Tren dan Optimalisasi Website dengan SEO (Ulasan Webinar EDD On Air)

131
8 min read

Hello Exabytes Friends!

Seiring kemajuan teknologi yang sangat pesat saat ini tentu berdampak pada tren yang muncul nantinya. Setiap individu ataupun perusahaan tentu harus bisa menyesuaikan diri dan siap menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi. Penyesuaian tersebut tentu diperlukan agar bisa bertahan. Oleh karena itu penting untuk melakukan penyesuaian serta memprediksi tren – tren yang terjadi dan yang akan datang. Jika kita bisa memprediksi tren yang akan terjadi, maka itu menjadi keuntungan tersendiri untuk kita bisa memaksimalkan bisnis. Salah satu caranya yaitu dengan merancang strategi marketing dan optimalisasi website bisnis dengan SEO sesuai tren.

Nah oleh karena itu, Exabytes menyelenggarakan webinar dengan judul Exabytes Digital On Air: Prediksi Tren dan Optimalisasi Website dengan SEO pada hari Kamis (21/5/20) kemarin.

Pada webinar kemarin kami mengundang dua pembicara yang hebat dibidangnya, yaitu  Joe Handaya selaku SEO Manager dari Bramble Furniture dan Agung Sukariman selaku Digital Marketing Specialist dari Exabytes Indonesia.

Langsung saja tanpa berlama – lama, apa sih topik yang dibahas pada webinar kemarin? Silahkan simak ulasannya pada artikel ini.

Optimalisasi Website dengan SEO

Pada bagian ini pembicara Joe Handaya membahas tentang optimalisasi website dengan SEO, yang mana pembahasan tersebut dimulai dari pengertian SEO, kenapa harus menggunakan SEO dan apa tips – tips nya untuk mengoptimalkan sebuah website.

Mengenal SEO

Menurut Joe Handaya, SEO adalah sebuah teknik atau proses mengoptimasi suatu website agar bisa masuk ke halaman mesin pencari. Proses optimasi tersebut termasuk pembuatan konten, tata letak atau desain website yang menarik dari sisi user dan search engine. SEO ini salah satu jenis marketing yang sangat efektif dan kenapa harus menggunakan SEO :

  • Meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas
  • Investasi jangka panjang
  • Menekan biaya promosi digital (lebih murah dari paid ads)
  • Pengguna mesin pencari semakin meningkat
  • 68% – 72% orang memilih halaman non paid
  • Berdampak pada siklus pembelian

Cara Kerja SEO

Bagaimana cara kerja SEO? Pertama bot Google melakukan crawling terlebih dahulu untuk menemukan informasi website yang tersebar di internet. Selanjutnya dilakukan indexing yaitu proses analisa dan pemindahan data dari crawling. Tahap indexing memiliki beberapa faktor yaitu :

  • HTTP Status
  • Page Load Speed
  • URL Structure
  • Canonical Tag
  • Meta Robots
  • Robots txt
  • XML Sitemap

Tahap terakhir dari cara kerja SEO yaitu ranking untuk penentuan dimana halaman tersebut berada di mesin pencari, apakah berada di halaman 1 dan lain-lain.

  • Website Aman & Mudah Diakses : Pastikan website menggunakan SSL, karena berdasarkan analisa bahwa website dengan SSL lebih mudah untuk di ranking. SSL juga penting agar meningkatkan kepercayaan pengunjung. Lalu buatlah code dengan baik dan kurangi penggunaan code javascript. Buat juga file robots.txt agar bot bisa melihat konten Anda dan jangan lupa update semua halaman di XML Sitemap.  
  • Page Load Speed : Page speed mempengaruhi tingkat kecepatan crawling Google bot. Menurut Joe Handaya, percuma website bagus namun website tersebut lamban diakses. Beberapa faktor penentu kecepatan website yaitu kapasitas gambar, kodingan website dan hosting yang digunakan. Jadi pastikan website Anda cepat diakses yaa. Jika bingung memilih mana hosting yang tepat, kami sarankan Anda menggunakan hosting WordPress, jaminan anti lemot dengan SSD.
  • Mobile Friendly : Pastikan website tersebut mobile friendly, karena Google lebih mengutamakan website yang responsive dibandingkan website yang tidak responsive
  • Optimasi Konten : Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk optimasi konten yaitu, pastikan kata kunci berada di judul, subjudul dan isi. Sisipkan internal link di konten tersebut, meta data, tambahkan multimedia seperti gambar atau video untuk kenyamanan user, pembahasan konten yang mendalam, penentuan keyword dan konten yang relevan.
  • User Experience : Search engine menggunakan algoritma rankbrain dalam menentukan ranking. Pastikan Anda mempunyai judul yang menarik yang ditampilkan di search result agar meningkatkan CTR atau click through rate. Jika website tersebut sering di klik maka kemungkinan website tersebut akan naik di search results. Bounce rate juga mempengaruhi ranking, jadi usahakan halaman website Anda memiliki bounce rate rendah.
  • Links : Link ini cukup penting untuk penentuan ranking. Jadi pastikan Anda tidak mengabaikan faktor ini. Jenis jenis link yaitu inbound link, outbound link dan internal link.
Baca Juga  6 SEO Tools Gratis Terbaik Versi Exabytes

Prediksi Tren Untuk Konten

Menurut Agung Sukariman selaku Digital Marketing Specialist Exabytes, prediksi tentang kejadian di masa depan tentu tentu tidak pasti. Sehingga informasi akurat yang dijamin tentang masa depan adalah tidak mungkin. Namun prediksi tetaplah penting dan bermanfaat untuk membantu membuat rencana tentang kemungkinan perkembangan. Kutipan tersebut diambil dari Howard H. Stevenson salah satu lulusan Harvard University. Nah langsung saja simak materi yang dibahas kemarin.

Google Trends 

Tools yang disarankan oleh Agung Sukariman yaitu Google Trends. Anda bisa melihat hal – hal apa saja yang sedang tren dengan tools ini dan bisa menemukan ide untuk membuat artikel atau tulisan selanjutnya. Salah satu contohnya yang sedang tren saat ini berdasarkan data yang ditampilkan di Google Trends yaitu coronavirus. Tren tersebut mulai dari 11 Februari terus naik dan puncaknya sekitar 20 maret 2020.

Menurut Agung Sukariman berdasarkan data dari artikel Google, Anda bisa mengoptimalkan konten Anda dengan keyword ‘belajar dari rumah’ , ‘belajar skill baru dari rumah’, ‘belajar hobi baru dari rumah’ dan lain-lain. Namun selain keyword, faktor terpenting dari SEO juga yaitu pastikan membuat konten yang menarik dan bermanfaat sehingga orang lain tertarik untuk share tentang artikel tersebut. Nah dengan Google trends ini Anda juga bisa melihat popularitas keyword pencarian dari waktu ke waktu atau popularitas berdasarkan tempat, memudahkan Anda menentukan kapan waktu terbaik untuk membuat konten berdasarkan keyword atau kata kunci tersebut dan melihat topik yang relevan. 

Prediksi Tren dan Optimalisasi Website dengan SEO (Ulasan Webinar EDD On Air)

Tidak hanya web search, Anda juga bisa menggunakan tools ini untuk pencarian youtube, images, Google shopping dan lain-lain. Yang terpenting dari itu semua tools ini gratis dan bisa digunakan oleh siapa saja tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun.

Pytrend

Pytrend adalah API yang tidak resmi yang dibuat oleh komunitas untuk Google Trends. Fungsi Pytrend yaitu mengizinkan antarmuka sederhana untuk membuat otomatis pengunduhan laporan dari Google Trends. Karena jika Anda menggunakan Google Trends saat ini, data tersebut tidak bisa didownload, nah dengan ini Anda bisa mengunduh datanya ke berbagai format. Fitur utamanya yaitu memungkinkan skrip untuk masuk ke Google atas nama Anda untuk mengaktifkan batas tingkat yang lebih tinggi. Namun karena ini dibangun dari komunitas, maka jika Google update atau melakukan perubahan pada backend Google Trends, kemungkinan cara ini tidak bisa digunakan lagi.

Baca Juga  15 Tips Facebook Marketing untuk UMKM

Cara Install Pytrend

Pytrend ini bisa Anda gunakan di Linux, Mac OS atau Windows dengan menginstall python. Yang dibutuhkan yaitu :

  • Python 2.7+ dan 3.3+
  • Membutuhkan library lain seperti Requests, lxml, Pandas
  • Optional Jupyter notebook

Cara install nya tinggal ketik pip install pytrends di console python.

Demo

Setelah dibuka jupyter notebook, Anda tinggal ketikan 

Import pytrends

Form pytrends.request import TrendReq

Import pandas as pd

Import time

Import datetime

From datetime import datetime, date, time 

Pytrend = TrendReq()

Pytrend.build_payload(kw_list=[‘vlog’,‘blog’], timeframe=’today 5-y’ , geo =’ID’) 

Untuk code ini Anda bisa ubah kata kuncinya, waktu dan geografisnya sesuai keinginan kalian. Disini digunakan kata kunci vlog dan blog dengan rentang waktu saat ini sampai 5 tahun kedepan dan di negara Indonesia.

Untuk melihat datanya Anda ketikan

Interest_over_time df = pytrend.interest_over_time()

print(interest_over_time_df.head())

Setelah itu akan tampil datanya. Untuk menampilkan data tersebut ke format csv Anda bisa ketikan code

print(Interest_over_time_df.to_csv(‘blog keyword.csv’))

Data tersebut akan disimpan dengan nama blog keyword.csv. Nah Anda juga bisa menampilkan data tersebut dengan grafik atau tanpa harus melihat di csv nya. Caranya yaitu ketikan kode

Import matplotlib.pyplot as plt

Import seaborn as sns

sns.set(color_codes=true)

Dx = Interest_over_time_df.plot.line(figsize= (9,6), title=(“Interest Over Time”)

dx.set_xlabel(‘Date’)

dx.set_ylabel(‘Trends Index’)

Setelah itu akan muncul grafiknya.

Anda juga bisa melihat related query dari Google Trends. Caranya yaitu ketikan code dibawah ini

Pytrend.build_payload(kw_list=[‘hosting’,’vps’,’cloud], timeframe=’today 12-m’)

Rq = pytrend.related_queries()

Nanti akan tampil keyword – keyword yang related tentang kata kunci yang Anda masukkan. Keyword tersebut bisa diganti sesuai keinginan Anda yaa.

Anda juga bisa melihat keyword yang sedang naik. Caranya yaitu ketikan code

Pytrend.build_payload(kw_list=[‘olahraga’,’hobi’,’delivery,’resep masakan’], geo=’id’ , timeframe=’today 3-m’)

Related_queries = pytrend.related_queries()

Dg = related_queries.get(‘resep masakan’).get(‘rising’)

Dg

Nanti setelah itu akan tampil query – query apa aja yang sedang naik selama 3 bulan terakhir. Anda bisa menggunakan query tersebut untuk artikel Anda.

Anda juga bisa simpan data tersebut ke csv dengan code

dg.to_csv(‘resep masakan.csv’)

Kesimpulan

Nah itulah ulasan tentang webinar kemarin dengan topik Prediksi Tren dan Optimalisasi Website dengan SEO. Pertama Anda bisa mencari tren yang sedang naik 3 bulan ke belakang, mencari keyword yang related lalu selanjutnya Anda optimasi konten Anda dengan keyword tersebut. Jangan lupa juga seperti yang sudah dibahas tadi, ada faktor-faktor yang menentukan ranking sebuah halaman. Salah satunya yaitu hosting. Jadi pastikan Anda menggunakan hosting yang dapat diandalkan dan cepat yaa. 

Untuk hosting cepat dan reliable Anda bisa gunakan WordPress Hosting SSD dari Exabytes. Jaminan anti lemot dengan SSD dan juga gratis domain. Nah seru kan topik-topik yang dibahas oleh Joe Handaya dan Agung Sukariman? Buat kalian yang ketinggalan webinar ini, langsung aja di cek di Spotify Exabytes. Jangan ketinggalan juga info – info webinar seru lain yang bisa di cek di website event Exabytes ya! Terima kasih.

Credit to: Ridho Nastainullah (https://www.linkedin.com/in/ridho-nastainullah-7a7b21173/)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here