7 Kelebihan Blogger yang Tidak Banyak Diketahui

415
Kelebihan Blogger
12 min read

Kamu pasti sudah tak asing dengan istilah blog. Apa sih blog itu?

Blog adalah sebuah platform berisi jurnal yang memberikan sejumlah informasi di internet. Contohnya adalah Blogspot, Medium, WordPress, Joomla, dan lainnya. Ketika kamu mengetik kata kunci pada mesin pencarian, kamu akan menemukan jurnal-jurnal yang berasal dari sebuah blog.

Menjadi blogger bisa bermula dari hobi. Tetapi saat ini blogger pun jadi bidang pekerjaan yang banyak digeluti lho. Tahukah kamu bahwa banyak kelebihan sebagai blogger? Di artikel ini akan membahas kelebihan blogger yang tidak banyak diketahui. Tapi sebelum membahas itu, kita ketahui terlebih dahulu yuk tentang blogger dan blog.

Apa Itu Blogger?

Blogger adalah orang yang memiliki blog dan mengelola isi konten pada blog tersebut. Blog sendiri ada beberapa jenisnya, tergantung masing-masing tujuan sang pemilik dalam membuat blog tersebut.

Blog bisa digunakan sebagai sarana mempromosikan bisnis atau sebagai media untuk membagikan cerita tentang kehidupan sehari-hari dan pengalaman hidup si penulis. Selain itu, blog juga bisa menjadi sarana untuk memberikan opini-opini masyarakat, contohnya bisa kamu temui di platform bernama Medium.

Di artikel ini, kamu akan mempelajari alasan mengapa membuat blog itu penting dan apa kelebihan menjadi seorang blogger.

Jenis-Jenis Blog

Sebelum memulai menjadi blogger, tentukan dahulu tema apa yang ingin kamu buat dalam blogmu. Pastikan konten-konten yang kamu isi di dalam blog itu berhubungan dengan tema blog dan tidak di luar topik. Jangan mencampur-campurkan isi blog dengan konten-konten yang berbeda dari tema blog. 

Sebaiknya konsisten dengan tema dalam mengisi konten-konten mu. 

Jika tema dari blog mu adalah tentang otomotif, pilihlah konten-konten yang berhubungan dengan topik otomotif, contohnya review mobil dan motor keluaran terbaru, konten edukasi mengenai bahan-bahan kimia pembuatan produk mobil, tips dan trik cara merawat kendaraan, dan apapun yang berhubungan dengan topik tersebut. Hindari keluar dari topik otomotif, jika tema blog tersebut adalah otomotif.

Blog Pribadi

Blog pribadi biasanya digunakan hanya sebagai saluran hobi seseorang. Contoh blog pribadi adalah blog yang berisi konten tentang pengalaman kehidupan si pemilik blog itu sendiri, review film kesukaannya, hasil-hasil karyanya, pengalaman travelling si pemilik blog, dan hal-hal lainnya yang bersifat pribadi. Terkadang beberapa influencer juga menggunakan blog pribadi sebagai media untuk sharing kepada para penggemarnya.

Blog Niche

Niche market adalah target marketing yang menentukan pembeli yang lebih spesifik berdasarkan kebutuhan, preferensi, atau identitas uniknya sendiri, yang membuatnya berbeda dari market pada umumnya.

Contohnya, memilih pasar niche pada sebuah pasar baju wanita. Pasar baju wanita dapat dikategorikan lagi menjadi lebih spesifik seperti baju khusus wanita berukuran besar, baju wanita khusus untuk bekerja, baju wanita khusus untuk size kecil, baju wanita khusus untuk wanita hamil, baju wanita berkerah, baju wanita berwarna pink, dan lain-lain.

Sama seperti halnya niche baju wanita di atas, begitu juga dengan blog niche. Kamu bisa lebih spesifik untuk menentukan tema apa yang cocok untuk konten dalam blog milikmu. Cara menentukan niche blog adalah melihat target audiens yang ingin kamu capai. Contohnya, jika kamu ingin membangun blog produk cosmetics, gali lebih dalam apa spesifikasi dari sebuah produk cosmetic. Kamu bisa membuat sebuah artikel review mengenai makeup vegan untuk kampanye animal cruelty-free. Kamu bisa pergi ke google search untuk mencari keyword yang lebih spesifik dari kata kunci makeup vegan and cruelty-free.

Blog Profesional

Saat terjun ke dunia pekerjaan, kamu pasti membutuhkan portofolio sebagai bentuk nyata hasil karyamu. Blog juga bisa digunakan sebagai media membangun portofolio profesional. Kamu bisa memasukkan karya-karya seperti hasil jepretan foto, artikel-artikel, dan lain-lain yang berhubungan dengan profesi yang digeluti. Jika kamu seorang fotografer, masukan karya-karya terbaik ke dalam portofolio sebagai personal branding mu.

Agar blog portofolio mu lebih professional, gunakan hosting terbaik untuk websitemu. Pelajari cara bagaimana cara memilih hosting terbaik di artikel “10 Cara Memilih Hosting Terbaik untuk Website Anda” di blog Exabytes.

Blog Perusahaan

Blog perusahaan digunakan untuk menjual personal branding suatu perusahaan, membangun kesan terpercaya dan profesional, memperkenalkan layanan/produk yang mereka ingin tawarkan, media layanan customer service, asal-usul perusahaan, kontak dan alamat perusahaan, dan artikel-artikel untuk membangun awareness para pengunjung.

Sebagai brainstorming dalam membangun blog untuk perusahaan supaya terlihat lebih profesional, kreatif, dan eye-catchy, kamu bisa mengunjungi blog-blog perusahaan terkenal, seperti blog Nestle, Wardah, MAC Cosmetics, dan lain-lain. Perhatikan bagaimana mereka menyusun dan mendesain blog mereka hingga mendapatkan engagement dari audiens.

Manfaat Menjadi Blogger

Kini, jumlah pengguna internet di dunia semakin meningkat dan meluas. Di seluruh dunia, pengguna internet bertambah lebih dari 700.000 pengguna baru setiap hari menurut jurnal datareportal. Setiap hari, sebanyak 5 miliar orang lebih di dunia mencari informasi di internet melalui google search. Sedangkan saat ini populasi di dunia tercatat sebanyak 7,9 miliar jiwa. Maka dapat dikatakan bahwa hampir setiap orang di dunia ini mencari-cari informasi melalui internet setiap harinya. Oleh sebab itu, internet bisa disebut menjadi kebutuhan manusia di zaman sekarang. Karena itu juga blogger akan sangat dibutuhkan di masa ini.

Baca Juga  13 Alasan Mengapa Kamu Harus Mulai Blogging Sekarang
kelebihan blogger
Blogger memiliki banyak manfaat dan kelebihan. Sumber: Shutterstock

Ibaratnya, seperti seseorang yang mencari-cari sebuah buku di perpustakaan, entah itu buku tentang cara memasak kue, cara memperbaiki kipas angin yang rusak, cara merawat tanaman dengan baik, atau cara merajut sebuah pakaian. Kini, segala bentuk informasi, baik berbentuk tulisan, gambar, dan video dapat kita temui di internet secara instan.   

Manfaat menjadi seorang blogger adalah kamu dapat menyumbangkan tulisanmu ke dalam internet. Kemudian, tulisan-tulisan tersebut akan bermanfaat bagi orang-orang yang mencarinya di mesin pencari, sama seperti seseorang yang mencari-cari sebuah buku di perpustakaan tersebut. Simak selanjutnya alasan mengapa harus menjadi blogger berikut ini!

Mengapa Harus Menjadi Blogger?

Di dunia serba digital ini, tentunya banyak orang akan memanfaatkan google search untuk menggali berbagai informasi. Blog akan sangat bermanfaat untuk membantu orang-orang dalam mendapatkan informasi secara lebih mudah. Blog bisa menjadi media di mana tulisan artikel-artikelmu memiliki impact yang besar untuk banyak orang. Hal ini juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana meningkatkan awareness orang lain terhadap sebuah produk yang dijual.

Blogger di zaman ini juga bisa menjadi profesi seseorang loh. Seorang blogger mendapat keuntungan dari tools Google Ads. Kamu juga bisa bekerja sama dengan para blogger lainnya sebagai brainstorming ide atau berkolaborasi bersama mereka agar konten-konten blog mu lebih bervariasi dan tidak membosankan.

Bagi kamu yang berminat menjadi blogger dan mencari keuntungan dari Google Ads tetapi kamu belum mengerti apa itu Google Ads dan bagaimana cara menggunakannya, kamu juga bisa mempelajarinya dari artikel berikut ini yang berjudul, “Mengenal Google AdSense dan Bagaimana Cara Mendaftarnya”.

Kelebihan Blogger

Di zaman serba digital ini, tentu saja para blogger dibutuhkan untuk dapat bisa menargetkan kata kunci di mesin pencari supaya para audiens juga lebih mudah menemukan blog tersebut. Dibutuhkan performa yang baik untuk dapat menargetkan kata kunci. Bukan hanya mengoptimalkan untuk bisa dapat ranking tertinggi, blog harus menjadi bermanfaat bagi orang lain. 

Selain bermanfaat bagi orang lain, ada juga banyak manfaat menjadi seorang blogger. Poin-poin di bawah ini menunjukkan beberapa kelebihan blogger. Di antaranya adalah:

Bekerja dengan Jam yang Lebih Fleksibel

blogger bekerja dengan jam fleksibel
Blogger bekerja dengan jam yang lebih fleksibel. Sumber: shutterstock

Salah satu kelebihan blogger adalah blogger dapat bekerja dengan jam yang lebih fleksibel. Menjadi seorang blogger dapat menjadi sumber penghasil utama maupun sampingan kamu. Ketika kamu lebih fokus untuk menjadi seorang blogger, tentu blog tersebut akan jauh lebih berkembang ketimbang menjadikan pekerjaan blogger sebagai penghasilan sampingan, karena waktu yang kamu luangkan juga lebih banyak.

Namun, itu bukan berarti bahwa pekerjaan seorang freelance blogger itu mudah. Tentu ada banyak tantangan yang kamu akan hadapi, terutama kalau kamu hanya bekerja sendirian. Bergabunglah ke dalam komunitas writer untuk membuka wawasanmu mengenai jenjang karir dalam profesi ini.

Membuka Wawasan Lebih Luas

Poin kedua, kelebihan blogger adalah blogger memiliki wawasan yang lebih luas. Menjadi seorang penulis bukan hanya sekedar menulis. Kamu butuh banyak research dari jurnal-jurnal terpercaya. Wawasan kamu akan bertambah seiring kamu lebih banyak membaca. Kamu akan banyak tahu hal-hal yang tidak pernah kamu ketahui sebelumnya. Membaca juga baik untuk brainstorming ide-ide konten dan menambah kosakatamu. 

Maka itu, jadilah seorang pembaca yang baik sebelum kamu menjadi seorang penulis. Menambah banyak wawasan adalah salah satu kelebihan menjadi seorang penulis blog.

Melatih dan Mengasah Kemampuan Menulis

Kelebihan blogger lainnya adalah melatih dan mengasah kemampuan menulis. Practice makes perfect. Semakin kamu sering menulis, semakin itu akan melatih dan mengasah kemampuan menulismu. Tidak semua orang memiliki kemampuan menulis yang baik. Bahkan seorang yang terkenal pandai dalam bidang akademis pun belum tentu memiliki kemampuan menulis yang baik. Oleh karena itu, kamu bisa semakin percaya diri karena memiliki kemampuan menulis dengan baik. Ini bisa menjadi nilai plus pada dirimu.

Melatih Kreativitas

blogger melatih kreativitas
Blogger melatih kreativitas (sumber: shutterstock)

Menjadi seorang blogger membuat kita jadi lebih kreatif dalam menciptakan konten tulisan. Secara nggak langsung, ini dapat melatih kreativitas untuk membuat konten yang unik dan menarik untuk dibaca.

Agar tulisanmu menarik untuk dibaca, tentu kamu akan mencari strategi yang kreatif dalam menulisnya. Cara agar blog kamu lebih kreatif adalah membuat survey berupa polling, menambahkan gambar-gambar ilustrasi, mengembangkan gaya tulisan yang unik, menyertakan infografis, dan membuat konten-konten menarik.

Memecahkan Masalah di Sekitar Lingkungan

Kelebihan blogger lainnya adalah blogger merupakan pemecah masalah. Untuk menjadi seorang blogger, kamu bisa mencari ide-ide tulisan kamu dari masalah yang ada di sekitarmu. Kamu bisa menulis di mesin pencarian dan memasukkan sebuah keyword dari sebuah pertanyaan, “bagaimana cara….” atau “apa yang dimaksud dengan…” dari kedua kata kunci tersebut mesin pencarian akan menampilkan banyak tulisan artikel pada blog dari kata kunci tersebut.

Baca Juga  Ketahui Tips Mengoptimalkan Domain Untuk Bisnis Online

Ketika seseorang menemukan tulisanmu dalam mesin pencarian, maka kamu sudah membantu memecahkan permasalahan mereka.

Peluang Ditawari Pekerjaan Baru

Selain itu, kelebihan blogger juga membuka peluang kamu ditawari oleh pekerjaan baru. Kamu bisa bekerja sama dengan perusahaan atau brand terkenal. Blog bisa menjadi portofolio kamu saat melamar sebuah pekerjaan sebagai penulis konten. Ini akan menambah pengalaman baru nantinya dan menambah kemampuanmu dalam mengelola blog lebih handal.

Selain menjadi portfolio, konten blog kamu dapat menjadi bentuk kolaborasi yang mendatangkan pekerjaan baru. Kolaborasi ini bisa bersama dengan blogger terkenal atau dengan brand ternama.

Umumnya banyak brand yang membidik blogger kece untuk diajak kolaborasi yang nantinya akan berbentuk seperti content placement, review dan lainnya. Yang pastinya, ini akan mendatangkan cuan loh untukmu.

Menambah Networking dan Kolaborasi Bersama Para Blogger Lainnya

7 Kelebihan Blogger yang Tidak Banyak Diketahui - 2022
Blogger menambah networking dan kolaborasi bersama para blogger lainnya. (sumber: shutterstock)

Kelebihan blogger poin terakhir yakni dengan menjadi blogger maka kamu memiliki kesempatan untuk berkolaborasi bersama para blogger lainnya. Kamu akan berkesempatan berkenalan dengan blogger-blogger dan ini bisa menambah networking kamu ke depannya.

Dengan berkolaborasi bersama, konten blog tentunya akan jauh lebih menarik, kreatif, dan lebih ramai dikunjungi. Berkolaborasi bersama juga bermanfaat untuk membangun audiens lebih luas.

Cara Menjadi Seorang Blogger

Setelah kamu mengetahui kelebihan blogger, manfaat menjadi blogger, lalu kamu berniat jadi seorang blogger, simak juga cara menjadi seorang blogger berikut ini!

Miliki sebuah nama domain atau blog

Kamu bisa memilih untuk menggunakan domain atau blog dengan platform seperti blogspot dan WordPress. Namun, memiliki domain membuat blog terkesan lebih terpercaya dan profesional. Dengan memiliki nama domain, kamu juga bisa mengirim email kepada para pembaca dengan menggunakan email domain agar mereka mengetahui setiap update dari blogmu. Baca artikel “Ternyata Begini Cara Membuat Email Menggunakan Domain Sendiri!” untuk mempelajari bagaimana cara menggunakan email domain.

Nama domain akan mempengaruhi personal branding mu. Pilihlah nama yang berkesan dan bersangkutan dengan niche blogmu. Jangan lupa untuk mengecek ketersediaan nama domain sebelum kamu membayar sebuah domain.

Memilih hosting untuk blog kamu

Gunakan hosting sebagai penyimpanan data atau file dari blogmu. Menggunakan hosting yang baik juga mempermudah dan mempercepat orang lain untuk mengakses ke dalam blogmu.

Kamu juga bisa memilih layanan hosting sesuai kebutuhanmu di Web Hosting Exabytes. Bagi kamu yang sudah memiliki WordPress dan ingin menggunakan hosting, kamu dapat mengecek WordPress Hosting Exabytes yang cocok untuk pemula maupun profesional.

Desain blog dengan sebuah theme

WordPress menyediakan banyak theme gratis yang bisa kamu gunakan. Kamu dapat memanfaatkan theme tersebut, kemudian kamu bisa memodifikasi theme tersebut di settings sesuai dengan keinginanmu. Kamu bisa menemukan template blogger untuk pemula di artikel berikut ini lho. Siapa tahu bisa menjadi referensi desain blog milikmu.

Keindahan pada desain blog akan membuat para pengunjung nyaman melihat blogmu dan ini bisa menambah engagement dari para audiens. Desain pun tidak perlu yang rame, sederhana pun juga tidak masalah karena tema blog yang lagi ngetren lebih mengutamakan minimalis lho.

Mencari ide konten blog

Setelah memiliki blog, hal yang kamu perlu lakukan adalah research terlebih dahulu blog yang ingin kamu buat. Apa konten yang akan kamu kreasikan, tulisan seperti apa yang ingin kamu sampaikan dan lainnya. Tanyakan ini kepada dirimu lalu tulis di catatan kamu ide-ide yang sepertinya menarik untuk kamu terbitkan di blog.

Mencari ide pun bisa dibilang susah-susah gampang apalagi ide konten yang bisa mendatangkan pengunjung. Kamu pun bisa mencari ide dengan cek social media, menonton YouTube, melihat-lihat blog orang lain atau blogwalking dan banyak cara lainnya yang bisa dilakukan kok untuk mencari inspirasi konten blog.

Mulai menulis

Sesudah memiliki ketiga hal di atas, kamu sudah dapat memulai menjalankan blog. Isi blog dengan artikel-artikel yang sesuai dengan niche blog. Miliki jadwal agar kamu dapat mengupdate konten dengan rutin, sehingga blog akan tetap hidup.

Konsisten dalam membuat konten

Yang terakhir ketika memutuskan untuk menjadi seorang blogger yang sukses adalah konsisten dalam membuat konten. Menjadi seorang blogger tidak bisa langsung terkenal, tetapi dengan konsisten berlatih dan berkreasi menciptakan konten, kamu akan merasakan hasil buah dari konsistensi usahamu.

Kesimpulan

Ternyata menjadi seorang blogger bukan hanya menjadi sarana penyaluran hobi saja, tetapi bisa menjadi sumber penghasilan. Selain itu, dengan menjadi blogger akan mempermudah kamu untuk menemukan para pembaca tulisanmu. Intinya adalah mengoptimalkan kata kunci dalam mesin pencarian supaya artikel-artikel pada blog mu akan muncul di mesin pencarian teratas.


Jika tulisanmu tidak muncul di pencarian teratas mesin pencari, kamu tidak perlu risau. Karena inti menjadi seorang blogger bukanlah tentang bagaimana mencapai ranking teratas di mesin pencari, tetapi bagaimana blog itu memberi impact kepada orang lain.

Kelebihan menjadi blogger adalah blogger belajar bagaimana menjadi “seseorang yang dibutuhkan orang lain”, sehingga ia lebih peduli dengan para audiens.

Semoga artikel kelebihan blogger ini membuka insight kamu dan mematahkan keraguanmu menjadi blogger. Yuk jadi blogger hari ini juga!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments