Ketahui Kelebihan dan Kekurangan VPS Sebelum Membeli!

35
10 min read

Halo Exabytes Friends! Jumpa lagi dengan artikel-artikel terbaru dan bermutu terbitan dari Exabytes. Nah, untuk kali ini, kita akan membahas dan menyajikan beberapa bait informasi penting mengenai VPS sebagai salah satu layanan hosting ternama di Indonesia. Lebih tepatnya kita akan mempelajari tentang kelebihan dan kekurangan VPS.

Apabila Exabytes Friends saat ini ingin memulai atau sedang menjalankan bisnis e-commerce, maka sebaiknya kalian mempertimbangkan secara matang pemilihan jenis hosting sebelum memutuskan untuk membuat website. Karena biasanya website bisnis atau e-commerce membutuhkan Customer Engagement yang tinggi dan stabil untuk memastikan bisnis mereka dapat bertahan lama di pasar.

Bagi kalian yang masih awam dengan istilah Customer Engagement, berikut disajikan penjelasan singkatnya. Customer Engagement atau bisa juga disebut dengan “Metrik Keterlibatan Pelanggan” adalah sebuah tolok ukur untuk menilai seberapa banyak pengunjung website menyukai dan berinteraksi dengan situs website kalian. Nah, salah satu metrik penting yang menjadi penunjang Customer Engagement adalah kecepatan website. 

Kecepatan website sangat mempengaruhi kenyamanan pengunjung ketika mereka membuka dan melakukan eksplorasi website. Oleh karena itu, Exabytes Friends perlu mempertimbangkan dengan cermat mengenai kecepatan ketika akan memilih layanan hosting. Salah satu hosting website yang sudah terbukti memiliki kecepatan tinggi dan sangat direkomendasikan oleh Exabytes adalah VPS. Selain VPS terbaik dalam hal kecepatan, layanan hosting satu ini juga memiliki kelebihan lainnya, loh. 

Penasaran dengan kelebihan dan kekurangan VPS sebagai bahan pertimbangan kalian dalam memilih jenis hosting? Yuk, langsung saja simak pembahasan selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu VPS?

Apa Itu VPS? Mungkin pertanyaan tersebut sempat terbersit di benak kalian ketika mempelajari lebih dalam tentang hosting website. VPS adalah salah satu jenis layanan server hosting untuk website yang berbasis virtual dan pribadi sehingga sangat cocok digunakan untuk kebutuhan suatu bisnis atau perseorangan. VPS berfungsi untuk memastikan keamanan, kecepatan, serta media penyimpanan dokumen atau file penting dari website

VPS
VPS adalah irtual Private Servers

VPS Hosting memiliki sebuah server fisik dengan kapasitas sangat besar. Kapasitas yang sangat besar pada Data Center tersebut yang selanjutnya dibagi sama rata pada beberapa server virtual seperti VPS dengan kapasitas lebih kecil.

Meskipun berada pada satu server fisik yang sama, namun antar pengguna VPS tidak akan saling terhubung satu sama lain. Sehingga Exabytes Friends tidak perlu risau dengan adanya kebocoran data atau pengguna lain dapat mengakses data pribadi website kalian. 

Untuk mempertajam pemahaman Exabytes Friends terkait konsep dan cara kerja dari VPS, maka berikut akan disajikan sebuah analogi sederhana. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, VPS memiliki server fisik dan beberapa server virtual. Server fisik pada VPS dapat dianalogikan sebagai sebuah bangunan apartemen. Sedangkan masing-masing server virtual pada VPS diterjemahkan sebagai tiap-tiap ruangan kamar pribadi yang ada di apartemen tersebut. 

Meskipun berada pada satu bangunan apartemen yang sama, tetapi penghuni lain tidak akan mengetahui apa yang dilakukan oleh kalian di dalam kamar apartemen. Sehingga kalian pun mendapatkan privasi yang aman namun tetap dapat menikmati seluruh fasilitas apartemen seperti listrik, AC, WiFi pribadi, kamar mandi pribadi, dapur pribadi, dan lainnya dengan nyaman. 

Dalam mempelajari VPS, Exabytes Friends juga harus memahami tentang pentingnya VPS untuk website. Pentingnya VPS dapat terlihat melalui berbagai kelebihan dan kekurangan VPS yang dimiliki. Jika Exabytes Friends memiliki website dan membutuhkan kapasitas penyimpanan besar untuk mengolah data, maka VPS sangat direkomendasikan untuk membantu mencapai hal tersebut. 

Jenis VPS yang biasa digunakan terbagi menjadi empat, yakni OpenVZ, VPS KVM (Kernel-based Virtual Machine), HVM (Hardware Virtual Machine), dan Microsoft Hyper V.

Kelebihan dan Kekurangan VPS

Jalan-jalan sore ke Tanah Abang

Eh, di tengah jalan dikejar anak itik

Akhirnya kita sampai pada bagian yang ditunggu semua orang

Yuk, langsung simak pembahasannya dengan baik! 

Pada bagian kali ini, kita khusus akan mempelajari mengenai kelebihan dan kekurangan VPS. Semoga pembahasannya bermanfaat guna membantu Exabytes Friends dalam memilih jenis layanan hosting website terbaik, ya! 

Kelebihan VPS (Virtual Private Server)

Sebagai salah satu jenis layanan hosting unggulan di kalangan punggawa website veteran di Indonesia, tentu saja VPS dilengkapi dengan berbagai kelebihan menarik yang mampu menjadi daya pikat tersendiri. Sudah penasaran apa saja kelebihan VPS? Langsung simak saja di bawah ini! 

Memiliki Performa yang Bagus dan Stabil 

Dikarenakan VPS digunakan secara pribadi dan memiliki server fisik khusus yang mumpuni, maka website tidak akan mudah down. Selain itu, website terjamin memiliki performa dan kinerja yang bagus serta stabil bahkan saat terjadi lonjakan trafik sekalipun.

Selain itu, VPS juga dilengkapi dengan beberapa server cadangan sehingga performa VPS akan tetap stabil meskipun server induk atau server fisik sedang menghadapi load yang menumpuk. Beberapa fitur dan layanan VPS yang dapat digunakan secara privat adalah memory dengan kapasitas 1GB-8GB, CPU, Dedicated IP, 20GB-160GB SSD, Bandwidth 100Mbps, dan juga SSL. 

Memiliki Berbagai Fungsi

Meskipun kalah pamor jika dibandingkan jenis hosting lainnya seperti Shared Hosting, namun VPS dilengkapi dengan fitur yang lengkap sehingga memiliki fungsi sangat beragam. Selain dari sisi kepopuleran, perbedaan lainnya antara Shared Hosting vs VPS yaitu dari sisi harganya. Sebagian besar punggawa website lebih memilih berlangganan Shared Hosting karena menawarkan biaya berlangganan yang lebih terjangkau.

kelebihan dan kekurangan VPS
Salah satu fungsi unggulan VPS adalah untuk melakukan remote desktop. (Sumber: Shutterstock)

Fungsi VPS yaitu untuk remote desktop, VPN, server percobaan, penyimpanan file hosting, private backup, menampung trafik tinggi, hingga menyediakan web hosting dalam skala kecil.

Memiliki Harga yang Terjangkau 

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh VPS adalah memiliki biaya berlangganan yang sangat ekonomis. Melalui Exabytes, kalian sudah dapat menikmati layanan VPS murah dengan segala fitur dan layanan yang sangat lengkap.

Untuk dapat berlangganan VPS melalui Exabytes, kalian hanya butuh merogoh kocek sebesar Rp50.000 hingga Rp400.000 saja per bulannya. Harga berlanggan bulanan yang terjangkau pada VPS disebabkan karena VPS termasuk jenis layanan hosting self-managed. Artinya, pelanggan harus melakukan pengaturan dan konfigurasi setting VPS sendiri.

Kapasitas Server yang Sangat Mumpuni

Salah satu keunggulan sekaligus nilai tambah dari VPS jika dibandingkan dengan jenis hosting lainnya yaitu memiliki kapasitas server yang fleksibel. Fleksibilitas server VPS diakibatkan karena fitur dan layanan server yang digunakan secara pribadi. Sehingga masing-masing pengguna dapat melakukan penambahan serta pengurangan kapasitas server sendiri.

Proses penambahan kapasitas (Upgrade dan Scaling) server pada VPS dapat dikerjakan melalui dua pilihan, yakni vertical scaling dan horizontal scaling. Horizontal Scaling adalah sebuah proses upgrade kapasitas server pada sisi kapasitas layanan. Horizontal Scaling pada VPS biasanya dilakukan pada bagian penyimpanan file penting, hosting email, database, atau Plesk Hosting dan cPanel Hosting. 

Sedangkan Vertical Scaling sangat identik dengan proses upgrade kapasitas server pada bagian hard disk, RAM, dan operating system.

Kemudahan Kustomisasi Server

kelebihan dan kekurangan vps yang wajib diketahui
Salah satu kelebihan VPS yaitu penggunanya dapat melakukan kustomisasi server dengan mudah. (Sumber: Shutterstock)

Dikarenakan VPS menyajikan jenis layanan self-managed dan digunakan secara pribadi, maka pengguna dapat melakukan kustomisasi server secara bebas, mudah, dan cepat.

Pilihan kustomisasi server yang ditawarkan oleh VPS ada bermacam-macam, mulai dari pemilihan jenis VPS (KVM [Kernel-based Virtual Machine], OpenVZ, Microsoft Hyper V, atau HVM [Hardware Virtual Machine]) hingga pemilihan panel (VestaC, cPanel, Plesk, Webuzo, atau lainnya). 

Namun, Exabytes Friends harus memiliki keahlian teknis mengenai seluk beluk dan setting VPS sebelum memutuskan untuk melakukan kustomisasi server. Karena kustomisasi server sejatinya hal yang sedikit rumit dan akan susah dilakukan oleh orang yang masih awam terhadap dunia hosting.

Memiliki Tingkat Keamanan Berlipat Ganda 

Ketika website kalian sedang online maupun offline, VPS tetap melakukan perlindungan menyeluruh terhadap ancaman malware, virus, dan lainnya. Itulah mengapa VPS sering disebut memiliki sistem keamanan yang berlipat ganda. 

Selain itu, VPS juga menjamin keamanan dan kerahasiaan data yang berbentuk fisik maupun virtual. Keamanan data pada VPS dapat dipengaruhi oleh sistem operasi yang digunakan (Windows atau Linux). Perbedaan VPS Windows dan VPS Linux dalam segi keamanan tercermin dari sisi konfigurasi yang digunakan.

Jika Exabytes Friends menginginkan sistem keamanan data yang lebih terjamin dan terpercaya, maka sangat direkomendasikan menggunakan sistem operasi Linux. Karena pada VPS Linux menggunakan sistem operasi berbasis UNIX yang menawarkan keamanan tingkat tinggi dari segala bentuk ancaman virus, malware, atau hacking. 

Kekurangan VPS (Virtual Private Server)

Jika membicarakan mengenai kelebihan dan kekurangan VPS, maka tak afdhol rasanya jika hanya membahas tentang keunggulan dan nilai positif dari VPS saja. Oleh karena itu, pada bagian kali ini akan disajikan pembahasan komprehensif soal kekurangan VPS. Yuk, langsung saja simak pembahasan selengkapnya di bawah ini!

Membutuhkan Keahlian Khusus

Kekurangan VPS yang pertama adalah pengguna dituntut untuk memiliki keahlian teknikal seperti menguasai bahasa pemrograman yang diperlukan untuk pengolahan website, mengetahui cara konfigurasi server VPS, hingga melakukan pengoperasian dan proses pemeliharaan server. 

VPS adalah jenis layanan hosting yang self-managed sehingga urusan pengelolaan server tetap menjadi tanggungjawab pengguna. Penyedia jasa hanya menyediakan kapasitas penyimpanan dan server.

Oleh karena itu, dikarenakan server adalah bagian terpenting dan vital bagi website, maka jika kalian salah dalam melakukan konfigurasi server, seluruh kinerja website akan ikut berdampak dan bermasalah. 

Kendali Pada Server Fisik Terbatas

Pengguna VPS hanya menggunakan bagian server virtual saja. Sehingga mereka memiliki kendali dan akses yang terbatas terhadap server fisik atau Data Center. Padahal segala pusat penyimpanan data dan file penting dari website bertumpu di Data Center.

Tapi tenang saja, apabila Exabytes Friends memutuskan untuk menggunakan VPS, maka kalian masih dapat mengakses media penyimpanan yang ada di server virtual. 

Masih Kalah Tangguh Jika Dibandingkan Dedicated Server

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan VPS Sebelum Membeli! - 2022
Dedicated Server lebih unggul dari sisi performa dan kinerja jika dibandingkan dengan VPS. (Sumber: Shutterstock)

VPS dan Dedicated Server merupakan jenis layanan hosting yang sama-sama menerapkan prinsip self-managed. Namun, Dedicated Hosting memiliki resource yang lebih besar dan uptime server yang lebih andal jika dibandingkan dengan VPS.

Karena sejatinya VPS adalah bagian dari Dedicated Hosting yang dibagi-bagi melalui teknologi virtualisasi. Nah, salah satu tips memilih VPS bagi Exabytes Friends yakni kalian harus mempertimbangkan dari sisi server, memory, resource, uptime server, dan harga VPS sebelum memutuskan untuk membeli.

Kesimpulan

Layanan hosting ibarat sebuah pondasi rumah. Jika pondasi tersebut tidak baik dan kokoh, maka otomatis rumah akan terancam cepat rusak bahkan roboh. Begitu pula dengan website. Jika layanan hosting yang dipilih kurang sesuai dengan fungsi dan tujuan website, maka situs akan berpeluang mengalami down hingga error.

Oleh karena itu, Exabytes melalui artikel kali ini menyajikan beberapa kelebihan dan kekurangan VPS untuk menjadi bahan pertimbangan jika kalian sedang galau memikirkan jenis hosting yang sesuai untuk website. 

Sebenarnya VPS memiliki keunggulan serta kelebihan yang lebih banyak jika dibandingkan dengan kekurangan yang dimilikinya. VPS termasuk jenis hosting yang murah, aman, terpercaya, stabil, dan andal.

Namun, untuk dapat menikmati layanan dan fitur VPS, setidaknya Exabytes Friends harus memiliki bekal keahlian teknikal yang mumpuni agar mampu mengoperasikan dan melakukan pemeliharaan server. 

Nah, cukup sekian pembahasan kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan VPS. Semoga bermanfaat, ya! Bagi kalian yang ingin membaca artikel-artikel menarik lainnya mengenai website dan tips pembuatan konten, maka dapat mengunjungi blog Exabytes. Selain itu, Exabytes juga menyediakan layanan VPS murah, loh!

Jangan lupa pula untuk subscribe agar tak ketinggalan konten artikel up-to-date lainnya. Sampai jumpa!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments