Keunggulan VPS KVM yang Harus Anda Ketahui, Apa Saja?

261
8 min read

Semakin banyak bermunculan situs website saat ini, tentu saja mendorong eksistensi layanan hosting yang juga semakin dibutuhkan. Layanan hosting sendiri memiliki empat jenis, yaitu Shared Hosting, VPS Hosting, Dedicated Hosting, dan Cloud Hosting.

Di antara keempat jenis hosting tersebut, VPS dan Cloud Hosting diklaim sebagai layanan hosting paling populer dan menjadi primadona bagi punggawa website. Apabila Exabytes Friends mencari layanan hosting terbaik, memiliki stabilitas oke, akses kontrol penuh, ramah energi, spesifikasinya lengkap, tetapi murah di kantong, maka VPS dapat menjadi garda terdepan.

Virtual Private Server (VPS) sebagai pilihan server hosting terbaik untuk menjaga privasi data website. (Sumber: Shutterstock)
Virtual Private Server (VPS) sebagai pilihan server hosting terbaik untuk menjaga privasi data website. (Sumber: Shutterstock)

Jenis VPS sendiri beraneka ragam, di antaranya adalah Open VZ, KVM, HVM, dan Microsoft Hyper V. Nah, khusus pada pembahasan artikel kali ini akan menjelaskan mengenai VPS KVM. Mulai dari pengertiannya hingga keunggulan VPS KVM yang perlu kalian ketahui.

Apa Itu KVM? 

KVM atau “Kernel-based Virtual Machine” merupakan jenis VPS yang paling banyak digunakan saat ini setelah Open Vz. Mungkin Exabytes Friends yang baru menyelami dunia website sedikit bingung tentang apa itu KVM dan cara menggunakannya. Oleh karena itu, berikut uraian singkatnya.

VPS KVM adalah bagian dari layanan hosting yang menggunakan teknologi virtualisasi untuk memecah server fisik ke dalam beberapa bagian sehingga dapat digunakan oleh banyak users sekaligus. Output dari VPS KVM adalah berupa resource dedicated.

Ciri khusus yang perlu kalian perhatikan dari VPS KVM yaitu mesin virtual yang berjalan di Kernel Server menggunakan sistem operasi Linux. Namun tenang saja, Exabytes Friends yang saat ini menggunakan sistem operasi Windows tetap dapat menikmati layanan VPS KVM. Hal tersebut dikarenakan KVM menggunakan kernel independent sehingga masing-masing pengguna dapat secara fleksibel mengubah sistem operasi yang digunakan (memilih Linux atau Windows). 

Tetapi rekomendasi yang diberikan adalah sebaiknya memilih sistem operasi Linux. Karena pada Linux, KVM menyajikan fleksibilitas untuk upgrade kapasitas kapan pun ketika dibutuhkan. Tidak hanya itu, KVM memiliki performa yang stabil dan kuat meskipun terjadi lonjakan trafik sekalipun apabila menggunakan sistem operasi Linux.

Untuk mempertajam pemahaman Exabytes Friends mengenai cara kerja dan keunggulan KVM, berikut akan disajikan sebuah analogi singkat: 

Diibaratkan pada sebuah lingkungan tempat tinggal mewah, maka seluruh bangunan apartemen dapat dianalogikan sebagai server fisik. Sedangkan tiap-tiap kamar apartemen adalah VPS. Nah, KVM diibaratkan sebagai pengembang apartemen yang menyediakan berbagai layanan, fasilitas, dan segala kebutuhan penghuni apartemen. 

Setiap pengembang apartemen akan membagi apartemen menjadi beberapa kamar siap huni dengan layanan dan fasilitasnya masing-masing tergantung harga dan jenis yang dipilih. Contohnya seperti tempat parkir, WiFi, kamar mandi, lobby, service room, taman, teras, dan lainnya. 

Nah, tingkat kelayakan huni dari apartemen juga dipengaruhi oleh kualitas pengembang apartemen sendiri. Jika pengembang apartemen mengutamakan kualitas bangunan dan merencanakan dengan sebaik mungkin tiap-tiap fasilitas dan layanan kamar apartemen, maka kamar yang ditawarkan pun semakin bagus. Para pengembang apartemen tentunya juga mempertimbangkan desain, lokasi strategis, material bangunan, hingga keamanan wilayah dalam membangun sebuah apartemen. 

Baca Juga  Bagaimana Prinsip dan Cara Kerja VPS? Yuk Cari Tahu!

Analogi tersebut selaras pula dengan KVM. Semakin bagus layanan KVM seperti Data Center yang digunakan, infrastruktur server, RAM, kapasitas penyimpanan, hingga tingkat keamanannya, maka semakin berkualitas pula VPS Hosting yang Exabytes Friends dapatkan.

8 Keunggulan VPS KVM yang Wajib Kalian Ketahui 

Berikut akan disajikan beberapa keunggulan VPS KVM yang paling utama untuk lebih meyakinkan Exabytes Friends dalam memilih layanan hosting.

1. Memiliki Data Center di Indonesia

Memperhatikan kapasitas dan lokasi Data Center merupakan salah satu tips penting memilih VPS. (Sumber: iStock Photo)
Memperhatikan kapasitas dan lokasi Data Center merupakan salah satu tips penting memilih VPS. (Sumber: iStock Photo)

Keunggulan VPS KVM yang pertama adalah berkenaan dengan Data Center. Data Center memegang peranan penting dalam memastikan performa dan kinerja VPS tetap stabil dan akurat. Data Center yang berfungsi untuk menyimpan semua data konfidensial pengguna juga mempengaruhi tingkat keamanan VPS. 

Oleh karena itu, sebaiknya Exabytes Friends memilih layanan hosting yang dilengkapi dengan Data Center sendiri di Indonesia. Nah, untuk saat ini KVM telah memiliki Data Center di Indonesia, loh! Sehingga pemeliharaan serta pemantauan Data Center dapat dilakukan secara mudah dan cepat. 

Bagi kalian yang ingin membangun situs website dan menargetkan pengunjung lokal Indonesia sebagai target audiens, maka keberadaan Data Center khusus di Indonesia akan membantu untuk mencapai hal tersebut.

2. Mempermudah Kinerja Website dengan Resource Tinggi 

Bagi para pemilik website e-commerce, VPS KVM sangat direkomendasikan. Biasanya website e-commerce memiliki trafik yang tinggi apalagi ketika hari-hari diskon dan promo tiba. Nah, untuk mengatasi ledakan dan lonjakan trafik, maka KVM telah memiliki kapasitas penyimpanan, RAM, processor, serta VPS server yang mumpuni. 

Website yang memerlukan resource tinggi (seperti website jual beli yang menyimpan banyak data pelanggan serta harus mengunggah banyak file, foto, video, maupun audio) juga disarankan untuk beralih memilih VPS KVM. Karena keunggulan VPS KVM salah satunya adalah mampu mengatasi resource yang besar serta trafik yang tinggi.

3. Fleksibel pada Berbagai Jenis Sistem Operasi

OS yang direkomendasikan untuk VPS KVM adalah Linux. (Sumber: Shutterstock)
OS yang direkomendasikan untuk VPS KVM adalah Linux. (Sumber: Shutterstock)

Exabytes Friends telah mendapatkan spoiler pada pembahasan di atas sebelumnya jika VPS KVM mendukung sistem operasi Linux dan Windows, Nah, itulah keunggulan VPS KVM berikutnya.

Konfigurasi server yang dimiliki oleh KVM sangat mendukung sistem operasi Windows dan Linux. Hal tersebut berbeda dengan jenis VPS Open Vz yang hanya dapat digunakan pada Linux saja. 

Penggunaan VPS KVM yang support pada Windows sangat menguntungkan karena saat ini lebih banyak pengembang website di Indonesia yang aktif menggunakan sistem operasi Windows daripada Linux.

4. Memiliki Layanan dan Fitur dengan Kapasitas Tinggi

Keunggulan VPS KVM selanjutnya adalah mengenai kelengkapan layanan yang disajikan. KVM menyediakan RAM dan CPU sendiri bagi para penggunanya. Hal tersebut sangat menguntungkan pengguna karena mereka tidak perlu risau kinerja website akan down ketika ada pengguna lain yang tiba-tiba memiliki lonjakan trafik.

KVM pum telah memfasilitasi pengguna dengan penyediaan RAM dan CPU sendiri sehingga kestabilan dan performa server tidak akan terpengaruh oleh pengguna lain. 

5. Telah Menggunakan Remote VNC 

Remote VNC berfungsi untuk melakukan kontrol jarak jauh terhadap perangkat dan layanan hosting selama resource website terhubung dengan jaringan Local Area Network (LAN).

Keunggulan VPS KVM satu ini sangat memudahkan pengguna dengan kesibukan segudang karena mereka dapat melakukan monitoring website dari jarak jauh secara fleksibel kapan pun dan di mana pun.

Baca Juga  Mengenal Lebih Dekat VPS KVM

6. Memiliki Performa yang Lebih Efisien dan Stabil

Keunggulan VPS VKM berikutnya yaitu berkaitan dengan performa dan kinerjanya yang dinilai lebih stabil. Sejauh ini, para pengembang website lebih tertarik menggunakan VPS KVM karena dianggap lebih efisien serta memiliki uptime server yang andal. 

Performa yang efisien ini didapatkan karena KVM berjalan di atas kernel Linux. Di mana kernel Linux sendiri telah dilengkapi dengan fitur dan layanan yang dibutuhkan oleh server induk (Hypervisor). Selain itu, karena pada KVM sumber daya dan resource dari masing-masing pengguna tidak saling bersinggungan, maka beban server pun menjadi lebih ringan dan stabil.

7. Migrasi Server yang Mudah 

Apabila kalian ingin memindahkan server fisik dari KVM secara geografis, maka dapat dilakukan dengan mudah tanpa khawatir mengganggu performa website yang sedang berjalan. Fitur yang dimiliki oleh KVM yaitu “Live Migration” memungkinkan penggunanya untuk melakukan pemindahan server (seperti memindahkan hardware atau membagi load antar komputer host) tanpa downtime. 

8. Memiliki Tingkat Keamanan Sangat Tinggi

Tahukah Exabytes Friends jika VPS KVM adalah salah satu layanan hosting dengan tingkat keamanan paling tinggi? Itulah sebabnya keamanan data menjadi salah satu keunggulan VPS KVM yang sangat menarik perhatian pembeli.

Standar keamanan data yang dimiliki oleh KVM telah mencakup kombinasi SELinux (Security-enhanced Linux) dan sVirt (Secure Virtualization). SELinux membantu KVM untuk menjaga keamanan internal server. Sedangkan sVirt berfungsi untuk melindungi server dari serangan luar seperti hacking, ransomware, phising, dan lainnya.

Melalui standar keamanan tingkat tinggi dan berlipat ganda yang dimiliki oleh KVM, Exabytes Friends tidak perlu risau lagi akan keamanan data-data penting yang terdapat di dalam website.

Kesimpulan

VPS KVM adalah pilihan hosting yang tepat untuk menjamin keamanan dan privasi data. (Sumber: iStock Photo)
VPS KVM adalah pilihan hosting yang tepat untuk menjamin keamanan dan privasi data. (Sumber: iStock Photo)

Layanan hosting adalah salah satu komponen krusial yang harus kalian pertimbangkan ketika ingin membangun website. Saat ini telah hadir bermacam-macam layanan hosting diantaranya yaitu VPS Hosting, Shared Hosting, Dedicated Hosting, dan Cloud Hosting. 

VPS digadang-gadang sebagai pilihan layanan hosting paling populer dan banyak diminati oleh punggawa website. Meskipun VPS terbukti telah memiliki banyak pengguna, tetapi kalian tetap harus memahami tips memilih VPS terbaik agar performa website dapat terjaga. 

Sebaiknya memilih layanan VPS dengan tingkat keamanan berlapis, kapasitas RAM dan CPU sendiri, fleksibilitas dalam memindahkan server, harga terjangkau, serta andal dalam mengatasi lonjakan trafik. Nah, kebetulan semua aspek tersebut tersedia pada VPS KVM.

VPS KVM adalah bagian dari layanan hosting yang menggunakan teknologi virtualisasi untuk memecah server fisik ke dalam beberapa bagian sehingga dapat digunakan oleh banyak users sekaligus. VPS KVM sangat cocok bagi kalian yang membutuhkan layanan hosting dengan harga terjangkau namun mampu mengatasi resource website yang besar serta lonjakan traffic yang tinggi.

Nah, cukup sampai di sini pembahasan mengenai keunggulan VPS KVM. Semoga bermanfaat bagi Exabytes Friends, ya! Bagi kalian yang ingin membaca artikel-artikel menarik lainnya mengenai website dan tips pembuatan konten, maka dapat mengunjungi blog Exabytes. Selain itu, Exabytes sebagai perusahaan VPS Indonesia juga menyediakan layanan VPS, loh! 

Jangan lupa pula untuk subscribe agar tak ketinggalan konten artikel up-to-date lainnya. Sampai jumpa!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments