8 Tips dan Trik Agar Menang Lomba Blog Exabytes

380
Tips Agar Menang Lomba Blog
6 min read

Hi Exabytes Friends!

Pasti kalian udah tahu dong kalau Exabytes lagi ngadain lomba blog? Buat yang belum cek, segera cek di laman Lomba Blog Exabytes ya karena lomba ini sudah dibuka dan bebas untuk diikuti siapa saja bersifat untuk umum.

Selain itu, banyak banget lho hadiah lomba ini Ada hadiah jutaan rupiah, WordPress hosting gratis selama 1 tahun dengan domain .COM serta voucher OVO untuk 10 penulis tercepat.

lomba-blog-exabytes

Mantap banget kan hadiahnya? Sayang banget kalau gak ikutan coba Lomba Blog Exabytes. Siapa tahu kamu yang jadi pemenangnya lho. Makanya kamu mending ikutan lomba ini daripada blog kamu nganggur gak ada konten yang harus di update.

Nah, buat kamu pengen ikutan lomba ini tapi masih bingung gimana caranya supaya menang, intip deh tips dan trik di bawah ini ya.

Siapkan Waktu Yang Pas Untuk Menulis

Pertama yang harus kamu siapkan adalah siapkan waktu untuk menulis. Nggak apa-apa kalau kamu nggak bisa menulis artikelnya dengan cepat. Yang penting kamu harus submit artikelnya tepat waktu. Catat ya, batas waktu mengumpulkan artikelnya sampai tanggal 17 September lho. Jadi, kurang lebih kamu punya waktu 2 bulan untuk menulis.

Sesuaikan waktu kamu dengan rutinitas kamu. Kalau kamu prefer menulis pas malam hari, go for it. Atau kamu senang nulis pas pagi hari karena otak masih fresh juga boleh banget. Jadwalkan kapan kamu mau menulis supaya nggak ke distraksi dengan hal lainnya ya. Pastikan juga ketika jadwal kamu menulis, kamu konsen dan nggak menunda-nunda ya. Kalau ditunda, ide kamu bisa aja terlupa entar. 

Jika kamu saat ini ngerasa terhambat atau mengalami writer’s block saat nulis, simak deh artikel ini yang bisa ngebantu kamu mensiasati agar bisa nulis lagi.

Pahami Tema Lomba

Hal penting yang harus diperhatikan adalah sesuai dengan tema lomba. Biasanya penyelenggara lomba pun sudah mencantumkan tema tulisan yang akan dikompetisikan.  Jika tidak sesuai tema, artikel pun bisa didiskualifikasi langsung. Tema Lomba Blog Exabytes kali ini adalah “Menghasilkan Pendapatan Dengan Memanfaatkan Internet di Masa COVID-19”.

Tema ini diambil karena beberapa orang kini mulai diberhentikan pekerjaan sebelumnya dikarenakan pandemi yang sedang melanda. Otomatis mereka harus mencari cara dengan memanfaatkan yang ada, salah satunya internet yang bisa jadi ladang pendapatan. Tulisan kamu pun bisa menjadi informasi untuk banyak orang sekaligus mendorong serta menginspirasi orang untuk tetap maju dan berusaha menghasilkan pendapatan lho hanya dengan mengandalkan internet.

Baca Juga  Ini Dia 3 Travel Blogger Yang Bakal Jadi Sumber Inspirasi Liburan Kamu nih!

Oh ya, tema ini nggak harus sama dengan judul artikel kamu kok. Kamu bisa mengkreasikan judul sesuai kreatifitas kamu dan konten kamu asalkan sesuai dengan tema. Jangan sampai melenceng ya.

Ikuti Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku

Setelah memahami tema yang dilombakan, kamu perlu membaca dengan teliti syarat dan ketentuan yang berlaku baik yang umum maupun ketentuan penulisan. Memang terlampir banyak syarat dalam Lomba Blog Exabytes tetapi sebenarnya mudah kok dimengerti kalau kamu baca dengan cermat. 

Beberapa ketentuan penulisan yang perlu kamu perhatikan seperti artikel minimal 600 kata, harus orisinal dan fresh, memasukan kata kunci Exabytes Indonesia, tidak boleh mengandung unsur SARA, pornografi, konten dewasa, dan hal-hal lain yang melanggar hukum dan artikel belum pernah dipublikasikan dan diikutsertakan di lomba manapun. Baca dengan teliti dan patuhi syaratnya ya, Exabytes Friends.

Wajib Menyertakan Keyword dan Backlink

Perlu diperhatikan ya, backlink menjadi salah satu ketentuan penulisan yang tak boleh terlewat. Setiap peserta lomba harus memasukan 3 backlink di dalam artikel. 1 keyword dan backlink yang wajib dimasukkan adalah Exabytes Indonesia dengan backlink URL (https://www.exabytes.co.id/). 

Untuk 2 keyword dan backlink lainnya, kamu bisa memilih 2 dari daftar berikut ini untuk dimasukkan ke dalam artikelmu yakni :

Pastikan kamu mempelajari terlebih dahulu layanan atau produk di atas ya, Friends. Supaya kamu bisa menguasai produk tersebut dan tulisan kamu bisa relevan dengan backlink atau kata kunci yang kamu masukan ke artikel kamu ya. Hal ini tentu saja bisa menjadi nilai tambah lho karena kamu memahami produk dari Exabytes.

Sign Up Account di Exabytes

Tentu saja sebagai peserta lomba blog kamu harus mengikuti tata cara lomba yang berlaku. Termasuk kamu harus sign up account di Exabytes. Hal ini untuk memudahkan verifikasi data dirimu dan bisa segera dikontak. Kamu bisa sign up disini ya Exabytes Friends.

Baca Juga  Ini Dia! 7 Blogger Wanita Paling Inspiratif 

Buat Konten Yang Berkualitas

Isi dari sebuah blog yang paling fundamental tentu saja konten. Dalam membuat konten, tentu saja harus menarik dan berkualitas pastinya. Buat dahulu kerangka atau draft yang akan kamu tulis agar kamu dengan gampang mengikuti alurnya saat menulis.

Kamu bisa menulis tips dan trick atau menceritakan pengalaman kamu atau sekelilingmu yang saat ini menghasilkan pendapatan dengan internet di masa pandemi sekarang. Pastikan juga kamu menentukan keyword untuk SEO agar bisa muncul di laman pencarian teratas. Untuk mengetahui bagaimana cara membuat konten yang menarik dan berkualitas bisa membaca artikel ini ya, friends.

Supaya konten kamu dilirik banyak orang, tambahkan visual penunjang yang menarik. Boleh gambar, foto, infografis hingga video lho di dalam artikel yang memang relevan dengan apa yang kamu tulis. Menambah visual bisa menambah poin plus dalam Lomba Blog Exabytes lho dan nggak melulu tulisan saja artikel kamu.

Cari Inspirasi dan Referensi

Memang mencari inspirasi itu butuh waktu yang lama dan tak mudah. Tapi ini bisa kamu siasati kok, kuncinya adalah sering membaca. Kamu bisa membaca artikel, membaca buku, scrolling forum atau blogwalking (menelusuri blog-blog) untuk menemukan ide tulisan. Dengan kamu rajin membaca, kamu pun akan mudah memahami dan lancar untuk menulis artikel lho. 

Selain membaca, kamu juga bisa melakukan hal-hal lain lho untuk mencari inspirasi konten blog kamu. Misalnya saja seperti menonton video, bertanya dengan teman-teman atau polling di Instagram dan masih banyak lagi.

No Plagiat!

Meskipun kamu telah mengikuti semua syarat, ketentuan penulisan hingga tata cara lomba tetapi jangan sampai kamu plagiat ya. Hal ini akan membuat kamu langsung didiskualifikasi dari lomba. Tema harus sesuai dengan perlombaan dan ide boleh mirip dengan peserta lain. Ingat, dilarang keras untuk mensalin sama persis isi tulisan punya orang lain ya. Be original!

Itulah 8 tips dan trik agar kamu menang di Lomba Blog Exabytes. Buat yang sudah menyiapkan artikel, segera submit dengan mengisi form Lomba Blog Exabytes sesegera mungkin ya.

8 Tips dan Trik Agar Menang Lomba Blog Exabytes - 2020

Setidaknya kalau nggak jadi juara, kamu bisa berkesempatan menang voucher OVO 100k lho. Dan jangan lupa bagikan informasi ini ke teman-teman, kerabat dan komunitas blogger kamu.

Batas akhir Lomba Blog Exabytes sampai tanggal 17 September dan pengumuman tanggal 30 September mendatang ya.

Semangat nulisnya ya Exabytes Friends, good luck!