Cara Mudah Memasang Facebook Pixel di Website

120
banner-facebook-pixel
Free Credit Exabytes
8 min read

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang, pemasaran pun mulai bergeser dan memanfaatkan teknologi serta sosial media. Salah satu cara untuk melakukan pemasaran digital dan meningkatkan penjualan adalah dengan menggunakan Facebook Ads. Facebook Ads pun menjadi salah satu strategi digital marketing saat ini. Bila kamu menggunakan Facebook Ads atau berencana memakainya, kamu perlu juga menggunakan tools satu ini yakni Facebook Pixel.

Mungkin kamu pernah mendengar Facebook Pixel tetapi belum memahami benar apa itu Facebook Pixel. Facebook Pixel merupakan tools

facebook-on-mobile-app

Apa sih itu Facebook Pixel? Kenapa kamu harus menggunakannya? Lalu bagaimana cara memasangnya? Semua akan dibahas di dalam artikel berikut ini.

Apa itu Facebook Pixel?

Facebook Pixel adalah alat analisis atau tools yang mengukur efektivitas iklan yang kamu pasang dengan memahami perilaku orang yang mengunjungi website kamu. Tools ini juga bisa menjadi strategi periklananan untuk melihat mana yang paling berhasil untuk mencapai tujuan bisnismu. Dengan ini, kamu pun bisa memaksimalkan anggaran biaya untuk ads di sosial media. 

facebook-ads

Facebook Pixel mengoptimalkan iklan dan memastikan mereka ditampilkan ke audiens yang tepat. Kamu juga dapat menggunakan tools untuk meningkatkan penargetan ulang (re-targeting)dan pemasaran ulang Facebook kepada orang-orang yang telah mengunjungi halaman tertentu atau mengambil tindakan yang diinginkan di website kamu.

Untuk lebih memahami kinerja Facebook Pixel akan diuraikan sebagai berikut. Ketika seseorang mengunjungi website kamu dan melakukan tindakan (misalnya, membeli sesuatu), Faecbook Pixel akan melaporkan tindakan ini. Dengan ini, kamu jadi tahu kapan pelanggan mengambil tindakan setelah melihat Facebook Ads yang kamu pasang. Kamu juga dapat menjangkau pelanggan ini lagi dengan menggunakan Custom Audience. 

Singkatnya, Facebook Pixel membantu agar lebih memahami dampak iklan yang dipasang dengan memahami apa yang dilakukan orang setelah mereka melihatnya. Jadi, kamu bisa menjangkau orang-orang yang kemungkinan besar mengambil tindakan nyata seperti membeli produk.

Bagaimana Cara Kerja Facebook Pixel?

Ada 6 langkah yang dilakukan oleh Facebook Pixel yaitu :

  • Install the Pixel : Pasang Pixel dengan menambahkan kode ke website.
  • Receive Insights : Menerima insight atau wawasan tentang pengunjung website seperti darimana traffic berasal, perangkat apa yang digunakan hingga informasi demografis dan lainnya.
  • Analyse Behavior : Menganalisis perilaku yang melakukan tindakan di website seperti apakah mereka menjelajahi halaman produk tertentu, memasukkan sesuatu ke dalam keranjang dan lainnya.
  • Create Audiences : Hasil analisis tersebut bisa dijadikan data dan dikumpulkan oleh Pixel untuk membuat audiens, membuat Lookalike Audience (audiens yang mirip) dan audiens khusus yang dirancang agar iklan dapat tepat sasaran.
  • Set Up Bidding : Manfaatkan strategi penawaran dengan biaya terendah untuk menjangkau orang yang kemungkinan mengambil tindakan yang diinginkan (misalnya membeli produk). Strategi ini berguna untuk memaksimalkan biaya agar efisien.
  • Review Events : Menganalisis peristiwa untuk memaksimalkan strategi Facebook Ads.

Apa Yang Bisa Dilacak Facebook Pixel?

facebook-mobile

Tools ini bisa merekam dan melacak ketika seseorang mengklik iklan atau tindakan khusus di website kamu. Beberapa hal berikut bisa dilacak oleh Facebook Pixel di antaranya sebagai berikut :

  • View Content : Facebook Pixel bisa melihat konten dan melacak tampilan halaman kunci (artikel, halaman arahan, halaman produk)
  • Search : Pixel bisa melihat track pencarian di website (pencarian produk)
  • Add to Cart : Melacak bila item ditambahkan ke troli
  • Add to wishlist : Mencatat ketika item ditambahkan ke wishlist
  • Initiate Checkout : Merekam saat orang-orang akan melakukan pembelian atau checkout
  • Add Payment Info : Melihat track ketika orang menambahkan informasi pembayaran selama checkout flow
  • Make Purchase : Mencatat pembelian atau penyelesaian checkout flow (yang nantinya akan menuju ke halaman konfirmasi pembelian)
  • Lead : Mencatat ketika seseorang mengisi formulir, mendaftar / sign up untuk trial
  • Complete Registration : Melacak seseorang mengisi formulir pendaftaran (langganan lengkap, daftar layanan)
Baca Juga  Ini Dia! 7 Blogger Wanita Paling Inspiratif 

Kenapa Harus Menggunakan Facebook Pixel?

Setelah melihat uraian di atas mungkin kamu masih belum menangkap kenapa harus menggunakan Facebook Pixel. Facebook Pixel sangat berguna untuk mengukur efektifitas iklan yang kamu pasang dan masih banyak keuntungan lainnya. 

shopping-social-media-facebook

Berikut ini ada beberapa alasan kenapa kamu harus menggunakan Facebook Pixel :

Retargetting

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, dengan menggunakan tools ini kita bisa melakukan retargetting kepada audiens. Maksudnya seperti apa sih? Begini, kamu sering nggak sih melihat iklan yang sama melulu setelah melihat iklan atau mengunjungi website? Nah, itu namanya retargetting. 

Kenapa iklan tersebut muncul karena Facebook Pixel telah merekam data yang mengunjungi websiste atau melihat iklan. Pixel memiliki data yang telah dilacak dan menargetkan iklan tertentu kepada orang-orang yang telah visit ke website kamu tetapi mungkin saja tidak membeli produk atau add to cart atau checkout. Nah, kamu pun bisa aja retargetting lagi ke audiens ini agar nantinya mereka bisa membeli produk di websitemu.

Custom Audiences

Kamu bisa mengatur audiens seperti apa yang menjadi target pasarmu dengan custom audiences. Fitur ini dapat membuat campaign dan mengkustomisasi target audiens khusus yang diinginkan agar iklan yang kamu tayangkan bisa tepat sasaran ke audiensmu.

Misalnya kamu ingin menargetkan audience baru dengan kampanye yang dibuat atau menargetkan orang yang membuka halaman tertentu di website. Semakin kamu dapat menargetkan audiens untuk pembelian dengan Facebook Ads, semakin tinggi ROI yang kamu dapatkan dari setiap kampanye.

Lookalike Audience

Dengan menggunakan Facebook Pixel, kamu bisa menggunakan data pelacakan untuk membangun lookalike audience. Maksudnya adalah pemirsa yang mirip yang memiliki kesukaan, minat, usia dan demografi dengan orang yang telah berinteraksi dengan website kita. Ini dapat menjangkau peluang pelanggan yang lebih luas. 

Melacak Konversi

Jika kamu sudah menginstall Facebook Pixel di website kamu, kamu bisa melacak event tracking (track conversion). Pelacakan ini memudahkan untuk melacakan konversi di website dari kampanye Facebook Ads yang dipasang. Dengan ini juga kamu bisa melihat apakah orang cenderung melihat iklan memakai perangkat apa. Dan ini juga bisa menjadi referensi untuk memperbaiki strategi iklan agar lebih baik lagi.

Optimalkan Konversi

Terakhir, Kamu bisa membuat iklan konversi yang dioptimalkan untuk orang-orang yang mengambil tindakan spesifik di website. Tak hanya link saja yang dikonversikan tetapi bisa juga dari pembelian atau jumlah sign up. Dengan ini kamu bisa mengoptimalkan pembelian, tampilan halaman, arahan dan banyak lagi serta mengoptimalkan kampanye untuk menjangkau ke audiens yang lebih luas.

Dengan 5 poin yang dipaparkan di atas, Facebook Pixel dapat memastikan kamu untuk menargetkan audiens yang diinginkan, mengukur hasil iklan yang lebih baik dan meningkatkan banyak penjualan dari kampanye yang kamu buat.

Baca Juga  Mari Mengenal Konsep 4P, Product, Price, People, Promotion untuk Melejitkan Omzet Bisnis Online Anda.

Bagaimana Cara Memasang Facebook Pixel di Website?

Sebelum memasang Facebook Pixel, pastikan kamu telah memiliki website terlebih dahulu. Membuat website pun bisa dibilang susah-susah-gampang tetapi bila tak ingin ribet, kamu bisa menggunakan untuk membangun website yang kamu inginkan.

Berikut ini adalah beberapa langkah untuk memasang Facebook Pixel di website :

Langkah 1 : Buat Facebook Pixel

  1. Buka Pengelola Peristiwa (https://facebook.com/events_manager).
  2. Klik Cara Mudah Memasang Facebook Pixel di WebsiteHubungkan Sumber Data dan pilih Web.
  3. Pilih Facebook Pixel dan klik Hubungkan.
  4. Tambahkan Nama Pixel yang kamu buat.
  5. Masukkan URL situs web kamu untuk memeriksa opsi penyiapan yang mudah.
  6. Klik Lanjutkan.

Langkah 2 : Menambahkan Facebook Pixel ke Website

Setelah membuat pixel, kamu siap menempatkan kode Facebook pixel di websitemu. Untuk petunjuk tentang cara melakukannya, pilih opsi penyiapan yang ingin digunakan, Ada 3 pilihan untuk menambahkan Facebook Pixel ke website yaitu secara manual, menggunakan inetgrasi partner dan petunjuk email

Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1). Menambahkan kode pixel ke situs web secara manual

  1. Buka Pengelola Peristiwa.
  2. Pilih pixel yang telah disiapkan.
  3. Klik Lanjutkan Penyiapan Pixel.
  4. Pilih Instal kode secara manual.
  5. Salin kode dasar pixel.
  6. Cari header situs web atau cari template header di CMS atau platform website.
  7. Tempelkan kode dasar di bawah bagian header, tepat di atas tag head penutup.
Cara Mudah Memasang Facebook Pixel di Website
  1. Klik Lanjutkan.
  2. Opsional: Aktifkan Pencocokan Lanjut Otomatis dan verifikasi informasi pelanggan yang ingin dikirimkan.
  3. Klik Lanjutkan.
  4. Tambahkan peristiwa menggunakan Fitur Penyiapan Peristiwa atau dengan menambahkan kode secara manual ke website. Fitur Penyiapan pun terbagi menjadi dua, ada Fitur Penyiapan Peristiwa dan Penyiapan Manual.
  5. Setelah memilih Fitur Penyiapan yang diinginkan, klik Selesai.

Fitur Penyiapan sendiri terbagi menjadi 2 yaitu :

  • Fitur Penyiapan Peristiwa

Klik Luncurkan Fitur Penyiapan Peristiwa untuk menambahkan peristiwa dan parameter tanpa pengodean tambahan. Lalu ikuti petunjuk di layar untuk menambahkan peristiwa ke websitemu.

  • Penyiapan manual
    Buka Facebook for Developer untuk menyiapkan peristiwa pixel menggunakan kode.

2) Menggunakan Integrasi Partner

  1. Buka Pengelola Peristiwa (https://facebook.com/events_manager).
  2. Pilih pixel yang disiapkan.
  3. Klik Lanjutkan Penyiapan Pixel.
  4. Klik Gunakan partner.
  5. Pilih partner dari daftar.
  6. Ikuti petunjuk penyiapan di layar.

Kamu juga bisa menyiapkan Facebook pixel di situs web dengan membuka halaman Integrasi Partner (https://business.facebook.com/events_manager/partner-integration), memilih partner kamu, dan mengikuti petunjuk di layar.

3) Petunjuk email

Jika seseorang memperbarui kode di websitemu, ikuti langkah berikut untuk mengiriminya email berisi petunjuk penyiapan Facebook Pixel.

  1. Buka tab Piksel di Pengelola Peristiwa.
  2. Klik Siapkan Piksel.
  3. Klik Petunjuk Email.
  4. Masukkan alamat email penerima.
  5. Klik Kirim di bagian bawah halaman.

Langkah 3 : Menyiapkan peristiwa

Setelah menambahkan kode dasar pixel ke situs web, kamu bisa menyiapkan peristiwa untuk mengukur tindakan yang penting bagi kamu, seperti melakukan pembelian. Kamu bisa melakukannya dengan menginstal kode secara manual atau menggunakan Fitur Penyiapan Peristiwa tunjuk dan klik. Lalu pastikan pixel Anda berfungsi dengan baik.

Catatan: kamu bisa menggunakan satu pixel di seluruh website, termasuk beberapa halaman di website kamu. Namun, kamu mungkin harus menggunakan dua pixel di satu situs web. Misalnya, jika dua agensi menjalankan iklan bisnis, masing-masing agensi mungkin perlu menyiapkan pixel terpisah di websitemu.

Semoga artikel ini bisa membantumu ya dalam memasang Facebook Pixel untuk memaksimalkan ads buatanmu dan meningkatkan penjualan bisnismu.

Free Credit Exabytes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here