Mengenal VPS Hosting dan Mengapa Exabytes Terbaik 

74
12 min read


Tertarik Pindah Hosting ke Exabytes?

Segera Dapatkan Diskon Pindah Hosting 50% selama 1 tahun.

Ya, saya tertarik


Hello Exabytes Friends!

Exabytes Friends yang berada di industri informasi dan teknologi (IT) pastinya sudah tahu dong apa itu VPS? Tapi, sebagian dari kalian yang tidak berada di industri tersebut mungkin belum mengenal istilah VPS atau Virtual Private Server. Padahal VPS ini merupakan suatu teknologi yang cukup penting dan dapat membantu Exabytes Friends semua loh.

Kalau gitu sekarang mimin akan membahas tentang VPS lebih dalam lagi. Bukan sekedar apa itu VPS dan fungsinya aja loh. Makanya, yuk baca artikel ini sampai selesai!

Apa itu VPS?

Mengenal VPS Hosting dan Mengapa Exabytes Terbaik 

Virtual Private Server atau yang biasa disebut VPS merupakan server yang menggunakan teknologi virtualisasi yang berfungsi untuk membagi menjadi beberapa virtual server yang dapat diinstall. VPS ini akan menyediakan ruang khusus untuk kamu, namun bersifat virtual atau tidak nyata. Namun pada kenyataannya, kamu sedang berbagi server dengan orang lain. VPS ini biasanya digunakan oleh para pemilik website yang memiliki traffic tinggi. Hal ini dikarenakan server-server virtual yang ada tidak akan saling mempengaruhi kinerja server lain. Keamanan data di VPS pun sangat terjamin, karena server-server lain tidak dapat melihat data fisik satu sama lain. Sehingga kebocoran data tidak akan terjadi saat menggunakan VPS.

Fungsi VPS

Salah satu fungsi dari VPS adalah sebagai web hosting atau ruang penyimpanan data website. VPS ini dapat digunakan untuk website perusahaan yang memiliki level menengah karena aplikasi tentunya membutuhkan konfigurasi yang spesifik. Selain itu, VPS juga cocok untuk digunakan oleh website yang memiliki budget terbatas dan ingin layanan yang berkualitas. VPS juga dapat membantu backup server sehingga data-data yang tersimpan akan dicadangkan untuk meminimalisasi kehilangan dan kerusakan data penting. VPS ini juga berfungsi untuk melaksanakan development testing, menghubungkan untuk melakukan reboot dan penggantian interface dengan cepat.

Perbedaan VPS dan VPN

Mengenal VPS Hosting dan Mengapa Exabytes Terbaik 

Berbeda dari VPS yang udah dijelaskan di atas nih Friends, VPN atau Virtual Private Network ini merupakan teknologi komunikasi yang berfungsi untuk menghubungkan suatu jaringan dengan jaringan lain secara privat melalui jaringan publik. Fungsi dari VPN ini memungkinkan para penggunanya untuk mengakses jaringan lokal pada jangkauan tertentu degan mendapatkan pengaturan dan hak yang sama. Jangan khawatir juga Friends ketika kamu ingin menggunakan VPN, karena VPN ini dapat menjaga keamanan pertukaran data, sehingga tidak akan bocor ke pihak lain. Jika ditanya apa perbedaannya dengan VPS? Jelas sangat berbeda dan tidak berkaitan. Tujuan VPS yaitu untuk memisahkan beberapa server fisik menjadi server-server virtual sehingga dapat beroperasi secara independen. Sedangkan VPN ini bertujuan untuk membantu pengguna terhubung dengan jaringan lokal serta membuat pengguna menjadi anonim. 

Fungsi VPN

Secara singkat, VPN ini dapat digunakan untuk menghubungkan pengguna dengan jaringan lokal menggunakan jaringan publik yang ada. Tidak hanya itu, VPN juga memiliki banyak fungsi loh Friends. VPN ini dapat digunakan untuk membuka situs-situs yang terblokir dikarenakan ketentuan atau regulasi dari suatu negara dan institusi. Pengguna dapat menggunakan VPN untuk hal tersebut misalnya saat di negara Indonesia terdapat pemblokiran situs Whatsapp secara massal, maka VPN dapat digunakan untuk membantu agar situs Whatsapp yang diblokir pun terbuka. 

VPN juga berfungsi untuk menyembunyikan alamat IP pengguna nya demi keamanan data. Dengan menggunakan VPN, alamat IP tidak akan diketahui oleh publik. Terakhir, kegunaan VPN ini sangat penting bagi perusahaan. Keberadaan VPN memungkinkan pengguna nya untuk melakukan akses dari jarak jauh. Pengguna VPN dapat mengakses komputer atau jaringan yang ada di perusahaan untuk keperluan akses data, membalas e-mail, dan lain lain.

Perbedaan VPS dan RDP 

Mengenal VPS Hosting dan Mengapa Exabytes Terbaik 

Nah, sedangkan RDP (Remote Desktop Protocol) adalah sebuah fitur yang berfungsi untuk memberikan izin kepada penggunanya agar dapat terhubung dengan mesin yang berada di jarak jauh. RDP ini memiliki beberapa fungsi salah satunya yaitu untuk menangkal jaringan-jaringan yang lambat sehingga menjadi lancar kembali. Hal ini disebabkan oleh penggunaan data transfer internet yang sedikit. RDP juga dapat diakses dimana pun baik menggunakan PC (Personal Computer), Smartphone, Laptop, dll. Bedanya RDP dengan VPS yaitu pengguna tidak dapat mengubah OS pada RDP nya. Sedangkan pada VPS, pengguna dapat mengganti OS sesuai dengan jenis VPS pengguna.

Mengapa VPS lebih mahal dari Shared Hosting

Mengenal VPS Hosting dan Mengapa Exabytes Terbaik 

Sekarang, mari kita bahas tentang kenapa sih VPS (Virtual Private Server) lebih mahal daripada Shared Hosting? Emang nya VPS lebih bagus dari Shared Hosting atau bagaimana? Oke, sebelumnya kita bahas dulu mengenai kelebihan dari VPS dan Shared Hosting ya.

Baca Juga  10 Plugin WordPress Terbaik di Tahun 2019

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh VPS (Virtual Private Server) yaitu konfigurasi pengamanan dikelola secara penuh oleh pemilik VPS sehingga dapat diatur tingkat keamanan nya sesuai dengan seberapa penting data yang ada, space yang tersedia lebih besar dibandingkan shared hosting sehingga dapat menyimpan berbagai jenis data yang diperlukan, VPS ini juga sangat fleksibel untuk menginstall aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan oleh pengguna seperti Java Server, dll. Performa yang dihasilkan VPS pun lebih baik karena para pengguna menggunakan secara bersama-sama sehingga resource yang digunakan akan lebih hemat dan menghasilkan performa yang baik. Terakhir, seperti yang sudah dijelaskan pada pembahasan tentang perbedaan VPS dan RDP di atas yaitu pada VPS, pengguna dapat mengubah OS (Operating System) sesuai dengan keinginan pengguna. Sehingga pengguna berkesempatan untuk mencoba beberapa OS terbaru yang muncul. 

Shared Hosting juga memiliki kelebihan loh Exabytes Friends. Ketika menggunakan shared hosting, para pengguna tidak perlu memiliki keahlian khusus untuk mengelola server dan pengamanan serta pembaruan karena hal tersebut akan diurus oleh provider hosting sehingga memudahkan para pengguna shared hosting.  Selain itu, penggunaan CPU dan RAM pada shared hosting tidak dibatasi loh, jadi para pengguna nya dapat menggunakan resource server sesuai dengan kebutuhan. 

Dilihat dari beberapa kelebihan VPS dan Shared Hosting, sudah bisa diprediksikan bahwa biaya yang dikeluarkan untuk VPS tentu akan lebih mahal dibandingkan Shared Hosting. Hal itu dikarenakan VPS bisa memberikan manfaat yang lebih banyak daripada Shared Hosting. Namun, Shared Hosting juga tidak kalah baik dari VPS. Pada umumnya, VPS ini ditujukan kepada perusahaan-perusahaan yang memiliki traffic tinggi pada website nya. Harga nya yang cukup tinggi pun sesuai dengan target pasar nya yaitu perusahaan. Sedangkan shared hosting ini lebih cocok untuk digunakan oleh para blogger atau UKM (Usaha Kecil dan Menengah), sehingga harganya pun terjangkau untuk target pasarnya. 

Unmanaged VPS dan Managed VPS

Mengenal VPS Hosting dan Mengapa Exabytes Terbaik 

Kamu perlu mengetahui perbedaan Unmanaged VPS dan Managed VPS jika kamu akan mencoba layanan VPS. Kedua istilah ini tentunya memiliki perbedaan. Secara singkat, Unmanaged VPS adalah cara yang dapat dilakukan oleh pengguna untuk mengelola VPS nya sendiri tanpa bantuan dari provider. Sedangkan Managed VPS sepenuhnya dikelola dan diurus oleh provider, termasuk saat terjadi masalah yang berhubungan dengan teknis. Oleh karena itu, sebelum kamu memutuskan menggunakan layanan VPS, cari tahu lebih dalam yuk mengenai apa itu Unmanaged dan Managed VPS. 

Unmanaged VPS

Unmanaged VPS merupakan akun VPS yang dapat dikelola oleh para pengguna VPS itu sendiri secara penuh. Namun, Unmanaged VPS ini tidak disarankan untuk para pengguna yang kurang memiliki pengetahuan dan keahlian untuk mengelola web server. Saat pengguna VPS memilih Unmanaged VPS, maka mereka dapat mengatur dan mengelola sendiri. Serta harus menangani sendiri permasalahan yang terjadi, seperti masalah yang berhubungan dengan software, keamanan, pembaruan, dan lain-lain. Para pengguna yang memilih Unmanaged VPS tentunya tidak dapat meminta bantuan dari provider atau penyedia nya karena hal tersebut sudah menjadi risiko ketika pengguna memilih Unmanaged VPS.

Keunggulan dari Unmanaged VPS itu sendiri adalah pengguna VPS dapat menerapkan teknologi apapun secara bebas pada VPS, sehingga pengguna tidak terikat dengan peraturan atau hal yang sudah ditetapkan oleh provider. Dengan menggunakan Unmanaged VPS pun pengguna dapat merasakan pengalaman baru dalam mengelola VPS, hal itu bisa terus kamu asah agar menjadi keahlian mu juga loh Friends. Kelebihan terakhir dan yang paling penting adalah harga nya yang murah. Unmanaged VPS ini memiliki harga yang murah dikarenakan campur tangan dari provider tidak besar da hanya di awal-awal saja, selebihnya dilakukan oleh pengguna VPS sendiri. Sehingga jasa yang diterima dari provider untuk pengguna VPS itu sedikit. Semua pengaturan dapat dilakukan oleh pengguna VPS dan tentunya meningkatkan beban kerja pengguna nya.

Meskipun Unmanaged VPS ini memiliki beberapa keunggulan, Unmanaged VPS juga memiliki kekurangan. Pengguna harus mempelajari lebih dalam tentang bagaimana mengelola VPS terutama jika terdapat masalah-masalah yang terjadi. Sehingga Unmanaged VPS ini tidak disarankan untuk pemula yang belum memiliki banyak informasi dan keahlian dalam mengelola VPS. Selain itu, ketika menggunakan Unmanaged VPS maka pengguna harus terlatih dalam memperbaiki masalah seperti terjadinya error atau hal lainnya.

Managed VPS

Managed VPS ini tentunya sangat berbeda dengan Unmanaged VPS. Managed VPS ini memungkinkan provider untuk mengurus seutuhnya VPS dari pengguna. Provider akan mengurus dari awal saat pengguna akan mencoba layanan VPS, pemeliharaan VPS tersebut, serta jasa perbaikan ketika terdapat masalah teknis yang berhubungan dengan software, konfigurasi keamanan, dan update. Managed VPS ini sangat disarankan untuk para pengguna yang kurang memiliki pengetahuan seputar VPS, sehingga tidak memungkinkan untuk mengurus dan mengelola VPS sendiri. Selain itu, para pengguna Managed VPS juga dapat meningkatkan penyimpanan nya secara fleksibel.

Baca Juga  5 Tips Agar Website Kamu Terhindar Dari Hacking Seperti Website PN Kepanjen

Bagi Exabytes Friends yang belum memiliki keahlian khusus dalam mengelola VPS, dapat mencoba Managed VPS sehingga tidak perlu pusing-pusing memikirkan cara memelihara dan memperbaiki jika terjadi masalah. Namun, jika para pengguna VPS yang masuk kategori pemula dan sudah terlanjur memilih Unmanaged VPS pun tetap bisa merasakan jasa Managed VPS. Pengguna VPS dapat menyewa seorang ahli di bidang teknologi dan informasi untuk membantu mengurus dan mengelola VPS.

Managed VPS ini tentunya memiliki banyak kelebihan seperti mendapatkan bantuan secara teknis dari provider sehingga pengguna VPS tidak perlu memusingkan bagaimana cara mengatasi masalah-masalah yang ada, terlebih lagi jika pengguna VPS merupakan seorang pemula yang belum memiliki banyak informasi seputar pengelolaan VPS. Selain itu, pengguna juga bisa mendapatkan bantuan dari provider untuk melakukan update, meningkatkan perangkat lunak, dan meningkatkan tingkat keamanan pada VPS. Selanjutnya, dengan menggunakan Managed VPS, pengguna VPS bisa mendapatkan layanan backup server. Namun untuk melakukan backup server, pengguna harus melakukan hal tersebut sendiri. Tapi tenang aja Friends, pengguna Managed VPS tetap bisa mendapatkan bimbingan dari provider juga loh. Terakhir, pengguna Managed VPS ini juga sangat bisa untuk menghemat waktu karena para pengguna tidak perlu melakukan pengelolaan VPS sendiri, sehingga sangat memungkinkan pengguna Managed VPS untuk fokus pada kegiatan lain seperti pemasaran.

Dari sekian banyak kelebihan yang dimiliki Managed VPS, tentunya ada kekurangan nya juga Friends. Pertama, harga untuk Managed VPS ini lebih mahal dibandingkan dengan Unmanaged VPS. Kenapa sih Managed VPS bisa lebih mahal? Jelas dong karena Managed VPS ini memungkinkan pengguna nya untuk tidak mengelola VPS itu sendiri alias sudah dikelola secara penuh oleh provider. Karena hal yang menguntungkan inilah yang membuat harganya pun menjadi mahal, Friends. Selain itu, ternyata di Indonesia masih jarang loh provider yang menyediakan Managed VPS, sehingga masih cukup sulit untuk ditemukan. Terakhir, pengguna VPS yang menggunakan Managed VPS pun tidak bisa memiliki kesempatan untuk mengasah skill dalam mengelola VPS dan pengalaman ketika mengelola VPS sendiri tanpa bantuan provider.

Mengapa Harus Memilih VPS dari Exabytes?

Mengenal VPS Hosting dan Mengapa Exabytes Terbaik 

Exabytes menjadi perusahaan yang bergerak di bidang networking dan menyediakan banyak produk salah satunya yaitu VPS atau Virtual Private Server. Exabytes menyediakan berbagai jenis VPS yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan para pengguna. Terdapat beberapa pilihan VPS yang dapat dipilih oleh para pengguna seperti paket VPS Windows SSD, VPS Linux SSD, serta VPS SSD dengan Plesk. Nah, VPS Windows itu sendiri adalah VPS yang difokuskan untuk menjalankan aplikasi-aplikasi berbasis Windows Server, sama halnya dengan VPS Linux dan VPS Plesk ya Friends.

Kenapa sih Exabytes menjadi yang terbaik dalam menyediakan produk-produk mengenai VPS? 

Pertama, layanan VPS yang disediakan oleh Exabytes itu sangat bervariasi. Mulai dari paket VPS Windows, VPS Linux, dan VPS Plesk. Pilihan dari setiap paketnya juga sangat banyak dan bisa disesuaikan sama kebutuhan Exabytes Friends. Selain itu, Exabytes Friends yang melakukan pembelian VPS di Exabytes tidak perlu menunggu lama karena sistem Exabytes akan secara otomatis mempersiapkan server VPS pelanggan dalam hitungan detik setelah melakukan pemesanan dan pembayaran. 

Gak cukup sampai disitu aja, Exabytes juga menyediakan semua VPS menggunakan Processor Intel Xeon Hexa Core untuk layanan yang cepat dan responsif loh. Sumber daya yang dibutuhkan juga pasti terjamin di Exabytes, setiap pengguna VPS membutuhkan sumber daya memory, disk space, dan sumber daya pemrosesan pasti akan disiapkan. Sehingga tidak akan ada penurunan kinerja yang diakibatkan oleh pengguna hosting lain. Jika Exabytes Friend memilih layanan VPS dari Exabytes, Exabytes akan menjamin 99,9% Network Uptime untuk memastikan VPS SSD pengguna nya tertangani dengan baik loh! Exabytes juga akan selalu siap 24 jam nih Friends untuk membantu pelanggan nya ketika membutuhkan bantuan teknis. Yang lebih menarik lagi, harga promo juga berlaku untuk pendaftaran baru nih dan mimin kasih tau lagi ya kalau di Exabytes itu biaya pemasangan nya gratis untuk Exabytes Friend yang melakukan pembayaran 3 bulanan/ 6 bulanan/ tahunan. Gimana? Menarik banget kan produk dan pelayanan yang ditawarkan oleh Exabytes? 

Nah, itu dia pembahasan tentang VPS Hosting. Semoga, Exabytes Friends menjadi lebih paham ya tentang VPS!

Sampai jumpa di artikel berikutnya!
Credit to: Salma Nur Hanina
View her LinkedIn: 
https://www.linkedin.com/in/salma-nur-hanina-b39baa192/

4

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here