Menghindari Kesalahan Umum Saat Memilih Domain Untuk Website Kamu

0
1510

Meski memiliki peran penting dalam membangun sebuah situs web, terkadang kesalahan dalam memilih domain masih terjadi. Dengan kesadaran akan hal tersebut, sebaiknya kamu mulai mencari cara menghindari kesalahan saat memilih domain.

Mari mulai dengan membaca artikel satu ini!

Sekilas Tentang Domain

Menghindari Kesalahan Umum Saat Memilih Domain Untuk Website Kamu - 2024

Domain merupakan salah satu elemen terpenting dalam branding. Itulah kenapa pemilihan nama domain harus tepat tanpa kesalahan. 

Nah, domain sendiri adalah nama situs yang diakhiri dengan ekstensi seperti domain.COM, domain.ID, domain.NET, dan ekstensi lain yang tersedia. Dengan adanya domain, pengguna bisa mencari dan mengunjungi situs web tanpa harus mengingat sederet angka yang merupakan IP address.

Nama domain memiliki peran penting bagi siapa saja yang hendak membuat situs web terlepas dari apapun tujuan yang mereka ingin capai. Ingin mengenal lebih jauh apa itu domain? Silahkan baca penjelasan lengkapnya di artikel ini!

Menghindari Kesalahan Umum Saat Memilih Domain Untuk Website Kamu - 2024

Alasan Dibalik Pentingnya Domain

pentingnya domain untuk bisnis online
Sumber : pixabay

Meski sudah mengetahui domain secara umum, tetapi apakah kamu sudah punya alasan tepat dalam menggunakan domain? Pada dasarnya, ada banyak alasan mengapa domain itu penting dan mengapa kamu harus menghindari kesalahan saat memilih domain.

Berikut adalah beberapa alasan dibalik pentingnya domain bagi setiap website dan pemiliknya:

  • Menambah kredibilitas website yang dibangun terutama untuk kebutuhan bisnis
  • Membangun kepercayaan pengunjung
  • Dapat memengaruhi seseorang agar mengunjungi situs atau mencari tahu lebih lanjut suatu bisnis
  • Membantu dalam proses branding

Kamu juga bisa mencari alasan lain dibalik pentingnya domain untuk bisnis online melalui artikel ini.

Kesalahan Dalam Memilih Domain

kesalahan saat memilih domain
Sumber: flickr

Kesalahan dalam memilih domain harus bisa dihindari agar mendapatkan domain yang tepat. Tetapi, bagaimana cara menghindari kesalahan saat memilih domain tentunya bergantung pada keputusan masing-masing. 

Hal tersebut juga bergantung dari kesalahan apa yang bisa terjadi dan dilakukan. Berikut adalah beberapa kesalahan umum dalam memilih domain yang perlu dihindari agar tidak menyesal di kemudian hari:

Pemilihan Ekstensi Domain yang Tidak Tepat

Salah satu cara menghindari kesalahan saat memilih domain adalah dengan memilih ekstensi domain yang tepat. Pasalnya, masih banyak pihak yang memilih ekstensi domain yang salah. Sehingga tidak sesuai dengan kebutuhannya.

Untuk bisa mendaftarkan nama domain, ada begitu banyak pilihan ekstensi domain atau top level domain (TLD). Misalnya, untuk situs web organisasi atau lembaga, akan lebih baik untuk memilih domain.ORG. Sementara untuk instansi pemerintahan, domain.GOV adalah yang paling sesuai.

Pemilihan ekstensi domain yang tidak tepat bisa kamu hindari apabila mengetahui jenis situs web apa yang hendak dibangun. Pemilihan ekstensi domain yang tidak tepat bisa menimbulkan kerugian baik dari segi tenaga, waktu, maupun biaya.

Simak macam-macam domain yang wajib kamu ketahui agar mendapatkan pilihan ekstensi domain yang tepat.

Nama Domain Terlalu Panjang

Kesalahan lain dalam memilih domain adalah membuat nama domain yang terlalu panjang. Tujuan dari domain adalah agar bisa dikenali dengan mudah oleh pengguna internet. Namun, jika domain terdiri lebih dari dua kata, bukankah domain tersebut terlalu panjang?

Membuat domain yang unik bukan berarti harus merugikanmu di kemudian hari. Nyatanya, domain yang panjang adalah kesalahan yang perlu dihindari.

Terlihat Mirip dengan Situs Lain atau Brand Besar

Memilih nama domain yang tepat adalah sebuah tantangan, begitu pula dengan cara menghindari kesalahan saat memilih domain. Terkadang, seseorang tidak sadar sedang melakukan kesalahan, bukan?

Agar tidak salah dalam memilih domain, cek kembali nama domain yang kamu buat apakah terlihat mirip dengan situs lain atau brand besar yang sudah memiliki popularitas tersendiri.

Kesalahan satu ini dapat berdampak pada perkembangan situs web milikmu. Mengapa demikian? Apabila menggunakan nama domain yang mirip dengan situs lain, bukan tidak mungkin pengguna internet malah mengunjungi situs lain.

Jadi, untuk bisa menghindari kesalahan saat memilih domain, sebaiknya gunakan nama domain yang tidak terlihat mirip dengan situs atau brand lain.

Tidak Mengecek Apakah Nama Domain Sudah Digunakan Pihak Lain atau Belum

Nama domain ibarat merek dagang, dimana kamu tidak bisa menggunakan nama domain yang sudah terlebih dahulu didaftarkan oleh pihak lain. Jadi, sebelum  membeli nama domain, sebaiknya cek domain tersebut agar tahu apakah sudah terdaftar atau belum.

Kamu bisa mencoba cara cek domain website dengan WHOIS yang tergolong mudah dan cepat.

Menambahkan Karakter atau Tanda Baca

Jika kamu berpikir bahwa menambahkan karakter atau tanda baca merupakan cara membuat domain terlihat unik, sebaiknya pertimbangkan kembali. Mengapa? Penggunaan karakter atau tanda baca dalam nama domain adalah sebuah kesalahan.

Apakah kamu ingin membuat pengunjung merasa kesal? Atau apakah kamu ingin membuat calon pengunjung memilih situs web lain karena tidak bisa dengan mudah mengetikkan nama domain milikmu?

Jadi, sebaiknya kamu menghindari kesalahan saat memilih domain satu ini. Gunakan huruf tanpa tambahan karakter apapun agar nama domain mudah diketikkan.

Membuat Nama Domain yang Tidak Relevan

Membuat nama domain yang tidak relevan tidak sebaiknya kamu lakukan. Gunakan nama domain yang relevan dengan jenis situs web atau bisnis yang kamu jalankan.

Domain berperan penting dalam branding jadi pastikan nama domain sesuai dengan brand Dengan begitu, orang-orang bisa lebih mudah mengenali brand yang kamu miliki. 

Apabila usaha yang kamu lakukan bergerak di bidang jasa cuci mobil, pilih domain yang sesuai dan relevan. Namun, pastikan domain tersebut tidak terlalu umum.

Dampak yang Terjadi Apabila Salah Pilih Domain

Salah pilih domain bisa berdampak pada situs web dan bisnis. Itulah kenapa kamu harus bisa menghindari kesalahan saat memilih domain. Ada beberapa akibat atau dampak salah pilih domain, yaitu: 

  • Peringkat di mesin pencari sulit mencapai posisi yang bagus
  • Tidak dapat membantu branding
  • Kurang mendukung penelusuran suara
  • Hasil pencarian tidak maksimal
  • Situs web sulit bersaing dengan situs serupa lainnya

Dengan menghindari kesalahan saat memilih domain, semakin besar peluang untuk menghindari dampak yang bisa terjadi. Dengan begitu, kamu bisa mencapai tujuan dengan lebih mudah dan cepat.

Cara Menghindari Salah Pilih Domain dan Tips Agar Mendapatkan Domain yang Tepat

cara menghindari kesalahan saat memilih domain
Sumber: pixabay

Guna menghindari kesalahan dalam memilih domain, kamu bisa melakukan riset dan mengetahui apa yang dibutuhkan. Selain itu, akan lebih baik jika mengantongi berbagai tips memilih nama domain untuk bisnis.

Nah, apabila kamu masih khawatir akan membuat kesalahan sehingga mendapatkan domain yang tidak sesuai, berikut adalah cara menghindari salah pilih domain sekaligus tips yang patut dicoba:

Gunakan Nama Domain yang Menarik

Setiap orang maupun organisasi berhak menentukan nama domainnya masing-masing. Meski demikian, sebaiknya gunakan nama domain menarik agar bisa melekat di ingatan pengunjung website atau pengguna internet. 

Kamu bisa mencoba ekstensi domain unik apabila sulit mendapatkan domain dengan ekstensi domain populer seperti domain.COM atau domain.ID. Dengan begitu, kesempatan untuk menggunakan sekaligus memiliki domain unik tetap terbuka lebar, bukan?

Pilih Nama Domain yang Mudah Diketik

Untuk bisa menghindari kesalahan saat memilih domain, coba pilih nama domain yang mudah diketik oleh pengguna internet. Artinya, domain bisa dengan mudah diketik oleh siapapun karena mudah diingat. Jadi, pastikan beberapa hal, termasuk:

  • Hindari nama domain yang terlalu panjang
  • Sebaiknya tidak menambahkan tanda baca dalam domain
  • Gunakan ejaan yang baku
  • Pertimbangkan kembali penggunaan angka pada nama domain

Bila masih bingung dalam menentukan nama domain, mengapa tidak menggunakan nama brand atau bisnis yang kamu jalankan? Namun, pastikan terlebih dahulu ketersediaan nama domain. Cek domain dengan mudah dan cepat dan beli domain tersebut segera di Exabytes!

Pilih Ekstensi Domain yang Tepat

Ingin menghindari kesalahan saat memilih domain? Tidak sedikit orang yang salah pilih domain dengan tidak memperhatikan ekstensi domain pilihannya. Alhasil, pilihan tersebut tidak sesuai dengan website yang ingin mereka bangun.

Tahukah kamu kalau masing-masing ekstensi domain memiliki fungsi tersendiri?

Misalnya, domain.ORG merupakan ekstensi yang diperuntukkan bagi organisasi atau lembaga. Sementara domain.GOV adalah ekstensi domain yang hanya bisa digunakan oleh instansi pemerintahan. 

Domain.SCH merupakan ekstensi domain untuk sekolah. SCH merupakan istilah school atau sekolah apabila diartikan ke dalam Bahasa Indonesia.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa itu ekstensi domain, kamu bisa membaca artikel satu ini.

Pilih dan Dapatkan Domain yang Tepat Dari Exabytes

Sudah tahukah betapa pentingnya menghindari kesalahan saat memilih domain? Mulai sekarang, kamu bisa mencoba beberapa tips dan cara agar terhindari dari kesalahan dalam memilih nama domain.

Setelah mendapatkan pilihan domain yang tepat, segera dapatkan domain tersebut dengan membelinya dari Exabytes. Dimana kamu bisa mendapatkan domain murah yang sudah pasti ramah kantong. Jadi, tunggu apalagi?

Menghindari Kesalahan Umum Saat Memilih Domain Untuk Website Kamu - 2024

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments