Membangun Strategi Digital Marketing Yang Komprehensif

0
1770

Pemasaran secara digital atau yang lebih dikenal dengan istilah digital marketing dapat membantu para pebisnis atau perusahaan dalam mencapai tujuan. Akan tetapi, prosesnya tidak semudah membalikan telapak tangan. Ada banyak hal yang perlu dipahami dan dipersiapkan dengan baik.

Jadi, pastikan kamu memiliki strategi digital marketing yang tepat. Apabila ingin membangun strategi digital marketing yang komprehensif, artikel satu ini merupakan tempat yang tepat untuk memulainya. Mengapa? Cari bersama dengan membaca artikel hingga selesai ya!

Apa Itu Strategi Digital Marketing?

mengenal strategi digital marketing yang komprehensif
Sumber: flickr

Sebelum mencari cara membangun strategi digital marketing yang komprehensif, ada satu hal yang penting, yaitu mencari tahu apa sebenarnya strategi digital marketing itu.

Strategi digital marketing mengacu pada aksi yang dilakukan untuk mencapai tujuan pemasaran melalui berbagai media atau channel online. Strategi marketing satu ini dapat membantu bisnis dan perusahaan mendapatkan kesempatan untuk tumbuh dan berkembang sembari meningkatkan keuntungan.

Pelaku bisnis online yang melakukan strategi digital marketing bisa menggunakan berbagai channel digital baik yang sudah dimiliki atau yang baru dibuat. Digital marketing juga bisa dijalankan menggunakan berbagai channel berbayar. 

Jadi, tidak heran bila saat ini semakin banyak yang memilih jasa iklan berbayar seperti Google Ads dan Facebook Ads.

Dengan kata lain, kita bisa mendefinisikan strategi digital marketing sebagai strategi untuk memasarkan produk atau jasa secara digital dengan memanfaatkan berbagai media digital yang digemari oleh target audiens.

Cara Membangun Strategi Digital Marketing yang Komprehensif

strategi digital marketing yang kompetitif
Sumber: flickr

Membangun strategi digital marketing yang komprehensif tentunya sangat bermanfaat bagi bisnis. Akan tetapi, strategi seperti apa yang tepat dan bagaimana caranya?

Saat hendak membangun strategi digital marketing, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, diantaranya adalah:

Ketahui Produk atau Jasa Apa yang Hendak Dipasarkan

Seperti halnya memasarkan produk secara konvensional atau tradisional, memasarkan produk secara digital juga mengharuskanmu mengetahui produk atau jasa apa yang akan dipasarkan. 

Produk atau jasa yang dipasarkan tentunya bisa kamu sesuaikan dengan bisnis atau brand yang kamu kelola. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah menentukan langkah-langkah selanjutnya serta strategi pemasaran digital yang tepat.

Identifikasi Tujuan Pemasaran

Selanjutnya, untuk bisa membangun strategi digital marketing yang komprehensif, pastikan untuk mengidentifikasi tujuan pemasaran. Setiap bisnis atau perusahaan pastinya memiliki tujuan yang hendak dicapai baik saat memasarkan produk secara konvensional maupun secara digital.

Menentukan tujuan merupakan salah satu aspek penting dalam mencapai kesuksesan dalam bisnis. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk bisa mengukur tingkat pencapaian dan kesuksesan. Jadi, pastikan untuk memahami tujuan yang ingin dicapai.

Hal tersebut juga berhubungan dengan penggunaan alat marketing yang tepat yang membantu mencapai tujuan yang sudah dibuat.

Pahami Siapa Audiensmu

Langkah selanjutnya yang juga tidak kalah penting dalam membangun strategi digital marketing yang komprehensif adalah memahami siapa audiens yang ditargetkan.

Tahukah kamu? Cara terbaik untuk memulai segala jenis strategi pemasaran adalah dengan memikirkan serta memahami audiens. Bagaimana kamu bisa memasarkan produk atau jasa apabila tidak tahu siapa target pasarmu?

Sayangnya, masih banyak yang membuat kesalahan karena hanya memikirkan cara menjangkau lebih banyak orang namun bukan audiens. Tidak semua orang di dunia ini merupakan audiens yang tepat, bukan? Menentukan audiens harus disesuaikan dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan atau pasarkan.

Jadi, pahami siapa sebenarnya audiens atau target pasar yang harus kamu jangkau. Coba tanyakan pada diri sendiri beberapa pertanyaan berikut saat menentukan audiens:

  • Apa saja informasi demografi tentang audiensmu, termasuk usia, lokasi, jenis kelamin, dan lainnya?
  • Apa saja pekerjaan target audiens?
  • Hal apa saja yang audiens perhatikan dalam kehidupan sehari-harinya?
  • Seperti apa kondisi finansial audiensmu?

Buat Daftar Channel atau Media Terbaik untuk Menjangkau Audiens

Setelah mengetahui siapa yang akan kamu pilih sebagai audiens, tentunya akan lebih mudah untuk menyusun strategi digital marketing. Dengan demikian, kamu bisa melakukan cara yang tepat untuk menjangkau sekaligus memperluas target audiens.

Akan tetapi, hal tersebut juga memerlukan upaya yang tepat. Seperti memilih channel atau media yang tepat. Dengan kata lain, untuk bisa menjangkau audiens, kamu bisa mulai membuat daftar channel atau media terbaik yang bisa membantu memaksimalkan dalam mencapai tujuan.

Kira-kira media apa yang cocok untuk strategi digital marketing? Apakah podcast, video, atau lainnya? Apakah audiens kamu merupakan orang-orang yang aktif di media sosial? Seberapa sering mereka menonton berbagai video di YouTube?

Buat Rencana dan Lakukan Evaluasi Kampanye Berbayar

Selain memasarkan produk secara digital melalui berbagai media termasuk platform media sosial, pebisnis juga biasanya memanfaatkan kampanye berbayar.

Pernah melihat iklan di Facebook? Atau mungkin kamu sering mendapatkan hasil pencarian di Google yang ditandai dengan tulisan “Ads”? Jika pernah, itu artinya, platform yang kamu gunakan sedang menampilkan kampanye berbayar dari suatu perusahaan atau bisnis.

Berbicara tentang kampanye berbayar, sebagai pelaku bisnis online, kamu juga bisa memanfaatkan kampanye tersebut. Caranya adalah dengan membuat rencana yang matang dengan mempertimbangkan berbagai hal, terutama budget dan tujuan yang ingin dicapai. 

Kemudian, jangan lupa untuk melakukan evaluasi untuk mengetahui tingkat efektivitas kampanye. Bila masih bingung dalam menentukan kampanye berbayar mana yang tepat, mengapa tidak mencoba Google Ads dari Exabytes?

Strategi Digital Marketing Terbaik

strategi digital marketing
Sumber: pixabay

Setelah mengetahui bagaimana cara membangun strategi digital marketing yang kompetitif, pastikan kamu memilih strategi yang tepat. Berikut adalah beberapa pilihan strategi digital marketing terbaik hingga saat ini:

Search Engine Optimization (SE0)

Istilah SEO pasti sudah tidak asing lagi di telinga kalian yang sudah terbiasa menjalankan bisnis secara online. SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, yaitu upaya yang dilakukan untuk mengoptimasi mesin pencari.

Artinya, website yang kamu kelola bisa masuk dalam ranking tertinggi mesin pencari. Jadi, saat pengguna internet mencari informasi, produk, atau jasa menggunakan kata kunci tertentu, Google akan menampilkan hasil pencarian yang berkaitan.

SEO menjadi salah satu strategi digital marketing terbaik. Dengan teknik SEO yang tepat, website milikmu bisa muncul di halaman hasil pencarian atau Search Engine Result Page (SERP) teratas. SEO akan sangat bermanfaat dalam meningkatkan trafik website dan visibilitas brand.

Perlu jasa SEO terpercaya? Kamu bisa menghubungi Exabytes sekarang juga!

Email Marketing

Selain SEO, email marketing juga dikenal sebagai salah satu strategi digital marketing terbaik. Jadi, apabila ingin membangun strategi digital marketing yang komprehensif, mengapa tidak memilih email sebagai media pemasaran?

Siapa bilang email marketing merupakan cara yang kuno dalam memasarkan brand atau produk? Nyatanya, email marketing sangat bermanfaat dalam mempertahankan pelanggan setia.

Selain itu, masih banyak keunggulan email marketing lain yang bisa kamu dapatkan saat memilih strategi digital marketing satu ini. Pemasaran melalui email bisa berupa penawaran spesial seperti diskon dan cashback, tips bermanfaat, informasi produk atau layanan baru, dan lain sebagainya.

Agar bisa memaksimalkan hasil email marketing, cari tahu lebih lanjut seputar jenis email marketing mulai dari sekarang.

Social Media Marketing

Siapa yang tidak tahu apa itu social media atau media sosial? Saat ini ada banyak platform media sosial yang memiliki jumlah pengguna aktif yang banyak, seperti Instagram. Bahkan TikTok kini menjadi platform yang semakin digemari oleh orang-orang. 

Selain menawarkan konten hiburan, TikTok dan Instagram memungkinkan penggunanya untuk berkreasi dalam membuat konten-konten menarik. Keduanya juga memudahkan pengguna berbelanja dan mendapatkan produk yang mereka butuhkan. 

Harga yang lebih murah, gratis ongkos kirim, dan penawaran spesial lain akan semakin melengkapi pengalaman berbelanja para pengguna media sosial. 

Jadi, saat ini social media marketing adalah pilihan tepat bagi pelaku bisnis untuk bisa menjangkau lebih banyak audiens dan calon pelanggan yang akan memengaruhi tingkat penjualan dan pendapatan.

Tidak heran jika sampai saat ini social media marketing masih menjadi pilihan strategi digital marketing terbaik.

Apabila ingin memaksimalkan hasil pemasaran digital melalui media sosial, sebaiknya cari tahu apa saja tren sosial media marketing 2023.

Content Marketing

Selanjutnya, kamu juga harus mengingat betapa pentingnya content marketing dalam pemasaran digital. 

Content marketing atau pemasaran melalui konten merupakan strategi tepat untuk bisa menjangkau, melibatkan, dan menghubungkan bisnis dengan pelanggan atau klien. Tentunya melalui berbagai konten yang unik dan menarik.

Beberapa contoh konten yang bisa kamu gunakan untuk memasarkan produk atau jasa secara digital adalah blog atau website, video, sosial media, podcast, infografis, dan lainnya.

Tujuan dari strategi digital marketing satu ini adalah menggunakan kata kunci yang akan selalu diingat oleh audiens atau calon pelanggan. Jadi, mereka akan terpengaruh dan tertarik untuk mempertimbangkan atau bahkan langsung memilih produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Kesimpulan

Guna mencapai tujuan dan memaksimalkan hasil yang diharapkan, kamu harus tahu bagaimana caranya membangun strategi digital marketing yang komprehensif. Selain memiliki perencanaan yang matang, pemilihan media atau channel juga sangat penting untuk diperhatikan.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments