Penjelasan FAQ, Fungsinya, Contoh dan Cara Membuatnya

0
2150

Apakah Exabytes friends kewalahan dengan banyak pertanyaan pelanggan? Halaman FAQ atau FAQ page adalah solusinya.

Selain itu, halaman FAQ masih memiliki keunggulan lain. Hampir semuanya, bukan? Dengan keunggulan tersebut, bukankah seharusnya kamu memiliki halaman FAQ?

Kami akan menjelaskan kepada kamu penjelasan FAQ di artikel ini. Selain itu, ada pemahaman dan saran tentang cara melakukannya.

Yuk, lihat selengkapnya!

Penjelasan FAQ

Dari segi terminologi, Frequently Asked Question atau disingkat FAQ berarti pertanyaan yang sering diajukan. Awalnya, FAQ adalah teks yang dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan terkait situs web.

Namun sekarang, FAQ juga sering berisi pertanyaan tentang segala hal yang berkaitan dengan produk, layanan, dan cara menggunakan platform/aplikasi yang ditawarkan oleh perusahaan.

penjelasan faq

Kamu sebenarnya dapat mendiskusikan topik yang terkait dengan masalah ini melalui situs blog.

Namun bagi pengunjung, blog akan lebih sulit menemukan jawaban yang tepat dan akan memakan waktu lebih lama. Itulah mengapa kamu memerlukan FAQ, halaman atau bagian khusus dari situs web kamu yang menampilkan pertanyaan umum konsumen.

Apa Saja Fungsi FAQ?

Ada alasan untuk membuat halaman FAQ khusus, meskipun terdengar sederhana, FAQ sebenarnya memiliki beberapa fungsi tersendiri. Fungsi utama FAQ adalah sebagai berikut.

Membangun Kepercayaan

Membangun kepercayaan audiens target kamu sangat penting untuk membuat mereka lebih yakin untuk membeli produk kamu.

Dan membuat halaman FAQ adalah salah satu langkah terbaik untuk mencapainya.

FAQ juga biasa digunakan sebagai bagian dari dukungan pelanggan, serta sebagai bukti kepedulian kamu terhadap masalah konsumen.

Membawa Web Traffic

Tujuan Google adalah memberikan jawaban atas pertanyaan. Jika kamu memposting teks dalam format Q&A, terutama jika kamu memiliki jawaban yang bagus untuk sebuah pertanyaan, kemungkinan besar teks tersebut akan muncul di salah satu kotak jawaban atau cuplikan di Google dan itu akan membantu kamu meningkatkan lalu lintas secara besar-besaran.

Menjawab Pertanyaan Konsumen

FAQ membantu kamu menjawab pertanyaan umum dari audiens kamu.

Dengan penjelasan yang komprehensif, FAQ juga akan memandu audiens kamu secara visual melalui proses bisnis kamu dan mendorong mereka untuk membeli produk yang kamu tawarkan.

Menghemat Waktu Pelanggan

Misalnya, kamu baru saja membeli laptop merek X. Saat pertama kali digunakan, laptop tersebut muncul dalam bahasa Mandarin.

Sayangnya, kamu tidak mengerti bahasa ini. Juga ingin mengubah tampilan bahasa di internet.

Namun, hasilnya nihil. Terakhir, kamu mengirim email ke Brand X untuk meminta bantuan.

Sayangnya, kamu menghubungi mereka pada hari Sabtu. Brand X hanya merespon pada hari dan jam kerja berikutnya.

Sebenarnya masalah ini bisa dicegah dengan merk X. Bagaimana caranya? Halaman FAQ adalah jawabannya.

Jika tidak ada masalah, halaman dapat diakses 24/7. Pelanggan dapat menemukan solusi mereka sendiri di sini.

Menghemat Waktumu

Tidak hanya waktu pelanggan, melansir Jimdo, halaman FAQ juga dapat menghemat waktu kamu, lho.

Biasanya banyak yang request lewat email, bahkan akun media sosial kamu. Nah, halaman ini bisa mengurangi jumlah pertanyaan.

Jika audiens kamu terus-menerus mengajukan pertanyaan, kamu tidak perlu menjawabnya satu per satu. Cukup kunjungi halaman ini yang kamu buat.

Tips Membuat Halaman FAQ

halaman faq

Sekarang, kami akan menjelaskan tips mendesain halaman FAQ.

Mudah Untuk Ditemukan

FAQ adalah istilah yang umum digunakan, dan semua orang tahu apa itu FAQ, jadi cantumkan dalam judul halaman yang mudah ditemukan. Jangan terlalu rumit menyebutkan FAQ dengan menyebutnya “Info Lebih Lanjut” atau semacamnya. Kamu dapat membuat halaman FAQ terpisah dan menempatkannya langsung di menu navigasi situs web atau di footer situs web agar mudah ditemukan.

Menurut Sudut Pandang Pelanggan

Tulis pertanyaan dari sudut pandang pembaca (pelanggan). Tetap menggunakan format ini lebih masuk akal bagi pembaca, mengurangi kebingungan, dan selaras dengan apa yang sebenarnya diketik orang di mesin telusur. Sebagai contoh:

“Apakah saya akan mendapatkan sertifikat?” akan lebih masuk akal daripada “Apakah kamu akan mendapatkan sertifikat?”.

Menggunakan Format Tanya-Jawab

Saat pelanggan mengunjungi halaman FAQ, mereka menginginkan informasi spesifik (jawaban atas pertanyaan spesifik), bukan promosi atau cerita panjang. Untuk alasan ini, format tanya jawab harus digunakan saat menulis FAQ. Juga, seperti yang dijelaskan dalam skor fitur FAQ, menampilkan teks sebagai pertanyaan dan jawaban kemungkinan besar akan ditampilkan di salah satu kotak jawaban atau cuplikan fitur Google, sehingga meningkatkan lalu lintas web.

Jawaban Singkat, Jelas dan Sebenarnya

Pelanggan akan lebih tenang jika mereka mendapatkan jawaban spesifik untuk pertanyaan spesifik. Jadi akan lebih efektif jika bisa menjawab dengan singkat, tepat dan kurang dari 100 kata.

Dapat dimengerti bahwa pelanggan akan kecewa jika mereka tidak mendapatkan jawaban yang mereka harapkan dari FAQ. Pastikan setiap pertanyaan umum memiliki jawaban yang jelas dan hindari menautkan jawaban ke halaman lain.

Memulai Jawaban Dengan “Ya” atau “Tidak”

Kata sederhana seperti “ya” atau “tidak” di awal kalimat dapat menghemat waktu pelanggan. Selain itu, jawaban ini terkesan tegas, percaya diri, dan tidak terlalu ambigu.

Kapan Harus Punya Halaman FAQ?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, halaman FAQ memiliki banyak fungsi. Namun kenyataannya tidak semua brand membutuhkan halaman ini.

Jadi, sebelum membuat halaman FAQ, coba jawab 3 pertanyaan ini terlebih dahulu:

  • Apakah banyak pelanggan menanyakan pertanyaan yang sama lebih dari satu kali?
  • Apakah pertanyaan mudah dijawab?
  • Apakah kamu memiliki atau berencana membuat konten/landing page yang menjadi call to action dari halaman FAQ? (pertanyaan ini penting untuk tujuan konversi pelanggan).

Jika jawaban untuk ketiga pertanyaan tersebut adalah “ya”, mengutip Shopify, saatnya membuat halaman FAQ. Jadi jika ada yang “tidak”, coba evaluasi ulang prioritas kamu.

Contoh Halaman FAQ

Perusahaan besar seperti Twitter, Facebook, dan YouTube memiliki halaman FAQ yang bermanfaat dan mudah dipahami. Berikut adalah beberapa contoh referensi halamannya.

Twitter

FAQ Twitter menampilkan pencarian khusus yang mudah digunakan. Selain itu, antarmuka halaman FAQ juga ringkas dan mudah dipahami.

YouTube

FAQ YouTube terlihat bersih dan segar. Selain itu, FAQ YouTube mudah digunakan dan menyediakan akses ke topik “bantuan” yang sering ditanyakan.

WhatsApp

FAQ WhatsApp jelas dan mudah digunakan. Selain itu, FAQ WhatsApp dikategorikan secara efektif untuk penggunaan cepat di desktop atau perangkat seluler.

Buat Halaman FAQ Kamu Sekarang Juga!

Tentu saja, bagaimana kamu bisa lebih percaya diri sekarang karena kamu cukup menambahkan FAQ ke situs kamu?

Halaman atau bagian FAQ ini akan sangat bermanfaat bagi kamu (sebagai pemilik situs web) dan pengunjung situs web kamu.

Agar aman, selalu pastikan bahwa pertanyaan dan jawaban yang kamu tulis di FAQ dapat mengatasi masalah umum konsumen dan ditulis dalam bahasa yang mudah dimengerti.

Tapi ingat, FAQ saja tidak akan cukup untuk membuat website kamu lebih profesional.

Selain itu, pastikan kamu menggunakan domain khusus yang tidak berisi ekstensi gratis seperti .blogspot.com atau .wordpress.com. Jika kamu sedang mencari domain murah, kamu bisa memanfaatkan layanan pendaftaran domain terbaik dari Exabytes.

Exabytes telah menjadi registrar terakreditasi PANDI dan menawarkan lebih dari 500 ekstensi dengan harga murah, termasuk ekstensi populer nasional dan internasional (seperti .com, .co.id dan .id).

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments