15+ Teknik SEO Untuk Optimasi Website Terbaik 2022 [Lengkap]

343
7 min read

Hampir setiap waktu teknik SEO selalu mengalami perubahan. Hal ini berjalan seiring dengan sistem algoritma SEO yang juga terus berkembang. Sehingga setiap web developer dan pelaku usaha yang mengandalkan digital marketing sebagai strategi utama pemasaran harus mengikuti pula perkembangan ini.

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization dan dalam Bahasa Indonesia mengandung arti optimasi mesin pencari. Jadi teknik SEO itu memiliki makna sebagai suatu upaya atau kegiatan tertentu dengan tujuan memberi pengaruh terhadap ranking situs dalam mesin pencari.

Apabila sudah teroptimasi secara baik, situs tersebut bisa muncul di posisi paling atas dalam halaman mesin pencari, khususnya Google. Jadi ketika ada pengguna yang mengetik keyword tertentu, situs akan terlihat sehingga memiliki kemungkinan lebih besar mendapat kunjungan.

Selain bisa muncul di halaman pertama, SEO memiliki banyak fungsi yang lain. (Sumber: maxpixel.net)
Selain bisa muncul di halaman pertama, SEO memiliki banyak fungsi yang lain. (Sumber: maxpixel.net)

Salah satunya adalah menaikan traffic pengunjung, terutama pengunjung berkualitas. Maksudnya, pengunjung tersebut benar-benar membutuhkan dan tertarik dengan segala informasi yang tersaji dalam situs. Apabila kamu adalah pemilik website dan mencari penghasilan melalui adsense, kunjungan mereka sangat bagus untuk meningkatkan pemasukan.  

Sedangkan bagi pebisnis dan perusahaan, teknik SEO memiliki peran besar dalam meningkatkan popularitas usaha dan penawaran produk. Bukan itu saja, penerapan metode ini juga sangat bermanfaat untuk menaikkan brand awareness dan popularitas. Sehingga orang jadi cepat ingat dan tidak mudah lupa atas keberadaan suatu situs.

Cara Meningkatkan SEO Website

Sebenarnya ada banyak sekali teknik SEO yang dapat kamu terapkan. Tapi banyaknya teknik tersebut justru sering menimbulkan kebingungan. Kendati demikian terdapat beberapa pilihan sebagai rekomendasi utama karena mempunyai nilai manfaat yang lebih maksimal.

Mempelajari Dasar-Dasar SEO

Sebagai langkah awal, pelajari lebih dulu dasar-dasar SEO untuk pemula. Tujuannya tentu saja agar lebih mudah menerapkan semua metode yang disarankan. Pengenalan awal ini adalah hal yang sangat penting. Bagaimanapun juga teknik SEO itu adalah faktor terpenting atas kesuksesan pembuatan website baik untuk bisnis atau tujuan yang lain.

Menggunakan WordPress

Penggunaan WordPress membuat penerapan teknik SEO jadi semakin mudah dilakukan. (Sumber: flickr.com)
Penggunaan WordPress membuat penerapan teknik SEO jadi semakin mudah dilakukan. (Sumber: flickr.com)

WordPress merupakan platform pembuatan situs paling populer di seluruh dunia. Selain gratis, cara meningkatkan SEO WordPress itu jauh lebih mudah daripada platform yang lain. Bahkan sangat ramah untuk pemula dan memiliki komunitas yang sangat besar untuk berbagi ilmu. Karena itu sebaiknya kamu juga menggunakan platform ini.

Baca Juga  Belajar SEO WordPress Untuk Pemula (Lengkap)

Menambahkan Alamat Website di Google Search Console 

Google Search Console merupakan platform tidak berbayar yang bisa kamu gunakan untuk beberapa macam tujuan. Misalnya monitoring kinerja website, analisis halaman, dan mengetahui domain yang memberi link pada situs milik kamu. Sebelum memakai teknik SEO tersebut, harus registrasi lebih dulu.

Membuat Sitemap

Melalui sitemap, situs kamu jadi lebih cepat dan mudah terindeks oleh mesin pencari sehingga pengunjung juga lebih mudah pula menemukannya. Sitemap ini merupakan daftar isi halaman website dan terdiri dari beberapa jenis seperti XML, video, news, dan image.

Memasang Google Analytics

Google Analytics adalah alat terbaik untuk melakukan berbagai identifikasi website. (Sumber: flickr.com)
Google Analytics adalah alat terbaik untuk melakukan berbagai identifikasi website. (Sumber: flickr.com)

Google analytics merupakan alat yang bisa kamu pakai untuk melakukan identifikasi pengunjung situs. Selain itu dengan alat ini juga dapat mengetahui halaman apa saja yang menghasilkan konversi paling tinggi atau sebaliknya. Sama seperti Google Search Console, fasilitas ini juga bersifat gratis.

Riset Keyword Dengan Tepat

Sebelum membuat konten, kamu harus melakukan riset keyword. Tanpa teknik SEO yang satu ini, sebagus apapun konten buatan kamu tidak akan mudah terindeks oleh mesin pencari. Bahkan banyak praktisi web developer yang menyebutkan bahwa riset keyword merupakan salah satu penentu utama keberhasilan dalam pembuatan website.

Membuat Konten Lengkap dan Menarik

Makin bagus kualitas konten, lebih mudah pula terindeks oleh mesin pencari. (Sumber: negativespace.co)
Makin bagus kualitas konten, lebih mudah pula terindeks oleh mesin pencari. (Sumber: negativespace.co)

Teknik SEO berikutnya yang tak boleh kamu pandang sebelah mata adalah membuat konten lengkap dan menarik. Google selalu mengutamakan konten yang memenuhi syarat tersebut untuk ditampilkan di halaman pertama. Kamu bisa menambah gambar ilustrasi, video, atau infografik lainnya agar konten bisa lebih menarik. Selain itu, pelajari juga penggunaan content marketing dalam pengembangan kualitas website.

Optimasi Konten SEO Friendly

Hal-hal penting yang perlu kamu terapkan untuk optimasi konten SEO friendly antara lain yaitu pemilihan judul, meta description, penggunaan URL, dan masih banyak lagi. Meski kadang kala terasa sulit, tetap harus mengetahui dan menjalankan langkah ini agar konten yang kamu buat bisa sesuai dengan aturan dari mesin pencari.

Optimasi On Page SEO

Optimasi On Page SEO merupakan suatu teknik SEO cakupannya antara lain optimasi judul, tag HTML, dan gambar. Selain itu juga melibatkan rancangan internal link dan konten berkualitas hingga multimedia paling relevan. Langkah ini sangat membantu untuk menunjukkan pada mesin pencari jika halaman kamu merupakan yang terbaik.

Baca Juga  13+ Rekomendasi Plugin SEO WordPress Terbaik Untuk Website

Optimasi gambar

Menambahkan gambar dalam konten website merupakan langkah tepat untuk membantu pengunjung dalam memahami muatan konten tersebut. Hanya saja kamu juga harus mengusahakan agar gambar tersebut tidak menimbulkan keterlambatan loading situs, sehingga sebaiknya ukuran gambar yang digunakan tidak  terlalu besar.

Internal link adalah semua link yang ada dalam setiap halaman pada sebuah website. Dengan adanya internal link ini, mesin pencari bisa memahami hubungan dan konteks antara satu halaman dengan halaman lainnya. Google selalu memilih website dengan konten yang saling berkaitan dan kamu bisa menunjukan hal ini melalui internal link.

Menjalankan Guest Post

Agar mendapat backlink berkualitas, pilih website dengan traffic dan domain rating tinggi. (Sumber : picpedia.org)
Agar mendapat backlink berkualitas, pilih website dengan traffic dan domain rating tinggi. (Sumber : picpedia.org)

Guest post adalah kegiatan membuat konten artikel di website atau blog milik orang lain. Dalam artikel tersebut kamu dapat menaruh link yang tertuju pada website kamu. Agar teknik SEO ini dapat berjalan lebih optimal, pilih website yang memiliki traffic dan domain rating tinggi sehingga dapat memperoleh backlink yang berkualitas.

Optimasi Meta Tags

Cara meningkatkan SEO website berikutnya, lakukan optimasi meta tags, khususnya meta title dan meta description. Meta title merupakan judul artikel sedangkan meta description berisi ringkasan konten. Meski konten kamu terdiri dari ratusan atau ribuan kata, mesin pencari hanya akan memunculkan kedua meta tags tersebut saja.

Update Konten Lama

Kendati harus membuat konten baru secara rutin dan kontinyu, jangan melupakan konten-konten lama. Lakukan evaluasi melalui Google Search Console dan cari konten dengan impresi tinggi tapi  memiliki Organic Click Through Rate (CTR) yang rendah. Setelah itu lengkapi dengan kata kunci yang sekiranya mampu menaikkan CTR.

Menggunakan Rank Math

Rank math adalah plugin SEO yang sangat bagus untuk optimasi website, terutama bagi pengguna platform CMS WordPress. Kelebihannya antara lain mudah dan praktis dalam pemakaian, setting atau konfigurasi dan sebagainya. Selain itu cara install rank math itu tergolong mudah, apalagi jika sudah memahami metodenya.

Memanfaatkan SEO lokal

Jika kamu terjun ke dunia bisnis atau digital marketing, jangan lupa memanfaatkan SEO lokal dan menambahi dengan Google Maps. Ketika ada orang ingin menemukan suatu tempat misalnya toko baju, Google akan memberi rekomendasi toko baju yang lokasinya paling dekat dengan lokasi pengguna.

Meningkatkan kecepatan website

Loading website yang terlalu lama sering bikin pengunjung jadi malas dan setelah itu akan memilih membuka website lain. Oleh sebab itu meningkatkan kecepatan website merupakan teknik SEO yang hukumnya wajib kamu lakukan. Untuk memenuhi kebutuhan ini, cari layanan SEO yang dapat menyediakan fasilitas brotli.

Kesimpulan

Demikian ulasan lengkap tentang teknik SEO untuk optimasi website terbaik 2022. Meski terlihat agak rumit, tetap sediakan waktu untuk mempraktikkan semua petunjuk di atas secara rutin. Sehingga kamu dapat menguasai ilmu-ilmu tersebut dengan hasil maksimal.

Oleh karena itu jangan pernah kehilangan semangat dan pilih jasa SEO Indonesia Exabytes sebagai sahabat dekat untuk berjalan bersama menuju kesuksesan.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments