Ketahui Backlink: Pengertian Hingga Manfaat

14
Ketahui Backlink
7 min read

Pada saat belajar tentang SEO, pastinya kamu juga harus mengenal backlink. Bagi para pemula tentu saja bingung atau belum begitu paham mengenai apa yang disebut dengan backlink. Nah, bagi kamu yang penasaran dengan pengertian backlink itu sendiri, disini kamu akan diajak untuk mengenal apa itu backlink. Yuk, simak artikel berikut ini!

Backlink
Backlink (Adobe Stock)

Apa itu Backlink?

Backlink (atau juga dikenal sebagai “inbound link” atau “tautan satu arah”) adalah tautan yang berasal dari sebuah situs web ke sebuah halaman situs web lain. Google dan mesin pencari utama lainnya menganggap backlink sebagai bentuk “voting” untuk halaman tertentu. Halaman dengan jumlah backlink yang tinggi cenderung memiliki peringkat teratas di mesin pencarian seperti Google.

Mengapa Backlink Sangatlah Penting?

Seperti yang kami ulas diatas bahwa backlink sangatlah berharga untuk upaya SEO karena mereka mewakili “vote of confidence” dari satu situs ke situs lainnya.

Intinya, backlink ke situs kamu adalah sinyal ke mesin pencari yang lain yang memberikan jaminan bahwa konten kamu bagus, dan juga relevan. Jika banyak situs yang menautkan link ke halaman yang sama, mesin telusur dapat menyimpulkan bahwa konten tersebut layak ditampilkan pada halaman pertama pada keyword yang berhubungan.

Jadi, mendapatkan backlink dapat memberikan efek positif pada posisi peringkat suatu situs website dalam hal visibilitas pencarian. Selain itu, backlink juga memiliki banyak manfaat. Manfaatnya dapat diketahui dengan simak terus di artikel berikut.

Komponen – Komponen Backlink

Berikut adalah komponen – komponen yang ada di backlink, diantaranya adalah:

Tag Link

Tag link ini juga biasa disebut dengan tag anchor, yang mana umumnya dimulai dengan simbol atau huruf “<a”. tag link ini adalah bagian pembuka pada tag backlink yang mana berfungsi untuk memberikan informasi pada sebuah mesin pencari. Selain itu, komponen yang satu ini juga berguna untuk pergi ke halaman lainnya.

Anchor Text of

Komponen tersebut adalah sebuah anchor yang tampak oleh pengguna dan berada di halaman website. Pada saat pengguna melakukan klik pada anchor tersebut, maka akan langsung diarahkan untuk menuju ke halaman link referral location.

Umumnya, bentuk dari anchor yang satu ini akan diberikan sebuah format dari teks biasa. Tak hanya itu, anchor tersebut juga berwarna biru dengan garis bawah. Dengan adanya format tersebut ini membantu pengguna agar mengetahui jika anchor tersebut digunakan untuk menuju ke suatu halaman tertentu.

Link Referral Location

Jenis komponen ketiga adalah link referral location. Komponen tersebut umumnya diawali dengan sebuah kode “href”, yang merupakan singkatan dari “hyperlink referral”. 

Baca Juga  Optimalkan Digital Ads dan SEO di EDD x RemoteHub

Closure of Link Tag

Komponen yang terakhir adalah closure of link tag. Closure of link tag digunakan untuk memberikan tanda pada sebuah mesin pencari dan memberitahu jika ini merupakan akhir dari backlink yang dipasang pada website tersebut. Umumnya, untuk closure of link tag tersebut  memiliki format seperti “</a>.

Backlink
Backlink (Adobe Stock)

Jenis – Jenis Backlink

Ada 8 macam backlink yang bisa digunakan untuk mengoptimasi website kamu di mesin pencari. Backlink ini digunakan secara bersamaan sehingga optimasi website kamu bisa berjalan secara maksimal. Diantaranya adalah:

Contextual Backlink

Contextual backlink ini sangat simpel dan mudah dibuat. Caranya, kamu cukup membuat artikel atau post, kemudian sisipkan link atau tautan yang mengarah ke website. Umumnya, contextual backlink ini digunakan apabila ada bagian dari konten atau artikel yang merujuk atau bersumber dari website tersebut.

Blog Comment Backlink

Jenis backlink ini menggunakan fitur kolom komentar dari blog atau website orang lain untuk memasukkan link website kamu. Namun, tidak sembarang blog atau website bisa menjadi sarana ‘promosi’ backlink ini. Website yang menjadi target untuk melakukan backlink haruslah memiliki tema yang relevan dengan website kamu. 

Selain itu, semakin sedikit orang yang ikut berkomentar di website tersebut, semakin tinggi peluang website kamu dilihat oleh pengunjung website tersebut.

Link Profile Backlink

Backlink ini juga tergolong mudah untuk didapatkan. Caranya, kamu perlu membuat profil, baik itu media sosial, situs bisnis, direktori industri atau situs review. Kemudian, mengisi biodata profil, termasuk alamat website atau blog yang kamu miliki. Alhasil, jadilah backlink website atau blog  dari link profil yang kamu miliki.

Social Bookmark Backlink

Social bookmark backlink merupakan suatu platform atau wadah untuk menyimpan sejumlah link website. Jenis backlink ini sangatlah populer, sehingga sering terjadi spam backlink lewat platform. Hasilnya, pengguna harus memenuhi beberapa syarat dan ketentuan yang rumit hanya demi mendapatkan backlink untuk website mereka.

Blogroll Backlink

Blogroll backlink sangatlah populer di kalangan blogger lawas, tepatnya pengguna Blogspot atau WordPress. Di halaman website atau blog, ada sidebar yang berisi kumpulan blogroll dari pengunjung. Sayangnya, fitur blogroll tidak lagi digunakan saat ini dikarenakan website harus bersih dari widget yang tidak dibutuhkan.

Document atau Image Sharing Backlink

Document atau Image Sharing Backlink ini menggunakan fitur seperti sharing document atau image untuk mendapatkan backlink. Tentu saja, dokumen atau gambar yang disimpan harus diunggah dulu agar bisa terkoneksi dengan website kamu. 

Ketika menyunting dokumen, masukkan saja link yang mengarah ke website. Sedangkan ketika mengunggah gambar, kamu bisa langsung memasukkan website kita di kolom deskripsi gambar tersebut.

Social Media Backlink

Jenis backlink ini menggunakan akun media sosial untuk mendapatkan backlink ke website atau blog kamu. Sama halnya dengan link profile backlink, kamu bisa menggunakan kolom website untuk menaruh website. 

Seperti Instagram, kamu bisa menggunakan fitur swipe up untuk menaruh link website dan memperoleh backlink di dalamnya.

Footer Backlink

Apabila kalian adalah freelancer atau blogger yang juga mengerjakan project di website lainnya, kalian bisa meletakkan link blog atau website kalian di footer website tersebut. 

Baca Juga  Prediksi Tren dan Optimalisasi Website dengan SEO (Ulasan Webinar EDD On Air)

Tentu saja, website yang kalian taruh backlink-nya harus dioptimasi juga sehingga bisa mendapat kunjungan yang maksimal. Sayangnya, footer backlink tidak lagi digunakan sebab kurang efektif.

Backlink (Adobe Stock)
Backlink (Adobe Stock)

Manfaat Backlink

Selain dari segi SEO, backlink juga mempunyai banyak manfaat lainnya. Berikut adalah beberapa manfaat backlink untuk situs kamu:

Membangun Otoritas Website

Backlink sangat bermanfaat untuk membangun otoritas website, karena dengan mendapatkan mendapatkan link di berbagai situs populer akan sangat bagus untuk SEO situs kamu, lalu mereka juga akan membantu untuk membangun otoritas merek.

Di sisi lain, dengan menggunakan backlink, pihak Google akan melihat jika link kamu telah memberikan informasi yang berguna, dan konsumen pun akan melihatnya sebagai indikasi yang baik bahwa brand kamu adalah salah satu yang perlu untuk diperhitungkan.

Lalu Lintas Referral

Jangan kamu anggap bila lalu lintas web itu hanya berasal dari pencarian di Google, Yahoo, Bing, atau mesin pencari lain. Peran backlink juga sangat signifikan untuk mengarahkan pembaca untuk singgah di portal web kamu.

Link dengan kualitas tinggi di website dengan banyak lalu lintas tidak hanya akan membantu SEO situs kamu, tetapi juga mereka bisa mengarahkan lalu lintas dengan target ke situs Web kamu sepanjang waktu. Sebuah link tunggal pada situs web populer dapat terus mendorong lalu lintas ke situs web selama bertahun-tahun.

Backlink Bersifat Jangka Panjang

Sebagai pusat informasi, tentu Google banyak dikunjungi orang-orang. Terlebih bila konten yang kamu berikan bersifat informatif dan backlink yang kamu berikan berkualitas maka akan selalu di klik orang selama bertahun-tahun selama konten itu masih relevan.

Itulah sedikit manfaat dari peran backlink yang sangat penting untuk website kamu. Selalu gunakan backlink yang berkualitas agar website yang kamu bangun terus berada di puncak pencarian Google.

Meningkatkan Rank pada Website

Tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan trafik, dengan adanya backlink tentu saja bisa memperbaiki posisi website kamu di hasil pencarian Google. Untuk itu, Google juga akan memeriksa kualitas dari backlink tersebut. 

Jika Backlink tersebut tidak ada yang berkualitas maka kamu akan terkena penalti sebagai akibatnya blog akan turun drastis. Ini juga termasuk tips untuk mencari backlink yang berkualitas.

Meningkatkan SEO

Apakah backlink itu penting untuk SEO? Jawabannya adalah penting sekali, sebab sebagaimana yang sudah kita bahas diatas, backlink menjalankan peran utama dalam meningkatkan visibilitas dan juga mempopulerkan sebuah website. Pada dasarnya sangat berpengaruh pada kualitas website di mesin pencari Google. 

Backlink adalah salah satu faktor terpenting dalam perkembangan situs web. Untuk mencapai hasil yang paling optimal bagi website, kamu perlu mendapatkan backlink berkualitas dari situs terpercaya dan membuat konten yang layak untuk disebarkan oleh orang lain.

Pada artikel kali ini kami telah membantu kamu memahami apa itu backlink. Mulai dari pengertian, jenis sampai manfaatnya.

Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments