Ketahui 13 Alasan Pentingnya Artikel Pada Website

13
Pentingnya Menulis Artikel
13 min read

Untuk kamu pemilik website, baik digunakan untuk personal, bisnis online maupun profil perusahaan, pasti ingin dong website banyak dikunjungi adan memberikan kesuksesan secara online. Nah salah satu caranya adalah dengan mengetahui pentingnya artikel pada website.

Meletakkan konten pada website bisa memberikan banyak keuntungan. Nah salah satu jenis konten yang mudah dan gratis dilakukan ialah mempublish artikel di website secara berkala. Exabytes Friends yang belum pernah terpikirkan untuk membuat konten artikel pada website, simak ya!

Apa Itu Artikel?

Sebelum membuat mempelajari pentingnya artikel pada website, perlu dipahami terlebih dahulu apa itu artikel di website dan bagaimana bentuknya artikel.

Contoh artikel pada website.
Contoh artikel pada website. (Source: Shutterstock)

Artikel adalah tulisan lengkap secara faktual yang dipublikasikan di media online maupun media cetak bertujuan menyampaikan gagasan atau fakta yang dapat meyakinkan, mengedukasi dan menghibur. 

Yang sedang kamu baca saat ini adalah artikel yang dipublikasikan oleh Exabytes, bertujuan untuk memberikan informasi serta mengedukasi ke pembaca mengenai pentingnya artikel pada website, tentunya disertai dengan fakta-fakta valid bukan didasari oleh mitos. 

Website di zaman sekarang tidak hanya sekadar menaruh foto dan rincian produk atau profil tentang perusahaan lho. Banyak perusahaan yang mulai sadar bahwa menulis artikel pada website atau menulis blog dapat memberikan manfaat untuk mereka. 

Bahkan perusahaan mau membayar seorang content writer untuk terus mengisi website dengan konten tulisan berupa artikel. Konten artikel ini harus dipublikasikan secara berkala agar mendapat hasil yang maksimal ke website.

Jenis Artikel Pada Website

Artikel pada website media online yang berbentuk berita.
Berita media online juga merupakan bentuk artikel pada website. (Source: Shutterstock)

Kamu sudah mengetahui apa itu artikel pada website. Jika kamu mulai berencana ingin membuat artikel tetapi belum ada bayangan mengenai artikel yang seperti apa, kamu bisa melihat jenis-jenis artikel dan memilih mana yang sesuai dengan kamu.

Berdasarkan Format

Berdasarkan format hingga banyaknya kata, artikel dibagi menjadi beberapa macam. 

Short-form 

Artikel short-from atau artikel pendek berkisar 500 – 1000 kata. SEO menggambarkan artikel long-form itu sangat mudah untuk dikonsumsi, ideal untuk memberikan kabar yang bersifat breaking news, atau memberikan informasi yang berupa poin-poin simple. 

Tidak seperti artikel long-form, artikel short-form biasanya hanya berpusat pada satu subjek pembicaraan dan disampaikan dengan bahasa yang lebih mudah dimengerti, bahkan harus bisa dimengerti  hingga anak sekolah dasar. Ditulis dengan paragraf pendek.

Namun jika ditulis untuk dipublikasikan di media online berita atau majalah, gaya penulisan tentunya berbeda dan harus sesuai kaidah-kaidah jurnalistik. Bahasa yang lebih formal tapi tetap simple dan to the point.

Artikel pendek atau short-form ini bisa menjadi pilihan jika kamu ingin mempublish konten setiap hari. 

Long-form

Artikel long-form atau artikel yang panjang biasanya berkisar dari 1.500 hingga 3.000 kata dan gaya penulisan seperti buku. Artikel yang panjang biasanya berisi subjek yang lebih kompleks, ditujukan untuk orang dewasa. 

Artikel long-form merupakan opsi baik jika kamu ingin memaparkan informasi yang lengkap dan terperinci. Tetapi kalimat harus simple, efisien, tidak berulang-ulang agar pembaca tidak mudah bosan dan dapat mengerti.

Salah satu cara agar pembaca tidak jenuh duluan karena malas melihat banyak kata ialah dengan membagi artikel ke dalam sub judul. Artikel long-form secara SEO dapat membantu kamu mendapati ranking di mesin pencarian dan mendatangkan traffic lho Exabytes Friends!

Listicle

Selain artikel short-form dan long form, adalah pula artikel yang berbentuk Listicle. Listicle adalah artikel yang dikemas dengan berbentuk list sehingga terdapat nomor-nomor. Artikel listicle banyak terdapat di Buzzfeed.

Mengapa orang menyukai artikel listicle ini? Karena mereka bisa melihat seberapa banyak informasi yang terkandung dalam artikel serta mengetahui seberapa dekat dengan akhir artikel saat membacanya.

Artikel dengan bentuk listicle menarik perhatian audiens terutama yang membaca artikel saat bersantai di hari akhir kerja.

Slideshow

Artikel yang berbentuk slideshow biasanya didukung dengan beberapa foto serta video dan diberi caption singkat menjelaskan tentang foto/video tersebut.

Banyak media online yang mengabarkan berita melalui slideshow ketimbang memasukkan semua foto ke dalam artikel berita. Mereka membuat artikel slideshow sendiri.

Biasanya foto/video menggambarkan alur kejadian-kejadian penting, serta mempunyai visual yang bagus pastinya.

Berdasarkan Isi

Selain format dan banyaknya kata, artikel juga mempunya beberapa jenis berdasarkan isinya.

Artikel News

Konten tulisan pada website bisa berupa news atau berita. Jika pada website media online, tentunya news bersifat breaking news atau hard news yaitu berita yang harus segera disampaikan ke pembaca agar mengetahui informasi penting secepatnya.

Baca Juga  8 Alasan Penting Website Kamu Harus Mobile Friendly

Namun website yang bukan media online juga bisa menerbitkan artikel berupa news. Misalnya website perusahaan bisa menerbitkan artikel berita mengenai produk terbaru, event besar yang baru dilaksanakan, hingga kemajuan dan pencapaian dalam bisnis.

Artikel Feature

Jika dalam artikel news bersifat breaking news dan hard news, maka artikel feature lebih ke arah soft-news. Artikel ini bersifat soft news karena tidak begitu memiliki urgensi harus diterbitkan ke pembaca secepatnya.

Selain fleksibel dalam waktu, artikel feature juga lebih in-depth atau mengupas lebih dalam dan memaparkannya secara detail tentang suatu peristiwa, situasi terkini, hingga seseorang. 

Makanya, di dalam tulisan feature sering ditambahkan interview dengan para expert dan juga menambahkan perspektif baru yang mungkin belum banyak dilihat orang

Artikel feature karena bersifat in-depth dan detail, tentu saja mempunyai kata yang lebih banyak ketimbang artikel lainnya. 

Artikel How-To 

Artikel how-to sangat berguna dan biasanya sering dicari seseorang di mesin pencarian Google saat kebingungan atau tidak tahu saat mau melakukan sesuatu.

Di artikel ini kamu bisa hadir sebagai solusi atas masalah mereka dan menuntunnya dengan poin-poin simpel atau urutan nomor tentang tata cara melakukan sesuatu.

Artikel Lifestyle

Artikel lifestyle adalah artikel yang membahas tentang kehidupan sehari-hari manusia dari mulai pakaian, makanan, tren terkini, relationship dan masih banyak lagi.

Artikel ini umumnya bersifat ringan dibaca dan menghibur serta dapat memberikan insight lebih terhadap pembaca. 

Artikel Kesehatan/Clinical Case Studies

Selain artikel mengenai lifestyle, kamu juga bisa membuat artikel mengenai kesehatan. Banyak orang sekarang mengetikkan gejala yang dirasakan di mesin pencarian untuk mengetahui apakah mereka sakit atau tidak.

Terlebih sekarang ada wabah pandemi Covid-19, orang perlu tahu bagaimana menjaga diri agar tetap sehat dan protokol kesehatan paling up-to-date.

Artikel Soft-selling Produk/Layanan

Website kamu merupakan bisnis online dan menawarkan produk atau layanan? Kamu bisa promosi jualan kamu lewat konten artikel yang kamu publish di website kamu lho.

Ketimbang hanya menunjukkan foto, harga dan rincian produk yang sangat hard-selling ada baiknya kamu menggunakan teknik-soft-selling saja dalam artikel mu. 

Contohnya mempunyai layanan website hosting, buatlah artikel mengenai betapa kegunaan hosting untuk bisnis online. Di akhir kamu juga dapat turut mempromosikan produk layanan kamu hingga harga promo. 

Artikel Profil Seseorang

Artikel profil adalah artikel yang menuliskan cerita lengkap tentang seseorang terutama publik figur penting atau orang yang menarik. 

Di dalam artikel profil biasanya diceritakan lebih mendalam dan detail mengenai kehidupan orang itu dari mulai lahir hingga sukses misalnya. Rintangan hidup yang dilalui, hobi, sifat-sifat tertentu yang dipunyai. Ditulis dalam bahasa yang casual dan juga harus informatif.

Artikel Opini, Komentar, Perspektif

Untuk kamu yang mempunyai website diperuntukkan urusan personal, kamu bisa mempublish tulisan yang bersifat opini, misalnya mengomentari suatu isu terkini atau memberikan perspektif baru yang kamu miliki terhadap isu tersebut.

Karena artikel bersifat opini, kamu bisa lebih luwes dalam menyampaikan sesuatu tetapi harus dengan tutur kata yang sopan ya!

Artikel Review Film atau Buku

Selain artikel opini, website personal juga bisa mempublish konten artikel berupa review film atau buku yang baru saja kamu nikmati. Review buku tidak hanya sekadar menilai baik dan buruk saja, tetapi disertai dengan tulisan yang komprehensif, runut dan memberikan perspektif atau pandangan terhadap karya

13 Alasan Pentingnya Artikel Pada Website

Exabytes Friends sudah mengetahui apa itu artikel dan jenis artikel pada website. Sekarang mari ketahui seberapa pentingnya artikel pada website dan keuntungan apa yang akan didapat dari menulis artikel pada website kamu.

Dijadikan Sumber Informasi

Artikel yang ditulis pada website sebaiknya berhubungan dengan bisnis kamu atau jenis website yang dikelola. 

Misalnya, website yang menawarkan layanan website hosting menulis seputar hosting, domain, tips website terkini. Jika website personal bertema travelling, tulislah tips backpacking, penginapan bagus, tempat-tempat indah di negara, dll.

Jika konten artikel kamu menarik dan mengedukasi pembaca, kedepannya mereka akan menjadikan website kamu sebagai referensi utama untuk mencari informasi seputar hal-hal yang mereka sukai. 

Kesempatan Promosi Produk atau Layanan

Jika website kamu adalah bisnis online, kamu bisa juga lho mempromosikan produk atau layanan terbaru kamu dengan menulis artikel dan mempublikasikannya.

Contoh artikel pada website bisnis online.
Artikel pada website bisnis online dapat digunakan untuk promosi produk. (Source: Shutterstock)

Menulis artikel tentang produk atau layanan suatu bisnis online biasanya menggunakan teknik soft-selling yaitu mengidentifikasi apa masalah yang kini dihadapi oleh para konsumen atau calon konsumen, lalu lewat artikel website kamu memberikan tips-tips serta hadir sebagai solusi untuk mereka.

Bagian Dari Konten Di Media Sosial

Untuk menunjang kesuksesan online, ada baiknya selain mempunyai website kamu juga mempunyai media sosial. Kegunaan media sosial bisa menjadi katalog, tempat berinteraksi dengan konsumen/pembaca, hingga membangun brand awareness.

Nah, karena tidak melulu konten di media sosial hanya foto produk, untuk yang berbisnis online, kamu bisa memasukkan isi artikel website kamu ke media sosial. Tentunya sudah kamu ubah menyesuaikan space platform media sosialnya yah.

Baca Juga  Rekomendasi 15 Sidebar WordPress Untuk Meningkatkan Konversi Website Kamu

Website Terlihat Up-to-Date

Jika kamu rajin menuliskan konten pada website terutama artikel maka website kamu ketika dikunjungi oleh orang akan selalu terlihat up-to-date. Hal ini juga dapat meyakinkan calon konsumen bahwa kamu masih eksis hingga kini di website.

Alasan pentingnya artikel pada website ya karena mesin pencarian juga menyukai website yang selalu fresh akan konten-konten berkualitas. website yang selalu up-to-date bisa terindeks oleh mesin pencarian dan mendapat ranking di halaman pertama.  

Saling Terhubung Antar Halaman Di Website

Website jenis bisnis online biasanya mempunyai landing pages baik untuk membeli produk, mendaftar membership, berlangganan newsletter. Nah, cara agar landing pages tersebut bisa banyak dikunjungi salah satunya dengan menautkannya pada artikel kamu.

Pentingnya artikel pada website yaitu artikel di website saling terhubung.
Setiap artikel di website baiknya saling terhubung satu sama lain. (Source: Shutterstock)

Selain itu, di dalam artikel kamu jika ada istilah-istilah yang pernah kamu buat artikel sebelumnya kamu juga bisa menautkan dengan menyisipkan link ke artikel. Hal ini bisa memperkaya pengetahuan pembaca.

Website yang saling terhubung antara halaman, baik di website sendiri maupun ke pihak eksternal bisa mendatangkan traffic ke website hingga mesin pencarian bisa menemukan dan menentukan posisi website kamu. 

Website Bisa Rangking Di Mesin Pencarian

Tadi sudah dibahas, website yang rutin membuat konten berkualitas, menerapkan praktik SEO baik on page maupun off page, menautkan link halaman website baik internal maupun eksternal ke dalam artikel akan meningkatkan performa website sehingga bisa mendapati ranking di halaman satu hasil mesin pencarian (SERP).

Mengetahui pentingnya artikel pada website dan selalu berusaha maksimal dalam membuat konten artikel dapat membantu website kamu mendapat peringkat di mesin pencarian.

Mendatangkan Traffic Ke Website

Artikel website berkualitas yang mendapati ranking baik di halaman hasil mesin pencarian otomatis muncul di halaman pertama ketika seseorang mengetikkan keyword di search bar. Nah, artikel yang berada di rangking atas biasanya yang paling banyak diklik oleh para pencari. 

Pentingnya artikel pada website dapat mendatangkan traffic ke website.
Orang cenderung mengklik website yang muncul di peringkat atas mesin pencarian. (Source: Shutterstock)

Kamu juga bisa menarik perhatian agar orang lebih memilih mengklik websitemu ketimbang yang lain, yaitu dengan mengoptimalkan meta description, deskripsi singkat artikel yang tampil di halaman mesin pencarian. 

Meningkatkan Konversi Di Website

Mempunyai traffic yang tinggi tidaklah cukup dijadikan ukuran kesuksesan website. Maka dari itu, pentingnya artikel pada website ialah untuk membuat konten website yang optimal dan berkualitas, sehingga bisa membuat pengunjung melakukan hal yang kamu inginkan.

Misalnya mendaftar membership, berlangganan newsletter hingga pergi ke landing pages pembelian produk dan membelinya. Semua itu disebut dengan konversi.

Mendapat Pelanggan Baru

Alasan selanjutnya mengenai pentingnya artikel pada website ialah kamu bisa mendapatkan pelanggan baru lewat artikel website. 

Website menarik pelanggan baru.
Artikel pada website bisa membantu mendapatkan pelanggan baru. (Source: Shutterstock)

Jika konten artikel berkualitas, menarik dan dapat memberikan solusi atas masalah mereka, maka bukan tidak mungkin mereka akan mengunjungi landing pages pembelian produk dan voila! kamu mendapat pelanggan baru.

Mendapatkan Feedback

Artikel website terutama yang memiliki kolom komentar dapat kamu jadikan sebagai ide dan masukkan atas konten atau produk kamu yang akan dibuat kedepannya. Inilah alasan pentingnya artikel pada website.

Jika mereka menyukai, kamu bisa tetap membuat konten itu dan berimprovisasi lebih baik. Namun jika mendapat feedback yang buruk, kamu bisa mengganti strategi hingga jenis konten/produk yang akan dibuat kedepannya.

Membangun Kredibilitas

Website yang update memberikan informasi-informasi dan pengetahuan terkini dapat membuat kamu terlihat sebagai ahli yang paham di bidangnya. 

Semakin banyak yang menjadikan website kamu sebagai sumber informasi, maka pengunjung baru akan melihat bahwa kamu seorang yang kredibel dalam memberikan solusi atas masalah mereka. 

Membangun Brand Awareness Di Website

Jika kamu rutin meng-update konten artikel yang berhubungan dengan website dan mendapatkan peringkat di mesin pencarian, maka lama-lama orang akan sadar dengan brand website kamu setiap dia mengetikkan keyword di search bar Google misalnya. 

Terlebih jika konten kamu berkualitas dan sangat membantu mereka, kamu akan dianggap sebagai expert atau ahli di bidangnya dan kedepannya setiap mereka membutuhkan jawaban atas masalah yang dipunyai atau sekadar ingin tahu ifno mereka akan mengingat brand websitemu sebagai sumber informasi yang tepat.

Memudahkan Calon Investor Menemukanmu

Untuk website yang merupakan bisnis online, bahkan yang hanya digunakan untuk personal, kamu bisa lebih mudah ditemukan oleh calon mitra kamu, biasanya mengarah ke urusan bisnis.

Bekerja sama dengan calon investor.
Artikel pada website memudahkan calon investor yang mau bekerja sama untuk menemukanmu. (Source: Shutterstock)

Toko online bisa saling bekerjasama satu sama lain hingga kamu yang memiliki personal blog yang ciamik dan up-to-date bisa dihubungi untuk kerjasama oleh brand besar. Dengan begini artikel pada website bisa memberikan kamu keuntungan tersendiri hingga mendapatkan uang tambahan.

Kesimpulan

Nah, Exabytes Friends, ternyata wajib banget nih bagi para pemilik website untuk mengetahui seberapa pentingnya artikel pada website. Karena selain membantu mengisi website agar tidak terlalu kosong, dapat memberikan keuntungan hingga kesuksesan secara online.

Jadi, buat kamu yang websitenya belum ada konten artikel, segera buat yah! Semangat menulis dan sampai jumpa lagi dengan mimin di artikel selanjutnya~~

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments