Perbedaan Colocation Server dan Dedicated Server, Pilih yang Mana?

322
colocation server vs dedicated server
7 min read

Mungkin banyak yang belum mengetahui apa perbedaan colocation server dan dedicated server. Untuk yang berada di lingkungan IT atau dunia web hosting mungkin tahu apa perbedaannya, namun seharusnya orang yang mempunyai website atau ingin membuka bisnis online juga perlu mengetahui perbedaannya.

Karena dengan mengetahui perbedaannya Anda bisa membuat keputusan yang tepat ketika nantinya Anda mempunyai bisnis dan membutuhkan website yang dapat menampung banyak trafik. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan membahas apa itu perbedaan colocation server dan dedicated server. Selamat membaca!

Apa Itu Colocation Server?

apa itu colocation server
Colocation server cocok untuk dgunakan untuk website berskala menengah. (Sumber: Shutterstock)

Colocation server adalah layanan di mana Anda menaruh server di data center orang lain atau penyedia layanan colocation server. Jadi Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli infrastruktur ruangan data center dan memperkerjakan ahli IT untuk mengelolanya. Biasanya Anda hanya cukup menyediakan server dan penyimpanan dan di serahkan pada penyedia layanan tersebut. 

Penyedia layanan colocation server itu akan menyediakan bangunan/tempatnya, pendingin, daya, bandwidth, dan keamanan fisik. Jadi Anda bisa lebih fokus menangani bisnis utama Anda tanpa terbebani masalah IT. Tentunya manajemen server bisa dikendalikan kepada Anda sepenuhnya jika Anda mengambil opsi (unmanaged colo), kecuali jika layanan yang Anda ambil adalah managed colo maka penyedia layanan tersebut akan membantu mengelola server.

Apa Itu Dedicated Server?

apa itu dedicated server
Dedicated server cocok bagi website dengan traffic skala besar. (Sumber: Shutterstock)

Dedicated server adalah layanan di mana Anda menyewa server di penyedia hosting, jadi website Anda memiliki server khusus untuk Anda sendiri. Ini menawarkan kekuatan dan fleksibilitas luar biasa, namun biasanya harganya premium. Karena itu, penting melakukan riset untuk memilih menggunakan layanan ini sebelumnya.

Misalnya, sebagian besar situs web memulai dengan paket shared web hosting namun website berkembang dan traffic tinggi sehingga shared hosting tidak lagi bisa menangani lalu lintas yang tinggi. Pilihan Anda di sini dapat mencakup peningkatan ke Virtual Private Server (VPS) atau Dedicated Server.

Seperti yang Anda ketahui, shared hosting menyimpan situs Anda di server dengan ratusan situs lainnya. Untuk blog pribadi atau bisnis yang sangat kecil, opsi ini cukup. Namun, itu bukan opsi terbaik untuk kinerja, dan Anda juga kehilangan fleksibilitas karena Anda tidak dapat mengonfigurasi sendiri (karena Anda harus berbagi resource dengan orang lain).

Baca Juga  8+ Tips Memilih Dedicated Server yang Tepat!

Di sisi lain, VPS memberi situs Anda ruang sendiri, terpisah dari situs lain, sambil tetap berbagi server. Karena situs Anda diblokir dari pengguna lain, kinerjanya kemungkinan akan lebih konsisten. Anda juga mendapatkan sedikit lebih banyak fleksibilitas dalam hal bagaimana server Anda dikonfigurasi.

Jenis paket ini dapat menawarkan kecepatan yang Anda butuhkan dengan biaya lebih rendah daripada dedicated server, dan merupakan jalan tengah yang baik bagi mereka yang ingin meningkatkan. Dedicated server cocok untuk rencana pilihan jika Anda membutuhkan daya paling besar namun dengan biaya yang agak besar dibanding VPS. Terlepas dari VPS atau dedicated server semua pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kelebihan Colocation Server

kelebihan colocation server
Beberapa kelebihan colocation yang bisa Anda pertimbangkan. (Sumber: Shutterstock)

Colocation adalah layanan menyewa sebuah tempat untuk meletakkan server di data center. Apa itu data center? yaitu bangunan yang digunakan untuk menyimpan sejumlah server lengkap dengan fasilitas pendukung lainnya seperti listrik, internet, pendingin ruangan dan lain-lain. Lalu apa kelebihan colocation server? 

Lebih Hemat Biaya

Biaya yang harus dikeluarkan lebih hemat dibanding membuat data center sendiri karena Anda harus menghire teknisi IT, menyediakan ruangan, listrik, sistem keamanan standar internasional, pendingin ruangan, internet dan lain-lain. Tentu mendapat bandwidth tinggi didapati jauh lebih hemat bila dibanding dengan membuat sendiri.

Teknologi dan Sistem Terstruktur

Menggunakan jasa colocation server profesional dapat dipastikan memiliki teknologi dan sistem terstruktur. Termasuk dengan masalah pemadaman listrik yang tiba-tiba. Sehingga pihak penyedia jasa colocation server tentu akan membayar pembangkit listrik agar server-server yang dititipkan tetap aman teraga. Hal tersebut jelas akan merepotkan bila dilakukan sendiri.

Kemanan Terjamin

Keamanan server-server perusahaan yang dititipkan akan terjamin karena pihak pengelola colocation server Indonesia hadir dengan jaminan keamanan yang tinggi. Seperti data center standar internasional yang tidak sembarang orang dapat masuk dan dilengkapi kunci akses. Sistem keamanan gedung terbaik untuk menghindari kebakaran dan lain-lain.

Tidak Perlu Repot Upgrade Sistem Server

Pihak perusahaan atau pelanggan yang menitipkan server nya tidak perlu repot mengupgrade sistem server. Karena hal tersebut sudah dilakukan dan menjadi tanggung jawab penyedia jasa colocation server apabila pelanggan memilih pilihan teknis managed. Jika pelanggan memilih pilihan teknis unmanaged berarti server sepenuhnya dikelola dan menjadi tanggung jawab pengguna baik itu dalam hal intalasi, manajemen server, dan lain-lain. 

Server 24 Jam Non Stop

Server Anda akan tetap online 24 jam meski Anda tinggalkan. 

Tidak Perlu Bergantung Pada Penyedia Hosting

Karena Anda menitipkan server tentu Anda tidak akan bergantung pada penyedia hosting. Anda dapat menginstall sendiri sofware apa saja yang dibutuhkan.

Tidak Perlu Memiliki Tim IT

Anda atau pihak perusahaan tidak perlu memiliki tim ahli IT untuk mengurus server-server Anda. Hal terkait pengelolaan server bisa langsung diserahkan kepada pihak penyedia layanan colocation server. 

Baca Juga  7 Kegunaan Dedicated Server yang Wajib Kamu Ketahui!

Produktivitas Meningkat

Selain hemat biaya dan juga hemat waktu karena semua proses diserahkan langsung pada sang ahli, jadi Anda bisa lebih fokus pada bisnis utama Anda tanpa repot memikirkan server-server Anda. Akhirnya produktivitas pun meningkat.

Kelebihan Dedicated Server

Perbedaan Colocation Server dan Dedicated Server
Dedicated server memiliki beragam kelebihan bagi penggunanya. (Sumber: Shutterstock)

Dedicated server yaitu layanan menyewa server untuk website Anda sehingga 1 server khusus untuk website Anda sehingga sangat ideal jika website membutuhkan resource/sumber daya tinggi seperti trafik tinggi. Namun apalagi kelebihannya? cek dibawah ini

Mendapat Akses Penuh Server

Penyedia layanan Dedicated server akan memberikan hak akses penuh 100% kepada pelanggannya. Dedicated Server juga membebaskan dan memudahkan pengguna jika ingin melakukan konfigurasi seperti spesifikasi yang dibutuhkan.

Keamanan Terjaga

Nah jika Anda menggunakan layanan dedicated server anda akan diuntungkan karena jika ada masalah atau kerusakan maka Anda tidak harus bertanggung jawab. Kerusakan tersebut dibebankan kepada penyedia layanan dedicated server. Jadi Anda aman mengoperasikan dedicated server tersebut.

Efektif, Bisa Remote Server

Anda dapat mengontrol server secara remote kapanpun dan dimanapun. Jadi Anda tidak perlu repot melakukan pengawasan pada fisik server langsung. Tidak lagi terbebani untuk mengelola website.

Tidak Terganggu Aktifitas Lain

Jika Anda menggunakan layanan Dedicated Server, Anda tidak perlu khawatir akan terganggu dengan pengguna yang lain. karena Dedicated Server hanya digunakan oleh 1 orang pengguna saja. Jadi, tidak akan mengganggu kinerja website Anda terlebih jika tiba-tiba jumlah trafik pengunjung meningkat. Dedicated server juga memungkinkan Anda untuk mengelola banyak domain di server yang sama. Manajemen website juga semakin maksimal karena Anda mempunyai akses penuh untuk mengontrol server tersebut.

Dalam memilih dedicated server, pilihlah secara cermat sehingga Anda dapat menemukan server terbaik. Simak beberapa kesalahan memilih dedicated server berikut sebagai referensi Anda.

Kesimpulan

Nah itulah perbedaan colocation server dan dedicated server. Colocation yaitu layanan dimana Anda menaruh server di data center terbaik penyedia layanan colocation. Sedangkan Dedicated server adalah layanan menyewa 1 server hanya untuk Anda.

Colocation server ataupun dedicated server mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu pilihlah layanan yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda perlu layanan dedicated server terbaik dan colocation server murah kami siap membantu Anda. Exabytes adalah salah satu penyedia layanan dedicated server dan colocation server terbaik di Indonesia. Mulai sekarang!

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat!

Disunting oleh: Muthia Batari

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments