9+ Plugin Ongkos Kirim Untuk Toko Online (Terlengkap+Gratis)

151
9 min read

Belanja online kini menjadi solusi belanja yang tidak hanya mudah dan nyaman. Akan tetapi, ongkos kirim menjadi pertimbangan penting sehingga tidak jarang calon pembeli bingung menentukan pilihan. Apabila kamu memiliki website yang menjual produk, sebaiknya kamu memanfaatkan plugin ongkos kirim.

Plugin ongkos kirim yang terpasang di website memungkinkan pengunjung website baik itu calon pelanggan maupun pelanggan setia untuk mengecek berapa ongkos kirim yang harus mereka keluarkan agar barang sampai ke alamat tujuan mereka.

Untuk kamu yang belum memasang plugin ongkos kirim karena bingung harus memilih yang mana, yuk cari tahu bersama apa saja plugin ongkos kirim yang bisa kamu pasang tanpa biaya alias gratis!

Namun, sebelum memasang plugin tersebut, apakah kamu sudah mendapatkan template toko online WordPress yang cocok? Pemilihan template tersebut akan membantu melakukan branding sehingga pengguna internet akan terkesan dengan toko online yang kamu punya.

Sekilas Tentang Plugin Ongkos Kirim

Plugin ongkos kirim untuk toko online
Plugin ongkos kirim gratis untuk toko online. (Sumber: pixabay)

Meskipun toko online bisa menjadi pilihan menjalankan bisnis yang tepat dan menguntungkan jika dikelola dan dipasarkan dengan baik, namun bukan berarti semua orang sudah tahu apa saja kebutuhan dibalik keberadaan toko online.

Saat membuat toko online, kamu juga harus memperhatikan beberapa hal penting yang akan semakin memudahkan calon pelanggan dalam mendapatkan produk serta layanan. Biasanya website toko online menggunakan berbagai plugin yang akan membantu memaksimalkan performa dan tampilan toko tersebut.

Plugin adalah software yang akan menambahkan fitur tertentu pada sebuah program tanpa harus mengubah program tersebut. Plugin juga terkadang disebut dengan extension. Nah, salah satu plugin toko online yang sekarang mulai banyak digunakan karena berbagai alasan dan tuntutan kebutuhan adalah plugin ongkos kirim.

Belum punya website jualan atau toko online? Tidak perlu khawatir karena saat ini jasa pembuatan toko online begitu mudah ditemukan dan didapatkan bahkan dengan harga terjangkau.

Lalu, apa itu plugin ongkos kirim? Plugin tersebut akan memudahkan pengunjung website menghitung ongkos kirim ke seluruh Indonesia. 

Dengan menggunakan plugin semacam ini, kamu tidak perlu memasukkan data ongkos kirim secara manual. Hal tersebut dikarenakan plugin biasanya sudah terintegrasi dengan data semua jasa ekspedisi secara real-time termasuk JNE, J&T, Tiki, Pos, dan lain sebagainya.

Rekomendasi Plugin Ongkos Kirim untuk Toko Online

Dengan begitu banyaknya plugin ongkos kirim yang ada, sangat mungkin jika pemilik toko online bingung dalam menentukan pilihan. Pasalnya, setiap plugin menawarkan kelebihan yang menarik. Tidak jarang pula, pemilik toko online pada akhirnya memilih plugin yang kurang sesuai.

Agar mendapatkan plugin ongkos kirim terbaik dan bahkan gratis, ada beberapa rekomendasi untuk kamu, di antaranya adalah sebagai berikut:

Raja Ongkir

9+ Plugin Ongkos Kirim Untuk Toko Online (Terlengkap+Gratis) - 2022

Pernah mengecek ongkos kirim atau resi di smartphone menggunakan Raja Ongkir? Jika pernah, kamu tidak salah mengingat karena memang Raja Ongkir tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa dipasang di smartphone.

Ternyata, Raja Ongkir juga bisa pemilik toko online manfaatkan sebagai plugin ongkos kirim. Dengan plugin satu ini, kamu bisa menambahkan widget ongkos kirim pada website tanpa harus mengeluarkan uang sedikitpun. Dengan kata lain, plugin satu ini gratis sehingga sangat cocok dipasang di berbagai jenis website toko online.

Deliveree

9+ Plugin Ongkos Kirim Untuk Toko Online (Terlengkap+Gratis) - 2022

Deliveree sepertinya semakin familiar di telinga kita karena menjadi salah satu pilihan terbaik untuk pengiriman kargo dan barang. Keberadaan Deliveree seolah menjadi solusi bagi kebutuhan individu dan para pelaku bisnis online maupun konvensional.

Sebagai plugin ongkos kirim gratis, Deliveree bahkan mendukung berbagai platform penjualan online seperti WooCommerce, Shopify, dan Magento. Biaya pengiriman yang murah dan pengiriman cepat menjadi alasan kenapa kini semakin banyak pengguna jasa Deliveree. 

Jika kamu hendak memasang plugin ongkos kirim, tidak ada salahnya untuk memasukkan Deliveree ke dalam daftar pilihan plugin terbaik dan gratis yang cocok untuk berbagai jenis toko online.

Epeken

9+ Plugin Ongkos Kirim Untuk Toko Online (Terlengkap+Gratis) - 2022

Masih galau menentukan plugin ongkos kirim yang tepat? Untuk menjawab segala kegundahan yang ada, kamu bisa memilih Epeken yang mampu mengerti kebutuhan bisnis online kamu. 

Plugin ini sudah banyak digunakan oleh berbagai website toko online karena terintegrasi dengan WooCommerce. Meskipun pada awalnya Epeken menggunakan API JNE, tetapi plugin ini sudah berkembang hingga bisa seperti saat ini.

Epeken pertama kali ada beberapa tahun silam tepatnya tahun 2015. Namun, masih tetap eksis dan mampu berkompetisi dalam melayani ratusan website toko online hingga saat ini. Jadi, jika website kamu memerlukan plugin ongkos kirim, Epeken bisa menjadi pilihan tepat.

Untuk kebutuhan WooCommerce hosting, kamu bisa mempercayakannya kepada Exabytes yang dikenal sebagai penyedia hosting terbaik dan terpercaya di Indonesia. 

Ongkoskirim.id

9+ Plugin Ongkos Kirim Untuk Toko Online (Terlengkap+Gratis) - 2022

Plugin selanjutnya adalah Ongkoskirim.id yang bisa memberikan layanan terbaik bagi para penggunanya. Meski terintegrasi dengan WooCommerce, tetapi plugin satu ini hadir dengan versi gratis. 

Fitur dari plugin versi gratis memang terbatas namun sangat layak terutama bagi kamu yang baru memulai bisnis online. Plugin ini tidak memiliki masa kadaluarsa sehingga bisa kamu gunakan selama kamu memerlukan plugin tersebut.

Borzo

9+ Plugin Ongkos Kirim Untuk Toko Online (Terlengkap+Gratis) - 2022

Sebelumnya, Borzo bernama My Speedy, jadi wajar jika nama plugin ini terdengar agak asing di telinga. Plugin ini hadir dengan berbagai fitur yang bisa kamu manfaatkan sebaik-baiknya.

Saat memilih Borzo sebagai plugin, pengguna bisa melakukan pengecekan ongkos kirim secara otomatis dengan data real-time. Ada beberapa hal yang Borzo gunakan dalam menentukan ongkos kirim atau ongkir di antaranya adalah jarak, waktu, dan berat barang yang akan dikirim ke alamat tujuan.

Plugin Ongkos Kirim by Tonjoo Studio

Meski dikenal sebagai agensi pengembang website dan software terkemuka, tetapi Tonjoo Studio tidak pernah diam soal inovasi. Faktanya, perusahaan satu ini juga hadir menawarkan plugin untuk WordPress termasuk plugin ongkos kirim. 

Saat ini, plugin satu ini sudah bisa mandiri dalam mengembangkan dokumentasi API-nya meskipun pada awalnya menggunakan dokumentasi API dari Raja Ongkir, plugin yang sudah dikenal luas oleh berbagai kalangan di dunia bisnis online.

Jika kamu mencari plugin gratis, maka kamu bisa memilih paket basic dari Tonjoo Studio. Ada berbagai fitur yang melengkapi plugin satu ini termasuk API ongkos kirim gratis hingga tingkat kecamatan. Tersedia juga berbagai pilihan kurir, dan plugin yang bisa dinikmati secara gratis selama 14 hari.

Untuk tetap bisa menggunakan plugin ini, kamu harus upgrade ke paket Personal, Multi,atau Developer. Semuanya bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang tersedia.

IndoOngkir

9+ Plugin Ongkos Kirim Untuk Toko Online (Terlengkap+Gratis) - 2022

Jika plugin ongkir lainnya bisa kamu gunakan dan nikmati secara gratis, tetapi lain halnya dengan IndoOngkir. Meski demikian, biaya yang harus kamu keluarkan tergolong terjangkau yaitu sekitar Rp 297 ribu saja per tahun agar kamu bisa menikmati paket basic.

Ada juga pilihan paket lain dengan fitur yang lebih banyak seperti paket pro dan paket extend. Jika paket basic hanya untuk satu website saja, paket pro bisa kamu gunakan untuk 5 website. Sedangkan paket extend bisa untuk 10 website. Plugin ini memungkinkan penggunanya untuk mengaktifkan kurir berbeda di wilayah yang berbeda. 

WooCommerce JNE Shipping

9+ Plugin Ongkos Kirim Untuk Toko Online (Terlengkap+Gratis) - 2022

Jika dilihat dari namanya, kamu mungkin sudah bisa menyimpulkan jika plugin WooCommerce JNE Shipping hanya menyediakan satu ekspedisi saja yaitu JNE. Ini bisa menjadi pilihan tepat jika di lokasi bisnis kamu hanya ada JNE sehingga kamu bisa membatasi pilihan ekspedisi kepada para pembeli.

Ada tiga versi dari plugin ini, yaitu JNE free yang bisa menjadi pilihan plugin ongkir gratis, JNE full, dan JNE eksklusif. Plugin versi gratis hanya tersedia untuk pilihan pengiriman JNE regular saja. 

Untuk bisa menikmati lebih banyak fitur, seperti widget cek ongkir, WooCommerce POS shipping, dan lain sebagainya, silahkan upgrade ke versi lainnya baik itu JNE full maupun JNE eksklusif.

Woongkir

9+ Plugin Ongkos Kirim Untuk Toko Online (Terlengkap+Gratis) - 2022

Rekomendasi plugin ongkos kirim selanjutnya adalah Woongkir, yaitu plugin yang menggunakan dokumentasi API dari Raja Ongkir. Plugin ini dibuat oleh Sofyan Sitorus untuk kamu yang memerlukan plugin ongkir namun memiliki dana terbatas.

Meski menyediakan layanan gratis, tetapi plugin ini hadir dengan berbagai fitur.  Sebagai pengguna, kamu bisa menggunakan berbagai pilihan kurir termasuk TIKI JNE, POS Indonesia, SiCepat, J&T Express, dan lain sebagainya.

WooGoSend dan WooGrabExpress

9+ Plugin Ongkos Kirim Untuk Toko Online (Terlengkap+Gratis) - 2022

Selain Woongkir yang bisa digunakan sebagai plugin untuk pengiriman jarak jauh, toko online juga memiliki opsi plugin ongkir jarak dekat dari developer yang sama yaitu, Sofyan Sitorus. 

Beberapa pilihan yang ia tawarkan adalah WooGoSend dan WooGrabExpress. Pelanggan bisa memperkirakan biaya antar menggunakan jasa Go-Send atau Grab Express sesuai preferensi mereka.

Sementara untuk kebutuhan payment gateway, kamu bisa mempertimbangkan Midtrans karena menawarkan solusi yang lengkap. Sehingga cocok untuk berbagai jenis bisnis online. Coba cari tahu cara install Midtrans melalui artikel satu ini!

Kesimpulan

Plugin ongkos kirim memang sangat dibutuhkan oleh bisnis online masa kini. Dengan begitu, pembeli atau pelanggan akan semakin merasa nyaman karena mereka memiliki pilihan kurir yang bisa mereka sesuaikan dengan preferensi. 

Alhasil, mereka bisa menemukan ongkos kirim terendah sehingga belanja online akan lebih menyenangkan tanpa harus pusing memikirkan ongkos kirim yang terasa berat. 

Saat pembeli merasa nyaman, bukan tidak mungkin mereka akan kembali membeli produk dari toko online kamu. Ini tentunya sangat menguntungkan bagi perkembangan dan kemudian bisnis kamu di masa mendatang.
Butuh jasa pembuatan website toko online? Segera hubungi Exabytes sekarang juga dan kamu akan sekaligus mendapatkan hosting yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Jadi, tunggu apalagi?

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments